Senin, 17 Maret 2025
Hari/Tanggal : Senin, 17 MAREt 2025
Muatan STS :
1. PAI
2. PEND. PANCASILA
KISI-KISI SOAL
SUMATIF TENGAH SEMESTER GENAP
Kelas/Semester : V (Lima) / II
Mata Pelajaran : Pendidikan Pancasila
NO |
MATA PELAJARAN |
ELEMEN |
CAPAIAN PEMBELAJARAN |
MATERI |
INDIKATOR SOAL |
BENTUK SOAL |
LEVEL KOGNITIF |
NO SOAL |
1. |
Pendidikan Pancasila |
Bhinneka Tunggal Ika |
Peserta didik mampu menganalisis,
menyajikan hasil analisis, menghormati, menjaga, dan melestarikan keragaman
budaya dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika di lingkungan sekitarnya. |
Menghargai Keragaman |
Disajikan pernyataan siswa dapat mengingat kembali letak geografis Indonesia yang teretak antara dua
samudera |
PG |
L1/C1 |
1 |
|
|
|
|
|
Disajikan pernyataan siswa dapat mengingat kembali letak geografis Indonesia yang teretak antara dua benua |
PG |
L2/C3 |
2 |
|
|
|
|
|
Disajikan pernyataan, siswa dapat mengingat kembali, pengaruh keberagaman |
PG |
L2/C3 |
3 |
|
|
|
|
|
Disajikan pernyataan, siswa mampu menentukan manfaat menjaga keberagaman |
PG |
L2/C3 |
4 |
|
|
|
|
|
Disajikan pernyataan siswa dapat mengingat kembali, pengaruh tetap mempertahankan
budaya |
PG |
L2/C3 |
5 |
|
|
|
|
|
Disajikan pernyataan siswa dapat menentukan manfaat gotong royong |
PG |
L2/C3 |
6 |
|
|
|
|
|
Disajikan gambar,
siswa mampu menentukan suku yang berasal dari Padang |
|
L2/C3 |
7 |
|
|
|
|
|
Disajikan pernyataan, siswa mampu menelaah lagu daerah yang berasal dari pulau Jawa Tengah |
PG |
L3/C4 |
8 |
|
|
|
|
|
Disajikan gambar, siswa mampu menelaah suku yang berasal dari Sumatera Barat |
PG |
L3/C4 |
9 |
|
|
|
|
|
siswa mampu menelaah suku yang berasal dari Jawa Tengah |
PG |
L2/C3 |
10 |
|
|
|
|
|
Disajikan pernyataan,
siswa mampu menentukan alat musik asal provinsi Lampung |
PG |
L2/C3 |
11 |
|
|
|
|
|
Disajikan pernyataan siswa dapat menentukan cara yang bukan menghargai alat musik tradisional |
PG |
L2/C3 |
12 |
|
|
|
|
|
Disajikan gambar siswa dapat menentukan alat senjata tradisional asal Sumatera Utara |
PG |
L2/C3 |
13 |
|
|
|
|
|
Disajikan pernyataan siswa dapat menentukan sikap yang sesuai dengan
pernyataan |
PG |
L2/C3 |
14 |
|
|
|
|
|
Disajikan pernyataan,
siswa mampu menentukan wilayah yang berada dibawah wilayah kota |
PG |
L2/C3 |
15 |
|
|
|
|
|
Disajikan pernyataan, siswa mampu menelaah pekerjaan minoritas wilayah kabupaten |
PG |
L3/C4 |
16 |
|
|
|
|
|
Disajikan pernyataan siswa dapat menentukan manfaat dari hidup rukun |
PG |
L1/C1 |
17 |
|
|
|
|
|
Disajikan tabel siswa dapat menentukan yang bukan perbedaan kota dan kabupaten |
PG |
L1/C1 |
18 |
|
|
|
|
|
Disajikan gambar siswa dapat menentukan ciri khas suku nias |
PG |
L1/C1 |
19 |
|
|
|
|
|
Disajikan pernyataan, siswa mampu mengingat tempat ibadah agama budha |
PG |
L3/C4 |
20 |
|
|
|
|
|
Disajikan pernyataan siswa dapat mengidentifikasi mayoritas pekerjaan masyarakat daerah pegunungan |
PG |
L1/C1 |
21 |
|
|
|
|
|
Disajikan pernyataan siswa dapat mengidentifikasi sikap yang bukan
merawat fasilitas umum |
PG |
L1/C1 |
22 |
|
|
|
|
|
Disajikan gambar,
siswa mampu menentukan sikap yang harus dimiliki saat pemilihan pemilu terpilih |
PG |
L1/C2 |
23 |
|
|
|
|
|
Disajikan pernyataan siswa dapat mengidentifikasi bukan manfaat
dari olahraga |
PG |
L2/C2 |
24 |
|
|
|
|
|
Disajikan pernyataan siswa dapat menentukan sikap diajak menonton festival |
PG |
L1/C2 |
25 |
|
|
|
|
|
Disajikan pernyataan siswa dapat menentukan lagu daerah asal Sulawesi selatan |
PG |
L1/C2 |
26 |
|
|
|
|
|
Disajikan gambar siswa dapat menentukan sikap persatuan dan kesatuan |
PG |
L2/C2 |
27 |
|
|
|
|
|
Disajikan pernyataan siswa dapat menentukan sikap saling menghargai
keragaman |
PG |
L1/C2 |
28 |
|
|
|
|
|
Disajikan pernyataan siswa dapat menentukan nama kain adat asal Kalimantan selatan |
PG |
L2/C2 |
29 |
|
|
|
|
|
Disajikan cerita, siswa
mampu menentukan nama senjata
tradisional asal Kalimantan selatan |
PG |
L3/C4 |
30 |
|
|
|
|
|
Disajikan pernyataan,
siswa mampu mengidentifikasi sikap keberagaman |
PG |
L1/C2 |
31 |
|
|
|
|
|
Disajikan gambar siswa dapat menentukan sikap bukan ancaman terhadap sikap persatuan dan kesatuan |
PG |
L2/C2 |
32 |
|
|
|
|
|
Disajikan pernyataan, siswa mampu menentukan
alat musik asal sumatera selatan |
PG |
L3/C4 |
33 |
|
|
|
|
|
Disajikan pernyataan siswa dapat menentukan kerja bakti disekolah |
PG |
L2/C2 |
34 |
|
|
|
|
|
Disajikan gambar, siswa
menentukan sikap diajak membolos saat
pembelajaran |
PG |
L2/C2 |
35 |
|
|
|
|
|
Disajikan pernyataan siswa dapat menentukan jumlah kota provinsi Lampung |
ISIAN |
L1/C2 |
1 |
|
|
|
|
|
Disajikan pernyataan siswa dapat menentukan ciri-ciri wilayah kota yang sering dilihat |
ISIAN |
L1/C2 |
2 |
|
|
|
|
|
Disajikan gambar, siswa
mampu menentukan minoritas pekerjaan |
ISIAN |
L3/C4 |
3 |
|
|
|
|
|
Disajikan pernyataan siswa dapat menentukan bunyi semboyan bhineka tunggal ika |
ISIAN |
L1/C2 |
4 |
|
|
|
|
|
Disajikan pernyataan siswa dapat menentukan tugas ketua kelas |
ISIAN |
L2/C2 |
5 |
|
|
|
|
|
Disajikan pernyataan siswa dapat menentukan sikap toleransi |
ISIAN |
L2/C2 |
6 |
|
|
|
|
|
Disajikan pernyataan siswa dapat menentukan manfaat keberagaman |
ISIAN |
L1/C2 |
7 |
|
|
|
|
|
Disajikan gambar siswa dapat mengidentifikasi pekerjaan berdasarkan gambar tersebut |
ISIAN |
L2/C2 |
8 |
|
|
|
|
|
Disajikan pernyataan siswa dapat menentukan tarian |
ISIAN |
L1/C2 |
9 |
|
|
|
|
|
Disajikan gambar, siswa
mampu menelaah informasi dari asal daerah |
ISIAN |
L3/C4 |
10 |
|
|
|
|
|
Disajikan cerita,
siswa mampu mengidentifikasi keberagaman dalam aspek keagamaan |
ESSAY |
L3/C4 |
1 |
|
|
|
|
|
Siswa mampu menyebutkan keragaman budaya Indonesia |
ESSAY |
L2/C2 |
2 |
|
|
|
|
|
Disajikan pernyataan siswa dapat menentukan cara untuk menjaga fasilitas sekolah |
ESSAY |
L3/C4 |
3 |
|
|
|
|
|
Disajikan cerita, siswa mampu menelaah cara menjaga kebersihan di sekolah |
ESSAY |
L3/C4 |
4 |
|
|
|
|
|
Disajikan gambar siswa dapat menyebutkan sikap cara mengikuti perombaan |
ESSAY |
L2/C2 |
5 |
2.
Indonesia terletak antara dua benua yaitu ……….
dan ……..
3.
Suku minang berasal dari ……..
4.
Manfaat gotong royong adalah ……..
5.
Lagu daerah dari Jawa Tengah antara lain ………
6.
Suku yang berasal dari Jawa Tengah adalah ……………
7.
Alat musik cetik berasal dari daerah …….
8.
Senjata tradisional dari Sumatera Utara adalah
….
9.
wilayah yang berada di bawah naungan kota/
kabupaten adalah …..
10.
Perbedaan kota dan kabupaten adalah …….
11.
Vihara adalah tempat ibadah umat ….
12.
Masyarakat di dataran tinggi/ gunung bekerja
sebagai …
13.
Lagu Angin Mamiri berasal dari daerah ….
14.
Kain adat dari Kalimantan Selatan adalah ….
15.
Kota di provinsi lampung adalah …… dan …..
16.
kepadatan penduduk yang tinggi adalah salah satu
ciri dari wilayah …..
17.
semboyan negara Indonesia adalah ……
18.
Feliciano adalah seorang ketua kelas di kls 5A.
tugas ketua kelas adalah ….
19.
Indonesia memiliki keragaman suku, Bahasa, agama,
adat istiadat, dll. Semua keragaman tersebut merupakan ……. Dari Allah SWT
20.
Negara yang Sebagian besar wilayahnya lahan
pertanian, Sebagian besar penduduknya sebagai petani merupakan ciri negara …..
21.
Tarian yang mengadopsi konsep peperangan, dengan
gerakan yang menggambarkan persiapan para prajurit untuk mengalahkan musuh
dengan menggunakan senjata mandau berasal dari suku ……
22.
Tari kecak berasal dari …….
23.
Tuliskan macam-macam keragaman di Indonesia!
24. Bagaimana cara menjaga fasilitas sekolah?
25. Bagaimana cara menjaga kebersihan d sekolah?
Komentar
Posting Komentar