Senin, 11 November 2014
Hari/Tanggal : Senin, 11 Nov 2024
Muatan Pembelajaran :
1. Matematika : Pengukuran
2. Bahasa Indonesia : Ekspresi Diri Melalui Hobi
3. Seni Budaya : Karya Seni Makrame
Media Pembelajaran : Video, alat tulis, tali kur,
Capaian Pembelajaran Matematika
Elemen
Pada akhir fase C, peserta didik dapat menentukan keliling dan luas berbagai bentuk bangun datar (segitiga, segiempat, dan segibanyak) serta gabungannya. Mereka dapat menghitung durasi waktu dan mengukur besar sudut.
CAPAPAIAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA:
Peserta didik mampu menulis berbagai teks sederhana berdasarkan gagasan, hasil pengamatan, pengalaman, dan imajinasi. Peserta didik mampu menuliskan hasil pengamatan yang menjelaskan hubungan kausalitas (sebab akibat) untuk meyakinkan pembaca. Peserta didik mampu menggunakan kaidah kebahasaan dan kesastraan untuk menulis teks sesuai dengan konteks dan norma sosial budaya. Peserta didik mampu menggunakan kosakata baru yang memiliki makna denotatif, konotatif, dan kiasan. Peserta didik mampu menyampaikan perasaan berdasarkan fakta, imajinasi (dari diri sendiri dan orang lain) secara indah dan menarik dalam bentuk karya sastra dengan penggunaan kosakata secara kreatif. Peserta didik terampil menulis teks dalam tulisan Latin dan tegak bersambung.
Seni Rupa
Elemen Mengalami
Pada akhir fase C, peserta didik memahami unsur rupa dan prinsip desain di lingkungan sekitarnya. Peserta didik menyimpulkan hasil pengamatan dan pemahaman pada perpaduan unsur dalam prinsip desain.
Ayo Berlatih
Pernyataan tersebut merupakan ... teks prosedur.
A. Ringkasan
B. Uraian
C. Tujuan
D. Ciri
2. Bacalah tabel berikut!
Ciri bahasa teks prosedur:
1. Kalimat yang mengandung perintah.
2. Menggunakan kata baku.
3. Menggunakan kata tanya.
4. Bersifat objektif.
Yang termasuk ciri bahasa teks prosedur adalah ...
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 2 dan 4
3. Berikut contoh langkah yang sesuai dengan prosedur membuat telur asin adalah ...
A. Masukkan telur dalam minyak yang mendidih.
B. Pilih telur dengan ukuran besar dan utuh.
C. Cuci telur bebek hingga bersih dari kotoran.
D. Pisahkan putih telur dengan kuning telur.
4. Bacalah teks prosedur berikut dengan saksama!
Setiap orang harus memperhatikan dan menjaga kebersihan, baik kebersihan lingkungan maupun kebersihan diri sendiri. Menjaga kebersihan diri tidak sulit. Kita bisa melakukannya dengan kegiatan sederhana, seperti mencuci tangan. Perlu diketahui bahwa penyebaran virus penyakit pertama kali bisa berasal dari tangan kita sendiri yang tanpa sadar telah memegang sesuatu yang kotor.
Apakah kamu sudah mengetahui cara mencuci tangan yang baik dan benar? Berikut akan dipaparkan cara mencuci tangan yang baik dan benar.
Paragraf di atas termasuk pada bagian teks prosedur yakni ...
A. Tujuan
B. Alat dan bahan
C. Langkah-langkah
D. Penutup
5. Bacalah teks prosedur berikut dengan saksama!
Petunjuk menyalakan televisi.
(1) Tekan tombol nomor remote control.
(2) Tekan tombol main power.
(3) Indikator power atau standby akan berwarna merah.
(4) Hubungkan kabel daya listrik pesawat TV ke stop kontak.
(5) Selamat menonton.
Kutipan teks tersebut merupakan teks prosedur ...
A. Cara membuat sesuatu.
B. Cara melakukan sesuatu.
C. Cara mengerjakan sesuatu.
D. Cara mempersiapkan sesuatu.
6. Kalimat yang bermakna perintah pada teks prosedur tersebut adalah ...
A. Cucilah semua bagian-bagian seruling.
B. Tak perlu khawatir, berikut adalah cara memainkan seruling dengan mudah.
C. Nada Do dimulai dengan menutup semua bagian seruling.
D. Ibu jari tangan kiri menutup lubang belakang seruling.
7. Bacalah teks prosedur berikut dengan saksama!
(1) Tambahkan sedikit air, aduk rata.
(2) Ambil segelas beras ketan, rendam 20 menit.
(3) Beri perasan dua buah jeruk nipis.
(4) Menumbuk dan mengayak sampai halus.
(5) Gunakan untuk masker menjelang tidur, biarkan semalam, paginya bersihkan dengan air dingin. Lakukan setiap hari.
Perbaikan kalimat nomor (4) teks prosedur tersebut yang tepat adalah ...
A. Tumbuk dan ayaklah sampai halus.
B. Ditumbuk dan diayak sampai halus.
C. Menumuk dan diayak sampai halus.
D. Ditumbuk dan mengayak sampai halus.
8. Berikut ini kalimat yang menggunakan keterangan cara ...
A. Setelah digoreng setengah matang, angkat dan tuangkan secepatnya ke dalam adonan kuah.
B. Buat isi kue dengan cara mencampur potongan buah dengan selai.
C. Bentuk adonan kue dengan cetakan daun
D. Kukuslah adonan kue lapis dengan api yang tidak terlalu besar agar matang dengan merata.
9. Masak tepung ketan dan cairan santan selama 30 menit. Selama memasak terus aduk tepung dan santan hingga mengental.
Perbaikan kalimat dengan pelesapan yang benar adalah ...
A. Masak tepung ketan dan cairan santan selama 30 menit; kemudian terus aduk tepung dan santan hingga mengental.
B. Masak tepung ketan dan cairan santan selama 30 menit, kemudian terus aduk tepung dan santan hingga mengental.
C. Masak tepung ketan dan cairan santan selama 30 menit. Berikutnya selama memasak terus aduk tepung dan santan hingga mengental.
D. Masak tepung ketan dan cairan santan selama 30 menit, setelah ini kemudian terus aduk tepung dan santan hingga mengental.
10. Anda perlu memposisikan tubuh sejajar dengan monitor.
Kalimat pernyataan tersebut jika diubah dalam bentuk kalimat perintah yang tepat adalah ...
A. Tubuh Anda posisikan sejajar dengan monitor.
B. Posisikan tubuh sejajar dengan monitor.
C. Anda posisikan tubuh sejajar dengan monitor.
D. Jangan lupa memposisikan tubuh Anda sejajar dengan monitor.
Kesimpulan
Alhamdulillah kegiatan belajar hari ini berjalan dengan lancar. Pada mapel MTK peserta didik dapat memahami cara mengubah pecahan biasa ke pecahan persen, namun masih terdapat 4 peserta didik yang belum dapat memahami konsep ini dengan baik, sehingga masih perlu remedial.
Komentar
Posting Komentar