Rabu, 6 November 2024


Hari/Tanggal                              : Rabu, 6 November 2024

Muatan  Pembelajaran              :  

1. Matematika                   : Pecahan

2. Bahasa Indonesia         : Ekspresi diri Melalui Hobi

3. Pancasila                       : norma

Model pembelajaran        : PBL, Ketrampilan proses

Media Pembelajaran        : Video/PPT, Papan tulis, kertas, alat 

                                               tulis, dll                                        

CP Matematika

Elemen Bilangan

Peserta didik dapat membandingkan dan mengurutkan berbagai pecahan termasuk pecahan campuran, melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan, serta melakukan operasi perkalian dan pembagian pecahan dengan bilangan asli. Mereka dapat mengubah pecahan menjadi desimal, serta membandingkan dan mengurutkan bilangan desimal (satu angka di belakang koma)


CP BAHASA INDONESIA 

ELEMEN MENULIS

Peserta didik mampu menulis teks eksplanasi, laporan, dan eksposisi persuasif dari gagasan, hasil pengamatan, pengalaman, dan imajinasi; menjelaskan hubungan kausalitas, serta menuangkan hasil pengamatan untuk meyakinkan pembaca. Peserta didik mampu

menggunakan kaidah kebahasaan dan kesastraan untuk menulis teks sesuai dengan konteks dan norma budaya; menggunakan kosakata baru yang memiliki makna denotatif, konotatif, dan kiasan. Peserta didik menyampaikan perasaan berdasarkan fakta, imajinasi (dari diri sendiri dan orang lain) secara indah dan menarik dalam  bentuk prosa dan puisi dengan penggunaan kosakata secara kreatif.


CP PANCASILA

Peserta didik mampu mengidentifikasi dan menyajikan hasil identifikasi bentuk-bentuk sederhana norma, aturan, hak, dan kewajiban dalam kedudukannya sebagai anggota keluarga, warga sekolah dan bagian dari masyarakat;

Apa kabar anak sholih sholihah.........

semoga anak-anak bu guru dalam keadaan sehat wal'afiyah ....
    Hari ini kita akan kembali melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan tujuan pembelajaran membandingkan dan mengurutkan bilangan desimal, mengenal dan memahami makna idiom, dan menjelaskan makna norma 


   MATEMATIKA
Mengubah pecahan biasa ke berbagai bentuk pecahan lain

                               





  Ayo Berlatih
   

    

     Bahasa Indonesia
                                     Idiom/Ungkapan



    Ayo berlatih
1. Malin harus berpisah dari ibunya. Ia ingin merantau ke kota. Ibunya sedih. Sebenarnya ibunya tidak rela melepas anak laki-lakinya tersebut Ungkapan yang sesuai untuk menggambarkan sikap ibu Malin adalah ... .

a. berat tangan                 b. berat sebelah

c. berat pikiran                  d. berat hati


   2. Ardi selalu berkata bahwa dia jago berenang. Setiap ditanya temannya, ia selalu mengatakan bahwa ia bisa berenang dengan berbagai gaya, mulai gaya katak, bebas, dada, dan lain-lain. Namun, setelah disuruh berenang, ia tidak bisa sama sekali.

    Ungkapan yang tepat untuk cerita di atas adalah ... .

a. besar mulut                   b. adu mulut     

c. ringan mulut                  d. tutup mulut  

  3. Hadapilah masalah itu dengan kepala dingin.Makna ungkapan kepala dingin adalah … .  
     a. musyawarah     b. cerdas  c. sopan   d. tenang 

   4. Dante dikenal sebagai anak yang rajin membantu. Oleh sebab itu, ia sangat disayangi oleh teman-temannya.

Ungkapan yang sesuai ilustrasi cerita di atas adalah ... .

a. ringan kepala                                b. ringan kaki

c. ringan tangan                                d. ringan pikiran


     5. . Ibu itu kini bekerja keras untuk menghidupi keluarganya karena suaminya baru saja meninggal.

Ungkapan yang sesuai dengan kalimat di atas adalah ... .

a. turun tangan                 b. banting tulang

c. memeras otak               d. cepat kaki

 
Pancasila
                          Norma



   Ayo Uji Pemahamanmu!
    Soal No.1
Rendi diajarkan oleh orang tuanya untuk berpamitan ketika hendak pergi. Rendi selalu melaksanakan petunjuk tersebut. Dia telah berprilaku sesuai . . .
A. kewajiban
B. hak
C. norma
D. hukum

Soal No.2
Dika dikenal sebagai anak yang religius. Dia selalu menaati perintah dan menghindari larangan Tuhan yang terdapat pada. . .
A. UUD 1945
B. kitab suci
C. Pancasila
D. kitab Negara Kertagama

Soal No.3
Perhatikanlah gambar berikut ini!
Dampak dari perilaku yang ditunjukkan oleh gambar di atas yaitu . . .
A. kesejahteraan semakin meningkat
B. kehidupan menjadi harmonis
C. memunculkan pertikaian
D. dicemooh oleh masyarakat setempat

Soal No.4
Perhatikanlah pernyataan berikut!
  1. Mengikuti upacara agama lain tanpa izin
  2. Membantu teman yang berbeda agama
  3. Menaati segala aturan yang berlaku
  4. Mengabaikan tata tertib ketika berkendara
  5. Saling menghargai dan bertoleransi
Contoh sikap beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa ditujukkan oleh pernyataan nomor . . .
A. 1, 2, dan 3
B. 2, 3, dan 5
C. 3, 4, dan 5
D. 1, 4, dan 5

Soal No.5
Perhatikanlah gambar berikut ini!
Tindakan pada gambar di atas termasuk perilaku yang tidak pantas ditiru, karena memenuhi keinginan dengan cara yang. . .
A. tidak masuk akal
B. kurang hati-hati
C. sesuai aturan
D. tidak sesuai aturan

Soal No.6
Tiyas melihat seorang nenek yang sedang berdiri di dalam kereta. Kemudian, Tiyas mempersilakan nenek tersebut duduk di kursinya. Tiyas telah berprilaku sesuai dengan . . .
A. norma agama
B. norma kesusilaan
C. norma kesopanan
D. norma hukum

Soal No.7
Perhatikan sanksi berikut!
  1. Merasa bersalah
  2. Dikucilkan masyarakat
  3. Mendapat denda
  4. Mendapat dosa
Sanksi yang akan diterima oleh pelanggar norma kesusilaan ditunjukkan oleh nomor. . .
A. 1 dan 2
B. 2 dan 3
C. 3 dan 4
D. 1 dan 4

Soal No.8
Made tidak sengaja menjatuhkan kotak makan milik Wayan. Kemudian, Made meminta maaf kepada Wayan. Made telah berprilaku sesuai dengan. . .
A. norma agama
B. norma kesusilaan
C. norma kesopanan
D. norma hukum

Soal No.9
Kita sebagai warga negara yang baik, harus selalu menaati norma hukum. Norma tersebut bersumber dari . . .
A. kitab suci
B. hati nurani
C. kebiasaan masyarakat
D. peraturan perundang-undangan

Soal No.10
Perhatikan gambar berikut!
Pernyataan berikut yang sesuai dengan gambar di atas yaitu. . .
A. melaksanakan norma hukum
B. melanggar norma hukum
C. melaksanakan norma kesopanan
D. melanggar norma kesopanan

Soal No.11
Perhatikanlah gambar berikut!
Gambar di atas menunjukkan contoh penerapan norma. Norma tersebut bersumber dari . . .
A. kitab suci
B. hati nurani
C. UUD 1945
D. kebiasaan masyarakat

Soal No.12
Dimas mendapatkan selembar kertas hasil ulangan matematika. Tampak nilai 60 tertera pada lembaran tersebut. Dimas takut dimarahi oleh ibu. Dia mengatakan kepada ibunya bahwa hasil ulangan matematika tidak dibagikan. Tindakan Dimas melanggar . . .
A. norma agama
B. norma kesusilaan
C. norma kesopanan
D. norma hukum

Soal No.13
Perhatikanlah gambar berikut!
Sanksi dari perilaku yang ditunjukkan oleh gambar di atas yaitu. . .
A. denda
B. hukuman penjara
C. dicemooh masyarakat
D. merasa bersalah

Soal No.14
Tono beserta teman-temannya bermain di sekitar perumahan dekat rumah Tono. Hal yang sebaiknya dilakukan oleh Tono dan teman-temannya yaitu. . .
A. membuat kegaduhan
B. berteriak keras agar didengar
C. tidak membuat kebisingan
D. memasuki semua rumah warga

Soal No.15
Perhatikan pernyataan berikut!
  1. Berkuasa di antara teman-temannya
  2. Menaati segala norma dimanapun berada
  3. Nilai ulangan besar meskipun mencontek
  4. Disegani semua teman karena pandai berkelahi
Kita semua dapat menjadi anak yang hebat. Anak yang hebat ditunjukkan oleh pernyataan nomor. . .
A. satu
B. dua
C. tiga
D. empat

Soal No.16
Norma kesopanan bisa saja hanya berlaku pada kelompok masyarakat tertentu dan tidak berlaku pada kelompok masyarakat yang lain. Pernyataan tersebut sesuai dengan sifat norma kesopanan yaitu. . .
A. relatif
B. mutlak
C. tetap
D. absolut

Soal No.17
Menyebarkan berita bohong dan menyesatkan di media sosial seperti WhatsApp, merupakan salah satu perbuatan yang melanggar . . .
A. norma agama
B. norma kesusilaan
C. norma kesopanan
D. norma hukum


Kesimpulan

Alhamdulillah kegiatan belajar hari ini berjalan dengan lancar. Pada mapel MTK peserta didik dapat memahami cara mengubah pecahan biasa ke pecahan desimal, namun masih terdapat 4 peserta didik yang belum dapat memahami konsep ini dengan baik, sehingga masih perlu remedial.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Selasa, 19 Maret 2024

Jumat, 17 Mei 2024

Kamis, 16 Mei 2024