Kamis, 20 Maret 2025

 


         

Hari/Tanggal             : Kamis, 20 Maret 2025

Muatan STS                :

1. IPAS

2. B.Lampung

                                                
Apa kabar anak sholih sholihah.........
Semoga anak-anak bu guru semua dalam keadaan sehat wal afiyah ya....
Anak sholih sholihah, Sumatif Tengah Semester hari ini masuk hari pertama dengan mapel B. Arab dan TIK. 
Adapun tujuan pembelajaran hari ini  peserta didik dapat mengerjakan dan menyelesaikan soal Sumatif Tengah Semester dengan baik dan benar. 
Sebelum memulai mengerjakan soal, bacalah doa terlebih dahulu, lalu baca soal dengan saksama. 

Berikut ini Bu Guru sampaikan kisi-kisi soal Sumatif tengah Semester Ganjil. 

Selamat mengikuti sumatif, belajarlah dengan tekun dan sungguh-sungguh, serta percaya diri, in sya Allah  sukses menghadapi sumatif hari ini.

KISI -KISI SOAL IPAS KELAS 5

SD AL ALZHAR 1 2024/2025

 

CAPAIAN PEMBELAJARAN

TUJUAN PEMBELAJARAN

RUANG LINGKUP

INDIKATOR SOAL

BENTUK SOAL

LEVEL KOGNITIF

NO SOAL

Di akhir fase ini peserta didik menggunakan peta konvensional/digital untuk mengenal letak dan kondisi geografis negara Indonesia

Menelaah           kondisi geografis            wilayah Indonesia sebagai negara           

kepulauan/         maritim dan        agraris serta      mengidentifikasi kekayaan alam.

Peta dan Letak Geografis Indonesia

Disajikan kalimat saol, peserta didik dapat mengidentifikasi letak wilayah Indonesia.

PG

C1


 

 

 

Disajikan pernyataan. Peserta didik mengidentifikasi jenis peta

PG

C1

2

 

 

 

Disajikan pernyataan, peserta didik dapat mengidentifikasi komponen pada peta

PG

C1

3

 

 

 

Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menjelaskan  arti warna pada peta

PG

C2

4

 

 

 

Disajikan gambar peta, peserta didik dapat menjelaskan fungsi peta

PG

C2

5

 

 

 

Disajikan pernyataan, peserta didik dapat mengidentifikasi komponen pada peta

PG

C1

6

 

 

 

Disajikan gambar peta, peserta didik dapat mengidentifikasi komponen pada peta

PG

C1

7

 

 

 

Disajikan gambar, peserta didik dapat menyebutkan batas wilayah Indonesia

PG

C2

8

 

 

 

Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menyebutkan komponen peta

Isian

C2

1

 

 

 

Disajikan gambar, peserta didik dapat menyebutkan komponen peta

Isian

C1

2

 

 

 

Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menghitung jarak sebenarnya pada peta ( komponen peta)

Isian

C3

3

 

 

 

Disajikan gambar, peserta didik dapat menjelaskan letak Indonesia

Essay

         C2

1

 

 

Negara Agraris dan Maritim

Disajikan tabel, peserta didik dapat mengidentifikasi ciri negara agraris.

PG

C1

9

 

 

 

Disajikan gambar, peserta didik dapat menyebutkan budaya  masyarakat sesuai kondisi alamnya.

PG

C2

10

 

 

 

Disajikan teks, peserta didik mampu menyebutkan alasan negara asing singgaj di Indonesia.

PG

C2

11

 

 

 

Disajikan tabel, peserta didik mampu menentukam pasangan yang tepat untuk SDA dan bidangnya

PG

C2

12

 

 

 

Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menyebutkan komponen peta

 

C2

 

 

 

 

Disajikan tabel, peserta didik mampu mengelompokkan ciri dari negara maritim

PG

C2

13

 

 

 

Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menyebutkan contoh sumber daya alam

 

C2

 

 

Mengidentifikasi              dan menunjukan      kekayaan             alam yang      ada         disekitarnya dan              

merefleksikannya            terhadap            

kekayaan             Indonesia.

Keanekaragaman Hayati

Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menjelaskan manfaat keanekaragaman hayati

PG

C2

14

 

 

 

Disajikan pernyataan, peserta didik mampu mengklasifikasikan flora Asiatis.

PG

C4

15

 

 

 

Disajikan gambar, peserta didik mampu mengidentifikasi jenis fauna berdasarkan persebarannya

PG

C1

16

 

 

 

Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menjelaskan manfaat SDA dalam kehidupan sehari-hari

PG

C2

17

 

 

 

Disajikan tabel, peserta didik mampu mengidentifikasi jenis SDA yang dapat diperbaharui.

PG

C1

18

 

 

 

Disajikan pernyataan, peserta didik mampu mengidentifikasi bagian dari hewan yang dapat dimanfaatkan manusia.

PG

C1

19

 

 

 

Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menjelaskan pemanfaatan SDA laut yang benar.

PG

C2

20

 

 

 

 

Disajikan tabel, peserta didik mampu menjelaskan manfaat SDA (bahan tambang)

PG

C2

21

 

 

 

Disajikan pernyatan, peserta didik mampu menjelaskan cara melestarikan SDA.

PG

C2

22

 

 

 

Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menyebutkan contoh sumber daya alam.

Isian

C2

4

 

 

 

Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menyebutkan contoh sumber daya alam/bahan tambang

Isian

C2

5

 

 

 

Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menjelaskan cara menanggulangi kerusakan tempat SDA.

isian

C2

6

 

 

 

Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menjelaskan perbedaan sumber daya alam

Essay

 

C2

3

 

 

 

Disajikan pernyataan, peserta didik dapat mengklasifikasikan persebaran flora dan fauna

essay

C4

4

Peserta didik mengenal keragaman budaya nasional yang dikaitkan dengan konteks kebhinekaan.

 

Mengenal warisan budaya dan mengetahui sejarahnya untuk kemudian

dikaitkan dengan kehidupan saat ini.

 

Warisan budaya benda dan tak benda

Disajikan gambar, peserta didik mampu menyebutkan  jenis warisan budaya

PG

C2

23

 

 

 

Disajikan gambar, peserta didik mampu menyebutkan  jenis warisan budaya

PG

C2

24

 

 

 

Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menjelaskan upaya yang harus dilakukan terhadap warisan budaya.

PG

C2

25

 

 

 

Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menyebutkan  jenis warisan budaya

PG

C2

26

 

 

 

Disajikan gambar, peserta didik mampu  memgidentifikasi jenis warisan budaya

PG

C1

27

 

 

 

Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menghitung lamanya waktu antara penemuan warisan budaya dengan waktu pemugaran.

PG

C3

28

 

 

 

Disajikan gambar, peserta didik mampu menganalisa akulturasi/percampuran  3 budaya

PG

C4

29

 

 

 

 

Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menganalisa dampak dari percampuran budaya.

PG

C4

30

 

 

 

Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menyebutkan warisan budaya daerah

Isian

C2

7

 

 

 

 

Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menyebutkan warisan budaya daerah

isian

C2

8

 

 

 

Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menyebutkan istilah percampuran budaya

Isian

C2

9

 

 

 

Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menjelaskan cara  menjaga warisan budaya daerah

essay

C2

5

 

Menelaah kondisi dan aktivitas ekonomi yang terjadi di sekitar tempat

tinggal.

Aktivitas Ekonomi

Disajikan pernyataan, peserta didik mampu mengidentifikasi jenis aktivitas ekonomi.

PG

C1

31

 

 

 

Disajikan gambar, peserta didik mampu mengidentifikasi jenis aktivitas ekonomi.

PG

C1

32

 

 

 

Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menanalisa factor yang menjadi penentu aktivitas ekonomi di suatu daerah.

PG

C4

33

 

 

 

Disajikan pernyataan, peserta didik mampu mengidentifikasi jenis kegiatan yang berhubungan dengan aktivitas ekonomi ( konsumsi, produksi . distribusi)

PG

C1

34

 

 

 

Disajikan pernyataan, peserta didik mampu mengidentifikasi jenis aktivitas ekonomi.

PG

C1

35

 

 

 

Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menyebutkan kegiatan ekonomi

Isian

C2

10

 

IPAS

1.       Tuliskan letak Indonesia secara astronomis!

2.       Tuliskan letak Indonesia secara geografis!

3.       Apa perbedaan peta digital dan peta konvensional?

4.       Jelaskan  komponen peta berikut!

-          Simbol          - Legenda            -Skala

-          Inset            - Arah mata angin

5.       Tuliskan batas wilayah Indonesia :

-          Sebelah Barat            - Sebelah timur

-          Sebelah utara            - Sebelah selatan

6.       Apa saja hasil SDA

-          Pertanian

-          Perkebunan

-          Kehutanan

-          pertambangan

7.       apa perbedaan negara maritime dengan agraris! Tuliskan ciri-cirinya

8.       tuliskan budaya masyarakat agraris!

9.       Tuliskan budaya masyarakat maritim!

10.   Apa manfaat dari keberagaman hayati?

11.   Tuliskan pembagian wilayah flora dan fauna Indonesia!

12.   tuliskan flora dan fauna wilayah barat/ Asiatis

13.   Tuliskan flora dan fauna wilayah Tengah/ peralihan

14.   Tuliskan flora dan fauna wilayah timur/ australis

15.   Tuliskan manfaat dari tumbuhan berikut!

Jahe, kunyit, cabai, lidah buaya, kumis kucing,

16.   Apa yang bisa dimanfaatkan dari:

Ayam, Sapi, Kambing. kuda

17.   Bahan membuat kabel listrik adalah …

18.   Bagaimana cara menjaga dan melestarikan SDA?

19.   Warisan budaya terbagi dua yaitu……………………….dan …………………….

Tuliskan contoh masing-masing!

20.   Yang harus menjaga dan melestarikan warisan budaya Indonesia adalah ……..

21.   Kain khas lampung yang ditenun  adalah ……….

Tenun merupakan warisan budaya berupa …….

22.   Candi Borobudur merupakan warisan dunia yang telah diakui oleh …….

23.   Akulturasi adalah ……………

24.   Tuliskan 3 contoh akulturasi!

25.   Apa dampak dari akulturasi budaya?

26.   Bagaimana cara menjaga dan melestraikan warisan budaya!

27.   Apa yang kamu ketahui tentang aktivitas ekonomi?

28.   Tuliskan aktivitas ekonomi yang ada di lingkunganmu!

29.   Menurutmu apa faktor yang sangat penting dalam aktivitas ekonomi?


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jumat, 17 Mei 2024

Rabu, 04 Desember 2024