Selasa, 11 Maret 2025

 


Hari/Tanggal                              : Selasa, 11 Maret 2025

Muatan  Pembelajaran              :  

1. IPAS                              : Daerahku Kebanggaanku

2. Bahasa Indonesia         : Cinta Indonesia

3. Pendidikan Pancasila   : Menghargai Keragaman 

Media pembelajaran         : video/PPT, LKPD   

Model Pembelajaran         : Kooperatif

Metode Pembelajaran       : Diskusi, Match game, Ceramah, 

                                             Tanya jawab, penugasan.                                                                                                                                                       

Capaian  Pembelajaran IPAS

Elemen Pemahaman IPAS:

Keragaman budaya nasional yang dikaitkan dengan konteks kebinekaan berdasarkan pemahamannya terhadap nilai-nilai kearifan lokal yang berlaku di wilayahnya; serta kegiatan ekonomi masyarakat dan ekonomi kreatif di lingkungan sekitar.

CAPAIAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA:

Pada akhir fase C, peserta didik memiliki kemampuan berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan dan konteks sosial. Peserta didik menunjukkan minat terhadap teks, mampu memahami, mengolah, dan menginterpretasi informasi dan pesan dari paparan lisan dan tulis tentang topik yang dikenali dalam teks narasi dan informatif. Peserta didik mampu menanggapi dan mempresentasikan informasi yang dipaparkan; berpartisipasi aktif dalam diskusi; menuliskan tanggapannya terhadap bacaan menggunakan pengalaman dan pengetahuannya; menulis teks untuk menyampaikan pengamatan dan pengalamannya dengan lebih terstruktur. Peserta didik memiliki kebiasaan membaca untuk hiburan, menambah pengetahuan, dan keterampilan.

CP PANCASILA

Peserta didik mampu menyajikan hasil identifikasi sikap menghormati, menjaga, dan melestarikan keberagaman budaya dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat.



Apa kabar anak sholih sholihah.........
semoga hari ini semua dalam keadaan sehat wal'afiyah ....
    Adapun tujuan pembelajaran hari ini peserta didik dapat menjawab latihan sumatif dengan benar
    
IPAS


Kerjakan soal berikut dengan tepat!

1.       Tuliskan letak Indonesia secara astronomis!

2.       Tuliskan letak Indonesia secara geografis!

3.       Apa perbedaan peta digital dan peta konvensional?

4.       Jelaskan  komponen peta berikut!

-          Simbol

-          Legenda

-          Skala

-          Insert

-          Arah mata angin

5.       Tuliskan batas wilayah Indonesia :

Sebelah Barat

Sebelah timur

Sebelah utara

Sebelah selatan

6.       Apa saja hasil SDA

-          Pertanian

-          Perkebunan

-          Kehutanan

-          pertambangan

7.       apa perbedaan negara maritime dengan agraris! Tuliskan ciri-cirinya

8.       tuliskan budaya masyarakat agraris!

9.       Tuliskan budaya masyarakat maritim!

10.   Apa manfaat dari keberagaman hayati?

11.   Tuliskan pembagian wilayah flora dan fauna Indonesia!

12.   tuliskan flora dan fauna wilayah barat/ Asiatis

13.   Tuliskan flora dan fauna wilayah Tengah/ peralihan

14.   Tuliskan flora dan fauna wilayah timur/ australis

15.   Tuliskan manfaat dari tumbuhan  jahe, kunyit



Pendidikan Pancasila

1. Dalam kehidupan beragama seharusnya kita menghormati....

    a. Orang yang seagama saja

    b. Semua petinggi dan pemimpin agama

    c. Semua orang apapun agamanya

    d. Orang yang berbeda agama saja


2. Setiap Senin sekolah mengadakan upacara bendera. Upacara tersebut bertujuan untuk....

    a. Menumbuhkan sikap disiplin dan cinta Tanah Air

    b. Melatih diri mengadakan upacara

    c. Menciptakan kerukunan antarbangsa

    d. Melatih fisik siswa


3. Kita sepantasnya menghormati pahlawan bangsa karena....

    a. Berjuang tanpa pamrih

    b. Berperang dengan gagah dan membunuh banyak musuh

    c. Bersedia merelakan nyawanya

    d. Rela berkorban demi bangsa dan negaranya


4. Persatuan Indonesia menjadi salah satu dasar negara yang tercantum dalam Pancasila, yaitu sila....

     a. I

     b. III

     c. IV

     d. V


5. Pembangunan pos kamling akan mudah dan cepat selesai bila warga....

    a. Menyumbangkan banyak uang pada ketua RT

    b. Bersatu dan bekerja sama dalam membangunnya

    c. Dilakukan oleh semua laki-laki paling kuat

    d. Dilakukan oleh siswa-siswi SD kelas enam


6. Sebagai bangsa yang bersatu, kita harus memberi bantuan pada....

    a. Warga yang sedaerah

    b. Warga yang seagama saja

    c. Semua orang yang membutuhkan dari suku yang sama

    d. Semua orang yang membutuhkan


7. Kerukunan, keserasian, dan keutuhan dalam keluarga akan tercipta bila....

    a. Semua anggota keluarga bebas melakukan apa saja

    b. Orang tua membuat peraturan yang ketat dan sanksi yang keras

    c. Semua anggota keluarga saling tidak mengganggu dan menggubris

    d. Antar anggota saling menyayangi, menghormati dan bertanggung jawab


8. Dengan menciptakan kerukunan antar umat beragama dan menghayati Pancasila, maka akan tercipta....

    a. Kesatuan dan keutuhan negara yang kuat dan kokoh

    b. Keinginan bagi sebagian pihak untuk memisahkan diri dari NKRI

    c. Menciptakan kesetiakawanan yang baik

    d. Menciptakan persamaan kebudayaan


9. Kita tidak boleh menentang masalah suku, agama, ras, dan golongan karena....

    a. Akan merusak ekonomi

    b. Akan menghancurkan sistem pendidikan

    c. Akan merusak setiap aspek kehidupan bernegara karena terjadi perpecahan

    d. Akan menghambat pembangunan


10. Menghormati pemeluk agama lain di antaranya adalah dengan cara....

      a. Ikut beribadah bersama mereka

      b. Mempelajari agama mereka lalu berdiskusi

      c. Tidak mengganggu ibadah mereka

      d. Melarang mereka beribadah


Demikian pembelajaran hari ini, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan, Jangan lupa sholat lima waktu dan murojaah surah-surah pendek.  
    Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan membaca hamdalah 





SEE YOU NEXT TIME 
   

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jumat, 17 Mei 2024

Rabu, 04 Desember 2024