Rabu, 22 JNUri 2025

 


Hari/Tanggal                              : Rabu, 22 Januari 2025

Muatan  Pembelajaran              :  

1. Matematika                   : Sudut

2. Bahasa Indonesia         : Menjadi Warga Dunia

3. Pancasila                       : Jati Diri dan Lingkungan

Model pembelajaran        : PBL Kooperatif

Metode Pembelajaran   : Guide Inquiry, ceramah, tanya jawab,                                                penugasan

Media Pembelajaran        : Video/PPT, LKPD, papan tulis, jam 

                                               dinding, wordwall            

CP Matematika

Pada akhir fase C, peserta didik dapat menentukan keliling dan luas berbagai bentuk bangun datar (segitiga, segiempat, dan segibanyak) serta gabungannya. Mereka dapat menghitung durasi waktu dan mengukur besar sudut.

CAPAPAIAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA:

Pada akhir fase C, peserta didik memiliki kemampuan berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan dan konteks sosial. Peserta didik menunjukkan minat terhadap teks, mampu memahami, mengolah, dan menginterpretasi informasi dan pesan dari paparan lisan dan tulis tentang topik yang dikenali dalam teks narasi dan informatif. Peserta didik mampu menanggapi dan mempresentasikan informasi yang dipaparkan; berpartisipasi aktif dalam diskusi; menuliskan tanggapannya terhadap bacaan menggunakan pengalaman dan pengetahuannya; menulis teks untuk menyampaikan pengamatan dan pengalamannya dengan lebih terstruktur. Peserta didik memiliki kebiasaan membaca untuk hiburan, menambah pengetahuan, dan keterampilan.

CP PANCASILA

Peserta didik mampu mengidentifikasi dan menyajikan hasil identifikasi bentuk-bentuk sederhana norma, aturan, hak, dan kewajiban dalam kedudukannya sebagai anggota keluarga, warga sekolah dan bagian dari masyarakat;

Apa kabar anak sholih sholihah.........

semoga hari ini semua dalam keadaan sehat wal'afiyah ....
     Adapun tujuan pembelajaran hari ini peserta didik  dapat menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan sudut, menemukan ide pokok pada sebuah teks dan mengenal keragaman di Indonesia

      Matematika
     



1. Jarum jam yang menunjukan pukul 13.10 merupakan contoh dari sudut ...
             a. tumpul             b. lancip                c. siku-ciku            d. lurus
      2. Sekarang jarum jam menunjukan tepat pukul 09.00. Sudut yang terbentuk oleh jarum jam tersebut yaitu ...

a. tumpul                    b. lancip                 c. siku-ciku                d. lurus

3. Sebuah roda sepedah yang berputar ketika sepedah dikayuh menunjukan sudut ...

a. lurus                        b. refleks                c. siku-siku                d. tumpul

4. Sudut yang terbentuk oleh Jarum jam yang menunjukan pukul 08.00 adalah ...

a. lurus                        b. refleks                c. siku-siku                d. tumpul

Sudut yang terbentuk pada jarum jam yang menujukan pukul 06.00 tepat yaitu ...

 a. lurus                    b. lancip                   c. siku-siku                d. tumpul 

6. Jarum jam yang menunjukan pukul 13.10 merupakan contoh dari sudut lancip karena besar sudut yang dibentuk yaitu ...

a. tepat 90 derajat        b. 0 - 90 derajat        c. 90 - 180 derajat        d. 180 - 360 derajat

7. Sudut yang terbentuk oleh jarum jam yang menunjukan pukul 09.00 tepat adalah sudut siku-siku karena besar sudutnya ...

a. tepat 90 derajat        b. 0 - 90 derajat        c. 90 - 180 derajat        d. 180 - 360 derajat

8. Sebuah roda sepedah yang berputar ketika sepedah dikayuh menunjukan sudut refleks karena besar sudutnya ...

 tepat 90 derajat            b. 0 - 90 derajat            c. 90 - 180 derajat        d. 180 - 360 derajat

9. Adit menggunakan gunting untuk memotong kertas. Gunting tersebut terbuka dan membentuk sudut yang besarnya lebih dari 0° dan kurang dari 90°. Sudut tersebut dinamakan. 

a. lurus                    b. lancip                   c. siku-siku                d. tumpul 

10. Umar menggambar sebuah sudut yang besarnya lebih dari 90° dan kurang dari 180°. Sudut yang digambar Komang dinamakan. . .

 a. lurus                    b. lancip                   c. siku-siku                d. tumpul 


Bahasa Indonesia


Untuk memudahkan dalam menemukan ide pokok paragraf, ada beberapa cara mudah yang bisa diterapkan, yaitu:
  1. Baca seluruh paragraf dengan teliti.
  2. Fokuskan bacaan pada kalimat pertama dan kalimat terakhir dalam paragraf.
  3. Temukan kalimat utama bacaan seperti kalimat pertama atau kalimat akhir.
  4. Tandai letak kalimat utama dan pahami inti informasi yang disampaikan pada kalimat utamanya.
  5. Tandai informasi yang dianggap penting pada kalimat tersebut.
  6. Tulis ide utama pada paragraf yang sudah dibaca dengan merujuk pada informasi yang sudah ditandai.

Contoh 

Pohon menghasilkan berbagai manfaat bagi manusia dan makhluk hidup lainnya. Pohon bermanfaat sebagai sumber pangan, industri, dan obat. Salah satu peran pohon yang paling penting bagi manusia dan makhluk hidup lainnya adalah menghasilkan udara segar yang ada di dunia.

Ide pokok paragraf di atas adalah “manfaat pohon bagi manusia dan makhluk hidup lainnya”.

Kerjakan soal berikut!

1. Indonesia merupakan salah satu negara kepulauan yang memiliki kekayaan alam berlimpah. Hal tersebut disebabkan tanahnya yang subur dan letaknya yang cukup strategis. Sayangnya, masyarakat Indonesia belum bisa mengelola sumber daya tersebut sehingga dimanfaatkan oleh negara lain.

Dari paragraf di atas, ide pokok yang bisa ditemukan adalah?

A. Indonesia memiliki tanah yang subur dan letak yang strategis.
B. Masyarakat Indonesia belum bisa mengelola sumber daya alam.
C. Kekayaan alam di Indonesia dimanfaatkan oleh negara lain.
D. Indonesia adalah negara kepulauan yang memiliki kekayaan alam berlimpah.


2. Korban virus Covid 19 di Indonesia terus bertambah seiring dengan meningkatnya mobilitas masyarakat saat hari raya Idul Fitri dan Idul Adha. Pemerintah terus berupaya menekan laju mobilitas masyarakat dengan melakukan banyak pembatasan dan penyekatan.

Ide pokok paragraf yang dapat ditemukan dari informasi di atas adalah ….

a. Meningkatnya virus Covid 19 saat hari raya Idul Fitri dan Idul Adha.

b. Pencegahan penyebaran virus Covid 19 saat hari raya Idul Fitri dan Idul Adha.

c. Bertambahnya korban virus Covid 19 di Indonesia akibat peningkatan mobilitas penduduk. 

d. Usaha pemerintah untuk mencegah penyebaran virus Covid 19 dengan membuat berbagai pembatasan.


Pendidikan Pancasila


Kerjakan soal berikut!

1. Faktor yang paling dominan mempengaruhi keberagaman masyarakat Indonesia adalah…
A. letak geografis                    B. iklim                C. agama                D. sejarah

2. Kondisi geografis Indonesia yang berbentuk kepulauan menyebabkan perbedaan …
A. bahasa daerah            B. suku bangsa            C. agama                   D. budaya

3. Perbedaan kondisi alam di berbagai daerah dapat memengaruhi perbedaan budaya masyarakat Indonesia. Faktor ini disebut faktor…
A. letak geografis            B. iklim                        C. agama                      D. sejarah


4. Faktor yang mempengaruhi keberagaman masyarakat Indonesia dari segi ekonomi adalah…

A. sejarah                        B. iklim                            C. warna kulit            D. pekerjaan

5. Suku bangsa yang paling banyak di Indonesia adalah …
A. Jawa                            B. Sunda                        C. Madura                   D. Bali

6. . Suku bangsa yang mendiami wilayah Nusa Tenggara Barat adalah …

A. Jawa                    B. Melayu                    C. Sasak                                D. Batak

7 Pakaian adat wanita Jawa Tengah disebut …
A. kebaya                B. batik         C. surjan            D. lurik

8.Upacara adat yang dilakukan oleh masyarakat Bali untuk menyambut kelahiran bayi adalah…

A. ngaben                                   B. mepandes             

 C. upacara Galungan                D. upacara Kuningan

9. Upacara adat yang dilakukan oleh masyarakat Jawa Tengah untuk menyambut bulan suci Ramadan adalah…
A. ngaben          B. mepandes     C. sekaten         D. dugderan

10. Suku bangsa yang mendiami Pulau Kalimantan adalah Suku …

A. Batak           B. Sasak           C. Dayak                D. Badui

11. Makanan khas Jawa Tengah yang terbuat dari ayam yang dimasak dengan santan dan dibungkus daun pisang adalah…

A. garang asem           B. rawon       

C. soto ayam                D. pecel tumpang

12. Makanan khas Papua yang terbuat dari sagu, ikan, dan sayuran adalah…
A. bika ambon                B. rawon                     

C. rendang                  D. papeda

13. Senjata tradisional asal Nanggroe Aceh Darussalam yang memiliki bentuk seperti huruf S adalah…
A. rencong                    B. piso surit                    

C. kujang                       D. keris

14. Senjata tradisional asal Kalimantan Timur yang memiliki bentuk seperti pedang pendek dan memiliki hiasan ukiran burung enggang adalah…
A. rencong                    B. clurit                            

C. keris                        D. mandau

15. Senjata tradisional asal Sumatera Barat yang berbentuk pisau kecil dengan ujung yang runcing dan tajam adalah…
A. clurit                        B. piso surit                   

 C. kerambit                D. badik

16. Tari tradisional dari Aceh yang terkenal dengan gerakannya yang dinamis dan menghentak adalah
A. Tari Saman            B. Tari Tor-Tor                           

C. Tari Piring            D. Tari Kecak

17. Tari tradisional dari Sumatera Utara yang awalnya dikaitkan dengan ritual dan roh adalah
A. Tari Serampang Dua Belas            B. Tari Tor-Tor
C. Tari Serimpi                                    D. Tari Maengket            

18. Tari tradisional dari Sumatera Barat yang menggunakan piring sebagai propertinya adalah
A. Tari Yapong                    B. Tari Gambyong
C. Tari Piring                       D. Tari Jaipong

19. Tari tradisional dari Bali yang menggambarkan cerita Ramayana adalah

A. Tari Saman                B. Tari Maengket               

C. Tari Zapin                   D. Tari Kecak

20. Keberagaman suku bangsa dan budaya di Indonesia dapat menjadi sarana untuk saling mengenal dan menghargai antarsuku bangsa. Hal ini karena setiap suku bangsa memiliki adat istiadat dan budaya yang berbeda-beda. Manfaat keberagaman tersebut adalah ….
A. memperkaya khasanah budaya bangsa
B. memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa
C. meningkatkan kesejahteraan masyarakat
D. meningkatkan rasa cinta tanah air



  Demikian pembelajaran hari ini, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan, Jangan lupa sholat lima waktu, mematuhi Ayah Bunda dan murojaah surah-surah pendeknya ya.... 
    Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan membaca hamdalah 



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Selasa, 19 Maret 2024

Jumat, 17 Mei 2024

Kamis, 16 Mei 2024