Selasa, 03 Januari 2023 ( T6 ST1 PB 3,4 dan MTK )

 

Tema 6                           :Menuju Masyarakat Sejahtera

Subtema 1                     :Masyarakat Peduli Lingkungan

Pembelajaran               : 3 dan 4

Muatan Pembelajaran :

 1. B. Indonesia : KD. 3.7

    Memperkirakan informasi yang dapat diperoleh dari teks nonfiksi sebelum membaca (hanya berdasarkan 

    membaca judulnya saja).

2. IPA    : 3.2

    Menghubungkan ciri pubertas pada laki-laki dan perempuan dengan kesehatan reproduksi

3. SBdP    : 3.2

    Interval Nada

 Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

 Anak sholeh sholehah, apa kabarnya hari ini ?

Semoga semuanya sehat dan selalu dalam lindungan Allah Subhanahu wa taa'la

Agar lebih semangat mari kita lakukan Ice Breaking sejenak.........

Anak sholeh dan sholehah, 

Masih ingatkah pembelajaran kemarin? 

Kemarin kita belajar mengenai kewajiban dalam mengisi kemerdekaan, perbedaan makna pertumbuhan dan perkembangan.

hari ini kita belajar tema 6 subtema 1 pembelajaran 3 dan 4 

Adapun Tujuan pembelajaran hari ini adalah peserta didik mampu memperkirakan informasi yang terdapat pada teks melalui kata kunci yang ada pada judul, mampu menjelaskan makna pubertas dan ciri-cirinya, mampu menyanyikan lagu sesuai interval nada, dan mampu membedakan mean,

Anak sholih sholihah...

Ayo Membaca

Kemerdekaan yang telah dicapai bangsa Indonesia merupakan sarana mewujudkan masyarakat Indonesia yang sejahtera. Upaya membangun masyarakat Indonesia yang sejahtera di antaranya dengan meningkatkan taraf kehidupan bangsa, meningkatkan taraf kecerdasan bangsa, dan mengembangkan segala potensi yang dimiliki untuk kemajuan bangsa Indonesia. Hingga saat ini upaya-upaya tersebut masih terus dilaksanakan meskipun Indonesia sudah merdeka cukup lama. Dukungan masyarakat yang peduli lingkungan sangat diperlukan dalam upaya-upaya bangsa untuk mewujudkan masyarakat sejahtera.
Siswa Belajar
Gambar-gambar di atas menunjukkan pelajar-pelajar Indonesia sedang belajar dengan bersungguh-sungguh. Mereka sedang melaksanakan kewajibannya sebagai warga negara. Mengikuti pendidikan yang diselenggarakan oleh pemerintah merupakan kewajiban bagi semua warga negara. Semua warga negara wajib mengikuti pendidikan dasar. Kewajiban mengikuti pendidikan dasar bagi setiap warga negara Indonesia ditegaskan dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia pasal 31 ayat (2). Bunyi pasal 31 ayat (2) Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yaitu “Setiap warga negara wajib mengikuti pendidikan dasar dan pemerintah wajib membiayainya”.

Mewajibkan warga negara untuk mengikuti pendidikan dasar 9 tahun merupakan satu di antara upaya pemerintah untuk memperbaiki pendidikan di negara kita. Pemerintah menginginkan tingkat kecerdasan bangsa ini semakin meningkat. Upaya pemerintah yang lain sebagai contoh memperbaiki fasilitas pendidikan misalnya memperbaiki gedung-gedung sekolah yang rusak, memberikan bantuan buku gratis, dan menyediakan pengajar-pengajar atau guru yang profesional.

Ayo Mengamati
Jam Belajar Warga
Amatilah gambar di atas. Kemudian, tuliskan hasil pengamatanmu mengenai gambar pada kolom berikut!
Pada gambar tersebut menunjukkan suasana kampung yang menerapkan peraturan jam belajar bagi warga.. Hal tersebut merupakan perilaku positif masyarakat yang merupakan wujud makna proklamasi kemerdekaan dalam kehidupan sehari-hari.
Ayo Berlatih
Apa upaya yang dapat dilakukan untuk mengisi kemerdekaan? Tuliskan dalam tabel berikut!
NoUpaya untuk mengisi kemerdekaan
1.Rajin beribadah sesuai agama
2.Belajar dengan giat, rajin dan tekun
3.Mengikuti upacara kemerdekaan dengan hikmat
4.Saling menghormati antar sesama
5.Mengikuti perlombaan 17 Agustus yang diadakan Panitia setempat
6.Ikut serta dalam mengemukakan gagasan/ide/pendapat di dalam kemerdekaan yang ada di kalangan masyarakat maupun sekolah
7.Ikut berpartisipasi aktif dalam kegiatan yang ada di masyarakat
8.Menghormati dan menghargai jasa tokoh-tokoh kemerdekaan dengan meneladani semangat kepahlawan.
9.Menjaga dan memelihara semangat persatuan kesatuan
10.Menolong orang yang membutuhkan.

 

 Ayo Mengamati

Kewajiban
Apa yang sedang dilakukan oleh Siti dan teman-teman? Bagaimana caramu menunjukkan kepedulian terhadap lingkungan sekolah? Tuliskan jawaban pertanyaan-pertanyaan tersebut pada kolom berikut.

1. Apa yang sedang dilakukan oleh Siti dan teman-teman?
Gambar menunjukkan Siti dan teman-teman sedang menanam pohon. Kegiatan menanam pohon termasuk cara peduli terhadap lingkungan.

2. Bagaimana caramu menunjukkan kepedulian terhadap lingkungan sekolahmu?
Cara menunjukkan kepedulian terhadap lingkungan sekolah yaitu dengan membuang sampah di tempat sampah, tidak mencoret-coret dinding sekolah, dan ikut menjaga kebersihan sekolah.

Ayo Mengamati
Not ANgka Aku Cinta Lingkungan
Tangga nada pada lagu di atas adalah tangga nada C. Nada C dinyanyikan sebagai do atau C adalah do. Interval lagu berkaitan dengan tangga nada. Tahukah kamu jarak nada pada C mayor? Bacalah bacaan berikut. Mari kita ingat kembali tangga nada mayor berikut.

Untuk memahami interval, kamu harus memahami tangga nada terutama berkaitan dengan pokok nada sebagai berikut.
  1. Deretan nada-nada (naik turun) dari setiap tangga nada. Sebagai contoh c - d - e - f - g - a - b - c - b - a - g - f - e - d - c.
  2. Jarak antara nada satu ke nada lainnya. Sebagai contoh jarak untuk tangga nada mayor c - d - e - f - g - a - b – c adalah: 1 1 ½ 1 1 1 ½
  3. Langkah dari nada satu dengan nada lainnya, misalnya dalam tangga nada C mayor nada c ke c langkah ke 1, c ke d langkah ke 2, dan c ke e langkah ketiga.

Interval adalah sebuah jangka ( langkah) dari nada ke nada lainnya. Jangka tersebut mempunyai nama tertentu yang disebut nama pangkat. Sebagai contoh jangka c’ ke d’ dalam tangga nada C mayor, d’ adalah langkah kedua. Langkah kedua mempunyai nada pangkat secondo.

Interval selalu dibatasi oleh dua nada. Nada pertama disebut nada pangkal, nada kedua disebut nada selang. Sebagai contoh jika dalam tangga nada C mayor, nada c’ kita tetapkan sebagai nada pangkal, diperoleh nama-nama interval sebagai berikut.
Urutan tangga nada C mayor c’ d’ e’ f’ g’ a’ b’ c’’
c’ ke c’ adalah langkah ke- 1 disebut prime.
c’ ke d’ adalah langkah ke-2 disebut secondo.
c’ ke e’ adalah langkah ke-3 disebut terts.
c’ ke f’ adalah langkah ke-4 disebut kuart.
c’ ke g’ adalah langkah ke-5 disebut kuin.
c’ ke a’ adalah langkah ke-6 disebut sekst.
c’ ke b’ adalah langkah ke-7 disebut septim.
c’ ke c’’adalah langkah ke-8 disebut oktaf.

Ayo Membaca
Bentuk Kepedulian Remaja terhadap Lingkungan
Masa remaja adalah masa penyesuaian dari masa awal anak-anak hingga masa awal dewasa. Masa remaja awal kira-kira masuk pada usia 10 hingga 12 tahun. Masa remaja berakhir kira-kira pada usia 18 hingga 22 tahun. Pada perkembangan ini, pencapaian kemandirian dan identitas anak sangat menonjol. Bagaimana menumbuhkan kepedulian remaja pada lingkungan?

Salah satu langkah yang bisa ditempuh supaya para remaja peduli lingkungan adalah dengan meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan. Sebagai contoh, melalui kegiatan pencinta alam. Kegiatan pencinta alam dapat meningkatkan kepedulian remaja terhadap lingkungan alam. Kecintaan remaja terhadap lingkungan alam tercermin pada sikap peduli terhadap lingkungan. Kegiatan pecinta alam untuk menunjukkan sikap peduli terhadap lingkungan di antaranya seperti berikut.
  1. Kegiatan reboisasi di lahan gundul.
  2. Pengadaan tempat pembuangan sampah secara bersama-sama.
  3. Penanaman pohon di sekitar pekarangan rumah.
  4. Berhemat air dalam kegiatan sehari-hari.

Dengan demikian, generasi muda kita dapat menjadi generasi muda yang cinta alam dan tumbuh menjadi pemimpin yang berwawasan lingkungan.

Dengan adanya kesadaran para remaja akan pentingnya penghijauan kembali, kelestarian hutan dan alam sekitar akan terjaga. Hutan-hutan di Indonesia terlihat hijau. Pinggir-pinggir jalan raya akan terdapat banyak pohon dan asri. Udara di sekitar lingkungan pun menjadi sejuk. Kesadaran remaja akan lingkungan biasanya diawali dari lingkungan keluarga dan lingkungan masyarakat sekitar.

Kepedulian remaja terhadap lingkungan sangat penting dalam menjaga kelestarian lingkungan. Coba perhatikan mengenai kondisi bumi saat ini. Terjadinya pemanasan global (global warming) dapat berdampak terhadapperubahan iklim/cuaca yang semakin ekstrim. Pola curah hujan berubah-ubah tanpa dapat diprediksi sehingga menyebabkan banjir di satu tempat, tetapi kekeringan di tempat yang lain. Topan dan badai tropis akan bermunculan dengan kecenderungan semakin lama semakin kuat. Selain itu, dampak dari pemanasan global akan mengancam ketersediaan air bersih sulit ditemukan. Oleh karena itu, partisipasi remaja untuk peduli dengan lingkungan hidup sangat diharapkan. Para remaja dapat mengajak masyarakat untuk sadar akan menjaga lingkungan hidup. Dengan demikian pemanasan global dan dampaknya terhadap masyarakat bisa dihindari. Para remaja menjadi motor penggerak pembangunan bangsa. Kepedulian remaja terhadap lingkungan akan berpengaruh positif bagi masyarakat untuk peduli lingkungan.

Ayo Berlatih 
Apa judul yang tepat untuk bacaan di atas? 
“Bentuk Kepedulian Remaja Terhadap Lingkungan”

 Masa remaja adalah masa memasuki pubertas. Berapa usiamu saat ini? Apakah usiamu sudah masuk masa remaja? Apakah kamu sudah mengalami pubertas? Masa pubertas terjadi pada anak laki-laki dan juga anak perempuan. Ingatkah kamu ciri-ciri pubertas pada anak laki-laki?

Ayo Mengamati
Pertumbuhan
Amatilah gambar di atas. Gambar manakah yang menunjukkan masa remaja? Berdasarkan gambar di atas, ingat kembali ciri-ciri pubertas pada anak lakilaki. Kemudian, tuliskan pada kolom berikut.
Ciri-ciri pubertas anak laki-laki:
a. badan bertambah tinggi.
b. jakun mulai tumbuh.
c. bahu bertambah lebar dan bidang.

Sama halnya dengan anak laki-laki, anak perempuan pun juga mengalami masa puber. Pubertas pada anak perempuan umumnya terjadi lebih dahulu daripada anak laki-laki. Pubertas anak perempuan pada umumnya terjadi antara usia 10-15 tahun. Bagaimana ciri-ciri pubertas pada anak perempuan dilihat dari fisiknya?

Ayo Berdiskusi
Bentuklah kelompok terdiri atas lima anak. Kemudian, diskusikan mengenai ciri-ciri pubertas pada anak perempuan. Tuliskan hasil diskusi pada kolom berikut.

Ciri Fisik Pubertas pada Anak Perempuan
NoCiri Fisik Pubertas Pada Anak Perempuan
1.Tumbuhnya rambut halus di ketiak dan alat kelamin
2.Suara jadi melengking
3.Payudara mulai tumbuh dan membesar
4.Pinggul membesar

Matematika

Pengolahan Data 

Membandingkan Mean, Median, dan Modus


Pengertian Mean, Median, dan modus

Mean dapat diartikan sebagai nilai rata-rata suatu kelompok data. 

Median adalah nilai tengah data setelah diurutkan. 

Sedangkan modus merupakan nilai yang sering muncul dalam suatu kelompok data.

Cara Menghitung Mean/Rata-rata

Rata-rata = Jumlah data/banyak data

Contoh : Nilai Matematika siswa kelas 6 sebagai berikut: 

70, 60, 80, 80, 70, 80, 75, 75, 90, 80, 100, 70, 80, 85, 70, 80. 

Berapakah rata-rata nilai Matematika kelas 6?

- Langkah Pertama adalah di jumlahkan semua data

Jumlah semua data= 1245

Jumlah data = 16

Rata-rata = Jumlah data/banyak data

Rata-rata = 1245/16

Rata-rata = 77,8125

Jika diambil 2 angka setelah koma maka hasilnya

Rata-rata = 77,81

 

Median adalah nilai data yang ada di tengah kelompok data setelah diurutkan.

Ada 2 cara menentukan median yaitu:

  1. Median pada kelompok data berjumlah ganjil.
  2. Median pada kelompok data berjumlah genap.

Langkah menentukan data:

  1. Urutkan data dari yang paling kecil
  2. Hitung jumlah datanya. Jika ganjil, median adalah nilai yang ada di tengah. Jika genap, akan ada dua data yang berada di tengah. Kedua data tersebut dijumlahkan kemudian dibagi dua.

Cara mencari median data ganjil bisa menggunakan rumus di bawah ini.

Median = (N+1)/2

Keterangan = N adalah banyak data

Dari rumus di atas maka cara mencari median dengan banyak data ditambah satu kemudian di bagi dua. Maka nilai yang diperoleh nilai tengah dari data yang sudah diurut. 

Contoh median data ganjil

Nilai Matematika siswa kelas 6 sebagai berikut: 

70, 60, 80, 80, 70, 80, 75, 75, 90, 80, 100, 70, 80, 85, 70. 

Penyelesaian:

Data setelah diurut: 60, 70, 70, 70, 70, 75, 75, 80, 80, 80, 80, 80, 85, 90, 100

Banyak data = 15

Me = (N+1)/2

Me = (15+1)2

Me = 16/2

Me = 8

Data ke-8 adalah 80

Jadi median adalah data kedelapan yaitu 80.

Cara mencari median data genap berbeda dengan data ganjil. Adapun untuk mencari median data genap bisa melihat rumus di bawah ini.

Me = ((N/2)+((N/2)+1)):2

Keterangan N = banyak data

Jadi berdasarkan rumus di atas, untuk mencari data tengah atau data pusat jika banyak data genap maka caranya jumlah data dibagi kedua ditambah jumlah data dibagi dua ditambah satu, kemudian dibagi dua. 

Misalnya jumlah data 20. Maka cara mediannya adalah 20/2 = 10. Jadi median adalah data ke 10 ditambah data ke 11 kemudian dibagi 2. Untuk lebih mudahnya bisa disimak contoh di bawah ini.

Contoh median data genap

Nilai Matematika siswa kelas 6 sebagai berikut: 70, 60, 80, 80, 70, 80, 75, 75, 90, 80, 100, 70, 80, 85, 70, 80. 

Penyelesaian:

Data setelah diurut: 60, 70, 70, 70, 70, 75, 75, 80, 80, 80, 80, 80, 80, 85, 90, 100

Jumlah data (N) = 16

Me =((N/2)+((N/2)+1)):2

Me = (16/2 + (16/2)+1):2

Me = (data ke 8 + data 9):2

Data ke 8 = 80

Data ke 9 = 80

Jadi Median data tersebut adalah (80+80)2 = 160/2

Median = 80

Modus adalah data yang paling banyak keluar atau muncul. Modus bisa juga berarti data dominan dalam sebuah kompulan data. 

Diketahui tinggi badan siswa kelas 6 sebuah sekolah dasar sebagai berikut (dalam cm): 

140, 135, 135, 130, 125, 130, 130, 150, 110, 115, 130, 135, 130, 140, 130. 

Tentukan modus dari data tersebut!

Penyelesaian

Data Tinggi badan (dalam cm)

110 = 1 anak

115 = 1 anak

125 = 1 anak

130 = 6 anak

135 = 3 anak

140 = 2 anak

150 = 1 anak

Dari data siswa tersebut di atas dapat diketahui bahwa siswa paling banyak memiliki tinggi badan 130 cm. Jadi Modus data tersebut adalah 130 cm

 

Untuk lebih jelasnya silakan simak dan tonton video berikut!

 


https://www.youtube.com/watch?v=LsgtdG842fw

 

Latihan MTK

1. Nilai Latihan MTK beberapa siswi Kelas 6 adalah :  8, 9, 7, 6, 8, 7, 8, 6, 6, 7, 7, 9, 10

    Berapa nilai rata-rata ( mean) dari data di atas?

2. Nilai hasil ulangan matematika dari 13 siswa adalah sebagai berikut : 
     6, 8, 5, 7, 6, 8, 5, 9, 6, 6, 8, 7,10

    Median dari data tersebut adalah . . . .

 2.     3. Nilai MTK dari 18 siswa yaitu:  6, 8, 9, 6, 9, 10, 8, 9, 7, 8, 6, 8, 6, 6, 7, 7, 9, 10

      Modus data tersebut adalah ....

 4. Berikut ini adalah data pekerjaan orang tua siswa kelas 1 sampai kelas 6 SDN Sukajaya : Petani 25 orang, Nelayan 15 orang, penjahit 8 orang, wirausaha 13 orang, pedagang 12 orang, tentara 6 orang, polisi 2 orang, guru 6 orang dan buruh 15 orang. Selisih pekerjaan orang tua yang paling banyak dan paling sedikit adalah ....

 

Demikianlah pembelajaran kita hari ini,semoga bermanfaat 

Mari kita akhiri pembelajaran hari ini dengan mengucapkan hamdalah ......

 

Biasakan sholat 5 waktu on time,  tadarrus alquran ba'da maghrib dan ba'da shubuh  dan berbakti pada orang tua. 

  

Cara menghitung mean, median, dan modus Lalu bagaimana cara kita menghitung nilai dari mean, median, dan modus pada suatu data? Berikut rumus serta contoh menghitung nilai rata-rata, median, dan modus yang dirangkum dari eModul Matematika Kemendikbud Ristek: Menghitung nilai rata-rata Nilai rata-rata atau mean bisa dihitung dengan cara menjumlahkan keseluruhan data kemudian dibagi dengan banyaknya data. Contoh soal mencari nilai mean sebagai berikut: Ahmad mengerjakan tes matematika sebanyak 7 kali dan mendapatkan nilai sebagai berikut: 6, 6, 7, 7, 8, 9, 7. Berapakah nilai rata-rata tes matematika Ahmad?

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul "Ini pengertian dan cara menghitung nilai mean, median, dan modus dalam data", Klik untuk baca: https://lifestyle.kontan.co.id/news/ini-pengertian-dan-cara-menghitung-nilai-mean-median-dan-modus-dalam-data?page=all.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Selasa, 19 Maret 2024

Jumat, 17 Mei 2024

Kamis, 16 Mei 2024