Jum'at, 14 Februari 2024

 


Hari/Tanggal                              : Jumat, 14 Februari 2025

Muatan  Pembelajaran              :  

1. IPAS                              : Daerahku Kebanggaanku

2. PAK                               : Giat dan Senang Bekerja Keras

Model Pembelajaran        : Kooperatif

Metode Penbelajaran      : Diskusi,tanya jawab, penugasan

Media Pembelajaran        : video/PPT, LKPD, wordwall

                                         

Capaian  Pembelajaran IPAS

Ø  Elemen Pemahaman IPAS:

Di akhir fase ini peserta didik menggunakan peta konvensional/digital untuk mengenal letak dan kondisi geografis negara Indonesia.


Capaian  Pembelajaran PAK

Siswa mampu memahami sikap kerja keras dalam kehidupan sehari-hari 

Peserta didik mampu menerapkan sikap kerja keras

Peserta didik dapat mengamalkan sikap kerja keras dalam kehidupan sehari-hari



Apa kabar anak sholih sholihah.........
semoga kalian semua dalam keadaan sehat walaf'iyah.
Adapun tujuan pembelajaran hari ini peserta didik dapat mengidentifikasi warisan budaya di Indonesia  dan memahami pentingnya kerja keras. 

IPAS
  Simak video pembelajaran berikut!



Warisan budaya daerah adalah warisan budaya yang khas dari suatu daerah, baik berupa benda maupun tak bendaWarisan budaya daerah memiliki nilai penting bagi bangsa dan layak untuk dilestarikan. 
Contoh warisan budaya daerah di Indonesia, antara lain: 
  • Candi Borobudur, candi Buddha terbesar di dunia yang terletak di Magelang, Jawa Tengah
  • Candi Prambanan, candi yang dibangun sekitar tahun 850 M oleh Rakai Pikatan
  • Angklung, alat musik yang berasal dari Jawa Barat yang dimainkan dengan cara digoyangkan
  • Batik, warisan budaya dunia yang diakui UNESCO
  • Wayang kulit, warisan budaya Indonesia yang diakui UNESCO
  • Tari Saman, warisan budaya Indonesia yang diakui UNESCO
  • Noken Papua, tas tradisional masyarakat Papua yang diakui UNESCO
  • Pinisi, perahu tradisional Indonesia yang diakui UNESCO
  • Pantun, warisan budaya tak benda yang diakui UNESCO

   Kerjakan soal berikut dengan tepat!
  

Soal No.1
Percampuran dua kebudayaan atau lebih yang saling bertemu dan saling memengaruhi disebut. . .
A. asimilasi
B. akulturasi
C. akomodasi
D. sintesis

Soal No.2
Berikut ini salah satu contoh pencampuran dua kebudayaan karena masuknya unsur kebudayaan asing di suatu daerah yaitu. . .
A. musik dangdut
B. bahasa serapan
C. Tari Pendet
D. Wayang Ramayana

Soal No.3
Perhatikan gambar di bawah!
Warisan budaya di atas berasa dari . . .
A. Pulau Papua
B. Pulau Kalimantan
C. Pulau Bali
D. Pulau Nusa Tenggara

Soal No.4
Berikut ini salah satu dampak dari adanya pencampuran dua kebudayaan atau lebih yaitu. . .
A. menambah keberagaman kebudayaan Indonesia
B. mengikis kecintaan akan budaya nusantara
C. meningkatkan kualitas kebudayaan asing
D. memudarkan nilai-nilai warisan budaya lokal

Soal No.16
Cara bercocok tanam masyarakat di Indonesia merupakan warisan yang diperoleh dari leluhur. Cara tersebut termasuk. . .
A. warisan benda
B. warisan tak benda
C. warisan lisan
D. warisan dapat diraba



   Kerjakan soal berikut dengan tepat!
  
  

Pendidikan Anti Korupsi ( PAK )

                           Kerja Keras



Kerja keras dalam pendidikan anti korupsi adalah sikap sungguh-sungguh dalam mengatasi hambatan dan menyelesaikan tugas dengan baikKerja keras merupakan salah satu nilai anti korupsi yang dapat ditanamkan melalui pendidikan. 


  • Kerja keras dalam pendidikan anti korupsi dapat diwujudkan dengan memanfaatkan waktu secara optimal. 
  • Kerja keras juga dapat diwujudkan dengan berusaha keras untuk meraih hasil yang baik dan maksimal. 
  • Kerja keras dapat diwujudkan dengan menunjukkan dedikasi dan usaha maksimal dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab. 
  • Kerja keras dapat diwujudkan dengan tidak mengenal lelah atau berhenti sebelum target kerja tercapai. 
  • Kerja keras dapat diwujudkan dengan selalu mengutamakan kepuasan hasil pada setiap kegiatan yang dilakukan. 

   
   Demikian pembelajaran hari ini, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan, Jangan lupa sholat lima waktu, mematuhi Ayah Bunda dan murojaah surah-surah pendeknya ya.... 
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan membaca hamdalah 





SEE YOU NEXT TIME 
   
    
 Kesimpulan
 Alhamdulillah kegiatan belajar hari ini berjalan dengan baik, peserta didik dapat  memahami materi warisan budaya benda dan warisan  udaya tak benda dengan baik. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jumat, 17 Mei 2024

Rabu, 04 Desember 2024