Selasa, 21 Januari 2025

 


Hari/Tanggal                              : Selasa, 21 Januari 2025

Muatan  Pembelajaran              :  

1. IPAS                              : Indonesiaku Kaya Raya

2. Bahasa Indonesia         : Menjadi Warga Dunia

3. Pendidikan Pancasila   : Menghargai Keragaman 

Media pembelajaran         : video/PPT, Peta                                                                                                             

Capaian  Pembelajaran IPAS

Elemen Pemahaman IPAS:

 Di akhir fase ini peserta didik menggunakan peta konvensional/digital untuk mengenal letak dan kondisi geografis negara Indonesia.

CAPAIAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA:

Peserta didik mampu menggunakan kaidah kebahasaan dan kesastraan untuk menulis teks sesuai dengan konteks dan norma budaya

CP PANCASILA

Peserta didik mampu menyajikan hasil identifikasi sikap menghormati, menjaga, dan melestarikan keberagaman budaya dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat.



Apa kabar anak sholih sholihah.........
semoga hari ini semua dalam keadaan sehat wal'afiyah ....
    Adapun tujuan pembelajaran hari ini peserta didik dapat memahami keanekaragaman hayati beserta persebarannya,  mengidentifikasi ide pok pada sebuah teks dan mengenal diri dan lingkungan

    IPAS
  Simak video pembelajaran berikut!


Jawablah pertanyaan berikut!
1. Indonesia merupakan negara yang terkenal dengan keanekaragaman hayatinya. Berikut ini salah satu penyebab Indonesia memiliki keanekaragaman hayati yaitu...

A. Indonesia memiliki iklim subtropis

B. bentang alam Indonesia yang sempit

C. Indonesia memiliki gurun pasir yang Indonesia negara kepulauan yang luas

D. Indonesia negara kepulauan yang luas


2. Perhatikan gambar berikut!




Keanekaragaman yang tampak pada gambar tersebut merupakan keanekaragaman...

jA .jenis    B. genetik  C. flora      D. ekosistem



3. Gambar tersebut menunjukkan keanekaragaman...

A. jenis  B. genetik  C. fauna  D. ekosistem


4. Keanekaragaman flora dan fauna di Indonesia bisa dibagi menjadi tiga wilayah yaitu wilayah Asiatis, wilayah Peralihan, dan wilayah Autralis. Wilayah Asiatis dan wilayah peralihan dibatasi oleh...

A. garis Wallace           B. garis Webber       

C. garis Meridiana        D. garis Khatulistiwa


5. 


 

Fauna yang ditunjuk oleh tanda panah pada gambar tersebut termasuk fauna wilayah...

A. Amerikalis                     B. Asiatis                        C. Autralis                     D. Peralihan


6. Curah hujan yang rendah dan relatif kering membuat flora di Indonesia Tengah didominasi oleh stepa tropis dan sabana. Berikut salah satu flora tipe peralihan di wilayah tersebut yaitu...

A. pohon sagu                   B. matoa                        C. cengkeh                    D. rotan


7. Kuskus dan kanguru merupakan salah satu fauna khas Indonesia...

A. barat                             B. tengah                        C. timur                         D. selatan


soal 10 gambar IPAS
8. Fauna pada gambar tersebut merupakan fauna khas...

A. Jawa   B. Sumatera   C. Kalimantan  D. Bali


9. Apa yang memengaruhi perbedaan-perbedaan dalam keanekaragaman genetik?

a. Keanekaragaman jenis.                          

b. Keanekaragaman ekosistem.
c. Gen atau pembawa sifat.                          

d. Suku yang dimiliki.

10. Apa manfaat keanekaragaman hayati? 

a. Kesenangan dalam melihat berbagai jenis flora dan fauna. 

b. Memperindah pemandangan alam saja. 

c. Hanya sebagai objek penelitian. 

d. Menyediakan sumber daya alam dan menjaga keseimbangan ekosistem.


Bahasa Indonesia


Untuk memudahkan dalam menemukan ide pokok paragraf, ada beberapa cara mudah yang bisa diterapkan, yaitu:
  1. Baca seluruh paragraf dengan teliti.
  2. Fokuskan bacaan pada kalimat pertama dan kalimat terakhir dalam paragraf.
  3. Temukan kalimat utama bacaan seperti kalimat pertama atau kalimat akhir.
  4. Tandai letak kalimat utama dan pahami inti informasi yang disampaikan pada kalimat utamanya.
  5. Tandai informasi yang dianggap penting pada kalimat tersebut.
  6. Tulis ide utama pada paragraf yang sudah dibaca dengan merujuk pada informasi yang sudah ditandai.

Contoh 

Pohon menghasilkan berbagai manfaat bagi manusia dan makhluk hidup lainnya. Pohon bermanfaat sebagai sumber pangan, industri, dan obat. Salah satu peran pohon yang paling penting bagi manusia dan makhluk hidup lainnya adalah menghasilkan udara segar yang ada di dunia.

Ide pokok paragraf di atas adalah “manfaat pohon bagi manusia dan makhluk hidup lainnya”.

Kerjakan soal berikut!

1. Indonesia merupakan salah satu negara kepulauan yang memiliki kekayaan alam berlimpah. Hal tersebut disebabkan tanahnya yang subur dan letaknya yang cukup strategis. Sayangnya, masyarakat Indonesia belum bisa mengelola sumber daya tersebut sehingga dimanfaatkan oleh negara lain.

Dari paragraf di atas, ide pokok yang bisa ditemukan adalah?

A. Indonesia memiliki tanah yang subur dan letak yang strategis.
B. Masyarakat Indonesia belum bisa mengelola sumber daya alam.
C. Kekayaan alam di Indonesia dimanfaatkan oleh negara lain.
D. Indonesia adalah negara kepulauan yang memiliki kekayaan alam berlimpah.


2. Korban virus Covid 19 di Indonesia terus bertambah seiring dengan meningkatnya mobilitas masyarakat saat hari raya Idul Fitri dan Idul Adha. Pemerintah terus berupaya menekan laju mobilitas masyarakat dengan melakukan banyak pembatasan dan penyekatan.

Ide pokok paragraf yang dapat ditemukan dari informasi di atas adalah ….

a. Meningkatnya virus Covid 19 saat hari raya Idul Fitri dan Idul Adha.

b. Pencegahan penyebaran virus Covid 19 saat hari raya Idul Fitri dan Idul Adha.

c. Bertambahnya korban virus Covid 19 di Indonesia akibat peningkatan mobilitas penduduk. 

d. Usaha pemerintah untuk mencegah penyebaran virus Covid 19 dengan membuat berbagai pembatasan.


  Demikian pembelajaran hari ini, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan, Jangan lupa sholat lima waktu, mematuhi Ayah Bunda dan murojaah surah-surah pendeknya ya.... 
    Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan membaca hamdalah 





SEE YOU NEXT TIME 
   
 Kesimpulan
 Alhamdulillah kegiatan belajar hari ini berjalan dengan lancar. Peserta didik dapat memahami keanekaragaman hayati di Indonesia.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Selasa, 19 Maret 2024

Jumat, 17 Mei 2024

Kamis, 16 Mei 2024