Rabu, 13 November 2024

 


Hari/Tanggal                              : Rabu, 13 November 2024

Muatan  Pembelajaran              :  

1. Matematika                   : Pecahan

2. Bahasa Indonesia         : Ekspresi diri Melalui Hobi

3. Pancasila                       : Norma

Model pembelajaran        : PBL, Ketrampilan proses

Media Pembelajaran        : Video/PPT, Papan tulis,alat 

                                               tulis, dll                                        

CP Matematika

Elemen Bilangan

Peserta didik dapat membandingkan dan mengurutkan berbagai pecahan termasuk pecahan campuran, melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan, serta melakukan operasi perkalian dan pembagian pecahan dengan bilangan asli. Mereka dapat mengubah pecahan menjadi desimal, serta membandingkan dan mengurutkan bilangan desimal (satu angka di belakang koma)


CP BAHASA INDONESIA 

ELEMEN MENULIS

Peserta didik mampu menulis teks eksplanasi, laporan, dan eksposisi persuasif dari gagasan, hasil pengamatan, pengalaman, dan imajinasi; menjelaskan hubungan kausalitas, serta menuangkan hasil pengamatan untuk meyakinkan pembaca. Peserta didik mampu

menggunakan kaidah kebahasaan dan kesastraan untuk menulis teks sesuai dengan konteks dan norma budaya; menggunakan kosakata baru yang memiliki makna denotatif, konotatif, dan kiasan. Peserta didik menyampaikan perasaan berdasarkan fakta, imajinasi (dari diri sendiri dan orang lain) secara indah dan menarik dalam  bentuk prosa dan puisi dengan penggunaan kosakata secara kreatif.


CP PANCASILA

Peserta didik mampu mengidentifikasi dan menyajikan hasil identifikasi bentuk-bentuk sederhana norma, aturan, hak, dan kewajiban dalam kedudukannya sebagai anggota keluarga, warga sekolah dan bagian dari masyarakat;

Apa kabar anak sholih sholihah.........

semoga anak-anak bu guru dalam keadaan sehat wal'afiyah ....
    Hari ini kita akan kembali melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan tujuan pembelajaran membandingkan dan mengurutkan bilangan desimal, mengenal dan memahami makna idiom, dan menjelaskan makna norma 


   MATEMATIKA
Mengubah pecahan biasa ke berbagai bentuk pecahan lain

       

                     
   


Ayo Berlatih
   

     1. Teks prosedur menjelaskan kegiatan yang harus dilakukan agar pembaca dapat secara tepat dan akurat mengikuti proses membuat, melakukan sesuatu pekerjaan atau menggunakan suatu alat.

Pernyataan tersebut merupakan ... teks prosedur.

A. Ringkasan

B. Uraian

C. Tujuan

D. Ciri

 

2. Bacalah tabel berikut!

Ciri bahasa teks prosedur:

1. Kalimat yang mengandung perintah.

2. Menggunakan kata baku.

3. Menggunakan kata tanya.

4. Bersifat objektif.

Yang termasuk ciri bahasa teks prosedur adalah ...

A. 1 dan 2

B. 1 dan 3

C. 2 dan 3

D. 2 dan 4

 

3. Berikut contoh langkah yang sesuai dengan prosedur membuat telur asin adalah ...

A. Masukkan telur dalam minyak yang mendidih.

B. Pilih telur dengan ukuran besar dan utuh.

C. Cuci telur bebek hingga bersih dari kotoran.

D. Pisahkan putih telur dengan kuning telur.

 

4. Bacalah teks prosedur berikut dengan saksama!

Setiap orang harus memperhatikan dan menjaga kebersihan, baik kebersihan lingkungan maupun kebersihan diri sendiri. Menjaga kebersihan diri tidak sulit. Kita bisa melakukannya dengan kegiatan sederhana, seperti mencuci tangan. Perlu diketahui bahwa penyebaran virus penyakit pertama kali bisa berasal dari tangan kita sendiri yang tanpa sadar telah memegang sesuatu yang kotor.

Apakah kamu sudah mengetahui cara mencuci tangan yang baik dan benar? Berikut akan dipaparkan cara mencuci tangan yang baik dan benar.

Paragraf di atas termasuk pada bagian teks prosedur yakni ...

A. Tujuan

B. Alat dan bahan

C. Langkah-langkah

D. Penutup

 

5. Bacalah teks prosedur berikut dengan saksama!

Petunjuk menyalakan televisi.

(1) Tekan tombol nomor remote control.

(2) Tekan tombol main power.

(3) Indikator power atau standby akan berwarna merah.

(4) Hubungkan kabel daya listrik pesawat TV ke stop kontak.

(5) Selamat menonton.

Kutipan teks tersebut merupakan teks prosedur ...

A. Cara membuat sesuatu.

B. Cara melakukan sesuatu.

C. Cara mengerjakan sesuatu.

D. Cara mempersiapkan sesuatu.


6. Kalimat yang bermakna perintah pada teks prosedur tersebut adalah ...

A. Cucilah semua bagian-bagian seruling.

B. Tak perlu khawatir, berikut adalah cara memainkan seruling dengan mudah.

C. Nada Do dimulai dengan menutup semua bagian seruling.

D. Ibu jari tangan kiri menutup lubang belakang seruling.

 

7. Bacalah teks prosedur berikut dengan saksama!

(1) Tambahkan sedikit air, aduk rata.

(2) Ambil segelas beras ketan, rendam 20 menit.

(3) Beri perasan dua buah jeruk nipis.

(4) Menumbuk dan mengayak sampai halus.

(5) Gunakan untuk masker menjelang tidur, biarkan semalam, paginya bersihkan dengan air dingin. Lakukan setiap hari.

Perbaikan kalimat nomor (4) teks prosedur tersebut yang tepat adalah ...

A. Tumbuk dan ayaklah sampai halus.

B. Ditumbuk dan diayak sampai halus.

C. Menumuk dan diayak sampai halus.

D. Ditumbuk dan mengayak sampai halus.

 

8. Berikut ini kalimat yang menggunakan keterangan cara ...

A. Setelah digoreng setengah matang, angkat dan tuangkan secepatnya ke dalam adonan kuah.

B. Buat isi kue dengan cara mencampur potongan buah dengan selai.

C. Bentuk adonan kue dengan cetakan daun

D. Kukuslah adonan kue lapis dengan api yang tidak terlalu besar agar matang dengan merata.

 

9. Masak tepung ketan dan cairan santan selama 30 menit. Selama memasak terus aduk tepung dan santan hingga mengental.

Perbaikan kalimat dengan pelesapan yang benar adalah ...

A. Masak tepung ketan dan cairan santan selama 30 menit; kemudian terus aduk tepung dan santan hingga mengental.

B. Masak tepung ketan dan cairan santan selama 30 menit, kemudian terus aduk tepung dan santan hingga mengental.

C. Masak tepung ketan dan cairan santan selama 30 menit. Berikutnya selama memasak terus aduk tepung dan santan hingga mengental.

D. Masak tepung ketan dan cairan santan selama 30 menit, setelah ini kemudian terus aduk tepung dan santan hingga mengental.

 

10. Anda perlu memposisikan tubuh sejajar dengan monitor.

Kalimat pernyataan tersebut jika diubah dalam bentuk kalimat perintah yang tepat adalah ...

A. Tubuh Anda posisikan sejajar dengan monitor.

B. Posisikan tubuh sejajar dengan monitor.

C. Anda posisikan tubuh sejajar dengan monitor.

D. Jangan lupa memposisikan tubuh Anda sejajar dengan monitor.


   Norma




   Ayo Uji Pemahamanmu!
    Soal No.1
Rendi diajarkan oleh orang tuanya untuk berpamitan ketika hendak pergi. Rendi selalu melaksanakan petunjuk tersebut. Dia telah berprilaku sesuai . . .
A. kewajiban
B. hak
C. norma
D. hukum

Soal No.2
Dika dikenal sebagai anak yang religius. Dia selalu menaati perintah dan menghindari larangan Tuhan yang terdapat pada. . .
A. UUD 1945
B. kitab suci
C. Pancasila
D. kitab Negara Kertagama

Soal No.3
Perhatikanlah gambar berikut ini!
Dampak dari perilaku yang ditunjukkan oleh gambar di atas yaitu . . .
A. kesejahteraan semakin meningkat
B. kehidupan menjadi harmonis
C. memunculkan pertikaian
D. dicemooh oleh masyarakat setempat

Soal No.4
Perhatikanlah pernyataan berikut!
  1. Mengikuti upacara agama lain tanpa izin
  2. Membantu teman yang berbeda agama
  3. Menaati segala aturan yang berlaku
  4. Mengabaikan tata tertib ketika berkendara
  5. Saling menghargai dan bertoleransi
Contoh sikap beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa ditujukkan oleh pernyataan nomor . . .
A. 1, 2, dan 3
B. 2, 3, dan 5
C. 3, 4, dan 5
D. 1, 4, dan 5

Soal No.5
Perhatikanlah gambar berikut ini!
Tindakan pada gambar di atas termasuk perilaku yang tidak pantas ditiru, karena memenuhi keinginan dengan cara yang. . .
A. tidak masuk akal
B. kurang hati-hati
C. sesuai aturan
D. tidak sesuai aturan

Soal No.6
Tiyas melihat seorang nenek yang sedang berdiri di dalam kereta. Kemudian, Tiyas mempersilakan nenek tersebut duduk di kursinya. Tiyas telah berprilaku sesuai dengan . . .
A. norma agama
B. norma kesusilaan
C. norma kesopanan
D. norma hukum

Soal No.7
Perhatikan sanksi berikut!
  1. Merasa bersalah
  2. Dikucilkan masyarakat
  3. Mendapat denda
  4. Mendapat dosa
Sanksi yang akan diterima oleh pelanggar norma kesusilaan ditunjukkan oleh nomor. . .
A. 1 dan 2
B. 2 dan 3
C. 3 dan 4
D. 1 dan 4

Soal No.8
Made tidak sengaja menjatuhkan kotak makan milik Wayan. Kemudian, Made meminta maaf kepada Wayan. Made telah berprilaku sesuai dengan. . .
A. norma agama
B. norma kesusilaan
C. norma kesopanan
D. norma hukum

Soal No.9
Kita sebagai warga negara yang baik, harus selalu menaati norma hukum. Norma tersebut bersumber dari . . .
A. kitab suci
B. hati nurani
C. kebiasaan masyarakat
D. peraturan perundang-undangan

Soal No.10
Perhatikan gambar berikut!
Pernyataan berikut yang sesuai dengan gambar di atas yaitu. . .
A. melaksanakan norma hukum
B. melanggar norma hukum
C. melaksanakan norma kesopanan
D. melanggar norma kesopanan

Soal No.11
Perhatikanlah gambar berikut!
Gambar di atas menunjukkan contoh penerapan norma. Norma tersebut bersumber dari . . .
A. kitab suci
B. hati nurani
C. UUD 1945
D. kebiasaan masyarakat

Soal No.12
Dimas mendapatkan selembar kertas hasil ulangan matematika. Tampak nilai 60 tertera pada lembaran tersebut. Dimas takut dimarahi oleh ibu. Dia mengatakan kepada ibunya bahwa hasil ulangan matematika tidak dibagikan. Tindakan Dimas melanggar . . .
A. norma agama
B. norma kesusilaan
C. norma kesopanan
D. norma hukum

Soal No.13
Perhatikanlah gambar berikut!
Sanksi dari perilaku yang ditunjukkan oleh gambar di atas yaitu. . .
A. denda
B. hukuman penjara
C. dicemooh masyarakat
D. merasa bersalah

Soal No.14
Tono beserta teman-temannya bermain di sekitar perumahan dekat rumah Tono. Hal yang sebaiknya dilakukan oleh Tono dan teman-temannya yaitu. . .
A. membuat kegaduhan
B. berteriak keras agar didengar
C. tidak membuat kebisingan
D. memasuki semua rumah warga

Soal No.15
Perhatikan pernyataan berikut!
  1. Berkuasa di antara teman-temannya
  2. Menaati segala norma dimanapun berada
  3. Nilai ulangan besar meskipun mencontek
  4. Disegani semua teman karena pandai berkelahi
Kita semua dapat menjadi anak yang hebat. Anak yang hebat ditunjukkan oleh pernyataan nomor. . .
A. satu
B. dua
C. tiga
D. empat

Soal No.16
Norma kesopanan bisa saja hanya berlaku pada kelompok masyarakat tertentu dan tidak berlaku pada kelompok masyarakat yang lain. Pernyataan tersebut sesuai dengan sifat norma kesopanan yaitu. . .
A. relatif
B. mutlak
C. tetap
D. absolut

Soal No.17
Menyebarkan berita bohong dan menyesatkan di media sosial seperti WhatsApp, merupakan salah satu perbuatan yang melanggar . . .
A. norma agama
B. norma kesusilaan
C. norma kesopanan
D. norma hukum

 Demikian pembelajaran hari ini, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan, Jangan lupa sholat lima waktu dan murojaah surah-surah pendeknya.  
    Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan membaca hamdalah 





SEE YOU NEXT TIME 
   



      Kesimpulan 
      Alhamdulillah kegiatan belajar hari ini berjalan dengan lancar, Peserta didik semangat dalam mengikuti kegiatan pembelajaran dan mereka dapat memahami materi mengubah pecahan desimal ke pecahan biasa dengan baik, namun masih terdapat 4 peserta didik yang belum memhami konsep dengan baik, sehingga perlu mendapat bimbingan tambahan.








Komentar

Postingan populer dari blog ini

Selasa, 19 Maret 2024

Jumat, 17 Mei 2024

Kamis, 16 Mei 2024