Kamis, 20 Maret 2025
Hari/Tanggal : Kamis, 20 Maret 2025
Muatan STS :
1. IPAS
2. B.Lampung
KISI -KISI SOAL IPAS
KELAS 5
SD AL ALZHAR 1
2024/2025
CAPAIAN PEMBELAJARAN |
TUJUAN PEMBELAJARAN |
RUANG LINGKUP |
INDIKATOR SOAL |
BENTUK SOAL |
LEVEL KOGNITIF |
NO SOAL |
Di akhir fase ini peserta didik menggunakan peta
konvensional/digital untuk mengenal letak dan kondisi geografis negara
Indonesia |
Menelaah
kondisi geografis wilayah Indonesia sebagai negara kepulauan/ maritim dan agraris serta mengidentifikasi kekayaan alam. |
Peta dan Letak
Geografis Indonesia |
Disajikan
kalimat saol, peserta didik dapat mengidentifikasi letak wilayah Indonesia. |
PG |
C1 |
|
|
|
|
Disajikan pernyataan.
Peserta didik mengidentifikasi jenis peta |
PG |
C1 |
2 |
|
|
|
Disajikan pernyataan,
peserta didik dapat mengidentifikasi komponen pada peta |
PG |
C1 |
3 |
|
|
|
Disajikan pernyataan,
peserta didik dapat menjelaskan arti warna
pada peta |
PG |
C2 |
4 |
|
|
|
Disajikan gambar
peta, peserta didik dapat menjelaskan fungsi peta |
PG |
C2 |
5 |
|
|
|
Disajikan pernyataan,
peserta didik dapat mengidentifikasi komponen pada peta |
PG |
C1 |
6 |
|
|
|
Disajikan gambar
peta, peserta didik dapat mengidentifikasi komponen pada peta |
PG |
C1 |
7 |
|
|
|
Disajikan gambar, peserta didik dapat menyebutkan batas wilayah Indonesia |
PG |
C2 |
8 |
|
|
|
Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menyebutkan komponen peta |
Isian |
C2 |
1 |
|
|
|
Disajikan gambar, peserta didik dapat menyebutkan komponen peta |
Isian |
C1 |
2 |
|
|
|
Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menghitung jarak sebenarnya pada peta
( komponen peta) |
Isian |
C3 |
3 |
|
|
|
Disajikan gambar, peserta didik dapat menjelaskan letak Indonesia |
Essay |
C2 |
1 |
|
|
Negara Agraris dan Maritim |
Disajikan tabel, peserta didik dapat mengidentifikasi ciri negara agraris.
|
PG |
C1 |
9 |
|
|
|
Disajikan gambar, peserta didik dapat menyebutkan budaya masyarakat sesuai kondisi alamnya. |
PG |
C2 |
10 |
|
|
|
Disajikan teks, peserta didik mampu menyebutkan alasan negara asing
singgaj di Indonesia. |
PG |
C2 |
11 |
|
|
|
Disajikan tabel, peserta didik mampu menentukam pasangan yang tepat untuk
SDA dan bidangnya |
PG |
C2 |
12 |
|
|
|
Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menyebutkan komponen peta |
|
C2 |
|
|
|
|
Disajikan tabel, peserta didik mampu mengelompokkan ciri dari negara
maritim |
PG |
C2 |
13 |
|
|
|
Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menyebutkan contoh sumber daya alam |
|
C2 |
|
|
Mengidentifikasi dan menunjukan kekayaan alam
yang ada disekitarnya dan merefleksikannya terhadap kekayaan Indonesia. |
Keanekaragaman Hayati |
Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menjelaskan manfaat keanekaragaman
hayati |
PG |
C2 |
14 |
|
|
|
Disajikan pernyataan, peserta didik mampu mengklasifikasikan flora Asiatis. |
PG |
C4 |
15 |
|
|
|
Disajikan gambar, peserta didik mampu mengidentifikasi jenis fauna
berdasarkan persebarannya |
PG |
C1 |
16 |
|
|
|
Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menjelaskan manfaat SDA dalam
kehidupan sehari-hari |
PG |
C2 |
17 |
|
|
|
Disajikan tabel, peserta didik mampu mengidentifikasi jenis SDA yang dapat
diperbaharui. |
PG |
C1 |
18 |
|
|
|
Disajikan pernyataan, peserta didik mampu mengidentifikasi bagian dari hewan
yang dapat dimanfaatkan manusia. |
PG |
C1 |
19 |
|
|
|
Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menjelaskan pemanfaatan SDA laut yang
benar. |
PG |
C2 |
20 |
|
|
|
Disajikan tabel, peserta didik mampu menjelaskan manfaat SDA (bahan
tambang) |
PG |
C2 |
21 |
|
|
|
Disajikan pernyatan, peserta didik mampu menjelaskan cara melestarikan SDA. |
PG |
C2 |
22 |
|
|
|
Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menyebutkan contoh sumber daya alam. |
Isian |
C2 |
4 |
|
|
|
Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menyebutkan contoh sumber daya alam/bahan
tambang |
Isian |
C2 |
5 |
|
|
|
Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menjelaskan cara menanggulangi
kerusakan tempat SDA. |
isian |
C2 |
6 |
|
|
|
Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menjelaskan perbedaan sumber daya
alam |
Essay |
C2 |
3 |
|
|
|
Disajikan pernyataan, peserta didik dapat mengklasifikasikan persebaran flora
dan fauna |
essay |
C4 |
4 |
Peserta didik mengenal keragaman budaya nasional yang
dikaitkan dengan konteks kebhinekaan. |
Mengenal warisan budaya dan mengetahui sejarahnya untuk
kemudian dikaitkan dengan kehidupan saat ini. |
Warisan budaya benda dan tak benda |
Disajikan gambar, peserta didik mampu menyebutkan jenis warisan budaya |
PG |
C2 |
23 |
|
|
|
Disajikan gambar, peserta didik mampu menyebutkan jenis warisan budaya |
PG |
C2 |
24 |
|
|
|
Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menjelaskan upaya yang harus
dilakukan terhadap warisan budaya. |
PG |
C2 |
25 |
|
|
|
Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menyebutkan jenis warisan budaya |
PG |
C2 |
26 |
|
|
|
Disajikan gambar, peserta didik mampu memgidentifikasi jenis warisan budaya |
PG |
C1 |
27 |
|
|
|
Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menghitung lamanya waktu antara
penemuan warisan budaya dengan waktu pemugaran. |
PG |
C3 |
28 |
|
|
|
Disajikan gambar, peserta didik mampu menganalisa akulturasi/percampuran 3 budaya |
PG |
C4 |
29 |
|
|
|
Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menganalisa dampak dari percampuran
budaya. |
PG |
C4 |
30 |
|
|
|
Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menyebutkan warisan budaya daerah |
Isian |
C2 |
7 |
|
|
|
Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menyebutkan warisan budaya daerah |
isian |
C2 |
8 |
|
|
|
Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menyebutkan istilah percampuran
budaya |
Isian |
C2 |
9 |
|
|
|
Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menjelaskan cara menjaga warisan budaya daerah |
essay |
C2 |
5 |
|
Menelaah kondisi dan aktivitas ekonomi yang terjadi di
sekitar tempat tinggal. |
Aktivitas Ekonomi |
Disajikan pernyataan, peserta didik mampu mengidentifikasi jenis aktivitas
ekonomi. |
PG |
C1 |
31 |
|
|
|
Disajikan gambar, peserta didik mampu mengidentifikasi jenis aktivitas
ekonomi. |
PG |
C1 |
32 |
|
|
|
Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menanalisa factor yang menjadi
penentu aktivitas ekonomi di suatu daerah. |
PG |
C4 |
33 |
|
|
|
Disajikan pernyataan, peserta didik mampu mengidentifikasi jenis kegiatan yang
berhubungan dengan aktivitas ekonomi ( konsumsi, produksi . distribusi) |
PG |
C1 |
34 |
|
|
|
Disajikan pernyataan, peserta didik mampu mengidentifikasi jenis aktivitas
ekonomi. |
PG |
C1 |
35 |
|
|
|
Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menyebutkan kegiatan ekonomi |
Isian |
C2 |
10 |
IPAS
1.
Tuliskan letak Indonesia secara astronomis!
2.
Tuliskan letak Indonesia secara geografis!
3.
Apa perbedaan peta digital dan peta
konvensional?
4.
Jelaskan komponen peta berikut!
-
Simbol -
Legenda -Skala
-
Inset -
Arah mata angin
5.
Tuliskan batas wilayah Indonesia :
-
Sebelah Barat -
Sebelah timur
-
Sebelah utara -
Sebelah selatan
6.
Apa saja hasil SDA
-
Pertanian
-
Perkebunan
-
Kehutanan
-
pertambangan
7.
apa perbedaan negara maritime dengan agraris!
Tuliskan ciri-cirinya
8.
tuliskan budaya masyarakat agraris!
9.
Tuliskan budaya masyarakat maritim!
10.
Apa manfaat dari keberagaman hayati?
11.
Tuliskan pembagian wilayah flora dan fauna
Indonesia!
12.
tuliskan flora dan fauna wilayah barat/ Asiatis
13.
Tuliskan flora dan fauna wilayah Tengah/
peralihan
14.
Tuliskan flora dan fauna wilayah timur/
australis
15.
Tuliskan manfaat dari tumbuhan berikut!
Jahe, kunyit, cabai, lidah buaya, kumis kucing,
16.
Apa yang bisa dimanfaatkan dari:
Ayam, Sapi, Kambing. kuda
17.
Bahan membuat kabel listrik adalah …
18.
Bagaimana cara menjaga dan melestarikan SDA?
19.
Warisan budaya terbagi dua yaitu……………………….dan …………………….
Tuliskan contoh masing-masing!
20.
Yang harus menjaga dan melestarikan warisan
budaya Indonesia adalah ……..
21.
Kain khas lampung yang ditenun adalah ……….
Tenun merupakan
warisan budaya berupa …….
22.
Candi Borobudur merupakan warisan dunia yang
telah diakui oleh …….
23.
Akulturasi adalah ……………
24.
Tuliskan 3 contoh akulturasi!
25.
Apa dampak dari akulturasi budaya?
26.
Bagaimana cara menjaga dan melestraikan warisan
budaya!
27.
Apa yang kamu ketahui tentang aktivitas ekonomi?
28.
Tuliskan aktivitas ekonomi yang ada di
lingkunganmu!
29.
Menurutmu apa faktor yang sangat penting dalam
aktivitas ekonomi?
Komentar
Posting Komentar