Selasa, 28 Januari 2025

 


Hari/Tanggal                              : Selasa, 28 Januari 2025

Muatan  Pembelajaran              :  

1. IPAS                              : Indonesiaku Kaya Raya

2. Bahasa Indonesia         : Menjadi Warga Dunia

3. Pendidikan Pancasila   : Menghargai Keragaman 

Media pembelajaran         : video/PPT, Peta  

Model Pembelajaran          : Kooperatif

Metode Pembelajaran       : Make A Match, diskusi, penugasan                                                                                                         

Capaian  Pembelajaran IPAS

Elemen Pemahaman IPAS:

 Di akhir fase ini peserta didik menggunakan peta konvensional/digital untuk mengenal letak dan kondisi geografis negara Indonesia.

CAPAIAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA:

Peserta didik mampu menggunakan kaidah kebahasaan dan kesastraan untuk menulis teks sesuai dengan konteks dan norma budaya

CP PANCASILA

Peserta didik mampu menyajikan hasil identifikasi sikap menghormati, menjaga, dan melestarikan keberagaman budaya dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat.



Apa kabar anak sholih sholihah.........
semoga hari ini semua dalam keadaan sehat wal'afiyah ....
    Adapun tujuan pembelajaran hari ini peserta didik dapat memahami keanekaragaman hayati beserta persebarannya,  mengidentifikasi ide pok pada sebuah teks, dan mengenal keragaman budaya di Indonesia. 

    IPAS
  Simak video pembelajaran berikut!




1. Apa yang dimaksud dengan sumber daya alam yang bisa diperbarui?

a. Sumber daya alam yang tidak dapat dibudidayakan.

b. Kekayaan alam yang masih dapat dibudidayakan kembali setelah dipakai.

c. Sumber daya alam yang hanya ditemukan di dalam tanah.

d. Sumber daya alam yang memiliki nilai ekonomi tinggi.

 

2. Apa contoh sumber daya alam yang termasuk dalam kategori yang bisa diperbarui?

a. Minyak bumi.                               

b. Logam berharga seperti emas dan perak.

c. Hasil pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan, dan hasil hutan.

d. Batu bara.

 

3. Mengapa sumber daya alam yang bisa diperbarui dianggap penting?

a. Karena sumber daya alam tersebut tidak memiliki nilai ekonomi.

b. Karena sumber daya alam tersebut dapat diperoleh dengan mudah.

c. Karena sumber daya alam tersebut memiliki nilai ekonomi tinggi.

d. Karena dapat dimanfaatkan secara berkelanjutan dan dapat dibudidayakan kembali. 

4. Apa yang menjadi contoh dari sumber daya alam yang tidak bisa diperbarui?

a. Hasil pertanian.

b. Mutiara

c. Air sungai.

d. Minyak bumi.

 

5. Mengapa sumber daya alam yang tidak bisa diperbarui menjadi perhatian khusus dalam pengelolaannya?

 a. Karena sumber daya alam tersebut tidak memiliki nilai ekonomi.

 b. Karena sumber daya alam tersebut memiliki nilai ekonomi tinggi.

 c. Karena sumber daya alam tersebut dapat diperoleh dengan mudah.

 d. Karena sumber daya alam tersebut terbatas dan agar tidak cepat habis keberadaannya.

 

6. Bagaimana sumber daya alam seperti air tanah, dan udara dapat diperbarui?

a. Dengan menjadikannya sebagai barang komersial.

b. Dengan cara mengelolanya secara berlebihan.

c. Dengan cara menjadikannya baru melalui proses kimia.

d. Dengan cara alami, seperti air yang melimpah saat musim hujan atau menanam tumbuhan untuk menyaring udara.

 7. Bagaimana cara menjaga sumber daya alam yang tidak bisa diperbarui?

a. Menggunakan sumber daya alam tersebut sebanyak mungkin.

b. Tidak perlu menjaga, karena sumber daya alam tersebut sulit diperbarui.

c. Dengan cara daur ulang, seperti daur ulang besi, logam, dan plastik.

d. Hanya menggunakan sumber daya alam yang bisa diperbarui.


8. Apa yang menjadi habitat bagi banyak fauna di hutan?

a. Tumbuhan liar.

b. Pohon-pohon besar.

c. Hutan karet.

d. Hutan jati.

9. Apa yang membuat hutan menjadi lapangan pekerjaan untuk masyarakat sekitarnya?

a. Hewan yang tinggal di hutan.

b. Hasil alam yang dapat diolah menjadi berbagai produk.

c. Tumbuhan liar yang tumbuh di hutan.

d. Keberagaman flora dan fauna di hutan.

 

10. Apa yang perlu diperhatikan dalam penebangan hutan?

a. Menebang semua pohon tanpa memilih.

b. Tebang habis tanaman liar.

c. Tebang pilih tanam, hanya menebang pohon yang sudah tua dan diganti dengan penanaman pohon baru.

d. Tebang semua pohon tua tanpa penanaman kembali.


Bahasa Indonesia


Untuk memudahkan dalam menemukan ide pokok paragraf, ada beberapa cara mudah yang bisa diterapkan, yaitu:
  1. Baca seluruh paragraf dengan teliti.
  2. Fokuskan bacaan pada kalimat pertama dan kalimat terakhir dalam paragraf.
  3. Temukan kalimat utama bacaan seperti kalimat pertama atau kalimat akhir.
  4. Tandai letak kalimat utama dan pahami inti informasi yang disampaikan pada kalimat utamanya.
  5. Tandai informasi yang dianggap penting pada kalimat tersebut.
  6. Tulis ide utama pada paragraf yang sudah dibaca dengan merujuk pada informasi yang sudah ditandai.

Contoh 

Pohon menghasilkan berbagai manfaat bagi manusia dan makhluk hidup lainnya. Pohon bermanfaat sebagai sumber pangan, industri, dan obat. Salah satu peran pohon yang paling penting bagi manusia dan makhluk hidup lainnya adalah menghasilkan udara segar yang ada di dunia.

Ide pokok paragraf di atas adalah “manfaat pohon bagi manusia dan makhluk hidup lainnya”.

Kerjakan soal berikut!

1. Indonesia merupakan salah satu negara kepulauan yang memiliki kekayaan alam berlimpah. Hal tersebut disebabkan tanahnya yang subur dan letaknya yang cukup strategis. Sayangnya, masyarakat Indonesia belum bisa mengelola sumber daya tersebut sehingga dimanfaatkan oleh negara lain.

Dari paragraf di atas, ide pokok yang bisa ditemukan adalah?

A. Indonesia memiliki tanah yang subur dan letak yang strategis.
B. Masyarakat Indonesia belum bisa mengelola sumber daya alam.
C. Kekayaan alam di Indonesia dimanfaatkan oleh negara lain.
D. Indonesia adalah negara kepulauan yang memiliki kekayaan alam berlimpah.


2. Korban virus Covid 19 di Indonesia terus bertambah seiring dengan meningkatnya mobilitas masyarakat saat hari raya Idul Fitri dan Idul Adha. Pemerintah terus berupaya menekan laju mobilitas masyarakat dengan melakukan banyak pembatasan dan penyekatan.

Ide pokok paragraf yang dapat ditemukan dari informasi di atas adalah ….

a. Meningkatnya virus Covid 19 saat hari raya Idul Fitri dan Idul Adha.

b. Pencegahan penyebaran virus Covid 19 saat hari raya Idul Fitri dan Idul Adha.

c. Bertambahnya korban virus Covid 19 di Indonesia akibat peningkatan mobilitas penduduk. 

d. Usaha pemerintah untuk mencegah penyebaran virus Covid 19 dengan membuat berbagai pembatasan.


  Demikian pembelajaran hari ini, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan, Jangan lupa sholat lima waktu, mematuhi Ayah Bunda dan murojaah surah-surah pendeknya ya.... 
    Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan membaca hamdalah 





SEE YOU NEXT TIME 
   

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Selasa, 19 Maret 2024

Jumat, 17 Mei 2024

Rabu, 04 Desember 2024