Rabu, 8 November 2023
Hari/Tanggal : Rabu, 8 November 2023
Muatan Pembelajaran :
1. Matematika : Pembulatan Angka
2. Bahasa Indonesia : Meliuk dan menerjang
Capaian Pembelajaran Matematika
Pada akhir fase B, peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 10.000. Mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, menggunakan nilai tempat, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan tersebut. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan uang menggunakan ribuan sebagai satuan.peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 1.000. Mereka dapat melakukan operasi perkalian dan pembagian bilangan cacah sampai 100 menggunakan benda-benda konkret, gambar dan simbol matematika. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan kelipatan dan faktor. Peserta didik dapat membandingkan dan mengurutkan antar-pecahan dengan pembilang satu (misalnya,) dan antar-pecahan dengan penyebut yang sama (misalnya, ). Mereka dapat mengenali pecahan senilai menggunakan gambar dan simbol matematika. Peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan desimal. Mereka dapat menyatakan pecahan desimal persepuluhan dan perseratusan, serta menghubungkan pecahan desimal perseratusan dengan konsep persen. |
Si Capaian Bahasa Indonesia
Si 1. Peserta didik mampu memahami ide pokok (gagasan) suatu pesan lisan, informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan tujuan berkomunikasi.
2. Peserta didik mampu memahami dan memaknai teks narasi yang dibacakan atau dari media audio.
3. Peserta didik mampu memahami pesan dan informasi tentang kehidupan sehari-hari, teks narasi, dan puisi anak dalam bentuk cetak atau elektronik.
4. Peserta didik mampu membaca kata-kata baru dengan pola kombinasi huruf yang telah dikenalinya dengan fasih.
5. Peserta didik mampu memahami ide pokok dan ide pendukung pada teks informatif.
6. Peserta didik mampu menjelaskan hal-hal yang dihadapi oleh tokoh cerita pada teks narasi.
7. Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa sesuai dengan topik.
8. Peserta didik mampu berbicara dengan pilihan kata dan sikap tubuh/gestur yang santun, menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks.
9. Peserta didik mengajukan dan menanggapi pertanyaan, jawaban, pernyataan, penjelasan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan aktif.
10. Peserta didik mampu mengungkapkan gagasan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan mematuhi tata caranya.
11. Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu informasi yang dibaca atau didengar dari teks narasi dengan topik yang beraneka ragam.
Peserta didik mampu menulis teks narasi, teks deskripsi, teks rekon, teks prosedur, dan teks eksposisi dengan rangkaian kalimat yang beragam, informasi yang rinci dan akurat dengan topik yang beragam.
4. Jumlah sumbangan untuk korban lonsor yang dikumpulkan siswa kelas 4 SD Tambakrejeki adalah Rp. 935.600,-. Jika uang tersebut akan diberikan kepada 3 warga secara rata, maka kira-kira jumlah uang yang diterima setiap warga jika ditaksir ke ribuan adalah ….
5. Toni membeli 4 ekor ikan mas. Setelah ditimbang ternyata berat empat ekor ikan mas tersebut adalah 3,7 kg. Berapa kira-kira berat seekor ikan mas?
Cara Menulis Laporan Hasil Wawancara
Berikut ini,beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk menulis laporan yang baik mengenai hasil wawancara, yaitu:
langkah-langkah persiapan wawancara. Persiapkan daftar pertanyaan seperti di bawah ini. Setelah kalian melakukan wawancara, tuliskanlah hasilnya berupa laporan wawancara.
Nama Kelompok : | Sekolah : SD Al azhar 1 |
---|---|
Kelas : IVD | Tanggal : 8 November 2023 |
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Perkenalkan kami dari kelompok: ...... kelas IV. | Perkenalan |
Saya ingin mewawancarai Bapak/Ibu ........ tentang ........... | Sampaikan tujuan |
Pertanyaaan 1 : ....... | Sampaikan pertanyaan 1 |
Jawaban narasumber : | Catatlah jawaban narasumber |
Pertanyaaan 2 : ....... | Sampaikan pertanyaan 2 |
Jawaban narasumber : | Catatlah jawaban narasumber |
Pertanyaaan 3 : ....... | Sampaikan pertanyaan 3 |
Jawaban narasumber : | Catatlah jawaban narasumber |
Pertanyaaan 4 : ....... | Sampaikan pertanyaan 4 |
Jawaban narasumber : | Catatlah jawaban narasumber |
Sampaikan simpulan | |
Terima kasih atas waktu dan kesediaan Bapak/Ibu untuk diwawancarai. Semoga bisa bermanfaat bagi kita semua. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. | Sampaikan terima kasih dan salam penutup |
Komentar
Posting Komentar