Selasa, 28 Januari 2025
Hari/Tanggal : Selasa, 28 Januari 2025
Muatan Pembelajaran :
1. IPAS : Indonesiaku Kaya Raya
2. Bahasa Indonesia : Menjadi Warga Dunia
3. Pendidikan Pancasila : Menghargai Keragaman
Media pembelajaran : video/PPT, Peta
Model Pembelajaran : Kooperatif
Metode Pembelajaran : Make A Match, diskusi, penugasan
Capaian Pembelajaran IPAS
Elemen Pemahaman IPAS:
Di akhir fase ini peserta didik menggunakan peta konvensional/digital untuk mengenal letak dan kondisi geografis negara Indonesia.
CAPAIAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA:
Peserta didik mampu menggunakan kaidah kebahasaan dan kesastraan untuk menulis teks sesuai dengan konteks dan norma budaya
CP PANCASILA
Peserta didik mampu menyajikan hasil identifikasi sikap menghormati, menjaga, dan melestarikan keberagaman budaya dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat.
1. Apa yang
dimaksud dengan sumber daya alam yang bisa diperbarui?
a. Sumber daya
alam yang tidak dapat dibudidayakan.
b. Kekayaan
alam yang masih dapat dibudidayakan kembali setelah dipakai.
c. Sumber daya
alam yang hanya ditemukan di dalam tanah.
d. Sumber daya
alam yang memiliki nilai ekonomi tinggi.
2. Apa contoh sumber daya alam yang termasuk dalam kategori yang bisa diperbarui?
a. Minyak bumi.
b. Logam
berharga seperti emas dan perak.
c. Hasil
pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan, dan hasil hutan.
d. Batu bara.
3. Mengapa
sumber daya alam yang bisa diperbarui dianggap penting?
a. Karena
sumber daya alam tersebut tidak memiliki nilai ekonomi.
b. Karena
sumber daya alam tersebut dapat diperoleh dengan mudah.
c. Karena
sumber daya alam tersebut memiliki nilai ekonomi tinggi.
d. Karena dapat dimanfaatkan secara berkelanjutan dan dapat dibudidayakan kembali.
4. Apa yang
menjadi contoh dari sumber daya alam yang tidak bisa diperbarui?
a. Hasil
pertanian.
b. Mutiara
c. Air sungai.
d. Minyak bumi.
5. Mengapa
sumber daya alam yang tidak bisa diperbarui menjadi perhatian khusus dalam
pengelolaannya?
a. Karena sumber daya alam tersebut tidak
memiliki nilai ekonomi.
b. Karena sumber daya alam tersebut memiliki
nilai ekonomi tinggi.
c. Karena sumber daya alam tersebut dapat
diperoleh dengan mudah.
d. Karena sumber daya alam tersebut terbatas
dan agar tidak cepat habis keberadaannya.
6. Bagaimana sumber daya alam seperti air tanah, dan udara dapat diperbarui?
a. Dengan
menjadikannya sebagai barang komersial.
b. Dengan cara
mengelolanya secara berlebihan.
c. Dengan cara
menjadikannya baru melalui proses kimia.
d. Dengan cara
alami, seperti air yang melimpah saat musim hujan atau menanam tumbuhan untuk
menyaring udara.
7. Bagaimana cara menjaga sumber daya alam yang tidak bisa diperbarui?
a. Menggunakan
sumber daya alam tersebut sebanyak mungkin.
b. Tidak perlu
menjaga, karena sumber daya alam tersebut sulit diperbarui.
c. Dengan cara
daur ulang, seperti daur ulang besi, logam, dan plastik.
d. Hanya
menggunakan sumber daya alam yang bisa diperbarui.
8. Apa yang
menjadi habitat bagi banyak fauna di hutan?
a. Tumbuhan
liar.
b. Pohon-pohon
besar.
c. Hutan karet.
d. Hutan jati.
9. Apa yang membuat hutan menjadi lapangan pekerjaan untuk masyarakat sekitarnya?
a. Hewan yang
tinggal di hutan.
b. Hasil alam
yang dapat diolah menjadi berbagai produk.
c. Tumbuhan
liar yang tumbuh di hutan.
d. Keberagaman
flora dan fauna di hutan.
10. Apa yang
perlu diperhatikan dalam penebangan hutan?
a. Menebang
semua pohon tanpa memilih.
b. Tebang habis
tanaman liar.
c. Tebang pilih
tanam, hanya menebang pohon yang sudah tua dan diganti dengan penanaman pohon
baru.
d. Tebang semua
pohon tua tanpa penanaman kembali.
Bahasa Indonesia
- Baca seluruh paragraf dengan teliti.
- Fokuskan bacaan pada kalimat pertama dan kalimat terakhir dalam paragraf.
- Temukan kalimat utama bacaan seperti kalimat pertama atau kalimat akhir.
- Tandai letak kalimat utama dan pahami inti informasi yang disampaikan pada kalimat utamanya.
- Tandai informasi yang dianggap penting pada kalimat tersebut.
- Tulis ide utama pada paragraf yang sudah dibaca dengan merujuk pada informasi yang sudah ditandai.
Pohon menghasilkan berbagai manfaat bagi manusia dan makhluk hidup lainnya. Pohon bermanfaat sebagai sumber pangan, industri, dan obat. Salah satu peran pohon yang paling penting bagi manusia dan makhluk hidup lainnya adalah menghasilkan udara segar yang ada di dunia.
Ide pokok paragraf di atas adalah “manfaat pohon bagi manusia dan makhluk hidup lainnya”.
1. Indonesia merupakan salah satu negara kepulauan yang memiliki kekayaan alam berlimpah. Hal tersebut disebabkan tanahnya yang subur dan letaknya yang cukup strategis. Sayangnya, masyarakat Indonesia belum bisa mengelola sumber daya tersebut sehingga dimanfaatkan oleh negara lain.
Dari paragraf di atas, ide pokok yang bisa ditemukan adalah?
A. Indonesia memiliki tanah yang subur dan letak yang strategis.
B. Masyarakat Indonesia belum bisa mengelola sumber daya alam.
C. Kekayaan alam di Indonesia dimanfaatkan oleh negara lain.
D. Indonesia adalah negara kepulauan yang memiliki kekayaan alam berlimpah.
2. Korban virus Covid 19 di Indonesia terus bertambah seiring dengan meningkatnya mobilitas masyarakat saat hari raya Idul Fitri dan Idul Adha. Pemerintah terus berupaya menekan laju mobilitas masyarakat dengan melakukan banyak pembatasan dan penyekatan.
Ide pokok paragraf yang dapat ditemukan dari informasi di atas adalah ….
a. Meningkatnya virus Covid 19 saat hari raya Idul Fitri dan Idul Adha.
b. Pencegahan penyebaran virus Covid 19 saat hari raya Idul Fitri dan Idul Adha.
c. Bertambahnya korban virus Covid 19 di Indonesia akibat peningkatan mobilitas penduduk.
d. Usaha pemerintah untuk mencegah penyebaran virus Covid 19 dengan membuat berbagai pembatasan.
Komentar
Posting Komentar