Senin, 08 Januari 2023 ( T6 ST2 PB 3 dan 4)
Tema 6 : Menuju Masyarakat Sejahtera
Sub Tema 2 : Membangun Masyarakat Sejahtera
Pembelajaran : 3 dan 4
Muatan Pembelajaran :
1. PPKn : KD. 3.2
Menganalisis pelaksanaan kewajiban, hak, dan tanggung jawab sebagai warga negara beserta dampaknya
dalam kehidupan sehari-hari.
2. B. Indonesia : KD. 3.8
Menggali informasi yang terdapat pada teks nonfiksi.
3. IPS : KD 3.4
Memahami makna proklamasi kemerdekaan, upaya mempertahankan kemerdekaan, dan upaya
mengembangkan kehidupan kebangsaan yang sejahtera.
Apa kabar anak sholeh sholehah ?
Semoga semuanya sehat dan selalu dalam lindungan Allah Subhanahu wa taa'la
Agar lebih semangat mari kita lakukan Ice Breaking sejenak.........
Baiklah, hari ini kita akan mulai pembelajaran tema 6 subtema 2 pembelajaran 3 dan 4
Adapun Tujuan pembelajaran hari ini adalah peserta didik mampu menyebutkan gagasan utama pada paragraf, menjelaskan manffat pemenuhan hak sebagai warga negara, dan menjelaskan peran siswa dalam mempertahankan kemerdekaan RI.
Anak sholih sholihah...
- Tuliskan kalimat utama pada setiap paragraf.
- Tuliskan gagasan utama pada setiap paragraf.
- Tuliskan gagasan utama dari teks nonfiksi berdasarkan gagasan utama setiap paragraf.
- Tuliskan hasilnya dalam bentuk tabel seperti contoh berikut
Paragraf | Kalimat Utama | Gagasan Utama Setiap Paragraf | Gagasan Utama Teks Nonfiksi |
---|---|---|---|
1 | Semua warga negaramemiliki hak. | Hak warga negara Indonesia dilaksanakan secara seimbang. | Manfaat pemenuhan hak |
2 | Salah satu contoh manfaat pemenuhan hak atas perolehan pendidikan dan pengajaran. | Manfaat pemenuhan hak atas perolehan pendidikan dan pengajaran | |
3 | Manfaat pemenuhan hak atas perlindungan hukum | Manfaat lain pemenuhan hak warga negara | |
4 | Manfaat pemenuhan hak atas pemerolehan fasilitas pelayanan kesehatan | Manfaat pemenuhan hak warga negara. |
Kita harus selalu mempunyai semangat yang tinggi seperti para pahlawan yang telah merebut kemerdekaan. Sikap yang pantang menyerah juga harus kita tiru di dalam menggapai sesuatu sebagai salah satu talak ukur kemauan besar kita di masa kini. Untuk mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia ada berbagai cara yang bisa kita lakukan dan tentunya bermanfaat bagi sesama yang bisa menumbuhkan semangat patriotisme.PembahasanBeberapa perilaku warga masyarakat yang mencerminkan sikap mempertahankan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia yaitu :
- Memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat dengan melaksanakan siskamling
- Mengamalkan nilai - nilai Pancasila dengan bergotong royong memperbaiki Masjid
- Menghargai sesama warga negara Indonesia yang berbeda asal daerah
- Menggunakan produk buatan dalam negeri dan mengurangi penggunaan barang impor.
- Mendukung pembangunan dengan taat membayar pajak.
- Mengikuti semua protokol kesehatan yang dianjurkan oleh pemerintah
7. Belajar dengan giat, tekun dan rajin
8. Menggunakan produk buatan dalam negeri
9. Melestarikan budaya asli Indonesia
10. Menaati peraturan dan tata tertib di sekolah sebagai seorang pelajar
KesimpulanSikap yang baik akan menghasilkan karakter yang baik pula, maka dari itu kita harus selalu bersikap baik kepada siapapun untuk dapat mempertahankan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dengan semangat yang tinggi tidak mungkin bangsa ini goyah dan direbut kembali oleh bangsa lain, yang ada malah Indonesia semakin kuat dan bersatu dalam keadaan apapun dan bagaimanapun.
Ayo MengamatiBuatlah kelompok terdiri atas 5 anak. Lakukan pengamatan terhadap sebuah tarian kreasi daerah bersama teman satu kelompokmu. Cermati tahapan penampilan karya tari kreasi daerah tersebut. Tuliskan unsur-unsur tari dari tarian yang kamu amati.
Hasil Pengamatan Nama Tarian : Gambir Anom Asal daerah Tarian : Jawa Tengah Unsur Karya tari yang diamati : Raga, irama, tata rias, properti Tanggapan terhadap karya tari : Tarian ini menceritakan tentang tokoh Irawan yang sedang jatuh cinta. Tarian ini memamerkan gerakan yang gemulai juga sedikit gerakan pantonim. Properti tari yang digunakan berupa sampur. Hasil Pengamatan Nama Tarian : Tari Jaipong Asal daerah Tarian : Jawa Barat Unsur Karya tari yang diamati : Raga, irama, tata rias, properti Tanggapan terhadap karya tari : Tari jaipong juga melambangkan kebebasan dan pemberontakan melalui gerakan-gerakan tangan, kepala, tubuh, dan kaki secara leluasa. Bisa kita perhatikan dalam gerakan pencak silat yang dikreasikan ke dalam jaipong. Properti yang digunakan berupa sampur yang diletakkan di leher para penari Hasil Pengamatan Nama Tarian : Tari Bondan Asal daerah Tarian : Surakarta, Jawa Tengah Unsur Karya tari yang diamati : Raga, irama, properti Tanggapan terhadap karya tari : Tarian ini menggambarkan kasih sayang seorang ibu pada anaknya. Para penari menari di atas kendi sambil memutar-mutar kendi yang diinjak serta memainkan payung yang dibawanya. Properti yang digunakan adalah payung kertas, kendil dan boneka bayi yang di gendong penari Hasil Pengamatan
Nama Tarian : Tari Dewi Anjasmara Asal daerah Tarian : Jawa Barat Unsur Karya tari yang diamati : Raga, irama, pola lantai Tanggapan terhadap karya tari : Tari Dewi Anjasmara ini menggambarkan Anjasmara putri yang mulia dari saga Jawa, tentang Damarwulan dan lawannya Minak Jinggo. Gerakan dalam tarian menggambarkan saat Putri Anjasmara berdandan sebelum bertemu dengan Damarwulan. Gerakangerakannya terdiri atas gerakan memakai bedak, menyisir rambut, merapikan alis mata, menggunakan anting, dan bercermin. Properti yang digunakan penari adalah sampur. Hasil Pengamatan Nama Tarian : Tari Trunajaya Asal daerah Tarian : Bali Unsur Karya tari yang diamati : Raga, irama, pola lantai, tata rias Tanggapan terhadap karya tari : Tari Teruna Jaya adalah suatu tarian yang berasal dari daerah Bali Utara Kabupaten Buleleng, yang menceritakan seorang pemuda yang menginjak dewasa dengan tampilan ekspresi kuat, emosional tinggi, serta ulahnya yang energik dalam memikat hati seorang wanita. Properti yang digunakan adalah “kepet” atau sekarang di sebut dengan kipas. Demikianlah pembelajaran kita hari ini, bagaimana ? apakah kalian sudah mengerti ? Alhamdulillah jika semua sudah mengerti. Jika ada yang belum paham bu guru berikan kesempatan untuk bertanya.Mari kita akhiri pembelajaran hari ini dengan mengucapkan hamdalah ......
Biasakan sholat 5 waktu on time, tadarrus alquran ba'da maghrib dan ba'da shubuh dan berbakti pada orang tua.
Komentar
Posting Komentar