Selasa, 21 November 2023
Hari/Tanggal : Selasa, 21 November 2023
Muatan Pembelajaran :
1. IPAS Bab 4 : Transformasi energi
2. Pend. Pancasila : Membangun Jati diri dalam kebhinekaan
4. Bahasa Indonesia : Meliuk dan Menerjang
Capaian Pembelajaran IPAS
Peserta didik menganalisis hubungan antara bentuk serta fungsi bagian tubuh pada manusia (pancaindra). Peserta didik dapat membuat simulasi menggunakan bagan/alat bantu sederhana tentang siklus hidup makhluk hidup. Peserta didik dapat mengidentifikasi masalah yang berkaitan dengan pelestarian sumber daya alam di lingkungan sekitarnya dan kaitannya dengan upaya pelestarian makhluk hidup. Peserta didik mengidentifikasi proses perubahan wujud zat dan perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari. Peserta didik mengidentifikasi sumber dan bentuk energy serta menjelaskan proses perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari (contoh: energi kalor, listrik, bunyi, cahaya). Peserta didik memanfaatkan gejala kemagnetan dalam kehidupan sehari-hari, mendemonstrasikan berbagai jenis gaya dan pengaruhnya terhadap arah, gerak dan bentuk benda.Peserta didik mendeskripsikan terjadinya siklus air dan kaitannya dengan upaya menjaga ketersediaan air.
Capaian Pembelajaran Pendidikan Pancasila:
1. Mengenali karakteristik fisik dan non-fisik orang dan benda yang ada di lingkungan sekitarnya.
2. Memahami bahwa kebinekaan dapat memberikan kesempatan untuk mendapatkan pengalaman dan pemahaman yang baru.
Capaian Pembelajaran Bahasa Indonesia
Si 1. Peserta didik mampu memahami ide pokok (gagasan) suatu pesan lisan, informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan tujuan berkomunikasi.
2. Peserta didik mampu memahami dan memaknai teks narasi yang dibacakan atau dari media audio.
3. Peserta didik mampu memahami pesan dan informasi tentang kehidupan sehari-hari, teks narasi, dan puisi anak dalam bentuk cetak atau elektronik.
4. Peserta didik mampu membaca kata-kata baru dengan pola kombinasi huruf yang telah dikenalinya dengan fasih.
5. Peserta didik mampu memahami ide pokok dan ide pendukung pada teks informatif.
6. Peserta didik mampu menjelaskan hal-hal yang dihadapi oleh tokoh cerita pada teks narasi.
7. Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa sesuai dengan topik.
8. Peserta didik mampu berbicara dengan pilihan kata dan sikap tubuh/gestur yang santun, menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks.
9. Peserta didik mengajukan dan menanggapi pertanyaan, jawaban, pernyataan, penjelasan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan aktif.
10. Peserta didik mampu mengungkapkan gagasan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan mematuhi tata caranya.
11. Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu informasi yang dibaca atau didengar dari teks narasi dengan topik yang beraneka ragam.
Peserta didik mampu menulis teks narasi, teks deskripsi, teks rekon, teks prosedur, dan teks eksposisi dengan rangkaian kalimat yang beragam, informasi yang rinci dan akurat dengan topik yang beragam.
- Lilin 1 batang.
- Korek api.
- Wadah untuk menyimpan lilin.
- Nyalakan lilin dengan korek api dan simpan pada wadah lilin.
- Setelah melakukan percobaan jawablah pertanyaan berikut pada buku tugas. a. Energi apa yang tersimpan oleh batang lilin dan korek api? b. Jika keduanya dalam keadaan mati, apakah kalian melihat energi dari benda ini? c. Energi apa yang terbentuk saat korek api dan lilin dinyalakan? d. Transformasi energi apa yang terjadi pada kegiatan ini?
- Matikan lilin dan catat hasil diskusi pada buku tugas.
Energi potensial/kimia
Tidak bisa
Energi panas dan cahaya
Energi potensial/kimia menjadi energi panas dan energi cahaya.
- Tongkat (batang kayu, tongkat sapu, tongkat bambu, dan sebagainya).
- Kertas bekas 3 lembar.
- Batu 3 buah.
- Tali rafia.
- Buatlah bola kertas dan gunakan batu di dalamnya sebagai pemberat. Buat sampai 3 bola
- Lilit dan ikat bola dengan tali rafia. Sisakan ujung tali dengan panjang kurang lebih 50-75 cm.
- Gantung ujung tali pada tongkat dan ikat dengan kuat. Pastikan bahwa panjang tali pada setiap bola yang digantung sama.
- Posisikan agar jarak bola tidak menempel namun tidak terlalu jauh.
- Cari tempat untuk menyimpan tongkat. Manfaatkan kursi atau meja yang ada.
- Pegang bola di posisi ujung seperti pada gambar. Lepaskan bola dan arahkan ke bola yang diam.
- Cobalah beberapa ketinggian dan amati apa perbedaannya.
- Diskusikan pertanyaan berikut dengan teman kelompok. a. Apa bentuk energi potensial pada percobaan ini? (Bacalah teks “Energi Potensial” sebagai petunjuk) b. Transformasi energi apa yang kalian lihat? c. Apa yang membuat bola menjadi bergerak? d. Apa yang memengaruhi kecepatan gerak bola? e. Apa yang terjadi pada bola yang lain saat bertabrakan dengan bola yang bergerak?
- Catat hasil diskusi pada buku tugas.
Energi gravitasi.
Energi gravitasi/potensial menjadi energi gerak.
Gaya gravitasi dan tempat yang tinggi.
Tinggi benda
Ikut bergerak karena energi kinetik dari satu benda bisa dipindahkan ke satu benda yang lain.
Energi yang tersimpan pada suatu benda.
Energi kimia, energi pegas, dan energi gravitasi.
Ayunan, Pendulum, Bola bergulir menuruni lereng, Trampolin, Busur, Makanan yang kita makan, Baterai mainan
Perubahan energi potensial/gravitasi menjadi energi gerak dan energi bunyi misalnya piring yang jatuh ke lantai keramik. Energi potensial/kimia menjadi energi panas dan cahaya saat menyalakan lilin. Energi potensial/gravitasi pada air dalam bendungan menjadi energi gerak(turbin) dan energi listrik pada PLTA. Energi potensial/pegas pada trampolin menjadi energi gerak pada anak yang bermain trampolin.
- Energi potensial adalah energi yang tersimpan pada suatu benda.
- Energi yang termasuk dalam bentuk energi potensial adalah:a. Energi kimia: tersimpan dalam makanan, baterai, dsb. b. Energi pegas: tersimpan pada benda elastis seperti per.c. Energi gravitasi: energi yang tersimpan pada benda di tempat tinggi dan bisa berubah menjadi energi gerak akibat gravitasi. Disebut juga dengan energi potensial kinetik. Contohnya adalah air terjun
- Apa (What) digunakan untuk menanayakan peristiwa apa yang sedang terjadi.
- Dimana (Where) digunakan untuk menanyakan dimana peristiwa tersebut berlangsunng
- Kapan (When) digunakan untuk menanyakan kapan kejadian tersebut terjadi
- Siapa (Who) digunakan untuk menanyakan orang yang/apapun yang terlibat dalam peristiwa tersebut.
- Mengapa (Why) digunakan untuk menanyakan mengapa atau apa penyebab peristiwa tersebut dapat terjadi
- Bagaimana (How) digunakan untuk menanyakan bagaimana proses dari peristiwa yang terjadi
(apa dan siapa)Pengalaman saya nonton bulu tangkis langsung indonesia open adalah sekitar tahun 2022. Saya sangat bangga bisa mendukung bintang badminton Indonesia. Pertandingan kali ini mempertemukan Markus Finaldi Gideon/Kevin Snajaya Sukomulyo menghadapi Seung Jae Seo/Min Hyuk Kang dari Korea Selatan.(di mana dan kapan)Bertanding di Istora Senayan, Jakarta, ganda berjuluk The Minions kalah 2-0 dari wakil Korea Selatan Kang Min Hyuk/Eom Hye Won dengan skor 14-21, 12-21 dalam waktu 34 menit saja. Kekalahan ini memastikan 5 wakil Merah Putih sudah gugur pada hari ketiga Indonesia Open 2022. Pertandingan ini dilangsungkan pada hari Kamis tanggal 16 Juni 2022.(mengapa dan bagaimana)The minion kalah dari pasangan Korea Selatan karena pasangan Korea tersebut tampil sangat kompak. Marcus/Kevin sempat memulai pertandingan dengan cukup baik. Mereka sempat unggul 3-1 lebih dahulu. Usai turun minum, keadaan berubah. Pasangan Korea sukses bangkit. Mereka mampu memaksa Minions harus mengaku kekalahan gim pertama dengan skor 14-21. Berlanjut ke gim kedua, Kang/Eom semakin tampil lebih baik. Serangan-serangan cepat Kang/Eom sukses membuat pasangan tuan rumah kewalahan. Dengan sangat cepat, Kang/Eom menuntaskan gim kedua dengan kemenangan 12-21.
Komentar
Posting Komentar