Rabu, 02 Oktober 2024
Hari/Tanggal : Rabu, 2 Oktober 2024
Muatan Pembelajaran :
1. Matematika : Pecahan
2. Bahasa Indonesia : Buku Jendela Dunia
3. Pancasila : norma
Model pembelajaran : PBL, Ketrampilan proses
Media Pembelajaran : Video/PPT, Papan tulis, kertas, alat
tulis, crayon, streples, gunting, dll
CP Matematika
Elemen Bilangan
Peserta didik dapat membandingkan dan mengurutkan berbagai pecahan termasuk pecahan campuran, melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan, serta melakukan operasi perkalian dan pembagian pecahan dengan bilangan asli. Mereka dapat mengubah pecahan menjadi desimal, serta membandingkan dan mengurutkan bilangan desimal (satu angka di belakang koma)
CP BAHASA INDONESIA
ELEMEN MENULIS
Peserta didik mampu menulis teks eksplanasi, laporan, dan eksposisi persuasif dari gagasan, hasil pengamatan, pengalaman, dan imajinasi; menjelaskan hubungan kausalitas, serta menuangkan hasil pengamatan untuk meyakinkan pembaca. Peserta didik mampu
menggunakan kaidah kebahasaan dan kesastraan untuk menulis teks sesuai dengan konteks dan norma budaya; menggunakan kosakata baru yang memiliki makna denotatif, konotatif, dan kiasan. Peserta didik menyampaikan perasaan berdasarkan fakta, imajinasi (dari diri sendiri dan orang lain) secara indah dan menarik dalam bentuk prosa dan puisi dengan penggunaan kosakata secara kreatif.
CP PANCASILA
Peserta didik mampu memahami kronologi sejarah kelahiran Pancasila; meneladani sikap para perumus Pancasila dan menerapkan di lingkungan masyarakat; menghubungkan sila-sila dalam Pancasila sebagai suatu kesatuan yang utuh, menguraikan makna nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara, pandangan hidup, dan ideologi bangsa dan negara.
Apa kabar anak sholih sholihah.........
Misalnya pecahan 3/9, 5/9, 1/9 diurutkan dari yang terkecil menjadi 1/9, 3/9, 5/9.
Contoh pecahan tersebut memiliki penyebut yang sama, yaitu 9, sehingga cara mengurutkannya hanya perlu melihat pembilang atau nilai angka yang di atas.
Langkah mengurutkan pecahan dengan penyebut yang tidak sama seperti berikut.
1. Mencari nilai KPK dari penyebut pecahan yang ingin diurutkan.
2. Mengalikan setiap penyebut pecahan dengan angka lain untuk menghasilkan nilai KPK tersebut.
3. Pembilang juga dikalikan sama dengan angka perkalian penyebut.
Pilihlah kertas dan tentukan jumlah halaman.. Misalnya, dengan menggunakan kertas ukuran A4 Jumlah halaman 6 (3 lembar kertas)
Langkah 2
Lipat 3 lembar kertas A4 menjadi dua bagian yang sama seperti terlihat pada gambar di atas.
Langkah 3
Tumpuk kertas yang sudah dilipat sehingga membentuk sebuah buku.
Langkah 4
Putuskan apa yang akan dituangkan di setiap halaman
1. Sampul depan
2. Daftar isi
3. Isi
Langkah 5
Mulailah menggambar dan menulis pada setiap halaman
Langkah 6
Warnai gambar agar tampak lebih menarik
B. hak
C. norma
D. hukum
A. UUD 1945
B. kitab suci
C. Pancasila
D. kitab Negara Kertagama
A. kesejahteraan semakin meningkat
B. kehidupan menjadi harmonis
C. memunculkan pertikaian
D. dicemooh oleh masyarakat setempat
- Mengikuti upacara agama lain tanpa izin
- Membantu teman yang berbeda agama
- Menaati segala aturan yang berlaku
- Mengabaikan tata tertib ketika berkendara
- Saling menghargai dan bertoleransi
A. 1, 2, dan 3
B. 2, 3, dan 5
C. 3, 4, dan 5
D. 1, 4, dan 5
A. tidak masuk akal
B. kurang hati-hati
C. sesuai aturan
D. tidak sesuai aturan
Komentar
Posting Komentar