Jumat, 21 Februari 2025
Hari/Tanggal : Jumat, 21 Februari 2025
Muatan Pembelajaran :
1. IPAS : Sejarah Perjuangan Bangsa Indonesia
2. PAK : Giat dan Senang Bekerja Keras
Model Pembelajaran : Kooperatif
Metode Penbelajaran : Diskusi,tanya jawab, penugasan
Media Pembelajaran : video/PPT, LKPD, wordwall
Capaian Pembelajaran IPAS
Ø Elemen Pemahaman IPAS:
Peserta didik menceritakan perjuangan bangsa Indonesia dalam melawan imperialisme, merefleksikan perjuangan para pahlawan dalam upaya merebut dan mempertahankan kemerdekaan serta meneladani perjuangan pahlawan dalam tindakan nyata sehari-hari.
Capaian Pembelajaran PAK
Siswa mampu memahami sikap kerja keras dalam kehidupan sehari-hari
Peserta didik mampu menerapkan sikap kerja keras
Peserta didik dapat mengamalkan sikap kerja keras dalam kehidupan sehari-hari
- Bertani, berkebun, atau berladang
- Menjual pakaian
- Mengangkut barang dari pabrik
- Menyimpan barang di gudang
- Membeli gadget
- Menggunakan jasa perbankan untuk mengelola tabungan
- Menggunakan jasa transportasi
- Investasi saham, obligasi, maupun properti
- Melakukan jual beli barang dan jasa di internet melalui e-commerce
- Usaha ekonomi perdagangan
- Usaha ekonomi perindustrian
- Usaha ekonomi pertambangan
- Usaha ekonomi agraris
- Usaha ekonomi peternakan
- Usaha ekonomi kehutanan
- Usaha jasa
- Orang melakukan kegiatan ekonomi untuk memenuhi ….
a. kebutuhan b. Kelangkaan c. konsumsi d. Dompet - Kegiatan ekonomi yang menghasilkan barang, yaitu ….
a. usaha angkutan b. usaha tukang cukur
c. usaha pelayanan kesehatan d. usaha makanan - Kegiatan menghasilkan suatu barang disebut ….
a. produksi b. Distribusi c. konsumsi d. Produsen - Orang yang menggunakan jasa atau barang disebut ….
a. produsen b. Distributor c. konsumen d. Penyalur - Produksi televisi, radio, dan telepon termasuk hasil produksi ….
a. ekstraktif b. Industri c. transportasi d. Perdagangan - Kegiatan usaha di bidang jasa, yaitu ….
a. perkebunan b. Perindustrian c. perbengkelan d. Pertanian - Kegiatan penyaluran barang dari produsen ke konsumen disebut ….
a. konsumsi b. Distribusi c. distributor d. Produksi - Petani, nelayan dan peternak adalah usaha-usaha yang menghasilkan ….
a. jasa b. Barang c. konsumsi d. Produksi - Penanaman padi di sawah termasuk usaha di bidang ….
a. Perdagangan b. Ekstraktif c. pertanian d. Industri
Pendidikan Anti Korupsi ( PAK )
Kerja Keras
Kerja keras dalam pendidikan anti korupsi adalah sikap sungguh-sungguh dalam mengatasi hambatan dan menyelesaikan tugas dengan baik. Kerja keras merupakan salah satu nilai anti korupsi yang dapat ditanamkan melalui pendidikan.
- Kerja keras dalam pendidikan anti korupsi dapat diwujudkan dengan memanfaatkan waktu secara optimal.
- Kerja keras juga dapat diwujudkan dengan berusaha keras untuk meraih hasil yang baik dan maksimal.
- Kerja keras dapat diwujudkan dengan menunjukkan dedikasi dan usaha maksimal dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab.
- Kerja keras dapat diwujudkan dengan tidak mengenal lelah atau berhenti sebelum target kerja tercapai.
- Kerja keras dapat diwujudkan dengan selalu mengutamakan kepuasan hasil pada setiap kegiatan yang dilakukan.
Komentar
Posting Komentar