Jumat, 07 Januari 2025

 


Hari/Tanggal                              : Jumat, 7 FEBRUARI  2025

Muatan  Pembelajaran              :  

1. IPAS                              Indonesiaku Kaya Raya

2. PAK                               : Giat dan Senang Bekerja Keras

Model Pembelajaran        : Kooperatif

Metode Penbelajaran      : Diskusi,tanya jawab, penugasan

Media Pembelajaran        : video/PPT, LKPD, wordwall

                                         

Capaian  Pembelajaran IPAS

Ø  Elemen Pemahaman IPAS:

Di akhir fase ini peserta didik menggunakan peta konvensional/digital untuk mengenal letak dan kondisi geografis negara Indonesia.


Capaian  Pembelajaran PAK

Siswa mampu memahami sikap kerja keras dalam kehidupan sehari-hari 

Peserta didik mampu menerapkan sikap kerja keras

Peserta didik dapat mengamalkan sikap kerja keras dalam kehidupan sehari-hari



Apa kabar anak sholih sholihah.........
semoga kalian semua dalam keadaan sehat walaf'iyah.
Adapun tujuan pembelajaran hari ini peserta didik dapat mengidentifikasi keragaman hayati dan non hayati, menjelaskan dampak pemakaian  SDA dan memahami pentingnya kerja keras. 

IPAS
  Simak video pembelajaran berikut!



   Kerjakan soal berikut dengan tepat!
  
   1. Apa yang termasuk dalam Sumber Daya Alam (SDA) hayati?

a. Logam dan mineral.    
b. Hutan, ikan, dan hewan.
c. Minyak bumi dan gas alam.
d. Batu bara dan tanah liat.


2.  Apa yang bisa terjadi akibat pemanfaatan berlebihan terhadap SDA?

a. Bertambahnya ketersediaan SDA.
b. Penyelamatan lingkungan.
c. Peningkatan keberlanjutan SDA.
d. Kerusakan lingkungan dan kehabisan SDA

3. Upaya apa yang dapat dilakukan untuk pelestarian hutan bakau?

a. Penebangan berlebihan.
b. Reboisasi hutan bakau dan pengelolaan limbah.
c. Penggundulan hutan bakau untuk lahan pertanian.
d. Meningkatkan aktivitas pertambangan di hutan bakau.


4.  Apa yang dimaksud dengan sumber daya alam yang bisa diperbarui?

a. Sumber daya alam yang tidak dapat dibudidayakan.
b. Kekayaan alam yang masih dapat dibudidayakan kembali setelah dipakai.
c. Sumber daya alam yang hanya ditemukan di dalam tanah.
d. Sumber daya alam yang memiliki nilai ekonomi tinggi.


5.  Apa contoh sumber daya alam yang termasuk dalam kategori yang bisa diperbarui?

a. Minyak bumi.
b. Logam berharga seperti emas dan perak.
c. Hasil pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan, dan hasil hutan.
d. Batu bara.


Pendidikan Anti Korupsi ( PAK )

                           Kerja Keras



Kerja keras dalam pendidikan anti korupsi adalah sikap sungguh-sungguh dalam mengatasi hambatan dan menyelesaikan tugas dengan baikKerja keras merupakan salah satu nilai anti korupsi yang dapat ditanamkan melalui pendidikan. 


  • Kerja keras dalam pendidikan anti korupsi dapat diwujudkan dengan memanfaatkan waktu secara optimal. 
  • Kerja keras juga dapat diwujudkan dengan berusaha keras untuk meraih hasil yang baik dan maksimal. 
  • Kerja keras dapat diwujudkan dengan menunjukkan dedikasi dan usaha maksimal dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab. 
  • Kerja keras dapat diwujudkan dengan tidak mengenal lelah atau berhenti sebelum target kerja tercapai. 
  • Kerja keras dapat diwujudkan dengan selalu mengutamakan kepuasan hasil pada setiap kegiatan yang dilakukan. 

   
   Demikian pembelajaran hari ini, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan, Jangan lupa sholat lima waktu, mematuhi Ayah Bunda dan murojaah surah-surah pendeknya ya.... 
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan membaca hamdalah 





SEE YOU NEXT TIME 
   

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Selasa, 19 Maret 2024

Jumat, 17 Mei 2024

Rabu, 04 Desember 2024