Jumat, 24 Januari 2025

 


Hari/Tanggal                              : Jumat, 24 Januari 2025

Muatan  Pembelajaran              :  

1. IPAS                              Indonesiaku Kaya Raya

2. PAK                               : Giat dan Senang Bekerja Keras

Model Pembelajaran        : Kooperatif

Metode Penbelajaran       : Make A Match,tanya jawab, penugasan

Media Pembelajaran         : video/PPT, wordwall

                                         

Capaian  Pembelajaran IPAS

Ø  Elemen Pemahaman IPAS:

Di akhir fase ini peserta didik menggunakan peta konvensional/digital untuk mengenal letak dan kondisi geografis negara Indonesia.


Capaian  Pembelajaran PAK

Siswa mampu memahami sikap kerja keras dalam kehidupan sehari-hari 

Peserta didik mampu menerapkan sikap kerja keras

Peserta didik dapat mengamalkan sikap kerja keras dalam kehidupan sehari-hari



Apa kabar anak sholih sholihah.........
semoga kalian semua dalam keadaan sehat walaf'iyah.
Adapun tujuan pembelajaran hari ini peserta didik dapat mengidentifikasi keragaman hayati di indonesia

IPAS
Simak video pembelajaran berikut!


Jawablah pertanyaan berikut!
1. Indonesia merupakan negara yang terkenal dengan keanekaragaman hayatinya. Berikut ini salah satu penyebab Indonesia memiliki keanekaragaman hayati yaitu...

A. Indonesia memiliki iklim subtropis

B. bentang alam Indonesia yang sempit

C. Indonesia memiliki gurun pasir yang Indonesia negara kepulauan yang luas

D. Indonesia negara kepulauan yang luas


2. Perhatikan gambar berikut!




Keanekaragaman yang tampak pada gambar tersebut merupakan keanekaragaman...

jA .jenis    B. genetik  C. flora      D. ekosistem



3. Gambar tersebut menunjukkan keanekaragaman...

A. jenis  B. genetik  C. fauna  D. ekosistem


4. Keanekaragaman flora dan fauna di Indonesia bisa dibagi menjadi tiga wilayah yaitu wilayah Asiatis, wilayah Peralihan, dan wilayah Autralis. Wilayah Asiatis dan wilayah peralihan dibatasi oleh...

A. garis Wallace           B. garis Webber       

C. garis Meridiana        D. garis Khatulistiwa


5. 


 

Fauna yang ditunjuk oleh tanda panah pada gambar tersebut termasuk fauna wilayah...

A. Amerikalis                     B. Asiatis                C. Autralis                     D. Peralihan


6. Curah hujan yang rendah dan relatif kering membuat flora di Indonesia Tengah didominasi oleh stepa tropis dan sabana. Berikut salah satu flora tipe peralihan di wilayah tersebut yaitu...

A. pohon sagu                   B. matoa                        C. cengkeh                    D. rotan


7. Kuskus dan kanguru merupakan salah satu fauna khas Indonesia...

A. barat                             B. tengah                        C. timur                         D. selatan


soal 10 gambar IPAS

 

8. Fauna pada gambar tersebut merupakan fauna khas...

A. Jawa   B. Sumatera   C. Kalimantan  D. Bali


9. Apa yang memengaruhi perbedaan-perbedaan dalam keanekaragaman genetik?

a. Keanekaragaman jenis.                          

b. Keanekaragaman ekosistem.
c. Gen atau pembawa sifat.                          

d. Suku yang dimiliki.

10. Apa manfaat keanekaragaman hayati? 

a. Kesenangan dalam melihat berbagai jenis flora dan fauna. 

b. Memperindah pemandangan alam saja. 

c. Hanya sebagai objek penelitian. 

d. Menyediakan sumber daya alam dan menjaga keseimbangan ekosistem.


Demikian pembelajaran hari ini, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan, Jangan lupa sholat lima waktu, mematuhi Ayah Bunda dan murojaah surah-surah pendeknya ya.... 
    Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan membaca hamdalah 





SEE YOU NEXT TIME 
   

 Kesimpulan
Alhamdulillah kegiatan belajar hari ini berjalan dengan lancar. Peserta didik dapat memahami keanekaragaman hayati di Indonesia.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Selasa, 19 Maret 2024

Jumat, 17 Mei 2024

Rabu, 04 Desember 2024