Senin, 07 Oktober 2024

 


Hari/Tanggal                              : Senin, 7 Oktober 2024

Muatan  Pembelajaran              :  

1. Matematika                   Pecahan

2. Bahasa Indonesia         : Buku Jendela Dunia

3. Seni Budaya                  : Mengeksplore Ikatan dan Simpul

Media Pembelajaran                  : Video/PPT

                                                      

Capaian  Pembelajaran Matematika

Elemen Bilangan

Peserta didik dapat membandingkan dan mengurutkan berbagai pecahan termasuk pecahan campuran, melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan, serta melakukan operasi perkalian dan pembagian pecahan dengan bilangan asli. Mereka dapat mengubah pecahan menjadi desimal, serta membandingkan dan mengurutkan bilangan desimal (satu angka di belakang koma)

CAPAPAIAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA:

Peserta didik mampu menulis berbagai teks sederhana berdasarkan gagasan, hasil pengamatan, pengalaman, dan imajinasi. Peserta didik mampu menuliskan hasil pengamatan yang menjelaskan hubungan kausalitas (sebab akibat) untuk meyakinkan pembaca. Peserta didik mampu menggunakan kaidah kebahasaan dan kesastraan untuk menulis teks sesuai dengan konteks dan norma sosial budaya. Peserta didik mampu menggunakan kosakata baru yang memiliki makna denotatif, konotatif, dan kiasan. Peserta didik mampu menyampaikan perasaan berdasarkan fakta, imajinasi (dari diri sendiri dan orang lain) secara indah dan menarik dalam bentuk karya sastra dengan penggunaan kosakata secara kreatif. Peserta didik terampil menulis teks dalam tulisan Latin dan tegak bersambung.

Seni Rupa

Elemen Mengalami

Pada akhir fase C, peserta didik memahami unsur rupa dan prinsip desain di lingkungan sekitarnya.  Peserta didik menyimpulkan hasil pengamatan dan pemahaman pada perpaduan unsur dalam prinsip desain.


Apa kabar anak sholih sholihah.........
semoga hari ini semua dalam keadaan sehat wal'afiyah ....
    Anak sholih sholihah, beberapa hari lagi kalian akan melaksanakan Sumatif Tengah Semester. Oleh karena itu hari ini kita akan membahas soal dengan materi yang sudah pernah kita pelajari sebelumnya, jadi tujuan pembelajaran hari ini anak-anak dapat mengerjakan soal-soal dengan benar.

Matematika
Pembahasan soal 
Mari kita simak video berikut!

Setelah menonton video di atas silakan kalian kerjakan soal berikut dengan benar!

1.   12. 573  dibaca ……

2.   Sebelas ribu dua ratus sembilan puluh satu ditulis dengan angka …..

3.   Pada bilangan 24.896, angka 8 menenpati nilai …..

4.   27.984, dekomposisi bilangan di samping adalah ….

5.   27. 234  ; 27. 324 ; 27.432,  bilangan terkecil pada deret angka tersebut  adalah …..

6.   Bandingkan bilangan berikut! 35.189  ……35. 819

7.   Pak zidan memilki kebun buah apel. Pada bulan maret Pak zidan  mendapatkan hasil panen sebanyak 35.500 kg sedangkan pada bulan april sebanyak 21.800 kg. Total produksi buah apel pada bulan maret dan april sebanyak….kg

8.   Sebuah toko kue memiliki stok gula pasir  sebanyak 34.320 kg, kemudian seorang pedagang membeli gula pasir tersebut sebanyak 11.450 kg. Berapa sisa gula pasir yang dimiliki toko kue tersebut….

9.   Harga satu kilo buah jeruk disebuah pasar Rp. 24.500, 00. Jika Tina membeli 3kg jeruk, maka Tina harus memberikan uang sejumlah…..

10.    Alvaro mempunyai uang sebesar Rp. 14.000, 00. Jika uang tersebut akan diberikan kepada 2 orang temannya yang bernama fahmi dan alvin dengan sama rata. Banyak uang di berikan kepada kedua anaknya adalah…

11.    Tuliskan 3 kelipatan persekutuan dari 4 dan 6!

12.    Tuliskan factor dari:

a. 10                          b. 12                            c.15

13.    Berapakah KPK dan FPB dari 36 dan 48

14.    Sebuah lampu merah hidup secara bergantian pada saat kereta lewat. Lampu pertama menyala setiap 3 detik dan lampu kedua menyala setiap 8 detik. Waktu kedua lampu tersebut menyala bersamaan adalah….

15.    Adzkia mempunyai 15 buah salak dan 21 buah jeruk. Buah salak dan jeruk itu dibagikan sama banyak. Banyak anak yang menerima buah tersebut ada….orang.


Seni rupa


1.       Salah satu cabang karya seni yang dapat dirasakan keindahannya, terutama melalui mata dan sentuhan / rabaan adalah …

a.       Seni Musik     b. Seni Rupa                 c. Seni Tari                   d. Seni Teater

 

2.       Indra penikmat cabang seni rupa adalah penglihatan dan …

a.       Pendengaran   b. Perasaan                   c. Penciuman                d. Perabaan

 

3.       Sebuah karya seni rupa mengandung unsur-unsur seni rupa agar karya seni terlihat lebih …

a.       Lembut           b. Besar                        c. Indah                        d. Banyak

 

4.       1) Titik

2)      Garis

3)      Pola

4)      Warna

Yang bukan unsur-unsur dalam seni rupa ditunjukkan oleh nomor …

a.       1)                   b. 2)                             c. 3)                             d. 4)

 

5.       Salah satu unsur paling dasar dalam seni rupa yaitu …

a.       Titik               b. Garis                        c. Bidang                      d. Bentuk

6.       Unsur seni rupa yang terbentuk dari gabungan unsur titik adalah …

a.       Titik               b. Garis                        c. Bidang                      d. Bentuk

 

7.       Perhatikan karya seni berikut ini !

1)      Vas Bunga

2)      Guci

3)      Patung

4)      Lukisan

Yang termasuk karya seni rupa dua dimensi ditunjukkan oleh nomor …

a.       1)                   b. 2)                             c. 3)                             d. 4)

 

8.       Pada seni rupa, tekstur dapat dibedakan menjadi dua, yaitu … dan …

a.       Panjang dan Pendek                            c. Besar dan Kecil

b.       Kasar dan Halus                                  d. Tebal dan Tipis

 

9.       Bidang merupakan unsur yang terbentuk dari dua atau lebih ujung garis yang saling bertemu. Bidang juga memiliki dimensi Panjang dan dimensi lebar, berikut ini contoh unsur bidang adalah …

a.       Prisma             b. Kubus                      c. Balok                       d. Segitiga

 

10.   Perhatikan warna-warna berikut ini !

1) Hijau

2) Kuning

3) Merah

4) Biru

Yang termasuk warna sekunder adalah …

a.       1)                   b. 2)                             c. 3)                             d. 4)


Kesimpulan 
Alhamdulillah kegiatan belajar hari ini berjalan dengan lancar, peserta didik dapat menyelesikan soal matematika  bilangan cacah dengan baik dan benar. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Selasa, 19 Maret 2024

Jumat, 17 Mei 2024

Kamis, 16 Mei 2024