Rabu, 12 Maret 2025
Hari/Tanggal : Rabu, 12 Maret 2025
Muatan Pembelajaran :
1. Matematika : Sudut
2. Bahasa Indonesia : Cinta Indonesia
3. Pancasila : Keragaman Budaya di Indonesia
Model pembelajaran : PBL, Kooperatif
Metode Pembelajaran : Eksplorasi, diskusi kelompok , drill Ceramah, tanya jawab Media Pembelajaran : Video/PPT ,penggaris
CP Matematika
Pada akhir fase C, peserta didik dapat menentukan keliling dan luas berbagai bentuk bangun datar (segitiga, segiempat, dan segibanyak) serta gabungannya. Mereka dapat menghitung durasi waktu dan mengukur besar sudut.
CAPAIAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA:
Pada akhir fase C, peserta didik memiliki kemampuan berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan dan konteks sosial. Peserta didik menunjukkan minat terhadap teks, mampu memahami, mengolah, dan menginterpretasi informasi dan pesan dari paparan lisan dan tulis tentang topik yang dikenali dalam teks narasi dan informatif. Peserta didik mampu menanggapi dan mempresentasikan informasi yang dipaparkan; berpartisipasi aktif dalam diskusi; menuliskan tanggapannya terhadap bacaan menggunakan pengalaman dan pengetahuannya; menulis teks untuk menyampaikan pengamatan dan pengalamannya dengan lebih terstruktur. Peserta didik memiliki kebiasaan membaca untuk hiburan, menambah pengetahuan, dan keterampilan.
CP PANCASILA
Peserta didik mampu mengidentifikasi dan menyajikan hasil identifikasi bentuk-bentuk sederhana norma, aturan, hak, dan kewajiban dalam kedudukannya sebagai anggota keluarga, warga sekolah dan bagian dari masyarakat;
Apa kabar anak sholih sholihah.........
Latihan
1. Kependekan yang berupa gabungan suku kata dan membentuk kata baru disebut...
A. Akronim B. Antonim
C. Ringkasan D. Sinonim
2. Berikut adalah hasil dari akronim, kecuali...
A. Jateng B. SD
C. Bulog D. Daring
3. 'yang terhormat' jika dijadikan singkatan akan berubah menjadi...
A. Yg trhrmt B. YTH
C. yth. D. Yg terhormat
4. Kenyataan yang benar-benar terjadi disebut...
A. Fakta B. Opini
C. Data D. Gosip
5. Selama belajar di rumah, pelajaran yang paling sulit diikuti adalah matematika. Kalimat tersebut merupakan bentuk dari...
A. Fakta B. Opini
C. Ungkapan D. Gosip
6. Suatu topik yang dibahas dalam suatu teks disebut juga dengan istilah?
A. Gagasan pokok
B. Gagasan pendukung
C. Informasi pendukung
D. Informasi penjelas
7. Informasi tambahan pada suatu teks paragraf disebut?
A. Gagasan pendukung
B. Gagasan pokok
C. Isi cerita
D. Pikiran utama
8. Teks eksplanasi adalah teks yang menjelaskan tentang proses atau tahapan .... terjadinya suatu fenomena atau peristiwa.
A. Siapa dan mengapa
B. Kapan dan apa
C. Mengapa dan bagaimana
D. Berapa dan siapa
9. Penulisan angka yang tepat ada pada kalimat...
A. Ibu mempunyai pita dengan panjang seratus dua belas cm
B. Rumahku ada di Jalan Pulo Raya I No. 15
C. Uangku tersisa 25.000 rupiah
D. Baru 1 kali kami berkunjung ke museum itu
10. pada awal pengoperasiannya tahun 1976, stasiun willem i digunakan sebagai sarana pengangkutan komoditas ekspor dan transportasi militer di sekitar jawa tengah
Pada kalimat di atas, perbaikan huruf kapital terdapat pada kata...
A. Stasiun Willem I dan Jawa Tengah
B. Komoditas Ekspor
C. Transportasi Militer
D. Tahun 1967
11. Huruf kapital di awal kata tidak berlaku dalam penulisan...
A. Huruf pertama nama negara
B. Huruf pertama nama unsur peristiwa sejarah
C. Huruf pertama nama bangsa
D. Huruf pertama nama hewan
12. Penulisan huruf kapital yang benar terdapat pada kalimat mana?
A. Bapak hasan dan martha kristina tiahahu
B. Suku sasak
C. Tuhan Yang Maha Esa
D. Selasa, 12 september 2020
13, Kalimat yang isinya menyatakan ajakan, harapan, dan larangan adalah...
A. Perintah B. Slogan
C. Pasif D. Transitif
14. Perhatikan paragraf berikut! Tari Piring merupakan tari yang berasal dari suku Minangkabau, Sumatera Barat. Untuk menampilkan tari piring perlu diiringi oleh dua alat musik. Alat musik tersebut berupa talempong dan saluang. Talempong adalah alat musik pukul dari kayu, kuningan, atau batu. Bentuknya mirip dengan bonang. Saluang adalah alat musik tiup yang terbuat dari bambu, mirip dengan suling. Selain itu, gemerincing cincin yang dikenakan penari dapat mengiringi tari piring.
Gagasan pokok paragraf di atas adalah?
A. Tari piring berasal dari Minangkabau Sumatera Barat
B. Talempong dan saluang pengiring tari piring
C. Alat musik sederhana untuk tari piring
D. Kelincahan penari tari piring
15. Tanda baca di akhir kalimat tanya adalah...
A. Tanda titik B. Tanda seru C. Tanda tanya D. Tanda koma
Pendidikan Pancasila
1. Dalam kehidupan beragama seharusnya kita menghormati....
a. Orang yang seagama saja
b. Semua petinggi dan pemimpin agama
c. Semua orang apapun agamanya
d. Orang yang berbeda agama saja
2. Setiap Senin sekolah mengadakan upacara bendera. Upacara tersebut bertujuan untuk....
a. Menumbuhkan sikap disiplin dan cinta Tanah Air
b. Melatih diri mengadakan upacara
c. Menciptakan kerukunan antarbangsa
d. Melatih fisik siswa
3. Kita sepantasnya menghormati pahlawan bangsa karena....
a. Berjuang tanpa pamrih
b. Berperang dengan gagah dan membunuh banyak musuh
c. Bersedia merelakan nyawanya
d. Rela berkorban demi bangsa dan negaranya
4. Persatuan Indonesia menjadi salah satu dasar negara yang tercantum dalam Pancasila, yaitu sila....
a. I
b. III
c. IV
d. V
5. Pembangunan pos kamling akan mudah dan cepat selesai bila warga....
a. Menyumbangkan banyak uang pada ketua RT
b. Bersatu dan bekerja sama dalam membangunnya
c. Dilakukan oleh semua laki-laki paling kuat
d. Dilakukan oleh siswa-siswi SD kelas enam
6. Sebagai bangsa yang bersatu, kita harus memberi bantuan pada....
a. Warga yang sedaerah
b. Warga yang seagama saja
c. Semua orang yang membutuhkan dari suku yang sama
d. Semua orang yang membutuhkan
7. Kerukunan, keserasian, dan keutuhan dalam keluarga akan tercipta bila....
a. Semua anggota keluarga bebas melakukan apa saja
b. Orang tua membuat peraturan yang ketat dan sanksi yang keras
c. Semua anggota keluarga saling tidak mengganggu dan menggubris
d. Antar anggota saling menyayangi, menghormati dan bertanggung jawab
8. Dengan menciptakan kerukunan antar umat beragama dan menghayati Pancasila, maka akan tercipta....
a. Kesatuan dan keutuhan negara yang kuat dan kokoh
b. Keinginan bagi sebagian pihak untuk memisahkan diri dari NKRI
c. Menciptakan kesetiakawanan yang baik
d. Menciptakan persamaan kebudayaan
9. Kita tidak boleh menentang masalah suku, agama, ras, dan golongan karena....
a. Akan merusak ekonomi
b. Akan menghancurkan sistem pendidikan
c. Akan merusak setiap aspek kehidupan bernegara karena terjadi perpecahan
d. Akan menghambat pembangunan
10. Menghormati pemeluk agama lain di antaranya adalah dengan cara....
a. Ikut beribadah bersama mereka
b. Mempelajari agama mereka lalu berdiskusi
c. Tidak mengganggu ibadah mereka
d. Melarang mereka beribadah
Komentar
Posting Komentar