Selasa, 18 Maret 2025
Hari/Tanggal : Senin, 17 MAREt 2025
Muatan STS :
1. Bahasa Indonesia
2. pjok
KISI
KISI SOAL SUMATIF TENGAH SEMESTER (STS) GENAP KELAS 5 MUATAN PELAJARAN BAHASA INDONESIA TAHUN
AJARAN 2024-2025 |
|||||||||
Fase
/ kelas |
Muatan Pelajaran |
Elemen
|
Capaian
Pembelajaran |
TP |
Materi |
Indikator
/ stimulus |
Level Kognitif |
Bentuk Soal |
Nomor Soal |
C |
Bahasa
Indonesia |
Membaca
dan Memirsa
|
Peserta
didik mampu membaca kata-kata dengan berbagai pola kombinasi huruf dengan
fasih dan indah serta memahami
informasi dan kosakata baru yang memiliki makna denotatif, literal,
konotatif, dan kiasan untuk mengidentifikasi objek, fenomena, dan karakter.
Peserta didik mampu mengidentifikasi ide pokok dari teks deskripsi, narasi
dan eksposisi, serta nilai-nilai yang terkandung dalam teks sastra (prosa dan
pantun, puisi) dari teks dan/atau audiovisual. |
Mengidentifikasi penyelesaian masalah berdasarkan
isi cerita |
Permasalahan
dalam cerita |
Disajkan
teks cerita peserta didik dapat menentukan permasalan dalam cerita dengan
benar |
L2/C3 |
Pilihan
Ganda |
1 |
Disajikan
teks cerita peserta didik dapat menganalis penyelesaian masalah dari cerita
tersebut dengan benar |
L2/C4 |
Pilihan
ganda |
2 |
||||||
Mengidentifikasi makna kosakata, singkatan dan
akronim dalam teks |
Singkatan
dan akronim |
Disajikan
beberapa kalimat peserta didik dapat memilih kalimat yang terdapat singkatan
dengan benar |
L3/C5 |
Pilihan
Ganda |
3 |
||||
Disajikan
beberapa kalimat peserta didik dapat memilih kalimat yang terdapat akronim
dengan benar |
L3/C5 |
Pilihan
Ganda |
4 |
||||||
Disajikan
sebuah kalimat peserta didik dapat menelaah kepanjangan dari sebuah akronim
dengan benar |
L2/C4 |
Pilihan
Ganda |
5 |
||||||
Disajikan
sebuah teks peserta didik dapat menentukan kepanjangan dari sebuah akronim
dengan benar |
L2/C3 |
Pilihan
Ganda |
6 |
||||||
Mengidenifikasi informasi berupa fakta dan opini |
Fakta
dan opini |
Disajikan
beberapa kalimat peserta didik dapat memilih kalimat yang termasuk opini
dengan benar |
L3/C5 |
Pilihan
Ganda |
7 |
||||
Disajikan
beberapa kalimat peserta didik dapat memilih kalimat yang termasuk fakta
dengan benar |
L3/C5 |
Pilihan
Ganda |
8 |
||||||
Mengidenifikasi informasi berupa fakta dan opini
dalam teks iklan |
Iklan
|
Disajikan
sebuah iklan peserta didik dapat memilih kalimat yang termasuk fakta dari
iklan dengan benar |
L3/C5 |
Pilihan
Ganda |
9 |
||||
Disajikan
sebuah iklan peserta didik dapat menyeleksi kalimat yang tepat untuk
melengkapi kalimat rumpang pada iklan dengan benar |
L2/C4 |
Pilihan
Ganda |
10 |
||||||
Mencari informasi tentang suatu topik menggunakan
kata kunci yang sesuai |
Mencari
infromasi internet |
Disajikan
sebuah teks peserta didik dapat
menentukan infromasi yang diperoleh dengan benar |
L2/C3 |
Pilihan
ganda |
11 |
||||
Disajikan
sebuah teks peserta didik dapat menelaah informasi yang benar yang terdapat
dalam teks |
L2/C4 |
Pilihan
Ganda |
12 |
||||||
Disajikan
sebuah teks peserta didik dapat menyimpulkan informasi tersebut dengan benar |
L3/C5 |
Pilihan
ganda |
13 |
||||||
Menulis surat elektronik |
Surel
|
Disajikan
teks surel peseta didik dapat menentukan subjek surel dengan benar |
L2/C3 |
Pilihan
Ganda |
14 |
||||
Disajikan
teks surel peserta didik dapat menelaah pernyataan yang benar sesuai teks
surel |
L2/C4 |
Pilihan
Ganda |
15 |
||||||
Disajikan
teks surel peserta didik dapat memilih pengiriman yang tepat untuk surel
dengan benar |
L3/C5 |
Pilihan
Ganda |
16 |
||||||
Disajikan
teks surel peserta didik dapat menyimpulkan pernyataan yang benar terkait
teks surel dengan benar |
L3/C5 |
Pilihan
Ganda |
17 |
||||||
Menulis teks eksplanasi dan ringkasan isi teks |
Teks
eksplanasi |
Disajikan
teks eksplanasi peserta didik dapat menyimpulkan struktur teks eksplanasi
dengan benar |
L3/C5 |
Pilihan
Ganda |
18 |
||||
Disajikan
teks eksplanasi peserta didik dapat menelaah pertanyaan terkait dengan teks
eksplanasi dengan benar |
L2/C4 |
Pilihan
Ganda |
19 |
||||||
Disajikan
teks eksplanasi peserta didik dapat menentukan struktur bagian teks
eksplanasi dengan benar |
L2/C3 |
Pilihan
Ganda |
20 |
||||||
Disajikan
teks eksplanasi peserta didik dapat menentukan judul yang tepat terkait teks
eksplanasi dengan benar |
L2/C3 |
Pilihan
Ganda |
21 |
||||||
Disajikan
kutipan teks peserta didik dapat menentukan struktur bagian teks eksplanasi
dengan benar |
L2/C3 |
Pilihan
Ganda |
22 |
||||||
Menjelaskan kaidah penulisan huruf kapital, angka
dan bilangan |
Penulisan
huruf kapital, angka dan bilangan |
Disajikan
sebuah teks peserta didik dapat membandingkan antar kalimat terkait
penggunaan huruf kapital dengan benar |
L3/C5 |
Pilihan
Ganda |
23 |
||||
Disajikan
sebuah kalimat peserta didik dapat menentukan penulisan huruf kapital dengan
benar |
L2/C3 |
Pilihan
Ganda |
24 |
||||||
Disajikan
sebuah kalimat peserta didik dapat menelaah penggunaan huruf kapital dengan
benar |
L3/C5 |
Pilihan
Ganda |
25 |
||||||
Disajikan
sebuah kalimat peserta didik dapat menentukan penulisan huruf kapital dengan
benar |
L2/C3 |
Pilihan
Ganda |
26 |
||||||
Disajikan
sebuah kalimat peserta didik dapat menelaah penulisan angka romawi dengan
benar |
L2/C4 |
Pilihan
Ganda |
27 |
||||||
Mengidentifikasi kalimat perintah, ajakan, harapan,
dan larangan |
Kalimat
perintah, ajakan, harapan dan larangan |
Disajikan
sebuah gambar peserta didik dapat menyimpulkan jenis kalimat dari gambar
tersebut dengan benar |
L3/C5 |
Pilihan
Ganda |
28 |
||||
Disajikan
sebuah gambar peserta didik dapat menyimpulkan alasan terkait kalimat
tersebut dengan benar |
L3/C5 |
Pilihan
Ganda |
29 |
||||||
Disijakan
kalimat perintah yang rumpang peserta didik dapat menentukan kata yang tepat
untuk melengkapi kalimat rumpang dengan benar
|
L2/C3 |
Pilihan
Ganda |
30 |
||||||
Disajikan
beberapa kalimat peserta didik dapat menetukan kalimat perintah yang
menyatakan ajakan dengan benar |
L2./C3 |
Pilihan
Ganda |
31 |
||||||
Menemukan informasi dalam brosur |
Brosur
|
Disajikan
brosur peserta didik dapat menyeleksi pernyatan yang salah dari brosur
tersebut |
L2/C4 |
Pilihan
Ganda |
32 |
||||
Disajikan
brosur peserta didik dapat mengaitkan isi brosur dalam pertanyaan dengan
benar |
L2/C4 |
Pilihan
Ganda |
33 |
||||||
Menjelaskan informasi dalam pengumuman dan surat
undangan |
Pengumuman |
Disajikan
pengumuman peserta didik dapat menyimpulkan isi pengumuman dengan benar |
L3/C5 |
Pilihan
Ganda |
34 |
||||
Disajikan
pengumuman peserta didik dapat menentukan informasi yang terdapat dalam
pengumuman dengan benar |
L2/C3 |
Pilihan
Ganda |
35 |
||||||
Menulis
|
Peserta
didik mampu menulis teks eksplanasi, laporan, dan eksposisi persuasif dari
gagasan, hasil pengamatan, pengalaman, dan imajinasi; menjelaskan hubungan
kausalitas, serta menuangkan hasil pengamatan untuk meyakinkan pembaca.
Peserta didik mampu menggunakan kaidah kebahasaan dan kesastraan untuk
menulis teks sesuai dengan konteks dan norma budaya; menggunakan kosakata
baru yang memiliki makna denotatif, konotatif, dan
kiasan. |
Mengidentifikasi makna kosakata, singkatan dan
akronim dalam teks |
Singkatan
dan akronim |
Disajikan
sebuah teks peserta didik dapat menentukan kepanjangan dari akronim dengan
benar |
L2/C3 |
Isian
|
1 |
||
Mengidenifikasi informasi berupa fakta dan opini |
Fakta
dan opini |
Disajikan
sebuah kalimat peserta didik dapat menelaah kata penanda kalimat opini dalam
sebuah kalimat tersebut dengan benar |
L2/C4 |
Isian |
2 |
||||
Menulis surat elektronik |
Surel
|
Disajikan
penggalan surel peserta didik dapat menelaah bagian bagian dari surel dengan
benar |
L2/C4 |
Isian |
3 |
||||
Menulis teks eksplanasi dan ringkasan isi teks |
Teks
eksplanasi (Struktur
teks eksplanasi) |
Disajikan
teks eksplanasi peserta didik dapat membandingkan struktur bagian teks
eksplanasi dengan benar |
L3/C5 |
Isian
|
4 |
||||
Mengidenifikasi informasi berupa fakta dan opini
dalam teks iklan |
Iklan
|
Disajikan
sebuah iklan peserta didik dapat menyimpulkan jenis iklan tersebut dengan
benar |
L3/C5 |
Isian
|
5 |
||||
Menemukan informasi dalam brosur |
Brosur
|
Disajikan
brosur peserta didik dapat menyimpulkan isi brosur tersebut dengan benar |
L3/C5 |
Isian |
6 |
||||
Mengidentifikasi presentasi |
Presentasi
|
Disajikan
penggalan kalimat peserta didik dapat menentukan urutan kalimat dalam
presentasi dengan benar |
L2/C3 |
Isian
|
7 |
||||
Menjelaskan kaidah penulisan huruf kapital, angka
dan bilangan |
Penulisan
huruf kapital, angka dan bilangan |
Disajikan
sebuah kalimat peserta didik dapat mengaitkan angka romawi dengan bilangan
asli |
L2/C4 |
Isian
|
8 |
||||
Mengidentifikasi kalimat perintah, ajakan, harapan,
dan larangan |
Kalimat
perintah, ajakan, harapan dan larangan |
Disajikan
sebuah kalimat peserta didik dapat menentukan jenis kalimat perintah dalam
kalimat tersebut dengan benar |
L2/C3 |
Isian
|
9 |
||||
Menjelaskan informasi dalam pengumuman dan surat
undangan |
Pengumuman |
Disajikan
pengumuman peserta didik dapat menyimpulkan bagian-bagian pengumuman dengan
benar |
L3/C5 |
Isian
|
10 |
||||
Mengidentifikasi makna kosakata, singkatan dan
akronim dalam teks |
Singkatan
dan akronim |
Disajikan
sebuah teks peserta didik dapat menentukan singkatan dan kalimat akronim
dengan benar |
L2/C3 |
Essay
|
1 |
||||
Menulis teks eksplanasi dan ringkasan isi teks |
Teks
eksplanasi |
Disajikan
sebuah gambar peserta didik dapat membuat teks eksplanasi terkait gambar
dengan benar |
L3/C6 |
Essay |
2 |
||||
Mengidenifikasi informasi berupa fakta dan opini
dalam teks iklan |
Iklan
|
Disajikan
sebuah iklan peserta didik dapat membuat kalimat fakta dan opini dari iklan
tersebut |
L3/C6 |
Essay
|
3 |
||||
Mengidentifikasi kalimat perintah, ajakan, harapan,
dan larangan |
Kalimat
perintah, ajakan, harapan dan larangan |
Disajikan
sebuah kalimat peserta didik dapat membuat kalimat perintah dengan benar |
L3/C6 |
Essay |
4 |
||||
Menjelaskan informasi dalam pengumuman dan surat
undangan |
Pengumuman |
Disajikan
sebuah ilustrasi cerita peserta didik dapat membuat teks pengumuman dengan
benar |
L3/C6 |
Essay |
5 |
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1. Tidak lama lagi Atika akan
berulang tahun yang ke-17. Nantinya Atika akan mengurus dan menerima sebuah
KTP. Kepanjangan dari KTP adalah ….
A. kartu tanda pegawai
B. kartu tanda penduduk
C. kartu tes penduduk
D. kartu tertulis penduduk
2. Kalimat berikut yang termasuk opini adalah ….
A. Usiaku dan adikku berbeda 3 tahun.
B. Tembok kamarku berwarna biru langit.
C. Sebaiknya selalu mencuci tangan setelah beraktivitas.
D. Kami belajar menggunakan laptop atau HP
3. 3. Penulisan akronim yang tepat dibawah ini adalah ….
A. Puskesmas
B. PEMILU
C. UNDIP
D. UNS
4. 4. Kalimat berikut yang termasuk opini adalah ….
A. Usiaku dan adikku berbeda 3 tahun.
B. Tembok kamarku berwarna biru langit.
C. Sebaiknya selalu mencuci tangan setelah beraktivitas.
D. Kami belajar menggunakan laptop atau HP
5. 5. (1) Udara di Bogor terasa dingin. (2) Kali ini dinginnya melebihi hari-hari sebelumnya. (3) Dinginnya suhu udara di Bogor mencapai 24ºC. (4) Data tingkat suhu udara ini, terdapat di papan informasi pengukur suhu di jalan-jalan besar i kota Bogor.
Kalimat fakta pada teks tersebut ditandai dengan
nomor ….
A. (1) dan (2)
B. (2) dan (3)
C. (2) dan (4)
D. (3) dan (4)
6. 6. Kalimat opini pada
teks No. 5 ditandai dengan nomor ….
7. 7. Perhatikan gambar berikut!
Kalimat iklan yang tepat sesuai gambar adalah ....
A. Kurangi pengeboran air tanah!
B. Satukan daratan dengan lautan!
C. Bumikan laut agar pohon
tumbuh subur!
D. Hijaukan bumi untuk masa depan kita!
8. Urutan struktur teks eksplanasi yang tepat adalah ...
A. Deretan penjelas, pernyataan umum, interpretasi.
B. Pernyataan umum, deretan penjelas, interpretasi.
C. Pernyataan umum, interpretasi, deretan penjelas.
D. Interpretasi, deretan penjelas, pernyataan umum.
B. Memuat informasi sesungguhnya/fakta.
C. Memuat informasi yang bersifat keilmuan.
D. Berisi langkah-langkah kerja.
Kepada: ika.saraswati@ahamail.com
Subjek: Rencana Liburan
Hai Ika!
Apa kabar?
Senang sekali minggu depan kita sudah akan berjumpa. Aku sudah tidak sabar untuk sampai ke Bali untuk berwisata saat libur sekolah. Kami sekeluarga akan tinggal di Bali dua minggu lamanya sebelum pulang kembali ke Australia. Kami akan tinggal di rumah Nenek Jalan Pulau Saelus yang tidak jauh dari rumahmu.
Oh iya, guruku meminta kami membuat sebuah tulisan tentang hal baru yang kami pelajari selama liburan. Aku ingin sekali belajar tentang kesenian Bali. Apakah kamu ada ide? Beri tahu aku ya. Biar kita bisa rencanakan mengisi kegiatan liburan bersama.
Sampai jumpa.
Salam,
Devi
11. Pengirim surat elektronik tersebut adalah..
A. Ika
B. Nenek
C. Devi
D. Guru
A. Menanyakan rencana liburan bersama di Bali kepada Ika
B. Penjelasan tugas Devi selama liburan
C. Devi menanyakan kabar Ika
D. Devi akan kembali ke Australia setelah libur
13. Kesimpulan yang didapat dari isi surat tersebut adalah...
A. Devi menetap di Bali
B. Devi menetap di Australia
C. Ika dan Devi mempunyai nenek yang sama
D. Ika dan Devi satu sekolah
14. Penulisan huruf kapital yang benar terdapat pada kalimat mana?
A. Bapak hasan dan martha kristina tiahahu
B. Suku sasak
C. Tuhan Yang Maha Esa
D. Selasa, 12 september 2020
15. Huruf kapital di awal kata tidak berlaku dalam penulisan...
A. Huruf pertama nama negara
B. Huruf pertama nama unsur peristiwa sejarah
C. Huruf pertama nama bangsa
D. Huruf pertama nama hewan
16. pada awal pengoperasiannya tahun 1976, stasiun willem i digunakan sebagai sarana pengangkutan komoditas ekspor dan transportasi militer di sekitar jawa tengah
Pada kalimat di atas, perbaikan huruf kapital terdapat pada kata...
A. Stasiun Willem I dan Jawa Tengah
B. Komoditas Ekspor
C. Transportasi Militer
D. Tahun 1967
17. Penulisan angka yang tepat ada pada kalimat...
A. Ibu mempunyai pita dengan panjang seratus dua belas cm
B. Rumahku ada di Jalan Pulo Raya I No. 15
C. Uangku tersisa 25.000 rupiah
D. Baru 1 kali kami berkunjung ke museum itu
a.posyandu = .....
b.siskamling = ....
c.SD = ....
d.SMP = .....
e.SMA = .....
f.Kalteng = ......
20. Perhatikan gambar berikut!
Buatlah kalimat fakta dan opini berdasarkan gambar di atas!
21. Buatlah contoh kalimat perintah !
a.
Kalimat Perintah berisi ajakan :
b.
Kalimat Perintah berisi harapan :
c.
Kalimat Perintah berisi larangan
Komentar
Posting Komentar