Senin, 10 Februari 2025


Hari/Tanggal                              : Senin, 10 Februari 2025

Muatan  Pembelajaran              :  

1. Matematika                   : Membandingkan ciri Bangun Datar  

2. Bahasa Indonesia         : Cinta Indonesia

3. Seni Budaya                  : Menggambar Dengan Proporsi

Media Pembelajaran                  : Video/PPT, penggaris segitiga, alat tulis

Model Pembelajaran                  : PJBL ( Project Based Learning), Kooperatif

Metode Pembelajaran                : proyek, demontrasi, diskusi, ceramah, tanya 

                                                       jawab, penugasan                                                 

                                                      

Capaian  Pembelajaran Matematika

Elemen 

Pada akhir fase C, peserta didik dapat menentukan keliling dan luas berbagai bentuk bangun datar (segitiga, segiempat, dan segibanyak) serta gabungannya. Mereka dapat menghitung durasi waktu dan mengukur besar sudut.

CAPAPAIAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA:

Pada akhir fase C, peserta didik memiliki kemampuan berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan dan konteks sosial. Peserta didik menunjukkan minat terhadap teks, mampu memahami, mengolah, dan menginterpretasi informasi dan pesan dari paparan lisan dan tulis tentang topik yang dikenali dalam teks narasi dan informatif. Peserta didik mampu menanggapi dan mempresentasikan informasi yang dipaparkan; berpartisipasi aktif dalam diskusi; menuliskan tanggapannya terhadap bacaan menggunakan pengalaman dan pengetahuannya; menulis teks untuk menyampaikan pengamatan dan pengalamannya dengan lebih terstruktur. Peserta didik memiliki kebiasaan membaca untuk hiburan, menambah pengetahuan, dan keterampilan.

Seni Rupa

Elemen Mengalami

Pada akhir fase C, peserta didik memahami unsur rupa dan prinsip desain di lingkungan sekitarnya.  Peserta didik menyimpulkan hasil pengamatan dan pemahaman pada perpaduan unsur dalam prinsip desain.


Apa kabar anak sholih sholihah.........
semoga hari ini semua dalam keadaan sehat wal'afiyah ....
    Adapun tujuan pembelajaran hari ini peserta didik dapat membandingkan segitiga berdasarkan besar sudut dan panjang sisinya, memahami bacaan teks bacaan dan menjawab pertanyaan sesuai teks bacaan, menggambar daun sesuai proporsi
   Matematika

 


Segitiga berdasarkan panjang sisinya dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu segitiga sama sisi, segitiga sama kaki, dan segitiga sembarang. 
Segitiga sama sisi Segitiga yang ketiga sisinya sama panjang, Segitiga yang ketiga sudutnya sama besar. 
Segitiga sama kaki 
  • Segitiga yang memiliki dua sisi yang sama panjang
Segitiga sembarang 

  • Segitiga yang ketiga sisinya tidak sama panjang
  • Segitiga yang ketiga sudutnya tidak sama besar

Selain berdasarkan panjang sisinya, segitiga juga dapat dibedakan berdasarkan besar sudutnya segitiga lancip, segitiga tumpul, dan segitiga siku-siku. 

Segitiga lancip 

  • Segitiga yang ketiga sudutnya lancip, yaitu kurang dari 90°
  • Besar total sudutnya kurang dari 90°
Segitiga tumpul
  • Segitiga yang memiliki satu sudut tumpul, yaitu lebih dari 90° 
  • Besar sudutnya antara 90° hingga kurang dari 180° 
  • Segitiga tumpul bisa berupa segitiga sama kaki atau segitiga sembarang 
Segitiga siku-siku 
  • Segitiga yang memiliki salah satu sudutnya berukuran 90°
  • Sudut siku-siku pada segitiga diwakili oleh simbol ∟
  • Pada setiap segitiga siku-siku, berlaku aturan Pythagoras

 

Soal No.1

Perhatikan gambar berikut!

Segitiga di atas yang memiliki 3 simetri lipat yaitu segitiga nomor . . .
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4

Soal No.2

Perhatikan gambar berikut!

Banyak simetri lipat pada segitiga di atas yaitu . . .
A. 0
B. 1
C. 2
D. 3

Soal No.3

Perhatikan gambar berikut!

Banyak simetri putar pada segitiga di atas yaitu . . .
A. 0
B. 1
C. 2
D. 3

Soal No.4

Segitiga sama sisi dapat digolongkan sebagai segitiga. . . .
A. siku-siku
B. tumpul
C. sembarang
D. sama kaki

Soal No.5

Perhatikan gambar berikut!

Besar sudut a pada segitiga di atas yaitu. . .
A. 50°
B. 55°
C. 60°
D. 65°

BAHASA INDONESIA 

MEMBACA TEKS DAN MENJAWAB PERTANYAAN


      

Jawablah pertanyaan di bawah ini.
1. Ruang apa sajakah yang terdapat di Gedung Djoeang ‘45?
2. Apa keunikan Gedung Djoeang ‘45?
3. Bagaimana kita mencari tahu suasana tempo dulu dalam Gedung
    Djoeang ‘45?
4. Apa tujuan didirikannya Gedung Djoeang ’45?
5. Kegiatan apa saja yang dapat dilakukan di Gedung Djoeang ‘45?


SENI RUPA


Cara Menggambar dan Mewarnai Daun




Menggambar dengan proporsi yang tepat berarti membuat gambar yang tampak wajar dan harmonisProporsi adalah perbandingan yang ideal antara bagian-bagian suatu objek. 
Berikut adalah beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk menggambar dengan proporsi yang tepat: 
  1. Buat garis kerangka atau guideline. Garis ini bisa berupa garis vertikal yang menandai bagian kepala, badan, dan kaki.
  2. Tentukan titik pusat gambar.
  3. Tentukan skala gambar.
  4. Buat sketsa, misalnya dengan membuat siluet.
  5. Tandai letak anggota tubuh sesuai dengan proporsi.
  6. Perhatikan perspektif gambar.
  7. Periksa kembali gambar untuk memastikan proporsi yang tepat.
Untuk menggambar dengan proporsi yang tepat, bisa: 
  • Melakukan pengukuran dan menggunakan garis bantu.
  • Menggunakan referensi visual seperti foto atau patung.
  • Berlatih dan melakukan riset secara teratur.
Demikian pembelajaran hari ini, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan, Jangan lupa sholat lima waktu dan murojaah surah-surah pendek.  
    Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan membaca hamdalah 





SEE YOU NEXT TIME 
   

 Kesimpulan

Alhamdulillah kegiatan belajar hari ini berjalan dengan lancar. Peserta didik dapat membandingkan segi tiga berdasarkan sisi dan sudutnya


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jumat, 17 Mei 2024

Rabu, 04 Desember 2024