Selasa, 21 Januari 2025
Hari/Tanggal : Selasa, 21 Januari 2025
Muatan Pembelajaran :
1. IPAS : Indonesiaku Kaya Raya
2. Bahasa Indonesia : Menjadi Warga Dunia
3. Pendidikan Pancasila : Menghargai Keragaman
Media pembelajaran : video/PPT, Peta
Capaian Pembelajaran IPAS
Elemen Pemahaman IPAS:
Di akhir fase ini peserta didik menggunakan peta konvensional/digital untuk mengenal letak dan kondisi geografis negara Indonesia.
CAPAIAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA:
Peserta didik mampu menggunakan kaidah kebahasaan dan kesastraan untuk menulis teks sesuai dengan konteks dan norma budaya
CP PANCASILA
Peserta didik mampu menyajikan hasil identifikasi sikap menghormati, menjaga, dan melestarikan keberagaman budaya dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat.
Jawablah pertanyaan berikut!
A. Indonesia memiliki iklim subtropis
B. bentang alam Indonesia yang sempit
C. Indonesia memiliki gurun pasir yang Indonesia negara kepulauan yang luas
D. Indonesia negara kepulauan yang luas
2. Perhatikan gambar berikut!
Keanekaragaman yang tampak pada gambar tersebut merupakan keanekaragaman...
jA .jenis B. genetik C. flora D. ekosistem
3. Gambar tersebut menunjukkan keanekaragaman...
A. jenis B. genetik C. fauna D. ekosistem
4. Keanekaragaman flora dan fauna di Indonesia bisa dibagi menjadi tiga wilayah yaitu wilayah Asiatis, wilayah Peralihan, dan wilayah Autralis. Wilayah Asiatis dan wilayah peralihan dibatasi oleh...
A. garis Wallace B. garis Webber
C. garis Meridiana D. garis Khatulistiwa
5.
Fauna yang ditunjuk oleh tanda panah pada gambar tersebut termasuk fauna wilayah...
A. Amerikalis B. Asiatis C. Autralis D. Peralihan
6. Curah hujan yang rendah dan relatif kering membuat flora di Indonesia Tengah didominasi oleh stepa tropis dan sabana. Berikut salah satu flora tipe peralihan di wilayah tersebut yaitu...
A. pohon sagu B. matoa C. cengkeh D. rotan
7. Kuskus dan kanguru merupakan salah satu fauna khas Indonesia...
A. barat B. tengah C. timur D. selatan
A. Jawa B. Sumatera C. Kalimantan D. Bali
9. Apa yang memengaruhi perbedaan-perbedaan dalam keanekaragaman genetik?
a. Keanekaragaman jenis.
b. Keanekaragaman ekosistem.
c. Gen atau pembawa sifat.
d. Suku yang dimiliki.
10. Apa manfaat keanekaragaman hayati?
a. Kesenangan dalam melihat berbagai jenis flora dan fauna.
b. Memperindah pemandangan alam saja.
c. Hanya sebagai objek penelitian.
d. Menyediakan sumber daya alam dan menjaga keseimbangan ekosistem.
Bahasa Indonesia
- Baca seluruh paragraf dengan teliti.
- Fokuskan bacaan pada kalimat pertama dan kalimat terakhir dalam paragraf.
- Temukan kalimat utama bacaan seperti kalimat pertama atau kalimat akhir.
- Tandai letak kalimat utama dan pahami inti informasi yang disampaikan pada kalimat utamanya.
- Tandai informasi yang dianggap penting pada kalimat tersebut.
- Tulis ide utama pada paragraf yang sudah dibaca dengan merujuk pada informasi yang sudah ditandai.
Pohon menghasilkan berbagai manfaat bagi manusia dan makhluk hidup lainnya. Pohon bermanfaat sebagai sumber pangan, industri, dan obat. Salah satu peran pohon yang paling penting bagi manusia dan makhluk hidup lainnya adalah menghasilkan udara segar yang ada di dunia.
Ide pokok paragraf di atas adalah “manfaat pohon bagi manusia dan makhluk hidup lainnya”.
1. Indonesia merupakan salah satu negara kepulauan yang memiliki kekayaan alam berlimpah. Hal tersebut disebabkan tanahnya yang subur dan letaknya yang cukup strategis. Sayangnya, masyarakat Indonesia belum bisa mengelola sumber daya tersebut sehingga dimanfaatkan oleh negara lain.
Dari paragraf di atas, ide pokok yang bisa ditemukan adalah?
A. Indonesia memiliki tanah yang subur dan letak yang strategis.
B. Masyarakat Indonesia belum bisa mengelola sumber daya alam.
C. Kekayaan alam di Indonesia dimanfaatkan oleh negara lain.
D. Indonesia adalah negara kepulauan yang memiliki kekayaan alam berlimpah.
2. Korban virus Covid 19 di Indonesia terus bertambah seiring dengan meningkatnya mobilitas masyarakat saat hari raya Idul Fitri dan Idul Adha. Pemerintah terus berupaya menekan laju mobilitas masyarakat dengan melakukan banyak pembatasan dan penyekatan.
Ide pokok paragraf yang dapat ditemukan dari informasi di atas adalah ….
a. Meningkatnya virus Covid 19 saat hari raya Idul Fitri dan Idul Adha.
b. Pencegahan penyebaran virus Covid 19 saat hari raya Idul Fitri dan Idul Adha.
c. Bertambahnya korban virus Covid 19 di Indonesia akibat peningkatan mobilitas penduduk.
d. Usaha pemerintah untuk mencegah penyebaran virus Covid 19 dengan membuat berbagai pembatasan.
Komentar
Posting Komentar