Senin, 12 Agustus 2024
Hari/Tanggal : Senin, 12 Agutus 2024
Muatan Pembelajaran :
1. Matematika : Bilangan Cacah sampai 100.000
2. Bahasa Indonesia : Aku yang Unik
3. Seni Budaya : Mengenal Unsur Seni Rupa
Capaian Pembelajaran Matematika
Elemen Bilangan
Mereka dapat melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian bilangan cacah sampai 100.000.
CAPAIAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA:
Peserta didik mampu menulis berbagai teks sederhana berdasarkan gagasan, hasil pengamatan, pengalaman, dan imajinasi. Peserta didik mampu menuliskan hasil pengamatan yang menjelaskan hubungan kausalitas (sebab akibat) untuk meyakinkan pembaca. Peserta didik mampu menggunakan kaidah kebahasaan dan kesastraan untuk menulis teks sesuai dengan konteks dan norma sosial budaya. Peserta didik mampu menggunakan kosakata baru yang memiliki makna denotatif, konotatif, dan kiasan. Peserta didik mampu menyampaikan perasaan berdasarkan fakta, imajinasi (dari diri sendiri dan orang lain) secara indah dan menarik dalam bentuk karya sastra dengan penggunaan kosakata secara kreatif. Peserta didik terampil menulis teks dalam tulisan Latin dan tegak bersambung.
Peserta didik mampu memberikan respon terhadap kejadian sehari-hari, keadaan lingkungan sekitar, dan perasaan atau emosinya melalui karya seni rupa yang memberi dampak positif bagi diri dan lingkungan terkecilnya.
Konsep Partisi
Contoh: 22 : 2 = 11 dengan cara membagi 22 ke dalam 2 kelompok. Setelah dibagi sama banyak, ternyata masing-masing kelompok bernilai 11.
Konsep Pengukuran atau Pengurangan Berulang
Contoh: 20 : 4 = 20 - 4 - 4 - 4 - 4 - 4
Untuk mencapai angka 0, 20 harus dikurangi angka 4 hingga lima kali. Jadi, hasil dari 20 : 4 = 5.
a. Sifat Operasi Penjumlahan Bilangan Cacah
Ada beberapa sifat bilangan cacah dalam operasi penjumlahan yaitu:
- Sifat Komutatif (Sifat Pertukaran)
Contoh:
- 8+12=12+8
- 20+15= 15+20
Sifat Asosiatif
Secara umum, sifat asosiatif pada operasi bilangan cacah berlaku persamaan berikut:
-
(a+b)+c=a+(b+c)
Contoh bilangan cacahnya:
1. (4+6)+5 = 4+(6+5)
10+5 = 4+11
15 = 15
- Sifat Identitas
Sifat Identitas adalah sifat suatu bilangan yang apabila dijumlahkan dengan nol (0) maka hasilnya bilangan itu sendiri.
Sifat ini berlaku persamaan:
a+0=a atau 0+α=a
Contoh bilangan cacah:
- 7+0=7 atau 0+7=7
- 15+0=15 atau 0+15=15
b. Sifat Operasi Pengurangan Bilangan Cacah
Adapun sifat bilangan cacah pada operasi pengurangan yaitu kebalikan dari operasi penjumlahan.
Sifat komutatif, sifat asosiatif, dan sifat identitas tidak berlaku pada operasi pengurangan.
Contoh bilangan cacah:
1. 7-3-4 sedangkan 3-7-4
Jadi, 8-5 tidak sama dengan 5-8 (bukan sifat komunikatif).
2. (10-3)-2-7-2=5 sedangkan 10-(3-2)=10-1=9
Jadi, (10-3)-2 tidak sama dengan 10-(3-2) (bukan sifat asosiatif).
Sifat bilangan cacah dalam operasi perkalian meliputi sifat komunikatif, sifat asosiatif, sifat identitas, dan sifat perkalian bilangan nol (0).
- Sifat Komutatif (Sifat Pertukaran)
Hasil operasi perkalian dua bilangan cacah akan sama meskipun posisinya diubah atau ditukar.
Adapun persamaannya sebagai berikut:
a x b = b x a
Contoh bilangan cacah:
1. 5×6 = 6x5
30 = 30
Jadi 5x6 = 6x5
2. 10x5 = 5x10
50 = 50
Jadi, 10x5 = 5x10
- Sifat Asosiatif (Sifat Pengelompokan)
Persamaannya sebagai berikut:
(a x b) x c = a x (b x c)
Contoh bilangan cacah:
1. (3 x 4) x 5 = 3 x (4 x 5)
12 x 5 = 3 x 20
60 = 60
- Sifat Perkalian Bilangan Nol (0)
Dalam operasi perkalian, jika suatu bilangan dikalikan dengan bilangan nol (0) maka hasilnya nol (0).
Adapun persamaannya yaitu:
a x 0 = 0 atau 0 x a = 0
Contoh bilangan cacah:
- 3 x 0 = 0
- 7 x 0 = 0
- 10 x 0 =0
- 20 x 0 = 0
- Pada operasi perkalian dan pembagian yang berdampingan, pengerjaannya dilakukan pada operasi yang terletak di depan (sebelah kiri) terlebih dahulu.
Contohnya:
1) 12 x 2 : 3 = 24 : 3
= 8
2) 25 : 5 x 3 = 5 x 3
= 15
Bahasa IndonesiaContoh Kalimat Majemuk Setara Sebab-Akibat
1. Dinda belajar sempoa sejak kecil.
Dinda dapat menghitung dengan cepat.
Kalimat majemuk: Dinda belajar sempoa sejak kecil, sehingga dapat menghitung dengan cepat.
Kerjakan latihan berikut!
A. Isilah titik-titik berikut dengan kunjungsi/kata hubung yang tepat!
1. Petugas kebersihan sudah sibuk membersihkan saluran air ........ memasuki musim hujan.
2. Anies membaca komik jenaka ............ tertawa terbahak-bahak.
3. Kamu mau dibelikan buku ......... mainan
Gabungkan dua kalimat berikut menjadi kaloimat majemuk setara!
4. Tirta tidak masuk sekolah hari ini.
Ibu Tirta sedang sakit.
____________________________________
5. Pengendara motor tidak memakai helm
Pengendara motor ditilang oleh polisi.
Komentar
Posting Komentar