Rabu, 28 Agustus 2024
Hari/Tanggal : Rabu, 28 Agutus 2024
Muatan Pembelajaran :
1. Matematika : Faktorisasi
2. Bahasa Indonesia : Buku Jendela Dunia
3. Pancasila : Makna Sila Pancasila
Capaian Pembelajaran Matematika
Elemen Bilangan
Peserta didik dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan KPK dan FPB
CAPAIAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA:
Pada akhir fase C, peserta didik memiliki kemampuan berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan dan konteks sosial. Peserta didik menunjukkan minat terhadap teks, mampu memahami, mengolah, dan menginterpretasi informasi dan pesan dari paparan lisan dan tulis tentang topik yang dikenali dalam teks narasi dan informatif. Peserta didik mampu menanggapi dan mempresentasikan informasi yang dipaparkan; berpartisipasi aktif dalam diskusi; menuliskan tanggapannya terhadap bacaan menggunakan pengalaman dan pengetahuannya; menulis teks untuk menyampaikan pengamatan dan pengalamannya dengan lebih terstruktur. Peserta didik memiliki kebiasaan membaca untuk hiburan, menambah pengetahuan, dan keterampilan.
Apa kabar anak sholih sholihah.........
Bahasa Indonesia
Bahasa Indonesia
No. | Nama Tokoh | Sifat Tokoh | Tindakannya |
---|---|---|---|
1. | Hana | Mandiri, berani, dan terbuka, tetapi kadang suka cemas | Cemas menghadapi hari pertama sekolahnya, tetapi dia berangkat sekolah sendiri, berani berpendapat dan memperkenalkan dirinya secara terbuka. |
2. | Juna | Ceria, ramah, suka menjadi pusat perhatian | Mengacungkan tangan dan bertanya kepada Hana di depan kelas. |
3. | Ibu Pertiwi | Penuh perhatian dan berwawasan luas | Membesarkan hati dan memberikan penjelasan yang baik. |
4. | Salim | Aktif dan percaya diri | Menanggapi pertanyaan guru secara cepat dan berteriak spontan saat melihat sesuatu yang mengejutkannya |
Hana cemas menghadapi menghadapi hari pertama sekolahnya karena ia baru pindah dari luar negeri.
Secara terbuka Hana memperkenalkan diri dan berbagi dengan teman-temannya.
Ibu guru membantu Hana mengatasi kekhawatirannya dengan memperkenalkannya kepada teman-temannya sebagai anak Indonesia. Hana juga mau belajar memperlancar bahasa Indonesianya. Ayah Hana juga membantu agar Hana dapat lebih cepat akrab dengan teman-temannya.
kesatu, ketiga, keempat, dan kelima, dan begitu seterusnya. Kelima sila tidak bisa dilepas satu dengan yang lainnya. Walaupun masing-masing sila mempunyai nilai-nilai sendiri tetapi hubungan antarsila merupakan hubungan yang utuh dan saling terkait.
Setiap sila yang membentuk Pancasila merupakan unsur yang mutlak yang membentuk kesatuan, bukan unsur pelengkap. Artinya satu sila menjiwai dan dijiwai oleh sila-sila yang lain. Sila Pertama menjiwai sila kedua, ketiga, keempat, dan kelima, dan demikian seterusnya. Misalnya, meskipun Sila Ketuhanan Yang Maha Esa merupakan sila yang berkaitan dengan Tuhan, tetapi tidak berarti sila-sila yang lain hanya sebagai pelengkap saja.
Setiap sila yang membentuk Pancasila juga sebagai satu kesatuan yang mutlak, tidak dapat ditambah dan dikurangi. Oleh karena itu, Pancasila tidak dapat diubah menjadi Trisila atau ekasila.
Kesimpulan
Kerjakan latihan berikut!
1. Sila kedua Pancasila "Kemanusiaan yang adil dan beradab" disimbolkan dengan "Rantai" berwarna emas. Penerapan makna simbol "Rantai" dalam kehidupan sehari-hari salah satunya adalah ....
a. Membantu teman yang sedang dalam kesulitan
b. Membuang sampah pada tempatnya
c. Melaksanakan ibadah tepat waktu
d. Menjahili teman
2. Setiap hari Senin warga sekolah melaksanakan upacara bendera sebagai. wujud nasionalisme dan patriotisme. hal di atas merupakan pencerminan dari sila ....
a. Kesatu
b. Kedua
c. Ketiga
d. Keempat
3. Kegiatan yang sesuai dengan penerapan sila Pancasila yang berbunyi "Persatuan Indonesia" adalah ....
a. Berdoa menurut agama dan kepercayaan masing-masing
b. Memberi sedekah kepada fakir miskin
c. Melaksanakan upacara setiap hari senin
d. Membuang sampah pada tempatnya
4.Menghargai hak asasi menusia merupakan nilai-nilai Pancasila sila .....
a. Kesatu
b. Kedua
c. Ketiga
d. Keempat
5. Mengerjakan piket kelas merupakan pengamalan Pancasila sila ....
a. Kesatu
b. Kedua
c. Ketiga
d. keempat
Kesimpulan
Alhamdulillah pembelajaran hari ini berjalan dengan baik, peserta didik dapat memahami dengan baik materi faktorisasi, namun masih ada 6 peserta didik yang masih kesulitan dalam mengerjakan latihan faktorisasi. sedangkan untuk mapel b.indonesia tentang unsur intrinsik dan makna sila pancasila dapat dipahami dengan baik.
Komentar
Posting Komentar