Senin, 13 Januari 2025
Hari/Tanggal : Senin, 13 Januari 2025
Muatan Pembelajaran :
1. Matematika : Sudut
2. Bahasa Indonesia : Jadi Warga Dunia
3. Seni Budaya : Menggambar Ekspressif
Media Pembelajaran : Video/PPT, alat tulis, jam, busur
Capaian Pembelajaran Matematika
Elemen
Pada akhir fase C, peserta didik dapat menentukan keliling dan luas berbagai bentuk bangun datar (segitiga, segiempat, dan segibanyak) serta gabungannya. Mereka dapat menghitung durasi waktu dan mengukur besar sudut.
CAPAPAIAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA:
Pada akhir fase C, peserta didik memiliki kemampuan berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan dan konteks sosial. Peserta didik menunjukkan minat terhadap teks, mampu memahami, mengolah, dan menginterpretasi informasi dan pesan dari paparan lisan dan tulis tentang topik yang dikenali dalam teks narasi dan informatif. Peserta didik mampu menanggapi dan mempresentasikan informasi yang dipaparkan; berpartisipasi aktif dalam diskusi; menuliskan tanggapannya terhadap bacaan menggunakan pengalaman dan pengetahuannya; menulis teks untuk menyampaikan pengamatan dan pengalamannya dengan lebih terstruktur. Peserta didik memiliki kebiasaan membaca untuk hiburan, menambah pengetahuan, dan keterampilan.
Seni Rupa
Elemen Mengalami
Pada akhir fase C, peserta didik memahami unsur rupa dan prinsip desain di lingkungan sekitarnya. Peserta didik menyimpulkan hasil pengamatan dan pemahaman pada perpaduan unsur dalam prinsip desain.
- Letakkan titik pusat busur derajat pada titik sudut.
- Sesuaikan garis alas busur derajat dengan salah satu kaki sudut.
- Ukur sudut mulai dari 0 derajat yang ada di garis alas busur derajat hingga sampai pada sudut yang diukur.
- Besar sudut yang diukur adalah jumlah derajat yang disilangkan pada busur derajat.
A. sudut refleks
B. sudut tumpul
C. sudut siku-siku
D. sudut lancip
A. sudut refleks
B. sudut tumpul
C. sudut siku-siku
D. sudut lancip
A. sudut refleks
B. sudut tumpul
C. sudut siku-siku
D. sudut lancip
A. 70
B. 80
C. 110
D. 120
A. 80
B. 90
C. 100
D. 110
A. 50
B. 60
C. 120
D. 130
A. 80°
B. 90°
C. 110°
D. 120°
A. 300°
B. 310°
C. 320°
D. 360°
A. 30°
B. 37,5 °
C. 40°
D. 42,5°
A. sudut lurus
B. sudut refleks
C. sudut tumpul
D. sudut penuh
A. sudut lurus
B. sudut refleks
C. sudut tumpul
D. sudut penuh
- Peristiwa atau keadaan yang benar-benar terjadi dan bersifat objektif. Fakta dapat dibuktikan dengan data-data relevan dan biasanya dapat menjawab pertanyaan apa, siapa, kapan, di mana, atau berapa.
- Pendapat, pikiran, atau pendirian seseorang terhadap suatu persoalan yang bersifat subjektif. Opini tidak dapat dibuktikan kebenarannya dan biasanya disertai alasan sebagai penguat pendapat. Opini dapat menjawab pertanyaan bagaimana dan mengapa.
- Berisi data kuantitatif (angka) dan kualitatif (pernyataan)
- Mempunyai data yang akurat, baik waktu, tanggal, tempat, dan peristiwanya
- Dikumpulkan dari sumber yang terpercaya
- Tidak memiliki narasumber
1. Perpotongan beberapa garis yang dibuat dapat membentuk unsur ....
a. garis
b. titik
c. bidang
d. bentuk
2. Bentuk merupakan unsur seni rupa yang berkaitan dengan ....
a. warna
b. bentuk suatu benda
c. sisi gelap terang
d. bahan atau material
3. Karya dua dimensi merupakan karya yang memiliki unsur ....
a. panjang, lebar
b. panjang, tinggi
c. panjang, lebar, tinggi
d. lebar, tinggi
4. Kesan yang terjadi sebagai akibat pantulan cahaya dari suatu benda disebut merupakan unsur ...
a. warna
b. ruang
c. tone
d. tekstur
5. Perbedaan intensitas cahaya yang jatuh pada permukaan benda akan menimbulkan kesan ....
a. warna tertentu
b. gelap terang
c. berat
d. kualitas
Komentar
Posting Komentar