Jumat, 31 Januari 2025
Hari/Tanggal : Jumat, 31 Januari 2025
Muatan Pembelajaran :
IPAS : Indonesiaku Kaya Raya
Model Pembelajaran : Kooperatif
Metode Penbelajaran : Make A Match,diskusi, penugasan
Media Pembelajaran : video/PPT, wordwall
Capaian Pembelajaran IPAS
Ø Elemen Pemahaman IPAS:
Di akhir fase ini peserta didik menggunakan peta konvensional/digital untuk mengenal letak dan kondisi geografis negara Indonesia.
1. Apa yang dimaksud dengan sumber daya alam yang bisa diperbarui?
a. Sumber daya alam yang tidak dapat dibudidayakan.
b. Kekayaan alam yang masih dapat dibudidayakan kembali setelah dipakai.
c. Sumber daya alam yang hanya ditemukan di dalam tanah.
d. Sumber daya alam yang memiliki nilai ekonomi tinggi.
2. Apa contoh sumber daya alam yang termasuk dalam kategori yang bisa diperbarui?
a. Minyak bumi.
b. Logam berharga seperti emas dan perak.
c. Hasil pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan, dan hasil hutan.
d. Batu bara.
3. Mengapa sumber daya alam yang bisa diperbarui dianggap penting?
a. Karena sumber daya alam tersebut tidak memiliki nilai ekonomi.
b. Karena sumber daya alam tersebut dapat diperoleh dengan mudah.
c. Karena sumber daya alam tersebut memiliki nilai ekonomi tinggi.
d. Karena dapat dimanfaatkan secara berkelanjutan dan dapat dibudidayakan kembali.
4. Apa yang menjadi contoh dari sumber daya alam yang tidak bisa diperbarui?
a. Hasil pertanian.
b. Mutiara
c. Air sungai.
d. Minyak bumi.
5. Mengapa sumber daya alam yang tidak bisa diperbarui menjadi perhatian khusus dalam pengelolaannya?
a. Karena sumber daya alam tersebut tidak memiliki nilai ekonomi.
b. Karena sumber daya alam tersebut memiliki nilai ekonomi tinggi.
c. Karena sumber daya alam tersebut dapat diperoleh dengan mudah.
d. Karena sumber daya alam tersebut terbatas dan agar tidak cepat habis keberadaannya.
6. Bagaimana sumber daya alam seperti air tanah, dan udara dapat diperbarui?
a. Dengan menjadikannya sebagai barang komersial.
b. Dengan cara mengelolanya secara berlebihan.
c. Dengan cara menjadikannya baru melalui proses kimia.
d. Dengan cara alami, seperti air yang melimpah saat musim hujan atau menanam tumbuhan untuk menyaring udara.
7. Bagaimana cara menjaga sumber daya alam yang tidak bisa diperbarui?
a. Menggunakan sumber daya alam tersebut sebanyak mungkin.
b. Tidak perlu menjaga, karena sumber daya alam tersebut sulit diperbarui.
c. Dengan cara daur ulang, seperti daur ulang besi, logam, dan plastik.
d. Hanya menggunakan sumber daya alam yang bisa diperbarui.
8. Apa yang menjadi habitat bagi banyak fauna di hutan?
a. Tumbuhan liar.
b. Pohon-pohon besar.
c. Hutan karet.
d. Hutan jati.
9. Apa yang membuat hutan menjadi lapangan pekerjaan untuk masyarakat sekitarnya?
a. Hewan yang tinggal di hutan.
b. Hasil alam yang dapat diolah menjadi berbagai produk.
c. Tumbuhan liar yang tumbuh di hutan.
d. Keberagaman flora dan fauna di hutan.
10. Apa yang perlu diperhatikan dalam penebangan hutan?
a. Menebang semua pohon tanpa memilih.
b. Tebang habis tanaman liar.
c. Tebang pilih tanam, hanya menebang pohon yang sudah tua dan diganti dengan penanaman pohon baru.
d. Tebang semua pohon tua tanpa penanaman kembali.
Komentar
Posting Komentar