Peserta didik memahami sistem organ tubuh manusia yang dikaitkan dengan cara menjaga kesehatan tubuhnya; gelombang bunyi dan cahaya serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
CAPAIANPEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA:
1.Elemen Menulis
Peserta didik mampu menulis berbagai teks sederhana berdasarkan gagasan, hasil pengamatan, pengalaman, dan imajinasi. Peserta didik mampu menuliskan hasil pengamatan yang menjelaskan hubungan kausalitas (sebab akibat) untuk meyakinkan pembaca. Peserta didik mampu menggunakan kaidah kebahasaan dan kesastraan untuk menulis teks sesuai dengan konteks dan norma sosial budaya. Peserta didik mampu menggunakan kosakata baru yang memiliki makna denotatif, konotatif, dan kiasan. Peserta didik mampu menyampaikan perasaan berdasarkan fakta, imajinasi (dari diri sendiri dan orang lain) secara indah dan menarik dalam bentuk karya sastra dengan penggunaan kosakata secara kreatif. Peserta didik terampil menulis teks dalam tulisan Latin dan tegak bersambung.
CAPAIAN PEMBELAJARAN PANCASILA
Peserta didik mampu memahami kronologi sejarah kelahiran Pancasila; meneladani sikap para perumus Pancasila dan menerapkan di lingkungan masyarakat; menghubungkan sila-sila dalam Pancasila sebagai suatu kesatuan yang utuh, menguraikan makna nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara, pandangan hidup, dan ideologi bangsa dan negara.
Apa kabar anak sholih sholihah.........
semoga kalian semua dalam keadaan sehat walaf'iyah ....
Tujuan pembelajaran hari ini melalui pembuatan proyek peserta didik dapat membuat informasi terkait cara menjaga kesehatan mata dan telinga, peserta didik dapat menjawab soal sumatif dengan baik, dan dapat meneladani sikap para perumus Pancasila.
IPAS
A. Cara Menjaga Kesehatan Mata
Cara Menjaga Kesehatan Telinga
BAHASA INDONESIA
Pilihan Ganda
Pilihlah huruf a, b, c, atau d di depan jawaban yang paling tepat!
Soal No.1
Wiwin menulis sebuah puisi yang setiap awal barisnya dibentuk dari rangkaian huruf yang memberi makna atau pesan puisi. Puisi yang dibuat oleh Wiwin disebut ... A. pantun B. gurindam C. mantra D. akrostik
Soal No.2
Perhatikan kreasi berikut!
Berdasarkan kreasi di atas, Adit memiliki sifat .... A. teratur B. selalu berusaha C. banyak ide D. membangkitkan tawa
Wayan bersaudara dengan Made. Mereka memiliki beberapa persamaan. Salah satu persamaannya yaitu .... A. sifat B. cita-cita C. bentuk hidung D. warna kulit
Soal No.4
Wayan dan Made memang bersaudara. Namun, mereka berdua memiliki perbedaan. Berikut ini salah satu perbedaannya yaitu .... A. cita-cita B. bentuk wajah C. alamat rumah D. warna kulit
Soal No.5
Made memiliki angan-angan menjadi seorang ... saat dia dewasa. A. atlet bulu tangkis B. penulis buku C. youtuber D. pencipta lagu
Soal No.6
Perhatikan gambar dan tabel di bawah!
No
Paragraf
1
Didi akan tampil di acara pentas seni yang diselenggarakan sekolahnya. Dia latihan terus-menerus untuk mengasah bakatnya yang selalu dibanggakan. Mikrofon menempel pada salah satu tangannya yang menandakan dia siap untuk bernyayi. "Ehem ehem cek satu, dua, tiga" kata Didi sebelum bernyanyi. Kemudian dia bernyanyi dengan penuh semangat.
2
Seorang anak sedang bernyanyi. Satu tangan memagang mikrofon, sedangkan tangan lainnya bergerak mengikuti alunan nada. Posisi badan penyanyi tegak sembari kepala mengarah ke atas. Mulut penyanyi tersebut terbuka lebar menandakan lagu yang sedang dinyanyikan tepat pada nada tinggi. Penyanyi tampak begitu bersemangat.
3
Menyanyi bukanlah pekerjaan yang mudah. Terdapat beberapa cara agar kita dapat bernyanyi dengan baik. Pertama, kita harus memahami tinggi rendahnya nada. Kedua, menghafal lirik lagu yang akan dinyanyikan. Ketiga, menyanyi dengan pelafan yang jelas. Keempat, gestur tubuh harus disesuaikan dengan lirik lagu yang dinyanyikan.
4
Banyak penyanyi di tanah air yang memiliki suara emas . Salah satunya adalah Mahalini Ayu Raharja. Wanita yang berasal dari Denpasar, Bali ini mulai dikenal sejak tampil di acara Indonesia Idol. Selain dikenal sebagai penyanyi yang handal, dia juga merupakan pencipta lagu-lagu yang hits. Lagu Mahalini yang paling sering diputar di banyak sosial media berjudul Kisah Sempurna.
Paragraf yang paling sesuai untuk mendeskripsikan gambar di atas ditunjukkan oleh nomor .... A. satu B. dua C. tiga D. empat
Soal No.7
Perhatikan gambar di bawah!
Kalimat yang paling tepat untuk mendeskripsikan gambar di atas yaitu.... A. tanaman tersebut senang karena dirawat B. anak laki-laki sedang menyiram tanaman C. tanaman sangat baik disiram pada pagi hari D. seorang anak mempraktekkan cara menanam
Soal No.8
Aku tidak bergantung pada orang lain. Aku dalam keadaan dapat berdiri sendiri. Berdasarkan pernyataan tersebut, sifatku adalah .... A. jenaka B. optimistis C. mandiri D. lincah
Soal No.9
Miska adalah seorang siswi kelas lima sekolah dasar. Dia dikenal sebagai siswi yang jujur, sehingga banyak orang yang menyukai kepribadiannya tersebut.
Kata jujur pada kalimat di atas memiliki makna .... A. lurus hati B. rendah hati C. lapang dada D. berjiwa besar
Soal No.10
Pak Ketut dikenal sebagai pelukis yang kreatif, karena beliau menghasilkan karya-karya yang sangat unik.
Kata kreatif pada kalimat di atas memiliki makna .... A. tajam pikiran B. banyak ide C. memiliki daya cipta D. selalu berusaha
Soal No.11
Perhatikan gambar di bawah!
Kata sifat yang tepat untuk mendeksripsikan kegiatan anak-anak pada gambar di atas yaitu .... A. rajin B. cerdas C. ramah D. lincah
Soal No.12
Imbuhan dalam bentuk awalan pe- digunakan untuk menyatakan kata sifat. Hasil pembentukan kata setelah mendapat imbuhan pe- dari kata "bohong" yaitu .... A. pebohong B. penyohong C. pembohong D. penbohong
Soal No.13
Kata "dendam" jika diberikan imbuhan pe- akan menjadi kata .... A. pedendam B. penyendam C. pemdendam D. pendendam
Perhatikan cerita berikut! (Untuk menjawab soal nomor 15 dan 16)
Siam dan Chen
Dahulu kala, di suatu desa tinggalah seorang pria dermawan bernama Pak Long. Dia memiliki dua orang anak bernama Siam dan Lui. Siam adalah anak yang penurut dan suka menolong. Masyarakat sekitar sangat kagum dengan perilaku Siam. Setiap pagi terlihat Siam dengan penuh semangat mendorong gerobak buah ke pasar. Setelah membantu ayahnya berjualan, Siam bersiap-siap untuk pergi ke sekolah.
Siam memiliki tetangga bernama Chen. Mereka juga merupakan teman sekelas. Chen suka bermain games di ponsel pintarnya. Tidak pernah terlihat sekalipun dia pernah membantu keluarganya membersihkan rumah. Dia juga sering melupakan tugas-tugas yang diberikan Ibu Guru, sehingga dia langganan terkena hukuman. Namun, Chen tidak pernah jera. Di sekolah, Chen lebih suka mengobrol dan menggambar dibandingkan mendengarkan penjelasan guru.
Soal No.14
Berdasarkan cerita di atas, sifat tokoh yang dapat kita teladani yaitu ... A. berani B. penolong C. jujur D. pemaaf
Soal No.15
Berdasarkan cerita di atas, sifat tokoh yang sebaiknya kita hindari yaitu .... A. penakut B. pendendam C. malas D. pesimistis
Soal No.16
“Jadilah orang yang alim. Jika tidak mampu, maka jadilah penuntut ilmu. Jika tidak mampu jadi penuntut ilmu, jadilah pendengar ilmu“ kata Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Kotabaru.
Kata alim sinonimnya yaitu.... A. apik B. soleh C. badung D. penggerutu
Soal No.17
Dita sering menyisihkan uang bekal yang diberikan oleh ibunya. Dia juga membeli barang-barang yang hanya diperlukan. Dita anak yang tidak .... A. boros B. hemat C. rajin D. pendiam
Soal No.18
Ibuku selalu menyapa orang-orang yang berbelanja di warung dengan penuh senyuman. Beliau dikenal sebagai penjual yang ramah.
Kata ramah antonimnya yaitu.... A. kaku B. nakal C. cerewet D. baik
Soal No.19
Perhatikan pernyataan berikut!
Adit rajin belajar, sehingga ia memperoleh peringkat 1 di kelas
Gita suka bermain piano, sedangkan Chika suka bermain gitar
Nopita dapat segera menemukan kancing yang tercecer di jalan karena ia memiliki mata yang jeli
Kerajinan pot bunga dari barang bekas tersebut dibuat oleh Bayu dan Widi
Kalimat majemuk setara yang sejalan ditunjukkan oleh nomor... A. 1 B. 2 C. 3 D. 4
Soal No.20
Nancy pandai berhitung. Nancy tidak pandai menyanyi.
Kata penghubung yang tepat untuk melengkapi dua kalimat tunggal di atas, agar menjadi sebuah kalimat majemuk yaitu..... A. tetapi B. karena C. atau D. sehingga
PENDIDIKAN PANCASILA
Piagam Jakarta merupakan hasil keputusan bersama para tokoh dalam Panitia Sembilan yang dipimpin oleh Ir. Soekarno pada tanggal 22 Juni 1945. Pada Piagam Jakarta terutama pada alenia keempat tercantum rumusan dasar negara yang telah disusun secara bersama. Dengan demikian, rumusan dasar negara Republik Indonesia bukan diambil dari pendapat yang dikemukakan oleh Mr. Muhammad Yamin, Mr. Soepomo atau Ir. Soekarno, akan tetapi merupakan hasil musyawarah para tokoh bangsa yang tergabung dalam Panitia Sembilan.
Piagam Jakarta disusun oleh tokoh-tokoh terbaik yang dimiliki oleh bangsa Indonesia. Mereka merupakan para negarawan. Sebagai seorang negarawan mereka selalu menampilkan sikap dan perilaku yang terpuji dalam segala hal. Sikap dan perilaku tersebut mereka tampilkan pada saat perumusan Pancasila sebagai dasar negara. Berikut ini beberapa contoh sikap yang ditampilkan oleh para tokoh pendiri negara pada saat merumuskan Pancasila:
a. Menghargai perbedaan pendapat
Pada saat musyawarah perumusan Pancasila banyak sekali tokoh yang mengemukakan gagasannya mengenai rumusan dasar negara tersebut, diantaranya Muhammad Yamin, Soepomo, dan Soekarno. Mereka masing-masing mengemukakan gagasan yang cemerlang. Akan tetapi meskipun demikian pendapat tersebut tidak semuanya dapat dijadikan keputusan.
Kondisi tersebut tidak membuat para tokoh berlomba-lomba untuk mempengaruhi peserta musyawarah yang lain untuk memilih pendapat yang dikemukakannya, namun mereka justru mendorong tokoh yang lainnya untuk mengemukakan gagasan yang lain. Mereka juga tidak memaksakan pendapatnya kepada yang lain.
Sikap yang ditampilkan para tokoh tersebut menunjukkan bahwa mereka menghargai perbedaan pendapat. Mereka menganggap perbedaan pendapat sebagai keuntungan bagi bangsa Indonesia. Mereka kemudian mencari titik persamaan diantara perbedaan pendapat tersebut dengan selalu berlandaskan kepada kepentingan bangsa dan negara.b. Mengutamakan kepentingan bangsa dan negara
b. Mengutamakan kepentingan bangsa dan negara
Para tokoh yang ikut merumuskan Pancasila tidak hanya berasal dari satu golongan saja. Mereka berasal dari berbagai golongan. Agama dan suku bangsa mereka juga berbeda. Akan tetapi mereka ikut serta dalam proses perumusan Pancasila dengan tujuan utama memperjuangkan kepentingan bangsa dan negara. Mereka mengesampingkan kepentingan golongannya.
Hal tersebut bisa kita lihat ketika para anggota PPKI dari kalangan umat Islam menerima perubahan isi sila pertama Pancasila. Mereka tidak ngotot mempertahankan isi sila yang tercantum dalam rumusan Piagam Jakarta, akan tetapi mereka sadar bahwa kepentingan bangsalah yang harus diutamakan.
c. Menerima hasil keputusan bersama
Tokoh-tokoh pendiri negara yang tergabung dalam PPKI pada saat merumuskan perubahan Piagam Jakarta memberi teladan dalam menerima keputusan bersama. Pada saat itu PPKI menerima masukan agar rumusan dasar negara pada Piagam Jakarta diubah. Seluruh anggota PPKI tidak nenolak masukan tersebut. Para anggota PPKI bermusyawarah untuk mencari jalan keluar yang terbaik demi keutuhan bangsa dan negara Indonesia. Pada akhirnya, para anggota PPKI berhasil mencapai kesepakatan.
Perubahan Piagam Jakarta disetujui sebagai keputusan bersama. Keputusan tersebut bukanlah keputusan perseorangan, namun merupakan keputusan yang telah dipertimbangkan secara matang. Semua anggota PPKI menerima dan melaksanakan keputusan tersebut secara ikhlas dan bertanggung jawab.
d. Mengutamakan persatuan dan kesatuan
Proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara dilakukan melalui proses musyawarah untuk mufakat dalam sidang BPUPKI. Pada sidang tersebut, semua anggota BPUPKI diberi kesempatan untuk menyampaikan gagasannya mengenai rumusan dasar negara, kemudian dibahas dan didiskusikan bersama. Dengan demikian dalam persidangan tersebut muncul perbedaan pendapat, akan tetapi meskipun demikian mereka tetap mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa dan negara.
Perubahan Piagam Jakarta dilakukan untuk mencegah perpecahan. Demi persatuan dan kesatuan isi sila pertama Pancasila yang terdapat dalam rumusan Piagam Jakarta diubah dari Ketuhanan, dengan menjalankan syariat Islam bagi pemeluk-pemeluknya menjadi Ketuhanan Yang Maha Esa.
Ceritakan dua gambar berikut ini di depan kelas
Gambar 1 adalah beberapa siswa yang sedang melaksanakan shalat berjamaan. Kegiatan tersebut merupakan bentuk kebersamaan dan merupakan pengamalan sila pertama Pancasila yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa.
Gambar 2 adalah sekelompok orang yang sedang bermusyawarah. Kegiatan tersebut merupakan bentuk pengamalan sila keempat Pancasila yaitu Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan.
Kesimpulan
lhamdulillah kegiatan belajar hari ini berjalan dengan baik, hasil sumatif Bahasa Indonesia, dari 26 siswa masih ada 6 siswa yang perlu melaksanakan remedial
Hari/Tanggal : Selasa, 19 Maret 2024 Muatan Pembelajaran : 1. IPAS Bab 6 : Indonesia Kaya Budaya 2. Pend. Pancasila : Negaraku 4. Bahasa Indonesia : Satu Titik Capaian Pembelajaran IPAS 1. Peserta didik mengidentifikasi ragam bentang alam dan keterkaitannya dengan profesi masyarakat. 2.Peserta didik mendeskripsikan terjadinya siklus air dan mampu menunjukkan letak kota/kabupaten dan provinsi tempat ia tinggal pada peta konvensional/digital. Capaian Pembelajaran Bahasa Indonesia 1. Peserta didik mampu memahami ide pokok (gagasan) suatu pesan lisan, informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/a...
Hari/Tanggal : Jum'at, 17 Mei 2024 Muatan Pembelajaran : 1. IPAS BAB 6 : Kegiatan ekonomi masyarakat Capaian Pembelajaran: Peserta didik mampu membedakan antara kebutuhan dan keinginan, mengenal nilai mata uang dan mendemonstrasikan bagaimana uang digunakan untuk mendapatkan nilai manfaat/ memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Apa kabar anak sholih sholihah......... Semoga kalian semua dalam keadaan sehat wal afiyah ya.... Anak sholih sholihah tujuan pembelajaran yang akan dicapai adalah peserta didik dapat mengidentifikasi jenis-enis usaha dalam bidang ekonomi 1. Negara yang sebagian besar mata pencaharian penduduknya di bidang pertanian disebut negara ......
Hari/Tanggal : Kamis, 16 Mei 2024 Muatan Pembelajaran : 1. Matematika : Pecahan Capaian Pembelajaran Pada akhir fase B, peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan ( number sense ) pada bilangan cacah sampai 10.000. Mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, menggunakan nilai tempat, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan tersebut. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan uang menggunakan ribuan sebagai satuan.peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 1.000. Mereka dapat melakukan operasi perkalian dan pembagian bilangan cacah sampai 100 menggunakan benda-benda konkret, gambar dan simbol matematika. Mereka juga dapat menyelesai...
Komentar
Posting Komentar