Rabu, 15 November 2023
Hari/Tanggal : Rabu, 15 November 2023
Muatan Pembelajaran :
1. Matematika : FPB
2. Bahasa Indonesia : Meliuk dan menerjang
Capaian Pembelajaran Matematika
Pada akhir fase B, peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 10.000. Mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, menggunakan nilai tempat, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan tersebut. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan uang menggunakan ribuan sebagai satuan.peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 1.000. Mereka dapat melakukan operasi perkalian dan pembagian bilangan cacah sampai 100 menggunakan benda-benda konkret, gambar dan simbol matematika. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan kelipatan dan faktor. Peserta didik dapat membandingkan dan mengurutkan antar-pecahan dengan pembilang satu (misalnya,) dan antar-pecahan dengan penyebut yang sama (misalnya, ). Mereka dapat mengenali pecahan senilai menggunakan gambar dan simbol matematika. Peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan desimal. Mereka dapat menyatakan pecahan desimal persepuluhan dan perseratusan, serta menghubungkan pecahan desimal perseratusan dengan konsep persen. |
Si Capaian Bahasa Indonesia
Si 1. Peserta didik mampu memahami ide pokok (gagasan) suatu pesan lisan, informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan tujuan berkomunikasi.
2. Peserta didik mampu memahami dan memaknai teks narasi yang dibacakan atau dari media audio.
3. Peserta didik mampu memahami pesan dan informasi tentang kehidupan sehari-hari, teks narasi, dan puisi anak dalam bentuk cetak atau elektronik.
4. Peserta didik mampu membaca kata-kata baru dengan pola kombinasi huruf yang telah dikenalinya dengan fasih.
5. Peserta didik mampu memahami ide pokok dan ide pendukung pada teks informatif.
6. Peserta didik mampu menjelaskan hal-hal yang dihadapi oleh tokoh cerita pada teks narasi.
7. Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa sesuai dengan topik.
8. Peserta didik mampu berbicara dengan pilihan kata dan sikap tubuh/gestur yang santun, menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks.
9. Peserta didik mengajukan dan menanggapi pertanyaan, jawaban, pernyataan, penjelasan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan aktif.
10. Peserta didik mampu mengungkapkan gagasan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan mematuhi tata caranya.
11. Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu informasi yang dibaca atau didengar dari teks narasi dengan topik yang beraneka ragam.
Peserta didik mampu menulis teks narasi, teks deskripsi, teks rekon, teks prosedur, dan teks eksposisi dengan rangkaian kalimat yang beragam, informasi yang rinci dan akurat dengan topik yang beragam.
Faktor Persekutuan Terbesar (FPB)
Langkah mencari FPB dari dua bilangan
- Tentukan faktorisasi prima dari kedua bilangan dengan menggunakan pohon faktor
- Faktor prima yang sama dengan pangkat terkecil
Contoh:
Tentukan FPB dari 4 dan 8
Pembahasan:
Faktorisasi prima 4 = 2 x 2 = 22
Faktorisasi prima 8 = 2 x 2 x 2 = 23
Jadi FPB dari 4 dan 8 adalah 22
Menentukan FPB dari Dua Bilangan
Bagaimana anak hebat, apakah ananda sudah paham tentang FPB? Semoga ananda sudah memahaminya. Supaya ananda lebih memahaminya, kerjakan soal latihan berikut ini ya!
1). 12 dan 16
Pembahasan:
Faktorisasi prima 12 = 2 x 2 x 3 = 22 x 3
Faktorisasi prima 16 = 2 x 2 x 2 x 2 = 24
Jadi FPB dari 12 dan 16 adalah 22 = 4
2). 15 dan 18
Pembahasan:
Faktorisasi prima 15 = 3 x 5
Faktorisasi prima 18 = 2 x 3 x 3 = 2 x 32
Jadi FPB dari 15 dan 18 adalah 3
3). 18 dan 20
Pembahasan:
Faktorisasi prima 18 = 2 x 3 x 3 = 2 x 32
Faktorisasi prima 20 = 2 x 2 x 5 = 22 x 5
Jadi FPB dari 18 dan 20 adalah 2
4). 20 dan 36
Pembahasan:
Faktorisasi prima 20 = 2 x 2 x 5 = 22 x 5
Faktorisasi prima 36 = 2 x 2 x 3 x 3 = 22 x 32
Jadi FPB dari 20 dan 36 adalah 22 = 4
5). 24 dan 28
Pembahasan:
Faktorisasi prima 24 = 2 x 2 x 2 x 3 = 23 x 3
Faktorisasi prima 28 = 2 x 2 x 7 = 22 x 7
Jadi FPB dari 24 dan 28 adalah 22 = 4
Contoh soal 1
Ayo tulislah semua faktor persekutuan dari pasangan bilangan berikut. Lalu temukan FPB nya.
1. (6 dan 12)
2. (18 dan 20)
3. (32 dan 42)
Jawaban:
Faktor bilangan 6 = 1, 2, 3, dan 6.
Faktor bilangan 12 = 1, 2, 3, 4, 6, dan 12.
FPB 6 dan 12 adalah 6
Faktor bilangan 18 = 1, 2, 3, 6, 9, dan 18.
Faktor bilangan 20 = 1, 2, 4, 5, 10, dan 20.
BAHASA INDONESIA
MAJAS PERSONIFIKASI
Komentar
Posting Komentar