Senin, 17 Maret 2025

 


         

Hari/Tanggal             : Senin, 17 MAREt 2025

Muatan STS                :

1. PAI

2. PEND. PANCASILA

                                                
Apa kabar anak sholih sholihah.........
Semoga anak-anak bu guru semua dalam keadaan sehat wal afiyah ya....
Anak sholih sholihah, Sumatif Tengah Semester hari ini masuk hari pertama dengan mapel B. Arab dan TIK. 
Adapun tujuan pembelajaran hari ini  peserta didik dapat mengerjakan dan menyelesaikan soal Sumatif Tengah Semester dengan baik dan benar. 
Sebelum memulai mengerjakan soal, bacalah doa terlebih dahulu, lalu baca soal dengan saksama. 

Berikut ini Bu Guru sampaikan kisi-kisi soal Sumatif tengah Semester Ganjil. 

Selamat mengikuti sumatif, belajarlah dengan tekun dan sungguh-sungguh, serta percaya diri, in sya Allah  sukses menghadapi sumatif hari ini.

KISI-KISI SOAL

SUMATIF TENGAH SEMESTER GENAP

Kelas/Semester          : V (Lima) / II

Mata Pelajaran          : Pendidikan Pancasila

 

NO

MATA PELAJARAN

ELEMEN

CAPAIAN PEMBELAJARAN

MATERI

INDIKATOR SOAL

BENTUK SOAL

LEVEL KOGNITIF

NO SOAL

 

1.

Pendidikan Pancasila

Bhinneka Tunggal Ika

Peserta didik mampu menganalisis, menyajikan hasil analisis, menghormati, menjaga, dan melestarikan keragaman budaya dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika di lingkungan sekitarnya.

 Menghargai Keragaman

Disajikan pernyataan siswa dapat mengingat kembali letak geografis Indonesia yang teretak antara dua samudera

PG

L1/C1

1

 

 

 

 

 

 

Disajikan pernyataan siswa dapat mengingat kembali letak geografis Indonesia yang teretak antara dua benua

PG

L2/C3

2

 

 

 

 

 

Disajikan pernyataan, siswa dapat mengingat kembali, pengaruh keberagaman

PG

L2/C3

3

 

 

 

 

 

Disajikan pernyataan, siswa mampu menentukan manfaat menjaga keberagaman

PG

L2/C3

4

 

 

 

 

 

Disajikan pernyataan siswa dapat mengingat kembali, pengaruh tetap mempertahankan budaya

PG

L2/C3

 

5

 

 

 

 

 

Disajikan pernyataan siswa dapat menentukan manfaat gotong royong

PG

L2/C3

6

 

 

 

 

 

Disajikan gambar,  siswa mampu menentukan suku yang berasal dari Padang


L2/C3

7

 

 

 

 

 

Disajikan pernyataan, siswa mampu menelaah lagu daerah yang berasal dari pulau Jawa Tengah

PG

L3/C4

8

 

 

 

 

 

Disajikan gambar, siswa mampu menelaah suku yang berasal dari Sumatera Barat

PG

L3/C4

9

 

 

 

 

 

 

siswa mampu menelaah suku yang berasal dari Jawa Tengah

PG

L2/C3

10

 

 

 

 

 

Disajikan pernyataan,  siswa mampu menentukan alat musik asal provinsi Lampung

PG

L2/C3

11

 

 

 

 

 

Disajikan pernyataan siswa dapat menentukan cara yang bukan menghargai alat musik tradisional

 

PG

 

 

 

L2/C3

12

 

 

 

 

 

Disajikan gambar siswa dapat menentukan alat senjata tradisional asal Sumatera Utara

PG

L2/C3

13

 

 

 

 

 

Disajikan pernyataan siswa dapat menentukan sikap yang sesuai dengan pernyataan

PG

 

 

L2/C3

14

 

 

 

 

 

Disajikan pernyataan,  siswa mampu menentukan wilayah yang berada dibawah wilayah kota

PG

L2/C3

15

 

 

 

 

 

Disajikan pernyataan, siswa mampu menelaah pekerjaan minoritas wilayah kabupaten

PG

L3/C4

16

 

 

 

 

 

Disajikan pernyataan siswa dapat menentukan manfaat dari hidup rukun

 

PG

L1/C1

17

 

 

 

 

 

Disajikan tabel siswa dapat menentukan yang bukan perbedaan kota dan kabupaten

PG

L1/C1

18

 

 

 

 

 

Disajikan gambar siswa dapat menentukan ciri khas suku nias

PG

L1/C1

19

 

 

 

 

 

Disajikan pernyataan, siswa mampu mengingat tempat ibadah agama budha

PG

L3/C4

20

 

 

 

 

 

Disajikan pernyataan siswa dapat mengidentifikasi mayoritas pekerjaan masyarakat daerah pegunungan

PG

L1/C1

21

 

 

 

 

 

Disajikan pernyataan siswa dapat mengidentifikasi  sikap yang bukan merawat fasilitas umum

PG

L1/C1

22

 

 

 

 

 

Disajikan gambar,  siswa mampu menentukan sikap yang harus dimiliki saat pemilihan pemilu terpilih

PG

L1/C2

23

 

 

 

 

 

Disajikan pernyataan siswa dapat mengidentifikasi  bukan manfaat dari olahraga

 

PG

L2/C2

24

 

 

 

 

 

Disajikan pernyataan siswa dapat menentukan sikap diajak menonton festival

PG

L1/C2

25

 

 

 

 

 

Disajikan pernyataan siswa dapat menentukan lagu daerah asal Sulawesi selatan

PG

L1/C2

26

 

 

 

 

 

Disajikan gambar siswa dapat menentukan sikap persatuan dan kesatuan

PG

L2/C2

27

 

 

 

 

 

Disajikan pernyataan siswa dapat menentukan sikap saling menghargai keragaman

PG

L1/C2

28

 

 

 

 

 

Disajikan pernyataan siswa dapat menentukan nama kain adat asal Kalimantan selatan

PG

L2/C2

29

 

 

 

 

 

Disajikan cerita, siswa mampu menentukan nama senjata tradisional asal Kalimantan selatan

 

PG

L3/C4

30

 

 

 

 

 

Disajikan pernyataan,  siswa mampu mengidentifikasi sikap keberagaman

PG

L1/C2

31

 

 

 

 

 

Disajikan gambar siswa dapat menentukan sikap bukan ancaman terhadap sikap persatuan dan kesatuan

PG

L2/C2

32

 

 

 

 

 

Disajikan pernyataan, siswa mampu menentukan alat musik asal sumatera selatan

PG

L3/C4

33

 

 

 

 

 

Disajikan pernyataan siswa dapat menentukan kerja bakti disekolah

PG

L2/C2

34

 

 

 

 

 

Disajikan gambar, siswa menentukan sikap diajak membolos saat pembelajaran

 

PG

L2/C2

35

 

 

 

 

 

Disajikan pernyataan siswa dapat menentukan jumlah kota provinsi Lampung

 

 

ISIAN

L1/C2

1

 

 

 

 

 

Disajikan pernyataan siswa dapat menentukan ciri-ciri wilayah kota yang sering dilihat

ISIAN

L1/C2

2

 

 

 

 

 

Disajikan gambar, siswa mampu menentukan minoritas pekerjaan

 

ISIAN

L3/C4

3

 

 

 

 

 

Disajikan pernyataan siswa dapat menentukan bunyi semboyan bhineka tunggal ika

ISIAN

L1/C2

4

 

 

 

 

 

Disajikan pernyataan siswa dapat menentukan tugas ketua kelas

ISIAN

L2/C2

5

 

 

 

 

 

Disajikan pernyataan siswa dapat menentukan sikap toleransi

ISIAN

L2/C2

6

 

 

 

 

 

Disajikan pernyataan siswa dapat menentukan manfaat keberagaman

 

ISIAN

L1/C2

7

 

 

 

 

 

Disajikan gambar siswa dapat mengidentifikasi  pekerjaan berdasarkan gambar tersebut

ISIAN

L2/C2

8

 

 

 

 

 

Disajikan pernyataan siswa dapat menentukan tarian

ISIAN

L1/C2

9

 

 

 

 

 

Disajikan gambar, siswa mampu menelaah informasi dari asal daerah

 

ISIAN

L3/C4

10

 

 

 

 

 

Disajikan cerita,  siswa mampu mengidentifikasi keberagaman dalam aspek keagamaan

ESSAY

L3/C4

1

 

 

 

 

 

Siswa mampu menyebutkan keragaman budaya Indonesia

ESSAY

L2/C2

2

 

 

 

 

 

Disajikan pernyataan siswa dapat menentukan  cara untuk menjaga fasilitas sekolah

ESSAY

L3/C4

3

 

 

 

 

 

Disajikan cerita, siswa mampu menelaah cara menjaga kebersihan di sekolah

ESSAY

L3/C4

4

 

 

 

 

 

Disajikan gambar siswa dapat menyebutkan  sikap cara mengikuti perombaan

ESSAY

L2/C2

5

 

 1.       Indonesia terletak antara dua samudera yaitu samudera …………. Dan samudera …………

2.       Indonesia terletak antara dua benua yaitu ………. dan ……..

3.       Suku minang berasal dari ……..

4.       Manfaat gotong royong adalah ……..

5.       Lagu daerah dari Jawa Tengah  antara lain ………

6.       Suku yang berasal dari Jawa Tengah adalah ……………

7.       Alat musik cetik berasal dari  daerah …….

8.       Senjata tradisional dari Sumatera Utara adalah ….

9.       wilayah yang berada di bawah naungan kota/ kabupaten adalah …..

10.   Perbedaan kota dan kabupaten adalah …….

11.   Vihara adalah tempat ibadah umat ….

12.   Masyarakat di dataran tinggi/ gunung bekerja sebagai …

13.   Lagu Angin Mamiri berasal dari daerah ….

14.   Kain adat dari Kalimantan Selatan adalah ….

15.   Kota di provinsi lampung adalah …… dan …..

16.   kepadatan penduduk yang tinggi adalah salah satu ciri dari wilayah …..

17.   semboyan negara Indonesia adalah ……

18.   Feliciano adalah seorang ketua kelas di kls 5A. tugas ketua kelas  adalah ….

19.   Indonesia memiliki keragaman suku, Bahasa, agama, adat istiadat, dll. Semua keragaman tersebut merupakan ……. Dari Allah SWT

20.   Negara yang Sebagian besar wilayahnya lahan pertanian, Sebagian besar penduduknya sebagai petani merupakan ciri negara …..

21.   Tarian yang mengadopsi konsep peperangan, dengan gerakan yang menggambarkan persiapan para prajurit untuk mengalahkan musuh dengan menggunakan senjata mandau berasal dari suku  ……

22.   Tari kecak berasal dari …….

23.   Tuliskan macam-macam keragaman di Indonesia!

24.   Bagaimana cara menjaga fasilitas sekolah?

25.   Bagaimana cara menjaga kebersihan d sekolah?

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jumat, 17 Mei 2024

Rabu, 04 Desember 2024