Jumat, 9 Agustus 2024
Hari/Tanggal : Jumat, 9 Agustus 2024
Muatan Pembelajaran :
1. IPAS : Cahaya dan Bunyi
2. PAK : Mengenal PAK
Capaian Pembelajaran IPAS
A. CAPAIAN PEMBELAJARAN
Ø Elemen Pemahaman IPAS:
Peserta didik memahami sistem organ tubuh manusia yang dikaitkan dengan cara menjaga kesehatan tubuhnya;
Apa kabar anak sholih sholihah.........
semoga kalian semua dalam keadaan sehat walaf'iyah.
Hari ini kita akan kembali belajar IPAS tentang bunyi dan sifatnya.
Adapun tujuan pembelajaran hari ini peserta didik dapat mengidentifikasi sifat-sifat bunyi dan menjelaskan makna jujur
IPAS
Ketika gaya bekerja pada suatu benda dan membuat benda tersebut bergetar maka akan terbentuk bunyi. Getaran benda ini membuat udara di sekelilingnya menjadi ikut bergetar. Getaran udara inilah yang merambat sampai di telinga sehingga kita bisa mendengar bunyi. Berbeda seperti cahaya, bunyi memerlukan medium untuk merambat. Medium tersebut bisa berupa benda padat, cair, atau gas. Hal ini menyebabkan tidak adanya bunyi yang dihasilkan di ruang vakum (termasuk di luar angkasa). Bunyi juga tidak bergerak secepat cahaya. Berikut ini yang termasuk sifat-sifat bunyi.
1. Merambat ke segala arah
Berbeda dengan cahaya yang merambat lurus, bunyi merambat ke segala arah. Hal inilah yang menyebabkan kita bisa mendengar bunyi walaupun tidak melihat langsung sumber bunyinya. Media padat merupakan penghantar bunyi yang paling baik karena kerapatan partikel yang tersusun pada benda padat. Oleh karena itu, bunyi yang dirambatkan pada media padat akan terdengar lebih keras dan cepat. Adapun udara memiliki kerapatan partikel paling renggang sehingga udara bukan menjadi penghantar bunyi yang paling baik.
2. Bunyi dapat dipantulkan
Walaupun dinding dan lantai di kelas atau di rumah terbuat dari benda yang keras, kita tidak mendengarkan gaung atau gema. Hal ini dikarenakan ruangan tersebut terisi dengan benda-benda lain yang menyerap suara, seperti tirai, karpet, buku, tas, bantal, baju, dan benda-benda lainnya. Namun, hasil yang berbeda bisa terjadi jika ruangan tersebut kosong.
3. Tinggi Rendah dan Intensistas Bunyi
Energi bunyi merambat melalui sebuah medium dalam getaran yang terus berulang. Jumlah getaran yang dihasilkan setiap detiknya disebut frekuensi. Jumlah frekuensi ini akan memengaruhi tinggi rendah nada. Semakin tinggi frekuensi bunyi maka akan semakin tinggi nada yang dihasilkan. Frekuensi diukur dengan satuan Hertz (Hz).
Bunyi yang dapat didengar oleh manusia berupa bunyi audiosonik (dengan rentang frekuensi 20 - 20.000 Hz). Di bawah frekuensi tersebut termasuk bunyi infrasonik. Seismograf adalah alat pendeteksi gempa dan menangkap bunyi infrasonik yang dihasilkan oleh getaran pergerakan lempeng Bumi. Ada juga bunyi ultrasonik dengan frekuensi lebih besar dari 20.000 Hz. Kelelawar, anjing, lumba-lumba merupakan contoh hewan yang bisa mendengar bunyi ini.
KERJAKAN SOAL BERIKUT DENGAN TEPAT!
1. Bunyi dihasilkan oleh benda yang ….
a. Bergerak b.Berpindah
c.Bergetar d.Berputar
2. Bunyi yang frekuensinya 20 sampai 20.000 getaran tiap detik disebut ….
a. Ultrasonik b. Audiosonik
c. Suprasonik d. Infrasonik
4. Bunyi yang frekuensinya tidak teratur disebut ….
a. Desah b. Irama
c. Nada d. Music
4. Bunyi pantul setelah bunyi asli disebut ....
a. Pantulan b. Gaung c. Gema d. Tidak ada jawaban yang benar
5. Sumber bunyi pada alat musik gitar adalah ....
a. Permukaan gitar b. Senar c. Udara d. Kulit
PENDIDIKAN ANTI KORUPSI
Jujur, adalah sikap lurus hati, tidak berbohong, tidak curang dan tulus-ikhlas. Seseorang dengan nilai kejujuran di hatinya tidak akan pernah korupsi, karena tahu tindakan tersebut adalah bentuk kebohongan dan kejahatan. Orang dengan berintegritas jujur akan selalu berpegang pada prinsip yang diyakininya benar.
Kesimpilan
Salah satu nilai dasar yang perlu ditanamkan dalam pembentukan perilaku antikorupsi adalah nilai kejujuran. Apabila peserta didik sejak dini menerapkan nilai kejujuran di dalam kesehariannya maka untuk jangka waktu ke depannya peserta didik mampu senantiasa berperilaku jujur dan antikorupsi.
Contoh perbuatan anti korupsi yang mencerminkan nilai kejujuran adalah sebagai berikut:
(1) Melakukan pekerjaan yang seharusnya di selesaikan.
(2) Tidak menyontek atau menyalin pekerjaan orang lain.
(3) Tidak memanipulasi data dan fakta pada suatu pekerjaan.
(4) Bersikap arif dan bijakana dalam mengambil keputusan.
Kesimpilan
Alhamdulillah kegiatan belajar hari ini berjalan dengan baik dan lancar. peserta didik semangat melakukan percobaan tentang sifat bunyi, insya Allah mereka dapat memahami materi dengan baik.
Komentar
Posting Komentar