Selasa, 29 Agustus 2023
Hari/Tanggal : Selasa, 29 Agustus 2023
Muatan Pembelajaran :
1. IPAS : Bagian-bagian tumbuhan
2. Pend. Pancasila : Norma
4. Bahasa Indonesia : di bawah atap
Capaian Pembelajaran IPAS
1. Peserta didik menganalisis hubungan antara bentuk serta fungsi bagian tubuh pada manusia (panca indra)
2. Peserta didik dapat membuat simulasi menggunakan bagan/alat bantu sederhana tentang siklus hidup makhluk hidup
3. Peserta didik dapat mengidentifikasi masalah yang berkaitan dengan pelestarian sumber daya alam di lingkungan sekitarnya dan kaitannya dengan upaya pelestarian makhluk hidup
Capaian Pembelajaran Pendidikan Pancasila:
1. Peserta didik mampu mengidentifikasi aturan di keluarga, sekolah, dan lingkungan sekitar tempat tinggal serta melaksanakannya dengan bimbingan orang tua dan guru.
2. Peserta didik mampu mengidentifikasi dan menyajikan hasil identifikasi hak dan kewajiban sebagai anggota keluarga dan sebagai warga sekolah.
3. Peserta didik melaksanakan kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga dan sebagai warga sekolah.
Capaian Pembelajaran Bahasa Indonesia
Si 1. Peserta didik mampu memahami ide pokok (gagasan) suatu pesan lisan, informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan tujuan berkomunikasi.
2. Peserta didik mampu memahami dan memaknai teks narasi yang dibacakan atau dari media audio.
3. Peserta didik mampu memahami pesan dan informasi tentang kehidupan sehari-hari, teks narasi, dan puisi anak dalam bentuk cetak atau elektronik.
4. Peserta didik mampu membaca kata-kata baru dengan pola kombinasi huruf yang telah dikenalinya dengan fasih.
5. Peserta didik mampu memahami ide pokok dan ide pendukung pada teks informatif.
6. Peserta didik mampu menjelaskan hal-hal yang dihadapi oleh tokoh cerita pada teks narasi.
7. Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa sesuai dengan topik.
8. Peserta didik mampu berbicara dengan pilihan kata dan sikap tubuh/gestur yang santun, menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks.
9. Peserta didik mengajukan dan menanggapi pertanyaan, jawaban, pernyataan, penjelasan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan aktif.
10. Peserta didik mampu mengungkapkan gagasan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan mematuhi tata caranya.
11. Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu informasi yang dibaca atau didengar dari teks narasi dengan topik yang beraneka ragam.
Peserta didik mampu menulis teks narasi, teks deskripsi, teks rekon, teks prosedur, dan teks eksposisi dengan rangkaian kalimat yang beragam, informasi yang rinci dan akurat dengan topik yang beragam.
Hak dan kewajiban
untuk lebih memahami materi simaklah video berikut!
Bahasa Indonesia
- Keadaan semakin genting setelah Kinan mengetahui kebenarannya.
- Kemarin hujan deras dan genting rumah Amir bocor, sehingga ruang tamu menjadi banjir.
Nah, dari kedua kalimat di atas, jelas kita melihat bahwa keduanya memiliki arti atau makna yang berbeda. Namun, ejaan dan pelafalan keduanya sama.
yang pertama, genting yang artinya keadaan berbahaya atau tegang, dan kalimat yang kedu a genting sebagai tutup atap rumah.
HOMOFON
memiliki karakter bunyi yang berbeda akan tetapi memiliki penyebutan lafal yang sama disebut dengan homofon.
Berikut ini yang termasuk contoh homofon adalah kata bank dan bang. Perhatikan kalimatnya:
- Ibu akan pergi ke bank untuk mengambil uang (bank dalam kalimat ini berarti lembaga keuangan).
- Bang Dirga sangat menyukai nasi tutug oncom buatan ibu (bang dalam kalimat ini berarti sebutan untuk kakak laki-laki dalam budaya betawi).
Pengertian Homograf
Selanjutnya, ada yang namanya homograf, yaitu berasal dari bahasa Yunani homos yang artinya sama dan grapho yang artinya tulis.
Suatu kata yang memiliki makna berbeda namun ejaannya sama disebut dengan homograf. Supaya memudahkan elo dalam memahaminya, gue punya contohnya di bawah ini:
- Buah apel yang dibeli dari pasar rasanya sangat manis (apel dari kalimat ini berarti jenis buah).
- Pak Ahmad terpilih menjadi pemimpin apel pada pagi hari ini (apel dari kalimat ini berarti kumpulan atau upacara).
Dari kedua kalimat di atas terlihat jelas ‘kan kalau kedua kata tersebut memiliki ejaan yang sama, namun penyebutan atau pelafalan dan makna keduanya berbeda.
Komentar
Posting Komentar