Rabu, 21 Agustus 2024

 


Hari/Tanggal                              : Rabu, 21 Agustus 2024

Muatan  Pembelajaran              :  

1. Matematika                   Bilangan Cacah sampai 100.000

2. Bahasa Indonesia         : Aku yang Unik

3. Pendidikan Pancasila    : Meneladani sikap para perumus 

                                             pancasila

Capaian  Pembelajaran Matematika

Elemen Bilangan

Pada akhir fase C, peserta didik dapat menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 1.000.000. Mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan tersebut. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan uang. Mereka dapat melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian bilangan cacah sampai 100.000.

2. CAPAIAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA

Peserta didik mampu memahami kronologi sejarah kelahiran Pancasila; meneladani sikap para perumus Pancasila dan menerapkan di lingkungan masyarakat; menghubungkan sila-sila dalam Pancasila sebagai suatu kesatuan yang utuh, menguraikan makna nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara, pandangan hidup, dan ideologi bangsa dan negara.

CAPAIAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA:

1. Elemen Membaca dan Memirsa

Peserta didik mampu membaca kata-kata dengan berbagai pola kombinasi huruf dalam kata dengan fasih dan indah.. Peserta didik mampu memahami informasi dan kosakata baru yang memiliki makna denotatif, konotatif, dan kiasan untuk mengidentifikasi objek, fenomena, dan karakter. Peserta didik mampu menganalisis informasi dari berbagai tipe teks serta nilai-nilai yang terkandung dalam teks sastra dari teks visual dan/atau audiovisual. Peserta didik mampu membaca hasil pengamatan.


Apa kabar anak sholih sholihah.........
semoga kalian semua dalam keadaan sehat walaf'iyah ....
    Tujuan pembelajaran hari ini peserta didik dapat mengerjakan soal sumatif operasi bilangan cacah dengan baik dan benar, menyebutkan dan meneladani sikap para perumus pancasila. 
   
    Matematika
Perhatikan gambar berikut!
Berdasarkan gambar di atas, seorang anak ingin membeli es krim yang harganya. . .
A. Rp13.400,00
B. Rp13.600,00
C. Rp16.300,00
D. Rp16.400,00

Soal No.2
Pemerintah Provinsi Bali mengumumkan bahwa pada akhir tahun 2020, terdapat tujuh belas ribu tujuh ratus empat puluh lima orang terkonfirmasi positif Covid-19.

Banyak masyarakat Bali yang terkonfirmasi positif Covid-19 pada akhir tahun 2020 yaitu. . . orang
A. 17.457
B. 17.745
C. 17.744
D. 17.755

Soal No.3
Perhatikanlah gambar berikut ini!
Harga baju pada gambar di atas jika dinyatakan dengan angka yaitu . . .
A. 95.030
B. 95.300
C. 95.003
D. 95.400

Soal No.4
Adit tinggal di Kota Denpasar. Dia akan berangkat ke Kabupaten Buleleng untuk menemui sahabatnya. Jarak antara Kota Denpasar dengan Kabupaten Buleleng adalah delapan puluh satu ribu empat ratus meter. Jarak yang harus ditempuh Adit jika dinyatakan dengan angka, maka menjadi .... m
A. 71.040
B. 71.400
C. 81.040
D. 81.400

Soal No.5
Perhatikan bilangan berikut!
Angka 6 pada bilangan di atas menempati nilai tempat...
A. ratusan
B. ribuan
C. puluhan
D. puluh ribuan

Soal No.6
Petani Desa Sukawaju berhasil memanen beras seberat 24.320 kg pada tahun 2022. Angka 4 pada berat beras tersebut menempati nilai tempat...
A. ribuan
B. puluhan
C. ratusan
D. puluh ribuan

Soal No.7
Perhatikan bilangan berikut!
Angka yang menempati nilai tempat ribuan pada bilangan di atas yaitu...
A. 1
B. 3
C. 7
D. 8

Soal No.8
Perhatikan tabel berikut!
MakananHarga
Nasi gorengRp. 25.200
Ayam bakarRp. 29.600
BaksoRp. 22.600
Bebek bakarRp. 29.200
Berdasarkan tabel di atas, makanan yang harganya dua puluh sembilan ribu dua ratus rupiah yaitu ....
A. nasi goreng
B. ayam bakar
C. baksi
D. bebek bakar

Soal No.9
Perhatikanlah gambar berikut ini!
Harga kotak pensil pada gambar di atas yaitu...
A. lima puluh dua ribu tiga ratus enam puluh dua rupiah
B. lima puluh dua ribu tiga ratus dua puluh enam rupiah
C. lima ratus dua ribu tiga ratus enam puluh dua rupiah
D. lima ratus dua ribu tiga ratus dua puluh enam rupiah

Soal No.10
Sania memiliki toko mainan. Dia memiliki 32.201 kelereng untuk dijual. Jumlah kelereng milik Sania dapat dibaca . . .
A. tiga puluh dua ribu dua ratus sepuluh
B. tiga puluh dua ribu dua ratus satu
C. tiga dua ribu dua ratus sepuluh
D. tiga dua ribu dua ratus satu

Soal No.11
Aku adalah suatu bilangan. Aku merupakan jumlah dari 8 lembar sepuluh ribuan, 6 lembar seribuan, dan 3 keping seratusan. Aku adalah. . .
A. 86.300
B. 86.030
C. 87.300
D. 87.030

Soal No.12
Perhatikanlah gambar berikut ini!
Made mempunyai uang pecahan sepuluh ribuan sebanyak 6 lembar, seribuan sebanyak 15 lembar, dan seratusan sebanyak 4 keping. Banyak komposisi uang yang dapat Made lakukan untuk membayar benda di atas yaitu. . .
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4

Soal No.13
Perhatikan kedua bilangan berikut!
81.898 .... 82.110

Tanda perbandingan yang tepat pada dua bilangan tersebut yaitu...
A. >
B. ≥
C. <
D. =

Pendidikan Pancasila

Piagam Jakarta merupakan hasil keputusan bersama para tokoh dalam Panitia Sembilan yang dipimpin oleh Ir. Soekarno pada tanggal 22 Juni 1945. Pada Piagam Jakarta terutama pada alenia keempat tercantum rumusan dasar negara yang telah disusun secara bersama. Dengan demikian, rumusan dasar negara Republik Indonesia bukan diambil dari pendapat yang dikemukakan oleh Mr. Muhammad Yamin, Mr. Soepomo atau Ir. Soekarno, akan tetapi merupakan hasil musyawarah para tokoh bangsa yang tergabung dalam Panitia Sembilan.

Piagam Jakarta disusun oleh tokoh-tokoh terbaik yang dimiliki oleh bangsa Indonesia. Mereka merupakan para negarawan. Sebagai seorang negarawan mereka selalu menampilkan sikap dan perilaku yang terpuji dalam segala hal. Sikap dan perilaku tersebut mereka tampilkan pada saat perumusan Pancasila sebagai dasar negara. Berikut ini beberapa contoh sikap yang ditampilkan oleh para tokoh pendiri negara pada saat merumuskan Pancasila:

a. Menghargai perbedaan pendapat
Pada saat musyawarah perumusan Pancasila banyak sekali tokoh yang mengemukakan gagasannya mengenai rumusan dasar negara tersebut, diantaranya Muhammad Yamin, Soepomo, dan Soekarno. Mereka masing-masing mengemukakan gagasan yang cemerlang. Akan tetapi meskipun demikian pendapat tersebut tidak semuanya dapat dijadikan keputusan.

Kondisi tersebut tidak membuat para tokoh berlomba-lomba untuk mempengaruhi peserta musyawarah yang lain untuk memilih pendapat yang dikemukakannya, namun mereka justru mendorong tokoh yang lainnya untuk mengemukakan gagasan yang lain. Mereka juga tidak memaksakan pendapatnya kepada yang lain.

Sikap yang ditampilkan para tokoh tersebut menunjukkan bahwa mereka menghargai perbedaan pendapat. Mereka menganggap perbedaan pendapat sebagai keuntungan bagi bangsa Indonesia. Mereka kemudian mencari titik persamaan diantara perbedaan pendapat tersebut dengan selalu berlandaskan kepada kepentingan bangsa dan negara.b. Mengutamakan kepentingan bangsa dan negara

b. Mengutamakan kepentingan bangsa dan negara
Para tokoh yang ikut merumuskan Pancasila tidak hanya berasal dari satu golongan saja. Mereka berasal dari berbagai golongan. Agama dan suku bangsa mereka juga berbeda. Akan tetapi mereka ikut serta dalam proses perumusan Pancasila dengan tujuan utama memperjuangkan kepentingan bangsa dan negara. Mereka mengesampingkan kepentingan golongannya.

Hal tersebut bisa kita lihat ketika para anggota PPKI dari kalangan umat Islam menerima perubahan isi sila pertama Pancasila. Mereka tidak ngotot mempertahankan isi sila yang tercantum dalam rumusan Piagam Jakarta, akan tetapi mereka sadar bahwa kepentingan bangsalah yang harus diutamakan.

c. Menerima hasil keputusan bersama
Tokoh-tokoh pendiri negara yang tergabung dalam PPKI pada saat merumuskan perubahan Piagam Jakarta memberi teladan dalam menerima keputusan bersama. Pada saat itu PPKI menerima masukan agar rumusan dasar negara pada Piagam Jakarta diubah. Seluruh anggota PPKI tidak nenolak masukan tersebut. Para anggota PPKI bermusyawarah untuk mencari jalan keluar yang terbaik demi keutuhan bangsa dan negara Indonesia. Pada akhirnya, para anggota PPKI berhasil mencapai kesepakatan. 

Perubahan Piagam Jakarta disetujui sebagai keputusan bersama. Keputusan tersebut bukanlah keputusan perseorangan, namun merupakan keputusan yang telah dipertimbangkan secara matang. Semua anggota PPKI menerima dan melaksanakan keputusan tersebut secara ikhlas dan bertanggung jawab.

d. Mengutamakan persatuan dan kesatuan
Proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara dilakukan melalui proses musyawarah untuk mufakat dalam sidang BPUPKI. Pada sidang tersebut, semua anggota BPUPKI diberi kesempatan untuk menyampaikan gagasannya mengenai rumusan dasar negara, kemudian dibahas dan didiskusikan bersama. Dengan demikian dalam persidangan tersebut muncul perbedaan pendapat, akan tetapi meskipun demikian mereka tetap mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa dan negara.

Perubahan Piagam Jakarta dilakukan untuk mencegah perpecahan. Demi persatuan dan kesatuan isi sila pertama Pancasila yang terdapat dalam rumusan Piagam Jakarta diubah dari Ketuhanan, dengan menjalankan syariat Islam bagi pemeluk-pemeluknya menjadi Ketuhanan Yang Maha Esa.

Ceritakan dua gambar berikut ini di depan kelas
musyawarah
Gambar 1 adalah beberapa siswa yang sedang melaksanakan shalat berjamaan. Kegiatan tersebut merupakan bentuk kebersamaan dan merupakan pengamalan sila pertama Pancasila yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa.

Gambar 2 adalah sekelompok orang yang sedang bermusyawarah. Kegiatan tersebut merupakan bentuk pengamalan sila keempat Pancasila yaitu Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan.

    Kesimpulan 
A  Alhamdulillah kegiatan pembelajarn hari berjalan dengan lancar, pembelajaran matematika dengan materi operasi bilangan cacah sudah dapat dipahami peserta didik dengan baik. dari 26 siswa masih terdapat 2 siswa yang perlu remedial karena mendapat nilai di bawah KKTP. 
  





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Selasa, 19 Maret 2024

Jumat, 17 Mei 2024

Kamis, 16 Mei 2024