Jumat, 31 Januari 2025

 


Hari/Tanggal                              : Jumat, 31 Januari 2025

Muatan  Pembelajaran              :  

IPAS                                  Indonesiaku Kaya Raya

Model Pembelajaran        : Kooperatif

Metode Penbelajaran       : Make A Match,diskusi, penugasan

Media Pembelajaran         : video/PPT, wordwall

                                         

Capaian  Pembelajaran IPAS

Ø  Elemen Pemahaman IPAS:

Di akhir fase ini peserta didik menggunakan peta konvensional/digital untuk mengenal letak dan kondisi geografis negara Indonesia.



Apa kabar anak sholih sholihah.........
semoga kalian semua dalam keadaan sehat walaf'iyah.
Adapun tujuan pembelajaran hari ini peserta didik dapat mengidentifikasi sumber daya alam yang dapat di[perbarui dan tidak dapat diperbarui

IPAS

Simak video pembelajaran berikut!




1. Apa yang dimaksud dengan sumber daya alam yang bisa diperbarui?

a. Sumber daya alam yang tidak dapat dibudidayakan.

b. Kekayaan alam yang masih dapat dibudidayakan kembali setelah dipakai.

c. Sumber daya alam yang hanya ditemukan di dalam tanah.

d. Sumber daya alam yang memiliki nilai ekonomi tinggi.

 

2. Apa contoh sumber daya alam yang termasuk dalam kategori yang bisa diperbarui?

a. Minyak bumi.                               

b. Logam berharga seperti emas dan perak.

c. Hasil pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan, dan hasil hutan.

d. Batu bara.

 

3. Mengapa sumber daya alam yang bisa diperbarui dianggap penting?

a. Karena sumber daya alam tersebut tidak memiliki nilai ekonomi.

b. Karena sumber daya alam tersebut dapat diperoleh dengan mudah.

c. Karena sumber daya alam tersebut memiliki nilai ekonomi tinggi.

d. Karena dapat dimanfaatkan secara berkelanjutan dan dapat dibudidayakan kembali. 

4. Apa yang menjadi contoh dari sumber daya alam yang tidak bisa diperbarui?

a. Hasil pertanian.

b. Mutiara

c. Air sungai.

d. Minyak bumi.

 

5. Mengapa sumber daya alam yang tidak bisa diperbarui menjadi perhatian khusus dalam pengelolaannya?

 a. Karena sumber daya alam tersebut tidak memiliki nilai ekonomi.

 b. Karena sumber daya alam tersebut memiliki nilai ekonomi tinggi.

 c. Karena sumber daya alam tersebut dapat diperoleh dengan mudah.

 d. Karena sumber daya alam tersebut terbatas dan agar tidak cepat habis keberadaannya.

 

6. Bagaimana sumber daya alam seperti air tanah, dan udara dapat diperbarui?

a. Dengan menjadikannya sebagai barang komersial.

b. Dengan cara mengelolanya secara berlebihan.

c. Dengan cara menjadikannya baru melalui proses kimia.

d. Dengan cara alami, seperti air yang melimpah saat musim hujan atau menanam tumbuhan untuk menyaring udara.

 7. Bagaimana cara menjaga sumber daya alam yang tidak bisa diperbarui?

a. Menggunakan sumber daya alam tersebut sebanyak mungkin.

b. Tidak perlu menjaga, karena sumber daya alam tersebut sulit diperbarui.

c. Dengan cara daur ulang, seperti daur ulang besi, logam, dan plastik.

d. Hanya menggunakan sumber daya alam yang bisa diperbarui.


8. Apa yang menjadi habitat bagi banyak fauna di hutan?

a. Tumbuhan liar.

b. Pohon-pohon besar.

c. Hutan karet.

d. Hutan jati.

9. Apa yang membuat hutan menjadi lapangan pekerjaan untuk masyarakat sekitarnya?

a. Hewan yang tinggal di hutan.

b. Hasil alam yang dapat diolah menjadi berbagai produk.

c. Tumbuhan liar yang tumbuh di hutan.

d. Keberagaman flora dan fauna di hutan.

 

10. Apa yang perlu diperhatikan dalam penebangan hutan?

a. Menebang semua pohon tanpa memilih.

b. Tebang habis tanaman liar.

c. Tebang pilih tanam, hanya menebang pohon yang sudah tua dan diganti dengan penanaman pohon baru.

d. Tebang semua pohon tua tanpa penanaman kembali.




Demikian pembelajaran hari ini, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan, Jangan lupa sholat lima waktu, mematuhi Ayah Bunda dan murojaah surah-surah pendeknya ya.... 
    Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan membaca hamdalah 





SEE YOU NEXT TIME 
   

Kesimpulan 
Alhamdulillah kegiatan belajar hari ini berjalan dengan baik, peserta didik dapat memahami materi IPAS tenrang keragaman hayati dan non hayati demgan baik. masih terdapat 3 peserta didik yang perlu mendalami  materi tersebut. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Selasa, 19 Maret 2024

Jumat, 17 Mei 2024

Rabu, 04 Desember 2024