Senin, 31 Januari 2022 ( Tematik T8 ST1 )
Tema 8 : Bumiku
Sub Tema 1 : Perbedaan waktu dan pengaruhnya
Pembelajaran : 1 dan 2
Muatan Pembelajaran : Bahasa Indonesia (3.7), IPA (3.8), SBDP (3.2)
Tujuan Pembelajaran
2. Dengan membuat laporan pengamatan, siswa mampu melaporkan hasil pengamatan tentang perputaran Bumi dan akibatnya.
3. Dengan menyanyikan lagu “Ambilkan Bulan Bu”, siswa dapat mengungkapkan rasa kagumnya terhadap ciptaan Tuhan YME dan juga memahami lebih dalam tentang interval nada.
Apa
kabar anak-anak di rumah ? semoga anak sholih sholihah semua selalu
dalam keadaan sehat wal’afiyah dan tetap dalam lindungan Allah SWT ya,
amiin ....
Anak sholih sholihah, di masa
pandemi covid seperti saat ini, kalian harus tetap waspada, pakailah
masker terutama saat berada di luar rumah, rajinlah mencuci tangan
sebelum dan sesudah melakukan kegiatan. Makanlah makanan bergizi dan
istirahat yang cukup, supaya kesehatan kalian tetap terjaga.
Anak sholih sholihah, mari awali kegiatan hari ini dengan membaca doa, dilanjutkan murojaah, dan sholat duha
Sekarang,
mari kita bersiap-siap memulai pembelajaran hari ini. Mintalah bantuan
kepada bunda/mama untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan
pembelajaran ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan
maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah
mendapatkan bantuan.
Hari ini kita akan belajar tematik. tema 8 Bumiku, subtema 1 Perbedaan waktu dan pengaruhnya pembelajaran 1. Ayo kita simak video berikut ini :
Ayo Mengamati
Ayo, kita cari informasi lebih terperinci tentang terjadinya siang dan malam!
Tuliskan
hal-hal yang telah kamu ketahui dan ingin kamu ketahui tentang siang
dan malam (misalnya: waktu terjadinya, penyebab, dan perbedaan yang
teramati). Gunakan format di bawah ini!
Hal yang telah aku ketahui | Hal yang ingin aku ketahui |
---|---|
|
|
Ayo Mencoba
Kegiatan 1
Simulasi
tentang gerak semu Kamu dan temanmu akan melakukan kegiatan bersama
untuk memahami tentang gerak semu Matahari. Ikuti langkah-langkah
kegiatan di bawah ini!
- Anggaplah kamu sebagai A dan temanmu sebagai B.
- Perhatikan gambar dan berdirilah sesuai dengan posisi yang ditunjukkan oleh gambar. A dan B berdiri di posisi sejajar
- A menutup mata dan berdiri tetap pada posisinya. B berjalan maju satu meter.
- A membuka mata dan mengamati perubahan posisi B.
Perubahan
posisi B terjadi karena B bergerak ke depan. Akan tetapi, A seolah-olah
dirinya yang bergerak mundur sehingga ia berada di belakang B.
Peristiwa ini mengilustrasikan gerak semu harian Matahari.
Kegiatan 2
Simulasi
tentang peristiwa siang dan malam sebagai akibat rotasi Bumi. Mari kita
lakukan simulasi berikut ini! Bentuklah kelompok yang terdiri atas
empat sampai lima orang! Pilihlah dua orang teman dalam kelompokmu untuk
melakukan kegiatan seperti gambar berikut.
Ikuti langkah kegiatan di bawah ini!
Alat dan Bahan yang diperlukan:
Senter, globe.
Langkah Kegiatan :
- Peganglah senter dan satu temanmu memegang globe.
- Arahkan senter (jangan dinyalakan) sehingga menghadap globe. Amati globe.
- Nyalakan senter. Amati globe.
- Adakah perbedaan pada globe, antara sebelum dan sesudah senter dinyalakan? Tuliskan hasil pengamatanmu!
Ketika senter belum dinyalakan, keadaan globe sama-sama gelap dari berbagai sisi. Ketika senter dinyalakan bagian yang menghadap senter menjadi terang, sedang globe yang lain tetap gelap karena tidak terkena cahaya senter.
- Tetap nyalakan senter, lalu putarlah globe perlahan-lahan berlawanan arah jarum jam. Apa yang teramati pada globe? Tuliskan hasil pengamatanmu!
Setelah diamati, terjadi perubahan keadaan pada globe. Globe yang berputar dan bidang permukaan yang awalnya terang, berlahan-lahan menjadi gelap. Sementara sisi globe yang semula gelap berlahan-lahan menjadi terang secara bertahap sesuai dengan putaran ketika menerima cahaya dari senter.
Ayo Membaca
Bacalah kembali teks bacaan yang
berjudul “Perputaran Bumi dan Akibatnya”. Garis bawahi kata-kata yang
menunjukkan informasi-informasi penting. Tuliskan informasi-informasi
penting tersebut dalam tabel berikut.
Paragraf | Informasi Penting |
---|---|
1 |
|
2 |
|
3 |
|
4 |
|
5 |
|
Ayo Bernyanyi
Pernahkah
kamu mendengar lantunan lagu “Ambilkan Bulan, Bu“? Lagu “Ambilkan
Bulan, Bu” merupakan lagu anak-anak ciptaan Bapak A.T. Mahmud. Bapak
A.T. Mahmud menciptakan banyak lagu anak-anak yang sarat dengan makna.
Amati lirik dan notasi lagu ”Ambilkan Bulan, Bu” di bawah ini!
Nah....anak sholih sholihah, setelah kalian memahami lebih dalam tentang interval nada."Ambilkan Bulan,Bu"
ayo! nanyikan lagu "Ambilkan Bulan,Bu" dengan alat musik yang ananda miliki di rumah
Demikian kegiatan pembelajaran hari ini, semoga ilmu yang anak-anak peroleh hari ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan baru.
Biasakan ......
sholat lima waktu ........ON TIME
murojaah / tadarrus ba'da maghrib dan shubuh
Patuhi nasehat Ayah Bunda/Mama Papa
Anak sholih sholihah
Mari kita akhiri pembelajaran hari ini dengan membaca hamdalah
Komentar
Posting Komentar