Kamis, 23 Nov 2023

                                     

Hari/Tanggal                        : Kamis, 23 November  2023

Muatan  Pembelajaran      :  

1. Matematika                        :  Diagram Garis

2. Bahasa Indonesia          : Meliuk dan menerjang 

Capaian Pembelajaran Matematika

Pada akhir fase B, peserta didik dapat mengurutkan, membandingkan, menyajikan, menganalisis dan menginterpretasi data dalam bentuk tabel, diagram gambar, piktogram, dan diagram batang (skala satu satuan)

Si Capaian Bahasa Indonesia

Si    1.  Peserta didik mampu memahami ide pokok (gagasan) suatu pesan lisan, informasi dari media audio, teks   aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan tujuan berkomunikasi.

2.       Peserta didik mampu memahami dan memaknai teks narasi yang dibacakan atau dari media audio.

3.       Peserta didik mampu memahami pesan dan informasi tentang kehidupan sehari-hari, teks narasi, dan puisi anak dalam bentuk cetak atau elektronik.

4.       Peserta didik mampu membaca kata-kata baru dengan pola kombinasi huruf yang telah dikenalinya dengan fasih.

5.       Peserta didik mampu memahami ide pokok dan ide pendukung pada teks informatif.

6.       Peserta didik mampu menjelaskan hal-hal yang dihadapi oleh tokoh cerita pada teks narasi.

7.       Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa sesuai dengan topik.

8.       Peserta didik mampu berbicara dengan pilihan kata dan sikap tubuh/gestur yang santun, menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks.

9.       Peserta didik mengajukan dan menanggapi pertanyaan, jawaban, pernyataan, penjelasan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan aktif.

10.   Peserta didik mampu mengungkapkan gagasan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan mematuhi tata caranya.

11.   Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu informasi yang dibaca atau didengar dari teks narasi dengan topik yang beraneka ragam.

     Peserta didik mampu menulis teks narasi, teks deskripsi, teks rekon, teks prosedur, dan teks eksposisi dengan rangkaian kalimat yang beragam, informasi yang rinci dan akurat dengan topik yang beragam

                                              


Apa kabar anak sholih sholihah.........
Semoga kalian semua dalam keadaan sehat walaf'iyah ....
Anak sholih sholihah, tujuan pembelajaran hari ini : peserta didik mampu merepresentasikan dan menguji hubungan antara dua besaran yang berubah,  mengidentifikasi macam-macam energi potensial berdasarkan percobaan sederhana,mengenali karakteristik fisik dan non-fisik orang dan benda yang ada di lingkungan sekitarnya, dan  menulis pengalaman bertema olah raga. 


Matematika
Simak video berikut!


Diagram Garis merupakan diagram yang digunakan terutama untuk mewakili data yang diambil secara berkala dari waktu ke waktu selama interval waktu tertentu. Secara umum, diagram garis sering digunakan untuk melihat perubahan atau pertumbuhan sesuatu secara berkelanjutan. Diagram garis menunjukkan adanya kaitan antardata. Misalnya Data berat badan dan tinggi badan dapat diukur setiap waktu, data seperti ini disebut data kontinyu

Pada diagram garis juga menggunakan sumbu mendatar dan sumbu tegak, keduanya saling berpotongan secara tegak lurus. Biasanya sumbu mendatar menunjukkan sebagai hasil dari lama waktu pengamatan dan sumbu tegak menunjukkan hasil dari pengamatan yang dilakukan.

Pasangan nilai yang ada pada sumbu mendatar dan sumbu tegak dibuat dengan sebuah titik seperti titik yang dipakai pada diagram cartesius. Selanjutnya titik-titik tersebut dihubungkan satu persatu hingga membentuk sebuah garis.

Langkah-langkah untuk membuat grafik garis adalah :
  1. Membuat garis horisontal (mendatar), garis horisontal biasanya digunakan untuk waktu. Pada contoh di atas garis horisontal diisi umur siswa.
  2. Membuat garis vertikal (tegak), garis vertikal pada contoh di atas diisi berat badan siswa.
  3. Buatlah titik-titik pasangan antara umur dan berat badan. (Misal 7, 25).
  4. Hubungkan titik-titik dengan garis.

Berikut ini video mengenai menyajikan dan menafsirkan diagram garis.

Asyiknya Mencoba
1. Berikut ini adalah tabel berat badan seorang bayi yang dipantau sejak lahir sampai berumur 9 bulan.
Umur (bulan)Berat Badan (kg)
03,5
14
25,2
36,4
46,8
57,5
67,5
78
88,8
98,6
Pertanyaan
a. Buatlah diagram garisnya.
Soal 1
b. Pada umur berapa bulan berat badannya menurun? 8-9 bulan.
c. Pada umur berapa bulan berat badannya tetap? 5-6 bulan.

2. Berikut adalah catatan tinggi badan seorang bayi dari umur 0 tahun hingga 5 tahun.
Umur (bulan)Tinggi Badan (cm)
050
175
285
390
4110
5115
Pertanyaan
a. Buatlah diagram garisnya.
Soal 2
b. Pada umur berapa tahun tinggi badannya mengalami kenaikan paling tinggi? 0-1 tahun.
c. Berapa tinggi atau panjang bayi saat lahir? 50 cm.

Asyiknya Berlatih
Kerjakan soal di bawah ini!
1. Berikut ini adalah daftar nilai ulangan harian Mata Pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V SD Nusantara 01.
75 70 80 85 75 85
85 95 75 75 75 80
85 85 85 75 85 85
90 80 85 85 80 95
95 95 95 95 95 90

Pertanyaan
a. Tentukan nilai terendah dari daftar nilai di atas! Nilai terendah 70.
b. Tentukan nilai tertinggi dari daftar nilai di atas! Nilai tertinggi 95.

c. Tentukan banyak siswa yang mendapat nilai terendah! 1 siswa.
d. Tentukan banyak siswa yang mendapat nilai tertinggi! 7 siswa.
e. Berapa siswa yang mendapat nilai 75? 6 siswa.
f. Berapa siswa yang mendapat nilai di atas 75? 23 siswa.
g. Berapa siswa yang mendapat nilai kurang dari 75? 1 siswa

2. Berikut adalah daftar olahraga yang digemari siswa SD Nusantara 02.
Sepak bola Basket Basket Sepak bola Voli Basket
Sepak bola Catur Voli Sepak bola Voli Voli
Sepak bola Basket Catur Voli Basket Tenis meja
Tenis meja Catur Basket Voli Basket Basket
Sepak bola Basket Basket Sepak bola Voli Sepak bola

Pertanyaan
a. Buatlah tabel frekuensi data olahraga di atas!
Olah RagaBanyak Siswa
Sepak Bola8
Basket10
Voli7
Catir3
Tenis Meja2
b. Berapa siswa yang gemar sepak bola? 8 siswa
c. Berapa siswa yang gemar basket? 10 siswa.
d. Berapa siswa yang gemar catur? 3 siswa.
e. Berapa siswa yang gemar voli? 7 siswa
f. Berapa siswa yang gemar tenis meja? 2 siswa
g. Tentukan olahraga yang sangat digemari siswa! Basket.
h. Tentukan olahraga yang kurang digemari siswa! Tenis Meja.

3. Berikut adalah data transportasi siswa yang digunakan ketika berangkat sekolah.
Transportasi
Pertanyaan
a. Buatlah diagram gambar dari data di atas!
Transportasi2
b. Sebutkan transportasi yang sering digunakan siswa ketika berangkat sekolah! Angkot.

4. Lani mencatat siswa pengunjung perpustakaan selama satu bulan. Lani mencatat dari buku tamu perpustakaan. Dalam 1 bulan Lani membagi data menjadi 4 bagian, yaitu minggu I, minggu II, minggu III, dan minggu IV. Ternyata, diperoleh data sebagai berikut.
Minggu I pengunjungnya 60 siswa.
Minggu II pengunjungnya 70 siswa.
Minggu III pengunjungnya 85 siswa.
Minggu IV pengunjungnya 90 siswa.

Pertanyaan
a. Sajikan data pengunjung perpustakaan di atas dalam diagram batang!
Diagram Batang
b. Kapan pengunjung perpustakaan paling banyak? Minggu ke-4.
c. Kapan pengunjung perpustakaan paling sedikit? Minggu ke-1.

5. Berat badan seorang bayi dari umur 1-5 tahun adalah sebagai berikut.
Umur (tahun)Berat Badan (kg)
03
17,5
28,5
39,5
410,5
512,5
Pertanyaan
a. Sajikan data dalam diagram garis!
Berat Badan
b. Kapan berat badan bayi tersebut mengalami kenaikan tertinggi? 0-1 tahun.
c. Berapa berat badan bayi tersebut saat lahir? 3 kg.

Ayo Berekplorasi
Berikut adalah data warna kesukaan dari siswa kelas V SD Nusantara 01!
Warna
Pertanyaan
a. Sajikan data di atas dalam bentuk tabel, diagram gambar, diagram batang,dan diagram garis!
1. Tabel
WarnaBanyak Siswa
Merah4
Biru6
Kuning4
Hijau12
Ungu3
Hitam1
2. Diagram gambar
3. Diagram Batang
Daigram Batang
4. Diagram Garis
Diagram Garis
b. Menurutmu, sajian mana yang paling sesuai? Sajian mana yang tidak sesuai? Data di atas dapat disajikan dalam bentuk tabel, diagram gambar, dan diagram batang. Diagram garis tidak cocok untuk
menyajikan data warna kesukaan karena data tersebut tidak kontinyu.

Penyajian data statistik dengan memakai diagram berbentuk garis lurus disebut diagram garis lurus ataupun diagram garis. Diagram garis biasanya dipakai untuk menyajikan data statistik yang didapat berdasarkan pengamatan dari waktu ke waktu secara berurutan.

Sumbu X menunjukkan waktu pengamatan, sedangkan sumbu Y menunjukkan nilai-nilai data pengamatan untuk suatu waktu tertentu. Kumpulan waktu dan juga pengamatan membentuk titik-titik pada bidang XY. Selanjutnya, kolom dari tiap dua titik yang berdekatan tadi dihubungkan dengan garis lurus sehingga akan didapat diagram garis atau sering disebut juga grafik garis.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Selasa, 19 Maret 2024

Jumat, 17 Mei 2024

Kamis, 16 Mei 2024