Hari/Tanggal : Selasa, 11 Januari 2022 Tema 8 : Bumiku Sub Tema 2: Bumiku dan Musimnya
Pembelajaran: 2
Tujuan Pembelajaran Setelah belajar siswa diharapkan dapat menjelaskan rotasi dan revolusi bulan, mengidentifikasi gagasan utama sebuah teks, dan mengidentifikasi
Assalamualaikum wr. wb
Apa
kabar anak-anak sholeh dan sholehah di rumah ? semoga anak sholih
sholihah semua selalu dalam keadaan sehat wal’afiyah dan tetap dalam
lindungan Allah SWT ya, amiin ....
Anak sholih
sholihah, di masa pandemi covid seperti saat ini, kalian harus tetap
waspada, pakailah masker terutama saat berada di luar rumah, rajinlah
mencuci tangan sebelum dan sesudah melakukan kegiatan. Makanlah makanan
bergizi dan istirahat yang cukup, supaya kesehatan kalian tetap
terjaga.
Anak sholih sholihah, mari awali
kegiatan hari ini dengan membaca doa, dilanjutkan murojaah, dan sholat
duha. Setela itu, mari kita bersiap-siap memulai pembelajaran hari ini.
Mintalah bantuan kepada bunda/mama untuk mendampingi Ananda selama
melakukan kegiatan pembelajaran ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila
minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan
terima kasih setelah mendapatkan bantuan
Anak
sholih sholihah hari ini kita belajar tema 6 subtema 3 pembelajaran 1
dan 2, untuk mengetahui dan memahami materi hari ini, berikut bu guru
siapkan video pembelajaran, silakan ditonton, dan dipahami ya.
Bahasa Indonesia Bacalah Teks Berikut dengan saksama!
Wujud Tanggung Jawab sebagai Warga Negara
Tanggung
jawab merupakan kesadaran manusia terhadap tingkah laku atau perbuatan
yang dilakukan. Tanggung jawab juga berarti melakukan perbuatan sebagai
perwujudan kesadaran dan kewajiban. Setiap orang memiliki tanggung jawab
yang harus dilakukan.
Sebagai
warga negara, kita memiliki tanggung jawabyang harus dilakukan.
Tanggung jawab sebagai warga negara dapat dipenuhi dengan melaksanakan
hak dan kewajiban. Hak dan kewajiban warga negara Indonesia telah
tercantum dalam UUD 1945. Dengan melakukan tanggung jawab, kehidupan
berbangsa akan harmonis. Sebagai
warga negara, kita harus memahami dan mengamalkan Pancasila. Pancasila
adalah dasar negara yang mengandung nilai luhur. Kita bisa
mengamalkannya dengan menghargai pendapat orang lain. Menghargai
pendapat adalah perwujudan sila keempat Pancasila. Memahami dan
mengamalkan Pancasila adalah salah satu bentuk tanggung jawab sebagai
warga negara.
Sebagai
warga negara kita juga memiliki bentuk tanggung jawab di mata
internasional. Kita bertanggung jawab untuk me- melihara nama baik
bangsa. Kita juga bertanggung jawab untuk menjaga kesatuan dan persatuan
bangsa. Selain itu, kita harus menjaga solidaritas antarsesama untuk
menciptakan kehidupan yang rukun. Sebagai
warga negara kita wajib meningkatkan wawasan kebangsaan. Tujuannya
adalah untuk membina rasa kebangsaan dan meningkatkan semangat
kebangsaan. Kita bisa meningkatkan wawasan kebangsaan dengan cara
belajar, banyak membaca, dan memperingati hari besar nasional.
Meningkatkan wawasan kebangsaan adalah salah satu perwujudan sikap
tanggung jawab sebagai warga negara.
Bentuk
pelaksanaan tanggung jawab juga dapat kita temukan dalam kehidupan
sehari-hari. Contoh pelaksanaan tanggung jawab adalah membayar pajak
sesuai waktu yang ditentukan. Selain itu, mengikuti upacara bendera juga
bentuk dari pelaksanaan tanggung jawab. Belajar dan melestarikan budaya
juga merupakan pelaksanaan dari tanggung jawab. latihan Setelah
membaca teks berjudul Wujud Tanggung Jawab sebagai Warga Negara di
atas. Tentukanlah gagasan utama setiap paragraf serta letak gagasan
utama setiap paragraf!
PPKN
Bentuk Tanggung Jawab sebagai Warga Negara
Selain
mengikuti upacara kemerdekaan, kita sebagai warga negara juga memiliki
tanggung jawab lain. Tanggung jawab adalah kesadaran manusia untuk
melaksanakan suatu perbuatan. Tanggung jawab juga dapatdiartikan sebagai
keadaan seseorang untuk menanggung perbuatan yang dilakukan.
Pelaksanaan
tanggung jawab sebagai warga negara dilandasi dengan UUD 1945.
Pelaksanaan tanggung jawab sebagai warga negara mempunyai banyak
manfaat. Pelaksanaan tanggung jawab dapat mewujudkan Indonesia menjadi
negara yang kuat. Ada beberapa bentuk tanggung jawab sebagai warga
negara.
Mari kita simak bentuk tanggung jawab sebagai warga negara berikut.
1. Menjaga nama baik negara.
2. Menaati aturan yang berlaku.
3. Menjaga ketertiban dan keamanan.
4. Menjaga persatuan dan kesatuan.
5. Membina solidaritas antarsesama.
6. Mengamalkan nilai-nilai Pancasila.
7. Meningkatkan wawasan kebangsaan.
IPS
Upaya Menuju Masyarakat Sejahtera
Mengikuti
upacara Hari Ulang Tahun Republik Indonesia adalah tanggung jawab kita
sebagai warga negara. Saat upacara, kita mendengarkan pembacaan teks
pembukaan UUD 1945. Dalam teks pembukaan UUD 1945 tercantum tujuan
negara Indonesia. Salah satu tujuan negara Indonesia adalah memajukan
kesejahteraan umum.
Memajukan kesejahteraan umum
berarti negara berharap agar masyarakat hidup sejahtera. Oleh karena
itu, negara berupaya untuk menyejahterakan masyarakat.
Adapun upaya yang dilakukan pemerintah untuk menuju masyarakat sejahtera adalah sebagai berikut.
1. Meratakan pembangunan.
2. Memperbaiki fasilitas umum.
3. Menyelenggarakan pendidikan.
4. Memperbanyak lapangan kerja.
5. Memberikan fasilitas kesehatan.
6. Memberikan jaminan keamanan.
7. Memberikan kebebasan beragama.
Sub Tema 3 : Masyarakat Sejahtera Negara Kuat PB : 2 Muatan : SBdP, B.Indonesia, IPA
Reklame adalah media yang digunakan untuk menawarkan suatu produk kepada masyarakat.
Reklame
dibuat dengan gambar dan kata- kata yang menarik. Selain untuk
menawarkan barang, reklame digunakan untuk menginformasikan, mengajak,
menganjurkan suatu produk atau jasa kepada orang lain.
Sekarang, kita akan belajar tentang jenis-jenis reklame. Reklame
dapat dibedakan berdasarkan tujuan pengadaan, sifat, dan media
penyampaian. Mari kita simak penjelasannya dalam bagan berikut ini.
Ayo Mengamati
Setelah mengamati reklame di atas, jawablah pertanyaan berikut!
1. Apa bunyi tulisan pada papan reklame di atas?
2. Gambar apa yang terdapat pada papan reklame di atas?
3. Apakah tujuan pembuatan dan pemasangan reklame tersebut?
4. Lembaga apa yang memasang reklame tersebut? Tuliskan jawabanmu di bawah ini.
Ayo Berdiskusi
Kamu
telah mengamati sebuah reklame serta mengetahui isi dan tujuannya.
Sekarang diskusikan bersama temanmu tentang pengertian reklame secara
benar.
Bahasa Indonesia
Ayo Membaca
Macam-Macam Reklame
Reklame
adalah suatu karya seni rupa yang bertujuan untuk meng- informasikan,
mengajak, menganjurkan atau menawarkan produk (sesuatu berupa barang
atau jasa) kepada konsumen. Reklame dibuat menarik, sehingga orang yang
melihat ingin mengetahui informasi yang disampaikan, tertarik dengan
ajakan yang disampaikan, dan ingin memiliki, menggunakan, atau membeli
barang yang ditawarkan.
Ada
bermacam-macam reklame. Ditinjau dari tujuannya terdiri dari reklame
komersil dan reklame nonkomersil. Ditinjau dari sifatnya, terdiri dari
reklame peringatan, reklame permintaan atau ajakan, dan reklame
penerangan. Ditinjau dari jenis (media), terdiri dari reklame audio,
reklame visual, dan reklame audio visual.
Reklame
media visual dibagi dua jenis berdasarkan pemasangannya, yaitu reklame
dalam ruang dan reklame luar ruang. Reklame dalam ruang biasanya
ditempatkan di dalam gedung yang strategis dan dapat dilihat orang
secara jelas. Reklame di luar ruang biasanya ditempatkan di luar gedung
yang sering dilalui orang, misalnya pada sisi persimpangan jalan raya
yang padat. Unsur reklame media visual yaitu berupa gambar dan tulisan.
Contoh reklame media visual yaitu baliho, billboard, spanduk, poster,
brosur, dan katalog. Perhatikan gambar beberapa contoh reklame media
visual berikut.
Ayo Berlatih
Teks
di atas merupakan teks nonfiksi yang terdiri dari tiga paragraf. Setiap
paragraf pada bacaan di atas memiliki gagasan utama. Apa gagasan utama
pada paragraf pertama? Apa gagasan utama pada paragraf kedua? Apa
gagasan utama pada paragraf ketiga? Apakah menurutmu judul dan isi
bacaan sesuai? Coba ceritakan kepada teman-temanmu secara lisan.
IPA
Poster Ciri-Ciri Fisik Masa Pubertas
Saat
memasuki masa pubertas, remaja mengalami perubahan fisik. Perubahan
fisik dipengaruhi oleh hormon yang dihasilkan tubuh. Remaja perempuan
menghasilkan hormon esterogen. Sementara itu, remaja laki- laki
menghasilkan hormon testosteron. Karena menghasilkan hormon yang
berbeda, perubahan fisik yang terjadi juga berbeda.
Ayo, kita pelajari kembali ciri-ciri masa pubertas pada laki-laki dan perempuan melalui poster berikut.
TUGAS HARI INI:
Apa
nama jenis reklame media visual pada gambar di atas? Ingatkah kamu
mengenai masa pubertas? Coba tuliskan kembali ciri-ciri masa pubertas
anak laki-laki dan anak perempuan pada selembar kertas. Kemudian,
kumpulkan hasil tulisannmu kepada gurumu.
Demikian pembelajaran kita hari ini semoga ilmu yang diperoleh dapat bermanfaat
Tetap semangat belajar ya ......
Kerjakan sholat lima waktu
Biasakan murojaah / tadarrus ba'da maghrib dan shubuh
Patuhi nasehat Ayah Bunda/Mama Papa
Anak sholih sholihah
Mari akhiri pembelajaran hari ini dengan membaca hamdalah
Hari/Tanggal : Selasa, 19 Maret 2024 Muatan Pembelajaran : 1. IPAS Bab 6 : Indonesia Kaya Budaya 2. Pend. Pancasila : Negaraku 4. Bahasa Indonesia : Satu Titik Capaian Pembelajaran IPAS 1. Peserta didik mengidentifikasi ragam bentang alam dan keterkaitannya dengan profesi masyarakat. 2.Peserta didik mendeskripsikan terjadinya siklus air dan mampu menunjukkan letak kota/kabupaten dan provinsi tempat ia tinggal pada peta konvensional/digital. Capaian Pembelajaran Bahasa Indonesia 1. Peserta didik mampu memahami ide pokok (gagasan) suatu pesan lisan, informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/a...
Hari/Tanggal : Jum'at, 17 Mei 2024 Muatan Pembelajaran : 1. IPAS BAB 6 : Kegiatan ekonomi masyarakat Capaian Pembelajaran: Peserta didik mampu membedakan antara kebutuhan dan keinginan, mengenal nilai mata uang dan mendemonstrasikan bagaimana uang digunakan untuk mendapatkan nilai manfaat/ memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Apa kabar anak sholih sholihah......... Semoga kalian semua dalam keadaan sehat wal afiyah ya.... Anak sholih sholihah tujuan pembelajaran yang akan dicapai adalah peserta didik dapat mengidentifikasi jenis-enis usaha dalam bidang ekonomi 1. Negara yang sebagian besar mata pencaharian penduduknya di bidang pertanian disebut negara ......
Hari/Tanggal : Kamis, 16 Mei 2024 Muatan Pembelajaran : 1. Matematika : Pecahan Capaian Pembelajaran Pada akhir fase B, peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan ( number sense ) pada bilangan cacah sampai 10.000. Mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, menggunakan nilai tempat, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan tersebut. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan uang menggunakan ribuan sebagai satuan.peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 1.000. Mereka dapat melakukan operasi perkalian dan pembagian bilangan cacah sampai 100 menggunakan benda-benda konkret, gambar dan simbol matematika. Mereka juga dapat menyelesai...
Komentar
Posting Komentar