Senin, 13 Januari 2025

 


Hari/Tanggal                              : Senin, 13 Januari 2025

Muatan  Pembelajaran              :  

1. Matematika                   Sudut 

2. Bahasa Indonesia         : Jadi Warga Dunia

3. Seni Budaya                  : Menggambar Ekspressif

Media Pembelajaran                  : Video/PPT, alat tulis, jam, busur

                                                      

Capaian  Pembelajaran Matematika

Elemen 

Pada akhir fase C, peserta didik dapat menentukan keliling dan luas berbagai bentuk bangun datar (segitiga, segiempat, dan segibanyak) serta gabungannya. Mereka dapat menghitung durasi waktu dan mengukur besar sudut.

CAPAPAIAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA:

Pada akhir fase C, peserta didik memiliki kemampuan berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan dan konteks sosial. Peserta didik menunjukkan minat terhadap teks, mampu memahami, mengolah, dan menginterpretasi informasi dan pesan dari paparan lisan dan tulis tentang topik yang dikenali dalam teks narasi dan informatif. Peserta didik mampu menanggapi dan mempresentasikan informasi yang dipaparkan; berpartisipasi aktif dalam diskusi; menuliskan tanggapannya terhadap bacaan menggunakan pengalaman dan pengetahuannya; menulis teks untuk menyampaikan pengamatan dan pengalamannya dengan lebih terstruktur. Peserta didik memiliki kebiasaan membaca untuk hiburan, menambah pengetahuan, dan keterampilan.

Seni Rupa

Elemen Mengalami

Pada akhir fase C, peserta didik memahami unsur rupa dan prinsip desain di lingkungan sekitarnya.  Peserta didik menyimpulkan hasil pengamatan dan pemahaman pada perpaduan unsur dalam prinsip desain.


Apa kabar anak sholih sholihah.........
semoga hari ini semua dalam keadaan sehat wal'afiyah ....
    Adapun tujuan pembelajaran hari ini Bu Guru harap kalian dapat mengukur besar sudut, memahami perbedaan fakta dan opini, dan memahami menggambar ekspressif dengan prinsip keseimbangan

   Matematika

Mengukur sudut dilakukan dengan menggunakan busur derajatBusur derajat adalah alat ukur yang berbentuk setengah lingkaran atau lingkaran penuh. 
Berikut langkah-langkah mengukur sudut dengan busur derajat:
  1. Letakkan titik pusat busur derajat pada titik sudut. 
  2. Sesuaikan garis alas busur derajat dengan salah satu kaki sudut. 
  3. Ukur sudut mulai dari 0 derajat yang ada di garis alas busur derajat hingga sampai pada sudut yang diukur. 
  4. Besar sudut yang diukur adalah jumlah derajat yang disilangkan pada busur derajat.

Soal No.1
Perhatikan gambar berikut ini!
Sudut yang terbentuk dari jarum pendek dan panjang pada jam analog di atas yaitu. . .
A. sudut refleks
B. sudut tumpul
C. sudut siku-siku
D. sudut lancip

Soal No.2
Perhatikan gambar berikut ini!
Sudut yang terbentuk dari jarum pendek dan panjang pada jam analog di atas yaitu. . .
A. sudut refleks
B. sudut tumpul
C. sudut siku-siku
D. sudut lancip

Soal No.3
Perhatikan gambar berikut ini!
Sudut yang terbentuk dari jarum pendek dan panjang pada jam analog di atas yaitu. . .
A. sudut refleks
B. sudut tumpul
C. sudut siku-siku
D. sudut lancip

Soal No.4
Perhatikan gambar berikut ini!
Besar sudut hasil pengukuran di atas yaitu. . .°
A. 70
B. 80
C. 110
D. 120

Soal No.5
Perhatikan gambar berikut ini!
Besar sudut hasil pengukuran di atas yaitu. . .°
A. 80
B. 90
C. 100
D. 110

Soal No.6
Perhatikan gambar berikut ini!
Besar sudut hasil pengukuran di atas yaitu. . .°
A. 50
B. 60
C. 120
D. 130

Soal No.7
Perhatikan gambar berikut ini!
Sudut terkecil yang dibentuk oleh jarum jam pendek dan panjang pada gambar di atas yaitu. . .
A. 80°
B. 90°
C. 110°
D. 120°

Soal No.8
Perhatikan gambar berikut ini!
Sudut terbesar yang dibentuk oleh jarum jam pendek dan panjang pada gambar di atas yaitu. . .
A. 300°
B. 310°
C. 320°
D. 360°

Soal No.9
Sudut terkecil yang dibentuk oleh jarum pendek dan jarum panjang pada jam saat menunjukkan pukul 04.15 yaitu. . .
A. 30°
B. 37,5 °
C. 40°
D. 42,5°

Soal No.10
Sudut yang besarnya 180° disebut . . .
A. sudut lurus
B. sudut refleks
C. sudut tumpul
D. sudut penuh

Soal No.20
Perhatikan gambar berikut ini!Tanda panah pada gambar di atas menunjukkan sudut . . .
A. sudut lurus
B. sudut refleks
C. sudut tumpul
D. sudut penuh


BAHASA INDONESIA
FAKTA DAN OPINI
  • Fakta
    Peristiwa atau keadaan yang benar-benar terjadi dan bersifat objektif. Fakta dapat dibuktikan dengan data-data relevan dan biasanya dapat menjawab pertanyaan apa, siapa, kapan, di mana, atau berapa. 
  • Opini
    Pendapat, pikiran, atau pendirian seseorang terhadap suatu persoalan yang bersifat subjektif. Opini tidak dapat dibuktikan kebenarannya dan biasanya disertai alasan sebagai penguat pendapat. Opini dapat menjawab pertanyaan bagaimana dan mengapa. 
Berikut beberapa ciri-ciri fakta: 
  • Berisi data kuantitatif (angka) dan kualitatif (pernyataan)
  • Mempunyai data yang akurat, baik waktu, tanggal, tempat, dan peristiwanya
  • Dikumpulkan dari sumber yang terpercaya
Berikut beberapa ciri-ciri opini: 
  • Tidak memiliki narasumber



seni rupa




1. Perpotongan beberapa garis yang dibuat dapat membentuk unsur ....

a. garis
b. titik
c. bidang
d. bentuk


2. Bentuk merupakan unsur seni rupa yang berkaitan dengan ....

a. warna
b. bentuk suatu benda
c. sisi gelap terang
d. bahan atau material



3. Karya dua dimensi merupakan karya yang memiliki unsur ....

a. panjang, lebar
b. panjang, tinggi
c. panjang, lebar, tinggi
d. lebar, tinggi



4. Kesan yang terjadi sebagai akibat pantulan cahaya dari suatu benda disebut merupakan unsur ...

a. warna
b. ruang
c. tone
d. tekstur



5. Perbedaan intensitas cahaya yang jatuh pada permukaan benda akan menimbulkan kesan ....

a. warna tertentu
b. gelap terang
c. berat
d. kualitas


Demikian pembelajaran hari ini, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan, Jangan lupa sholat lima waktu dan murojaah surah-surah pendek.  
    Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan membaca hamdalah 





SEE YOU NEXT TIME 
   
  Kesimpulan
Alhamdulillah kegiatan belajar hari ini berjalan dengan baik, peserta didik sudah dapat memahami perbedaan opini dengan fakta. Namun masih terdapat3 peserta didik yang belum memahami dengan baik.  
a




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Selasa, 19 Maret 2024

Jumat, 17 Mei 2024

Kamis, 16 Mei 2024