KAMIS, 13 JANUARI 2022 ( TEMATIK DAN MATEMATIKA )
Hari/Tanggal : Kamis,13 Januari 2021
Tema 6 : Menuju Masyarakat Sejahtera
Sub Tema 3 : Masyarakat sejahtera, negara kuat
Pembelajaran : 5 dan 6
Muatan Pembelajaran : IPA, PKN, Bahasa Indonesia
Tujuan Pembelajaran :
Peserta didik dapat menjelaskan tanggung jawab sebagai warga negara,
menyebutkan gagasan utama dari setiap paragraf dalam teks nonfiksi, menyebutkan contoh kegiatan tentang upaya pengembangan kehidupan kebangsaan menuju masyarakat sejahtera. Memahami penampilan tari kreasi daerah.
menyebutkan gagasan utama dari setiap paragraf dalam teks nonfiksi, menyebutkan contoh kegiatan tentang upaya pengembangan kehidupan kebangsaan menuju masyarakat sejahtera. Memahami penampilan tari kreasi daerah.
Assalamualaikum wr. wb
Apa
kabar anak-anak bu guru di rumah ? semoga anak sholih sholihah semua
selalu dalam keadaan sehat wal’afiyah dan tetap dalam lindungan Allah
SWT ya, amiin ....
Anak sholih sholihah, di
masa pandemi covid seperti saat ini, kalian harus tetap waspada,
pakailah masker terutama saat berada di luar rumah, rajinlah mencuci
tangan sebelum dan sesudah melakukan kegiatan. Makanlah makanan bergizi
dan istirahat yang cukup, supaya kesehatan kalian tetap terjaga.
Anak sholih sholihah, mari awali kegiatan hari ini dengan membaca doa, dilanjutkan murojaah, dan sholat duha.
Sekarang,
mari kita bersiap-siap memulai pembelajaran hari ini. Mintalah bantuan
kepada bunda/mama untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan
pembelajaran ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan
maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah
mendapatkan bantuan.
Ayo Mengamati
Apakah
beberapa contoh gambar di atas menunjukkan keadaan masyarakat yang
sejahtera? Ungkapkan pendapatmu dengan menuliskan dalam kolom berikut!
Gambar menunjukkan masyarakat sejahtera karena dapat memenuhi kebutuhan dengan baik, seperti dapat bersekolah, dapat berhubungan baik antarumat beragama, mendapatkan hasil panen yang memuaskan, dan dapat berolahraga di lingkungan yang bersih dan sehat.
Ayo Berlatih
Carilah
beberapa gambar tentang ciri-ciri masa kanak-kanak dan masa pubertas!
Jika kamu anak laki-laki carilah gambar anak laki-laki pada masa
kanak-kanak dan anak laki-laki pada masa pubertas. Jika kamu anak
perempuan, carilah gambar anak perempuan pada masa kanak-kanak dan anak
perempuan pada masa pubertas. Tempelkan gambar yang kamu temukan pada
kotak di bawah. Tuliskan keterangan di samping gambar. Keterangan dapat
berupa ciri-ciri masa kanak-kanak dan masa pubertas.
1. Masa Pubertas Anak Laki-laki
Kesimpulan
Perbedaan masa kanak-kanak dan masa pubertas adalahPada segi fisik terjadi perbedaan antara masa kanak-kanak dan masa pubertas, diantaranya adalah pada masa kanak-kanak belum muncul rambut halus di ketiak dan alat kelam*n, sedang masa pubertas sudah mulai tumbuh. Belum berubahnya suara pada masa kanak-kanak, sedang pada masa pubertas, sudah ada perubahan, dan pada masa kanan-kanan belum tumbuh jakun, sedangkan masa pubertas sudah tumbuh jakun.
2. Masa Pubertas Pada Anak Perempuan
Kesimpulan
Perbedaan masa kanak-kanak dan masa pubertas adalahPada segi fisik terjadi perbedaan antara masa kanak-kanak dan masa pubertas, diantaranya adalah pada masa kanak-kanak suara belum melengking, sedang masa pubertas sudah melengking. Belum tumbuh dan membesarnya pay*dara pada masa kanak-kanak, sedang pada masa pubertas pay*dara sudah membesar, dan pada masa kanan-kanan pinggul belum membesar, sedangkan masa pubertas pinggul sudah membesar.
Masyarakat
yang sejahtera berada dalam keadaan sehat. Kesehatan masyarakat dapat
dipengaruhi oleh lingkungan. Oleh karena itu, untuk menciptakan
masyarakat sehat diperlukan kerja sama. Siapa saja yang harus bekerja
sama untuk menciptakan masyarakat sehat? Apa pentingnya kerja sama dalam
menciptakan masyarakat sehat. Bacalah bacaan berikut!
Membaca
Kemenag Banjarnegara Raih Penghargaan dari KPP Pratama Purbalingga
Oleh Gentur Rachma Indriadi - 07 Mei 2017
Pajak
adalah pungutan wajib yang dibayar rakyat untuk negara dan akan
digunakan untuk kepentingan pemerintah dan masyarakat umum. Sedangkan
Wajib Pajak, yakni orang pribadi atau badan yang menurut ketentuan
peraturan perundang-undangan perpajakan ditentukan untuk melakukan
kewajiban perpajakan. Di Indonesia, setiap orang wajib mendaftarkan diri
dan mempunyai nomor pokok wajib pajak (NPWP), kecuali ditentukan dalam
undang-undang. Instansi seperti Kementerian Agama melalui pimpinan
mendorong pegawainya untuk membayar pajak tepat waktu.
Kementerian
Agama Kabupaten Banjarnegara, mendapatkan Penghargaan sebagai Instansi
Teladan dalam Pelaporan SPT Tahunan Pegawai dalam acara Apresiasi dan
Penghargaan Wajib Pajak Teladan yang diadakan oleh Kantor Pelayanan
Pajak (KPP) Pratama Purbalingga. Penghargaan di berikan di Pendopo
Dipayudha Adigraha, Rabu (4/2/15) bersamaan penghargaan beberapa
kategori lainnya.
Bupati Banjarnegara, Sutejo
Slamet Utomo menyampaikan “Pajak yang diterima oleh KPP harus memenuhi
unsur utama, tepat waktu, dan tepat jumlah”. Setiap WP, baik perorangan
maupun instansi dapat menyampaikan laporan pajak melalui kantor
pelayanan pajak atau melalui e-filling. Program e-filling merupakan
sistem terbaru dari Direktorat Jenderal Pajak melalui internet dan email
pribadi untuk laporan pembayaran pajak. E-filling membuat pembayaran
lebih mudah dan cepat. Hasil cetak e-filling tetap disertakan bukti dan
disetorkan ke kantor pelayanan pajak.
Selain
apresiasi bagi wajib pajak yang teladan di kabupaten, dalam acara
tersebut juga disampaikan bahwa Direktorat Pajak Kanwil 2 mendapatkan
penghargaan juara 1 dalam penerimaan dan pelayanan pajak secara
nasional. Penghargaan itu diperoleh karena dikarenakan target yang
diberikan oleh Kementerian Keuangan dapat tercapai dan terlampaui secara
jumlah dan juga tepat waktu.
Yoyo Satyo Utomo,
Kepala Kantor wilayah 2 menyampaikan, dengan penerimaan pajak yang
sudah didapatkan 70% akan kembali ke kabupaten dalam bentuk pembangunan
fisik, sarana dan prasarana yang berguna bagi masyarakat. “Peningkatan
dari sektor pajak untuk tahun 2015 diharapkan bisa meningkat, namun yang
utama adalah peningkatan kesadaran untuk membayar pajak”. Target
pendapatan pajak tahun 2015 Kanwil 2 Jawa Tengah naik 7,8%.
Kepala
Kemenag Banjarnegara, Farhani menyampaikan bahwa penghargaan ini hasil
dari sosialisasi juga kesadaran pegawai di lingkungan kemenag, dan
dorongan dari berbagai pihak.
Acara tersebut
dihadiri oleh Dirjen Kantor Wilayah 2 Jateng, Forum Komunikasi Pimpinan
Daerah (forkompimda), Setda kabupaten Banjarnegara, KPP Banjarnegara,
KPP Cilacap, KPP Kebumen, KPP Banyumas, Kepala Dinas/ Instansi Vertikal,
Camat, Pengusaha, Kepala desa, dan undangan wajib pajak yang
mendapatkan penghargaan (Nangim).
Ayo Berlatih
Teks
di atas merupakan teks nonfiksi yang memiliki judul. Bandingkan
informasi yang diharapkan setelah membaca judul teks dengan informasi
yang didapatkan setelah membaca teks tersebut. Ungkapkan hasil
perbandinganmu dalam bentuk tabel seperti contoh berikut.
Informasi yang Didapat dari Judul Bacaan | Informasi yang Di Dapat Setelah Membaca Teks | Kesimpulan |
---|---|---|
Informasi yang saya dapat saat membaca judul adalah Kementeriaan Agama Banjarnegara meraih penghargaan dari KPP Pratama Purbalingga. | Informasi yang saya dapat setelah membaca teks adalah Kementerian Agama Kabupaten Banjarnegara, mendapatkan Penghargaan sebagai Instansi Teladan dalam Pelaporan SPT Tahunan Pegawai dalam acara Apresiasi dan Penghargaan Wajib Pajak Teladan yang diadakan oleh Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Purbalingga. Penghargaan ini hasil dari sosialisasi juga kesadaran pegawai di lingkungan kemenag, dan dorongan dari pihak pihak. | Judul dan isi teks sama saat hanya membaca judul dan setelah membaca teks. |
Kesadaran membayar pajak
merupakan salah satu bentuk tanggung jawab sebagai warga negara dalam
kehidupan seharai-hari. Setiap pelaksanaan tanggung jawab oleh warga
negara akan memberikan dampak bagi warga negara tersebut dan bagi
negara. Contohnya, ketika seseorang telah melaksanakan tanggung jawabnya
membayar pajak berarti ia telah membantu pemerintah melaksanakan
pembangunan. Dampak bagi dirinya sendiri adalah ia akan merasakan
kemudahan dalam melaksanakan aktivitas dalam kehidupannya karena
pembangunan berbagai fasilitas dari iuran pajak yang telah ia bayarkan.
Bentuk-bentuk
pelaksanaan tanggung jawab sebagai warga negara dalam kehidupan
sehari-hari sangat banyak. Melaksanakan kewajiban membayar pajak
merupakan slah satu contohnya. Bentuk pelaksanaan tanggung jawab lainnya
antara lain mengikuti upacara bendera di sekolah dan mengamalkan
Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Sudahkah kamu melaksanakan
tanggung jawab sebagai warga negara dalam kehidupan sehari-hari?
Apa
pengalamanmu ketika melaksanakan tanggung jawab sebagai warga negara
dalam kehidupan sehari-hari? Tulislah pengalamanmu dalam bentuk tulisan
di kolom berikut!
Sebagai warga negara yang baik aku melaksanakan tanggung jawabku dengan belajar dengan tekun
Kemudian,
presentasikan di depan kelas untuk dinilai oleh guru dan juga
teman-temanmu.Ayo Berdiskusi Bentuklah kelompok yang terdiri atas tiga
anak. Kemudian, diskusikan bersama anggota kelompokmu mengenai
pelaksanaan tanggung jawab sebagai warga negara yang telah kalian
lakukan dalam kehidupan sehari-hari. Diskusikan pula dampak dari
pelaksanaan tanggung jawab tersebut.
Tulislah hasil diskusi pada kolom berikut!
Tanggung jawab sebagai warga negara di antaranya mau berteman dengan semua orang sehingga dapat terjalin rasa kesatuan dan persatuan.
Ayo Berlatih
Dapatkah
kamu berkreasi membuat sebuah contoh reklame sederhana? Reklame itu
berisi pesan supaya pelajar taat pada peraturan untuk menjaga kebersihan
sekolah sebagai bentuk tanggung jawab sebagai warga sekolah? Bagaimana
cara yang akan kamu lakukan? Ingatkah kamu yang dimaksud dengan reklame?
Apa saja media reklame?
Jawablah
pertanyaan-pertanyaan tersebut dengan menuliskannya dalam kotak
berikut.Ayo Mengamati Amatilah gambar berikut!Gambar di atas menunjukkan
contoh poster. Poster termasuk reklame media visual. Unsur reklame
media visual yaitu berupa gambar dan tulisan.Bagaimanakah ciri-ciri
poster menurutmu? Tuliskan dalam kolom berikut!
Saya bisa membuat reklame. Saya akan memilih salah satu media reklame sebagai contoh poster. Lalu saya akan menyiapkan alat dan bahan. Saya akan menentukan rancangan membuat poster. Selanjutnya saya akan membuat poster. Saya ingat tentang pengertian reklame. Reklame adalah setiap kegiatan yang bertujuan memberikan informasi kepada khalayak ramai tentang suatu barang, jasa atau hal lain dengan maksud menarik perhatian dan keinginan tentang yang diinformasikan. Media reklame diantaranya reklame audio, reklame visual, dan reklame audio visual.Reklame media visual dilihat dari pemasangannya, ada reklame dalam ruang dan reklame luar ruang. Reklame dalam ruang biasanya ditempatkan di tempat yang strategis yang bisa dilihat orang secara jelas. Reklame di luar ruang biasanya ditempatkan pada area yang sering dilalui orang, misalnya pada sisi persimpangan jalan raya yang padat. Unsur reklame media visual yaitu berupa gambar dan tulisan. Contoh reklame media visual yaitu baliho, billboard, spanduk, poster, brosur, dan katalog.
Ayo Mengamati
Amatilah gambar berikut!
Bagaimanakah ciri-ciri poster menurutmu? Tuliskan dalam kolom berikut!
Ciri-Ciri Poster:
- Poster berisi gambar dan tulisan dengan tema tertentu.
- Tulisan pada poster hemat kata tapi padat makna.
- Kalimat dan gambar pada poster bersifat persuasif.
- Poster dibuat dengan perpaduan warna yang kuat dan kontras.
Dapatkah
kamu berkreasi membuat sebuah contoh reklame sederhana dengan isi
berupa himbauan kepada pelajar? Amatilah langkah-langkah membuat poster
berikut! Poster yang akan dibuat berikut berisi pesan supaya taat pada
peraturan untuk menjaga kebersihan sekolah.
- Siapkan alat dan bahan yang dibutuhkan seperti pada gambar berikut!
- Buatlah sketsa gambar yang akan disajikan!
- Sempurnakan sketsa gambar dengan menebalkan garis menguatkan spidol atau krayon!
- Tuliskan isi pesan pada tempat yang telah disediakan dalam gambar!
- Warnai gambar poster sehingga tampak menarik.
Ayo Berkreasi
Buatlah poster sederhana berisi pesan untuk melaksanakan tanggung jawab.
Pilihlah salah satu tema berikut!
1. Pelaksanaan tanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari di rumah
2. Pelaksanaan tanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari di sekolah
3. Pelaksanaan tanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan masyarakat
4. Pelaksanaan tanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari sebagai warga negara
Buatlah
pada selembar kertas, lalu kumpulkan kepada bapak atau ibu gurumu untuk
dinilai. Tuliskan alat dan bahan yang akan kamu gunakan. Tuliskan juga
gambar dan teks yang akan kamu tuangkan dalam poster.
Ayo anak-anak kita simak video berikut ini :
Demikian kegiatan pembelajaran hari ini, semoga ilmu yang anak-anak peroleh hari ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan baru.
Biasakan ......
sholat lima waktu tepat pada waktunya
murojaah / tadarrus ba'da maghrib dan shubuh
Patuhi nasehat Ayah Bunda/Mama Papa
Anak sholih sholihah
Mari akhiri pembelajaran hari ini dengan membaca hamdalah
See you tomorrow ........
Komentar
Posting Komentar