Rabu, 5 Februari 2025

 


Hari/Tanggal                              : Rabu, 5 Februari  2025

Muatan  Pembelajaran              :  

1. Matematika                   : Bangun Datar

2. Bahasa Indonesia         : Sumatif

3. Pancasila                       : Keragaman Budaya di Indonesia

Model pembelajaran        : PBL Kooperatif

Metode Pembelajaran      : Guide Inquiry, Make A Match, 

                                             ceramah, tanya jawab, penugasan        Media Pembelajaran        : Video/PPT, LKPD, bentuk bangun 

                                            datar real di kelas ( papan tulis, pintu 

                                            loker, dll)                                             

CP Matematika

Pada akhir fase C, peserta didik dapat menentukan keliling dan luas berbagai bentuk bangun datar (segitiga, segiempat, dan segibanyak) serta gabungannya. Mereka dapat menghitung durasi waktu dan mengukur besar sudut.

CAPAIAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA:

Pada akhir fase C, peserta didik memiliki kemampuan berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan dan konteks sosial. Peserta didik menunjukkan minat terhadap teks, mampu memahami, mengolah, dan menginterpretasi informasi dan pesan dari paparan lisan dan tulis tentang topik yang dikenali dalam teks narasi dan informatif. Peserta didik mampu menanggapi dan mempresentasikan informasi yang dipaparkan; berpartisipasi aktif dalam diskusi; menuliskan tanggapannya terhadap bacaan menggunakan pengalaman dan pengetahuannya; menulis teks untuk menyampaikan pengamatan dan pengalamannya dengan lebih terstruktur. Peserta didik memiliki kebiasaan membaca untuk hiburan, menambah pengetahuan, dan keterampilan.

CP PANCASILA

Peserta didik mampu mengidentifikasi dan menyajikan hasil identifikasi bentuk-bentuk sederhana norma, aturan, hak, dan kewajiban dalam kedudukannya sebagai anggota keluarga, warga sekolah dan bagian dari masyarakat;

Apa kabar anak sholih sholihah.........

semoga hari ini semua dalam keadaan sehat wal'afiyah ....
     Adapun tujuan pembelajaran hari ini peserta didik  dapat mengidentifikasi jenis-jenis segitiga dan ciiri-cirinya, dapat mengerjakan sumatif bahasa indonesia dengan baik, dan dapat menjelaskan faktor penyebab keragaman budaya di indonesia

      Matematika

                
         

     Tugas kelompok 
      Mengidentifikasi jenis segitiga dan menganalisa ciri-ciri segitiga

1. Perhatikan gambar berikut!
Perbedaan segitiga ABC dengan segitiga EFG yaitu . . .
A. ΔABC = segitiga siku-siku, ΔEFG = segitiga tumpul
B. ΔABC = segitiga tumpul, ΔEFG = segitiga siku-siku
C. ΔABC = segitiga lancip, ΔEFG = segitiga siku-siku
D. ΔABC = segitiga siku-siku, ΔEFG = segitiga lacip

2. Perhatikan gambar berikut!
3. Segitiga ABC memiliki beberapa perbedaan dengan segitiga HIJ. Salah satu perbedaannya yaitu . . .
A. ΔABC memiliki 1 sudut lancip, ΔHIJ memiliki 2 sudut lancip
B. ΔABC memiliki 2 sudut lancip, ΔHIJ memiliki 2 sudut lancip
C. ΔABC memiliki 2 sudut lancip, ΔHIJ memiliki 3 sudut lancip
D. ΔABC memiliki 3 sudut lancip, ΔHIJ memiliki 3 sudut lancip

4. Perhatikan gambar berikut!
Segitiga DEF dan segitiga ABC memiliki persamaan. Kedua segitiga tersebut jika sudut-sudutnya dijumlahkan, maka sama dengan . . .
A. 90°
B. 150°
C. 160°
D. 180°

Soal No.5
Perhatikan gambar berikut!
Segitiga di atas yang setidaknya memiliki 2 sisi yang sama panjang yaitu segitiga nomor. . .
A. 1 dan 2
B. 2 dan 3
C. 1 dan 3
D. 1, 2, dan 3



     BAHASA INDONESIA 
Soal No.1
Masalah yang dihadapi oleh Dani ketika BDR yaitu. . .
A. tidak memiliki ponsel untuk belajar
B. tidak dapat mengakses internet di rumah
C. kesulitan menggunakan aplikasi pembelajaran
D. orang tua tidak menemani dalam belajar

Soal No.2
Cara yang dilakukan oleh Dani untuk menyelesaikan masalahnya ketika BDR yaitu ....
A. bergantian menggunakan ponsel dengan saudara
B. ditemani oleh orang tua ketika belajar
C. belajar di kantor desa karena internetnya gratis
D. meminta bantuan kakak untuk mengajarkan

Soal No.3
Salah satu contoh opini yang ada pada teks di atas yaitu ....
A. mewabahnya virus Covid-19
B. awalnya BDR terasa sulit
C. Dani merupakan siswa kelas 5 SD
D. kakakku bersedia mengajarkan

Soal No.4
Kakakku merupakan seorang siswi SMA yang berprestasi di bidang olahraga.
SMA merupakan salah satu contoh dari. . .
A. singkatan
B. akronim
C. kepanjangan
D. kata sifat

Soal No.5
Windu merupakan salah satu dosen di salah satu universitas yang berlokasi di kalbar.
Kalbar kepanjangannya yaitu. . .
A. Kalimantan Barat
B. Kalimantan Baru
C. Kaliasem Barat
D. Kaliasem Baru

Soal No.6
Siswa sekolah dasar tidak boleh mengendarai motor di jalan karena belum memiliki SIM
SIM kepanjangannya yaitu ....
A. surat izin mengendarai
B. surat izin mengemudi
C. surat ingin mengendarai
D. surat ingin mengemudi

Soal No.7
Perhatikan gambar berikut!
Kalimat pada iklan di atas yang termasuk opini yaitu....
A. bebas gluten
B. gratis 25% ekstra
C. bener ubinya, bener enaknya
D. potongan ubi madu dan ubi ungu asli

Soal No.8
Perhatikan kalimat berikut!
  1. Mengandung protein dan mineral
  2. Tempat wisata terbaik keluarga Indonesia
  3. Membuat anak menjadi cerdas
  4. Anak keren pakai sepatu naki
Kalimat di atas yang termasuk fakta ditunjukkan oleh nomor....
A. satu
B. dua
C. tiga
D. empat

Perhatikan teks berikut! (Untuk menjawab soal nomor 9 - 11)
Belajar dengan Internet

Kita dapat mengetahui berbagai hal dengan begitu cepat dan mudah di era modern ini. Akses internet memudahkan kita untuk mencari hal yang diinginkan. Misalnya saja ingin mencari tahu makanan-makanan yang sehat untuk dikonsumsi. Cukup dengan mengunjungi search engine (mesin pencari), lalu ketik kata pencarian 'makanan yang sehat' dan tekan tombol enter pada keyboard. Banyak sekali informasi-informasi yang muncul.

Mesin pencari yang dapat digunakan oleh masyarakat Indonesia yaitu google, yahoo, dan bing. Kita harus pintar dalam memilah dan memilih informasi dari mesin pencari. Sumber yang kita pilih juga harus terpercaya. Kita dapat belajar banyak hal dari internet. Mulai dari belajar tentang pelajaran sekolah, hingga belajar tentang hal-hal yang kita sukai.

Soal No.9
Kita dapat memperoleh berbagai informasi di internet dengan mengunjungi...
A. mesin pencari
B. robot pencari
C. keyboard
D. dunia maya

Soal No.10
Berdasarkan teks di atas, berikut pernyataan yang benar yaitu. . .
A. informasi dapat diperoleh dari robot pencari
B. masukkan kata kunci ke mesin pencari
C. google dan yahoo belum termasuk mesin pencari
D. kita harus memilah informasi dari robot pencari
      
Demikian pembelajaran hari ini, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan, Jangan lupa sholat lima waktu dan murojaah surah-surah pendek.  
    Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan membaca hamdalah 





SEE YOU NEXT TIME 
   

Kessimpulan

Alhamdulillah kegiatan belajar hari ini berjalan dengan lancar, Peserta didik dapat mengerjakan soal sumatif bahasa dengan baik, dari 20 peserta didik masih terdapat 4 peserta didik yang nilainya masih di bawah KKTP, sehingga perlu dilakukan remedial.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Selasa, 19 Maret 2024

Jumat, 17 Mei 2024

Rabu, 04 Desember 2024