Rabu, 09 Oktober 2024

 


Hari/Tanggal                              : Senin, 9 Oktober 2024

Muatan  Pembelajaran              :  

1. Matematika                   Pecahan

2. Bahasa Indonesia         : Buku Jendela Dunia

3. Pancasila                        :

Media Pembelajaran                  : Video

                                                      

Capaian  Pembelajaran Matematika

Elemen Bilangan

Peserta didik dapat membandingkan dan mengurutkan berbagai pecahan termasuk pecahan campuran, melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan, serta melakukan operasi perkalian dan pembagian pecahan dengan bilangan asli. Mereka dapat mengubah pecahan menjadi desimal, serta membandingkan dan mengurutkan bilangan desimal (satu angka di belakang koma)

CAPAPAIAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA:

Peserta didik mampu menulis berbagai teks sederhana berdasarkan gagasan, hasil pengamatan, pengalaman, dan imajinasi. Peserta didik mampu menuliskan hasil pengamatan yang menjelaskan hubungan kausalitas (sebab akibat) untuk meyakinkan pembaca. Peserta didik mampu menggunakan kaidah kebahasaan dan kesastraan untuk menulis teks sesuai dengan konteks dan norma sosial budaya. Peserta didik mampu menggunakan kosakata baru yang memiliki makna denotatif, konotatif, dan kiasan. Peserta didik mampu menyampaikan perasaan berdasarkan fakta, imajinasi (dari diri sendiri dan orang lain) secara indah dan menarik dalam bentuk karya sastra dengan penggunaan kosakata secara kreatif. Peserta didik terampil menulis teks dalam tulisan Latin dan tegak bersambung.


Apa kabar anak sholih sholihah.........
semoga hari ini semua dalam keadaan sehat wal'afiyah ....
    Anak sholih sholihah, beberapa hari lagi kalian akan melaksanakan Sumatif Tengah Semester. Oleh karena itu hari ini kita akan membahas soal dengan materi yang sudah pernah kita pelajari sebelumnya, jadi tujuan pembelajaran hari ini anak-anak dapat mengerjakan  soal dengan baik dan benar.




Matematika
Pembahasan soal 
Mari kita simak video berikut!

1.       Dekomposisi dari 75.236 = …… puluh ribuan + …. Ribuan + ….. Ratusan + ….Puluhan + …. Satuan

 

2.       36.800 ….. 63.800

Tanda perbandingan yang sesuai untuk mengisi titik-titik antara dua bilangan tersebut adalah….

 

3.       Sebuah peternak ayam memilihara 35.765 ekor ayam. Jika 12.875 ekor ayam terjual, maka sisa ayam yang belum terjual ada…..

 

4.       Aisyah membeli 5 buah pena, jika harga satu pena  Rp. 3.500,00, maka uang yang harus dibayarkan oleh Aisyah adalah….

 

5.       Faktor dari 8 adalah….

 

6.       3 Kelipatan persekutuan dari 4 dan 12 adalah….

7.       FPB dan KPK dari 15 dan 20 adalah…..

 

8.    ………..

Tanda untuk membandingkan dua pecahan tersebut adalah….

9.       2  ………..

Tanda untuk membandingkan dua pecahan tersebut adalah….

10.   Banyak penduduk Desa Sukamaju adalah 36.450 jiwa. Banyak penduduk Desa Sukamandi adalah 32.567 jiwa. Banyak penduduk Desa Sukajaya adalah 34.768 jiwa. Tulislah urutan Desa dari yang penduduknya paling banyak!

 

11.   Toko buku Aladin menyediakan stok buku tulis sebanyak 12.376 buku. Tadi pagi datang lagi buku tulis dari pemasok sebanyak 20.347 buku. Berapa banyak stok buku tulis di toko buku Aladin sekarang?

 

12.    Bu Siti mempunyai 48 kg minyak dan 64 kg beras yang akan dibagikan kepada keluarga kurang mampu. Setiap minyak dan beras dibagikan sama banyak. Berapa banyak keluarga yang mendapatkan bagian?

 

13.   Pada tanggal 20 April 2023 Ihsan, Faris dan Fahmi berlatih berenang bersama. Jika Ihsan berlatih 3 hari sekali, Faris setiap 5 hari sekali dan Fahmi setiap 6 hari sekali. Tentukanlah waktu mereka akan berlatih berenang bersama untuk yang kedua kalinya!

 

14.   Bandingkan pecahan-pecahan berikut!

a.      

 

b.      

 

15.   Perhatikan pecahan berikut ini !

Urutkan bilangan pecahan diatas dari yang terkecil sampai yang terbesar…..



KESIMPULAN :
Alhamdulillah kegiatan belajar hari berjalan dengan lancar. Pesrta didik dapat memahami materi dengan baik.dari 26 peseta didik, masih ada 3 peserta didik yang belum maksimal dalam memahami materi KPK, FPB, dan mengurutkan pecahan dengan baik

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Selasa, 19 Maret 2024

Jumat, 17 Mei 2024

Kamis, 16 Mei 2024