Selasa, 19 November 2024

 

Hari/Tanggal                              : Selasa, 19 November 2024

Muatan  Pembelajaran              :  

1. IPAS                              : Sumatif ke-3                                                        

2. Bahasa Indonesia         : Sumatif ke-3

3. Pendidikan Pancasila   : Norma 

Media pembelajaran         : video,                                                                                                            

Capaian  Pembelajaran IPAS

Elemen Pemahaman IPAS:

Peserta didik memahami upaya penghematan energi serta pemanfaatan sumber energi alternatif dari sumber daya yang ada di sekitarnya sebagai upaya mitigasi perubahan iklim

CAPAIAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA:

Elemen Menulis

Peserta didik mampu menggunakan kaidah kebahasaan dan kesastraan untuk menulis teks sesuai dengan konteks dan norma budaya

CP PENDIDIKAN PANCASILA

Peserta didik mampu mengidentifikasi dan menyajikan hasil identifikasi bentuk-bentuk sederhana norma, aturan, hak, dan kewajiban dalam kedudukannya sebagai anggota keluarga, warga sekolah dan bagian dari masyarakat




Apa kabar anak sholih sholihah.........
semoga hari ini semua dalam keadaan sehat wal'afiyah ....
    Adapun tujuan pembelajaran hari ini peserta didik dapat menjawab soal sumatif IPAS dan Bahasa Indonesia dengan baik, dan menjelaskan norma yang berlaku di masyarakat

    IPAS
  kisi-kisi IPAS sumatif ke-3
  - Siklus air
  - Sistem pencernaan
  - Energi
  - Rotasi dan revolusi bumi

 Kisi-kisi bahasa Indonesia
  - Imbuhan me-, -kan dan -lah
  - Surat resmi dan pribadi
  - Idiom/ungkapan
  - Teks prosedur

 Pendidikan Pancasila
Norma
  
  


   Ayo Uji Pemahamanmu!
    Soal No.1
Rendi diajarkan oleh orang tuanya untuk berpamitan ketika hendak pergi. Rendi selalu melaksanakan petunjuk tersebut. Dia telah berprilaku sesuai . . .
A. kewajiban
B. hak
C. norma
D. hukum

Soal No.2
Dika dikenal sebagai anak yang religius. Dia selalu menaati perintah dan menghindari larangan Tuhan yang terdapat pada. . .
A. UUD 1945
B. kitab suci
C. Pancasila
D. kitab Negara Kertagama

Soal No.3
Perhatikanlah gambar berikut ini!
Dampak dari perilaku yang ditunjukkan oleh gambar di atas yaitu . . .
A. kesejahteraan semakin meningkat
B. kehidupan menjadi harmonis
C. memunculkan pertikaian
D. dicemooh oleh masyarakat setempat

Soal No.4
Perhatikanlah pernyataan berikut!
  1. Mengikuti upacara agama lain tanpa izin
  2. Membantu teman yang berbeda agama
  3. Menaati segala aturan yang berlaku
  4. Mengabaikan tata tertib ketika berkendara
  5. Saling menghargai dan bertoleransi
Contoh sikap beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa ditujukkan oleh pernyataan nomor . . .
A. 1, 2, dan 3
B. 2, 3, dan 5
C. 3, 4, dan 5
D. 1, 4, dan 5

Soal No.5
Perhatikanlah gambar berikut ini!
Tindakan pada gambar di atas termasuk perilaku yang tidak pantas ditiru, karena memenuhi keinginan dengan cara yang. . .
A. tidak masuk akal
B. kurang hati-hati
C. sesuai aturan
D. tidak sesuai aturan

Soal No.6
Tiyas melihat seorang nenek yang sedang berdiri di dalam kereta. Kemudian, Tiyas mempersilakan nenek tersebut duduk di kursinya. Tiyas telah berprilaku sesuai dengan . . .
A. norma agama
B. norma kesusilaan
C. norma kesopanan
D. norma hukum

Soal No.7
Perhatikan sanksi berikut!
  1. Merasa bersalah
  2. Dikucilkan masyarakat
  3. Mendapat denda
  4. Mendapat dosa
Sanksi yang akan diterima oleh pelanggar norma kesusilaan ditunjukkan oleh nomor. . .
A. 1 dan 2
B. 2 dan 3
C. 3 dan 4
D. 1 dan 4

Soal No.8
Made tidak sengaja menjatuhkan kotak makan milik Wayan. Kemudian, Made meminta maaf kepada Wayan. Made telah berprilaku sesuai dengan. . .
A. norma agama
B. norma kesusilaan
C. norma kesopanan
D. norma hukum

Soal No.9
Kita sebagai warga negara yang baik, harus selalu menaati norma hukum. Norma tersebut bersumber dari . . .
A. kitab suci
B. hati nurani
C. kebiasaan masyarakat
D. peraturan perundang-undangan

Soal No.10
Perhatikan gambar berikut!
Pernyataan berikut yang sesuai dengan gambar di atas yaitu. . .
A. melaksanakan norma hukum
B. melanggar norma hukum
C. melaksanakan norma kesopanan
D. melanggar norma kesopanan

Soal No.11
Perhatikanlah gambar berikut!
Gambar di atas menunjukkan contoh penerapan norma. Norma tersebut bersumber dari . . .
A. kitab suci
B. hati nurani
C. UUD 1945
D. kebiasaan masyarakat

Soal No.12
Dimas mendapatkan selembar kertas hasil ulangan matematika. Tampak nilai 60 tertera pada lembaran tersebut. Dimas takut dimarahi oleh ibu. Dia mengatakan kepada ibunya bahwa hasil ulangan matematika tidak dibagikan. Tindakan Dimas melanggar . . .
A. norma agama
B. norma kesusilaan
C. norma kesopanan
D. norma hukum

Soal No.13
Perhatikanlah gambar berikut!
Sanksi dari perilaku yang ditunjukkan oleh gambar di atas yaitu. . .
A. denda
B. hukuman penjara
C. dicemooh masyarakat
D. merasa bersalah

Soal No.14
Tono beserta teman-temannya bermain di sekitar perumahan dekat rumah Tono. Hal yang sebaiknya dilakukan oleh Tono dan teman-temannya yaitu. . .
A. membuat kegaduhan
B. berteriak keras agar didengar
C. tidak membuat kebisingan
D. memasuki semua rumah warga

Soal No.15
Perhatikan pernyataan berikut!
  1. Berkuasa di antara teman-temannya
  2. Menaati segala norma dimanapun berada
  3. Nilai ulangan besar meskipun mencontek
  4. Disegani semua teman karena pandai berkelahi
Kita semua dapat menjadi anak yang hebat. Anak yang hebat ditunjukkan oleh pernyataan nomor. . .
A. satu
B. dua
C. tiga
D. empat



 Demikian pembelajaran hari ini, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan, Jangan lupa sholat lima waktu dan murojaah surah-surah pendeknya.  
    Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan membaca hamdalah 





SEE YOU NEXT TIME 
   

  
Kesimpulan 
Alhamdulillah kegiatan belajar hari ini berjalan dengan lancar, alhamdulillah hasil sumatif ke-3 B.indonesia dan IPAS sudah baik, dari 25 peserta didik,   masih ada 3 peserta didik yang perlu dilakukan remedial b.indonesia, dan untuk IPAS masih ada 7 orang


    
    

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Selasa, 19 Maret 2024

Jumat, 17 Mei 2024

Kamis, 16 Mei 2024