Selasa, 07 Januari 2025

 


Hari/Tanggal                              : Selasa, 7 Januari 2025

Muatan  Pembelajaran              :  

1. IPAS                              : Indonesiaku Kaya Raya

2. Bahasa Indonesia         : Menjadi Warga Dunia

3. Pendidikan Pancasila   : Menghargai Keragaman 

Media pembelajaran         : video/PPT, Peta                                                                                                             

Capaian  Pembelajaran IPAS

Elemen Pemahaman IPAS:

 Di akhir fase ini peserta didik menggunakan peta konvensional/digital untuk mengenal letak dan kondisi geografis negara Indonesia.

CAPAIAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA:

Peserta didik mampu menggunakan kaidah kebahasaan dan kesastraan untuk menulis teks sesuai dengan konteks dan norma budaya

CP PANCASILA

Peserta didik mampu menyajikan hasil identifikasi sikap menghormati, menjaga, dan melestarikan keberagaman budaya dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat.



Apa kabar anak sholih sholihah.........
semoga hari ini semua dalam keadaan sehat wal'afiyah ....
    Adapun tujuan pembelajaran hari ini peserta didik dapat  menelaah kondisi geografis wilayah Indonesia sebagai negara kepulauan/ maritim dan agraris serta mengidentifikasi kekayaan alam, membedakan singkatan dan akronim, dan mengenal diri dan lingkungan

    IPAS



Membaca informasi dari peta

Pilihlah huruf a, b, c, atau d di depan jawaban yang paling tepat!

Soal No.1
Perhatikan gambar berikut!
Fungsi gambar di atas yaitu...
A. menggambarkan banyak rasi bintang
B. menunjukkan lokasi suatu tempat
C. membantu dalam segala kegiatan
D. mempercepat laju kendaraan

Soal No.2
Diana memperhatikan sebuah peta. Peta tersebut menggambarkan informasi tentang kepadatan penduduk di suatu wilayah. Peta yang diperhatikan Diana disebut. . .
A. peta topograf
B. peta chorograf
C. peta tematik
D. peta dunia

Soal No.3
Perhatikan gambar di bawah!
Informasi umum peta yang ditunjukkan oleh tanda panah di atas yaitu. . .
A. skala
B. legenda
C. judul peta
D. peta sisipan

Soal No.4
Perhatikan tabel berikut!
NoInformasi Umum Peta
1Skala
2Simbol
3Legenda
4Peta sisipan
Informasi umum yang menjelaskan keterangan simbol pada suatu peta ditunjukkan oleh nomor
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4

Soal No.5
Wina berkata bahwa Indonesia dikenal sebagai negara yang luas, tetapi terlihat kecil pada peta. Hal itu terjadi karena peta dibuat berdasarkan perbandingan ukuran besarnya gambar dengan keadaan yang sebenarnya. Perbandingan tersebut dinamakan . . .
A. skala
B. simbol
C. legenda
D. peta sisipan

  BAHASA INDONESIA
   

 Latihan Bahasa Indonesia
  A. Tuliskan kepanjangan dari singkatan berikut!
   1. ATM
   2. TNI
   3. SD
   4. SMP
   5. SIM 
   6. KTP
   7. SMA
   8. SMK
   9. dsb
  10. dll
  
  B. tuliskan kepanjangan dari akronim berikut!
   1. puskesmas
   2. cerpen
   3. Sumbar
   4. Lamtim
   5. posyandu
   6. kalbar
   7. hansip
   8. iptek
   9. pemilu
  10. hardiknas

PENDIDIKAN PANCASILA
  





 Kesimpulan 
    Alhamdulillah kegiatan belajar hari ini berjalan dengan lancar. Peserta didik dapat mengenal Indonesia sebagai negara yang kaya raya., peserta didik jug sudah dapat membedakan singkatan dan akronim dengan baik, namun pada masih terdapat 2 peserta didik yang mengalami kesulitan dalam menjelaskan arti singkatan dan akronim.
 




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Selasa, 19 Maret 2024

Jumat, 17 Mei 2024

Kamis, 16 Mei 2024