Senin, 10 Februari 2025
Hari/Tanggal : Senin, 10 Februari 2025
Muatan Pembelajaran :
1. Matematika : Membandingkan ciri Bangun Datar
2. Bahasa Indonesia : Cinta Indonesia
3. Seni Budaya : Menggambar Dengan Proporsi
Media Pembelajaran : Video/PPT, penggaris segitiga, alat tulis
Model Pembelajaran : PJBL ( Project Based Learning), Kooperatif
Metode Pembelajaran : proyek, demontrasi, diskusi, ceramah, tanya
jawab, penugasan
Capaian Pembelajaran Matematika
Elemen
Pada akhir fase C, peserta didik dapat menentukan keliling dan luas berbagai bentuk bangun datar (segitiga, segiempat, dan segibanyak) serta gabungannya. Mereka dapat menghitung durasi waktu dan mengukur besar sudut.
CAPAPAIAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA:
Pada akhir fase C, peserta didik memiliki kemampuan berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan dan konteks sosial. Peserta didik menunjukkan minat terhadap teks, mampu memahami, mengolah, dan menginterpretasi informasi dan pesan dari paparan lisan dan tulis tentang topik yang dikenali dalam teks narasi dan informatif. Peserta didik mampu menanggapi dan mempresentasikan informasi yang dipaparkan; berpartisipasi aktif dalam diskusi; menuliskan tanggapannya terhadap bacaan menggunakan pengalaman dan pengetahuannya; menulis teks untuk menyampaikan pengamatan dan pengalamannya dengan lebih terstruktur. Peserta didik memiliki kebiasaan membaca untuk hiburan, menambah pengetahuan, dan keterampilan.
Seni Rupa
Elemen Mengalami
Pada akhir fase C, peserta didik memahami unsur rupa dan prinsip desain di lingkungan sekitarnya. Peserta didik menyimpulkan hasil pengamatan dan pemahaman pada perpaduan unsur dalam prinsip desain.
- Segitiga yang memiliki dua sisi yang sama panjang
- Segitiga yang ketiga sisinya tidak sama panjang
- Segitiga yang ketiga sudutnya tidak sama besar
Selain berdasarkan panjang sisinya, segitiga juga dapat dibedakan berdasarkan besar sudutnya segitiga lancip, segitiga tumpul, dan segitiga siku-siku.
Segitiga lancip
- Segitiga yang ketiga sudutnya lancip, yaitu kurang dari 90°
- Besar total sudutnya kurang dari 90°
- Segitiga yang memiliki satu sudut tumpul, yaitu lebih dari 90°
- Besar sudutnya antara 90° hingga kurang dari 180°
- Segitiga tumpul bisa berupa segitiga sama kaki atau segitiga sembarang
- Segitiga yang memiliki salah satu sudutnya berukuran 90°
- Sudut siku-siku pada segitiga diwakili oleh simbol ∟
- Pada setiap segitiga siku-siku, berlaku aturan Pythagoras
Perhatikan gambar berikut!
Segitiga di atas yang memiliki 3 simetri lipat yaitu segitiga nomor . . .
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
Perhatikan gambar berikut!
Banyak simetri lipat pada segitiga di atas yaitu . . .
A. 0
B. 1
C. 2
D. 3
Perhatikan gambar berikut!
Banyak simetri putar pada segitiga di atas yaitu . . .
A. 0
B. 1
C. 2
D. 3
Segitiga sama sisi dapat digolongkan sebagai segitiga. . . .
A. siku-siku
B. tumpul
C. sembarang
D. sama kaki
Perhatikan gambar berikut!
Besar sudut a pada segitiga di atas yaitu. . .
A. 50°
B. 55°
C. 60°
D. 65°
BAHASA INDONESIA
MEMBACA TEKS DAN MENJAWAB PERTANYAAN
SENI RUPA
Cara Menggambar dan Mewarnai Daun
- Buat garis kerangka atau guideline. Garis ini bisa berupa garis vertikal yang menandai bagian kepala, badan, dan kaki.
- Tentukan titik pusat gambar.
- Tentukan skala gambar.
- Buat sketsa, misalnya dengan membuat siluet.
- Tandai letak anggota tubuh sesuai dengan proporsi.
- Perhatikan perspektif gambar.
- Periksa kembali gambar untuk memastikan proporsi yang tepat.
- Melakukan pengukuran dan menggunakan garis bantu.
- Menggunakan referensi visual seperti foto atau patung.
- Berlatih dan melakukan riset secara teratur.
Kesimpulan
Alhamdulillah kegiatan belajar hari ini berjalan dengan lancar. Peserta didik dapat membandingkan segi tiga berdasarkan sisi dan sudutnya
Komentar
Posting Komentar