Rabu, 30 Agustus 2023
Hari/Tanggal : Rabu, 30 Agustus 2023
Muatan Pembelajaran :
1. Matematika : Pembagian Bersusun
2. Bahasa Indonesia : Di Bawah Atap
Capaian Pembelajaran:
Matematika
Pada akhir fase B, peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 10.000. Mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, menggunakan nilai tempat, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan tersebut. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan uang menggunakan ribuan sebagai satuan.peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 1.000. Mereka dapat melakukan operasi perkalian dan pembagian bilangan cacah sampai 100 menggunakan benda-benda konkret, gambar dan simbol matematika. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan kelipatan dan faktor. Peserta didik dapat membandingkan dan mengurutkan antar-pecahan dengan pembilang satu (misalnya,) dan antar-pecahan dengan penyebut yang sama (misalnya, ). Mereka dapat mengenali pecahan senilai menggunakan gambar dan simbol matematika. Peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan desimal. Mereka dapat menyatakan pecahan desimal persepuluhan dan perseratusan, serta menghubungkan pecahan desimal perseratusan dengan konsep persen. |
BaBahasa Indonesia
Si 1. Peserta didik mampu memahami ide pokok (gagasan) suatu pesan lisan, informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan tujuan berkomunikasi.
2. Peserta didik mampu memahami dan memaknai teks narasi yang dibacakan atau dari media audio.
3. Peserta didik mampu memahami pesan dan informasi tentang kehidupan sehari-hari, teks narasi, dan puisi anak dalam bentuk cetak atau elektronik.
4. Peserta didik mampu membaca kata-kata baru dengan pola kombinasi huruf yang telah dikenalinya dengan fasih.
5. Peserta didik mampu memahami ide pokok dan ide pendukung pada teks informatif.
6. Peserta didik mampu menjelaskan hal-hal yang dihadapi oleh tokoh cerita pada teks narasi.
7. Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa sesuai dengan topik.
8. Peserta didik mampu berbicara dengan pilihan kata dan sikap tubuh/gestur yang santun, menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks.
9. Peserta didik mengajukan dan menanggapi pertanyaan, jawaban, pernyataan, penjelasan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan aktif.
10. Peserta didik mampu mengungkapkan gagasan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan mematuhi tata caranya.
11. Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu informasi yang dibaca atau didengar dari teks narasi dengan topik yang beraneka ragam.
Peserta didik mampu menulis teks narasi, teks deskripsi, teks rekon, teks prosedur, dan teks eksposisi dengan rangkaian kalimat yang beragam, informasi yang rinci dan akurat dengan topik yang beragam.
Umumnya porogapit ini penggabungan dua kata yang berasal dari jawa yaitu Poro dan Gapit. Poro sendiri memiliki arti bagi (pembagi) sedangkan gapit memiliki arti ( billah atau kayu yang biasa digunakan untuk mengapit. Dalam konteks matematikanya porogapit bisa diartikan sebagai sebuah metode untuk melakukan pembagian pada sebuah bilangan yang menggunakan garis penjepit.
Contoh soal 1:
Hitunglah hasil dari pembagian dari 75:3 =…
Penyelesaiannya:
Langkah pengerjaan;
- Langkah pertama yaitu membagi bilangan 7 dengan 3
- Jika Anda masih bingung mendapatkan hasil dari 7 : 3, maka Anda bisa menggunakan cara “ 3 dikalikan berapa hasilnya mendekati angka 7, namun perlu diingat nilainya tidak boleh lebih dari angka 8”
- Angka yang paling mendekati adalah 3 x 2 = 6 sehingga pada bagian atas Anda bisa menulisnya menjadi 2
- Selanjutnya 7 dikurang 6 maka sisa 1 kita tulis dibawah, selanjutnya angka 5 diturunkan sehingga menjadi 15, kemudian 15 dibagi dengan 3 yaitu 5 kita tulis 5 diatas
- Kemudian 5 x3 = 15 kita tulis diabawah selanjutnya kita kurangkan, maka hasilnya 0, jika sudah habis maka pembagian selesai
- Sehingga dari perhitungan di atas dapat diketahui bahwa hasil dari 75 : 3 adalah 25
me-sapa menjadi menyapa
me- Berubah menjadi men-,
Kerjakan soal berikut
Komentar
Posting Komentar