Senin, 20 Mei 2024

 


Hari/Tanggal                      : Senin, 20 Mei 2024

Muatan  Pembelajaran      :  

1. Pendidikan Pancasila   : Gotong Royong

2. Matematika                    : Analisa Data dan Peluang

3. Bahasa Indonesia         : Sehatlah Ragaku

4. Seni Budaya                  : Mengenal Tari Melalui Cerita Rakyat

Capaian Pendidikan Pancasila

Peserta didik mampu mengidentifikasi lingkungan tempat tinggal (RT, RW, desa atau kelurahan, dan kecamatan) sebagai bagian dari wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia; menunjukkan sikap kerja sama dalam berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan di lingkungan tempat tinggal dan sekolah.

Capaian Pembelajaran Matematika

Peserta didik dapat mengurutkan, membandingkan, menyajikan, menganalisis dan menginterpretasi data dalam bentuk tabel, diagram gambar, piktogram, dan diagram batang (skala satu satuan)

S Capaian Bahasa Indonesia

   1.  Peserta didik mampu memahami ide pokok (gagasan) suatu pesan lisan, informasi dari media audio, teks   aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan tujuan berkomunikasi.

2.       Peserta didik mampu memahami dan memaknai teks narasi yang dibacakan atau dari media audio.

3.       Peserta didik mampu memahami pesan dan informasi tentang kehidupan sehari-hari, teks narasi, dan puisi anak dalam bentuk cetak atau elektronik.

4.       Peserta didik mampu membaca kata-kata baru dengan pola kombinasi huruf yang telah dikenalinya dengan fasih.

5.       Peserta didik mampu memahami ide pokok dan ide pendukung pada teks informatif.

6.       Peserta didik mampu menjelaskan hal-hal yang dihadapi oleh tokoh cerita pada teks narasi.

7.       Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa sesuai dengan topik.

8.       Peserta didik mampu berbicara dengan pilihan kata dan sikap tubuh/gestur yang santun, menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks.

9.       Peserta didik mengajukan dan menanggapi pertanyaan, jawaban, pernyataan, penjelasan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan aktif.

10.   Peserta didik mampu mengungkapkan gagasan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan mematuhi tata caranya.

11.   Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu informasi yang dibaca atau didengar dari teks narasi dengan topik yang beraneka ragam.

     Peserta didik mampu menulis teks narasi, teks deskripsi, teks rekon, teks prosedur, dan teks eksposisi dengan rangkaian kalimat yang beragam, informasi yang rinci dan akurat dengan topik yang beragam.

    Capaian Seni Budaya

  

Pada akhir fase, peserta didik mampu menilai hasil pencapaian diri dalam mengenal tari sebagai wujud ekspresi diri, melalui pengamatan bentuk penyajian tari berdasarkan latar belakang serta pengidentifikasian dalam menerapkan unsur utama tari, level, perubahan arah, sebagai bentuk ekspresi tari kelompok yang dapat menumbuhkan rasa cinta pada seni tari.

Elemen

Capaian Pembelajaran

Mengalami

(Experiencing)

Pada akhir fase ini, peserta didik mampu mengamati bentuk penyajian tari berdasarkalatar belakang serta mengeksplorasi unsuutama tari sesuai level, perubahan arah hadap, dan desailantai.

Menciptakan

(Making/Creating)

Pada akhir fase ini, peserta didik mampu mengidentifikasi damembuat gerak dengaunsur utama tarilevel, dan perubahan arahadap.

Merefleksikan

(Reflecting)

Pada akhir fase ini, peserta didik mampu menilai pencapaian dirinya saat melakukaaktivitas pembelajaran tari.

Berpikir dan BekerjArtisti(Thinking and Working Artistically)

Pada akhir fase ini, peserta didik mampu menunjukkan hasil tari kelompok dengan bekerja secara kooperatif untumengembangka kemampua bekerja  sama dan saling menghargai demi tercapainya tujuan bersama.

Berdampa(Impacting)

Pada akhir fase ini, peserta didik mampu menumbuhkan rasa cinta pada seni tari yang berpengaruh pada kemampuan diri dalamenyelesaikan aktivitas pembelajaran tari.

 

 


Apa kabar anak sholih sholihah.........
semoga kalian semua dalam keadaan sehat walaf'iyah ....
Adapun tujuan pembelajaran hari ini peserta didik dapat menyajikan data dalam bentuk piktogram ,  menginterpretasikan data dalam bentuk piktogram, menjelaskan manfaat gotong royong, menganalisa gerakan tari berdasarkan cerita rakyat. 


Pendidikan Pancasila

Gotong royong merupakan sebuah tradisi yang melekat pada masyarakat Indonesia, dan telah diajarkan secara turun-temurun pada generasi muda.

Seperti diketahui, Indonesia dikenal sebagai negara ber-masyarakat majemuk yang terdiri dari berbagai suku, adat istiadat, agama dan kepercayaan yang berbeda- beda.

Maka dari itu, dengan adanya tradisi gotong royong, diyakini dapat membangun lingkungan masyarakat yang hermonis, damai dan aman di tengah perbedaan.

Istilah gotong royong sendiri berasal dari kata gotong yang berarti bekerja dan royong yang bermakna bersama.

Secara harfiah, gotong royong merupakan mengerjakan sesuatu bersama-sama.

Dalam kehidupan bertetangga, gotong royong penting dilakukan agar menumbuhkan rasa solidaritas, belajar toleransi, serta membuat pekerjaan jadi cepat selesai.

Tidak hanya itu, gotong royong juga mampu menciptakan kedekatan antar tetangga sehingga muncul rasa kekeluargaan.

Ada banyak contoh gotong royong di lingkungan masyarakat yang bisa kamu lakukan.

Nah, berikut pembahasan 30 contoh gotong royong di lingkungan masyarakat beserta manfaatnya.

  1. Gotong royong membersihkan lingkungan
  2. Gotong royong memperbaiki jalan
  3. Gotong royong membangun fasilitas umum
  4. Membantu tetangga yang sedang berduka atau kesulitan
  5. Gotong royong membuang sampah di lingkungan rumah
  6. Membersihkan sampah di sungai atau saluran air agar tidak banjir 
  7. Membangun jembatan untuk fasilitas bersama
  8. Membantu tetangga yang sedang merayakan hajatan
  9. Gotong royong menyiapkan hari besar keagamaan
  10. Bekerja sama menjaga lingkungan rumah dengan mengadakan ronda
  11. Membantu mencari korban bencana alam 
  12. Membantu memasak bagi korban bencana alam
  13. Membantu seseorang yang mengalami kecelakaan dengan cara menolongnya.
  14. Gotong royong menyiapkan pentas seni masyarakat
  15. Melakukan musyawarah
  16. Membersihkan masjid saat menjelang hari raya dan bulan puasa
  17. Membersihkan got ketika musim penghujan tiba
  18. Membantu  mengantarkan jenazah ke pemakaman
  19. Membantu penggalian kubur saat ada tetangga yang meninggal dunia
  20. Membantu tetangga yang sedang membangun rumah
  21. Membantu mensukseskan pelaksanaan pemilu
  22. Membantu menjaga ketertiban di desa
  23. Membangun tempat ibadah bersama-sama.
  24. Mengerjakan tugas kelompok bersama-sama.
  25. Mengikuti kegiatan kerja bakti bersama di kelas.

Manfaat Gotong Royong di Lingkungan Masyarakat

  • Menciptakan lingkungan yang harmonis
  • Pekerjaan lebih cepat selesai
  • Menjaga persatuan
  • Menumbuhkan kebiasaan tolong-menolong dalam masyarakat
  • Lingkungan sekitar lebih aman dan damai.
  • Meningkatkan kualitas hidup
  • Membangun karakter positif
  • Membanun kesadaran lingkungan
  • Menumbuhkan rasa kebersamaan dan menumbuhkan rasa kasih sayang kepada sesama.
  • Mempererat tali silaturahmi dan menghindari perpecahan dalam kehidupan bermasyarakat.
  • Memperbaiki produktivitas kerja dalam kehidupan sehari-hari.
  • Melahirkan rasa persatuan dan kesatuan dalam kehidupan bermasyarakat.
Matematika

Piktogram dalam matematika adalah suatu penyajian data dengan menggunakan gambar tertentu untuk mewakili banyaknya objek.
Piktogram sering disebut juga sebagai diagram gambar yang representasi datanya menggunakan simbol atau gambar. Jika diagram batang menggunakan kolom untuk menunjukkan suatu data, maka diagram gambar menggunakan gambar-gambar untuk menyimbolkan suatu data.
Piktogram memiliki tujuan yang sama dengan diagram pada umumnya, yaitu untuk menyajikan data dalam bentuk yang lebih sederhana dan mudah dipahami.
Kerjakan Latihan Berikut !
Soal No.1
Perhatikan data benda yang ada di meja guru berikut ini!
Benda yang paling banyak ada di meja guru yaitu . . .
A. pensil
B. penggaris
C. penghapus
D. vas bunga

Soal No.2
Perhatikan data mainan Nanda berikut ini!
Jumlah keseluruhan mainan yang dimiliki Nanda yaitu. . .
A. 6
B. 13
C. 15
D. 18

Soal No.3
Perhatikan data buah Bu Heni berikut ini!
Buah milik Bu Heni yang jumlahnya paling sedikit yaitu . . .
A. mangga
B. apel
C. jeruk
D. alpukat

Soal No.4
Perhatikan data hewan yang ada di rumah Rudi berikut ini!
Hewan di rumah Rudi yang jumlahnya sama yaitu . .
A. anjing dan burung
B. anjing dan ikan
C. kucing dan burung
D. kucing dan ikan

Soal No.5
Perhatikan data benda yang ada di kelas berikut ini!
Selisih banyaknya meja dan kursi di kelas yaitu . . .
A. 1
B. 3
C. 5
D. 6

Soal No.6
Perhatikan data olahraga yang disukai siswa kelas IV berikut ini!
Banyak siswa kelas IV yang menyukai bulu tangkis yaitu. . .
A. 3 orang siswa
B. 6 orang siswa
C. 8 orang siswa
D. 16 orang siswa

Soal No.7
Perhatikan data hewan peliharaan siswa SD Tunas Harapan berikut ini!
Banyak siswa SD Tunas Harapan yang memelihara ayam yaitu . . .
A. 3 orang siswa
B. 10 orang siswa
C. 12 orang siswa
D. 15 orang siswa

Soal No.8
Perhatikan data warna kesukaan siswa berikut ini!
Banyak siswa yang menyukai warna hijau yaitu. . .
A. 4 orang siswa
B. 12 orang siswa
C. 16 orang siswa
D. 20 orang siswa

Soal No.9
Perhatikan data buah kesukaan siswa berikut ini!
Selisih banyak siswa yang menyukai mangga dan durian yaitu . . .
A. 1 orang siswa
B. 2 orang siswa
C. 3 orang siswa
D. 4 orang siswa

Soal No.10
Perhatikan data makanan kesukaan siswa kelas V berikut ini!
Jumlah keseluruhan siswa kelas IV yaitu. . .
A. 26 orang siswa
B. 27 orang siswa
C. 30 orang siswa
D. 33 orang siswa



Bahasa Indonesia



Fakta adalah pernyataan yang berupa situasi riil dari sebuah kejadian yang terjadi. Fakta berisi sesuatu yang benar-benar ada dan pernyataan dari sebuah fakta biasanya sulit untuk disanggah oleh siapa pun.

Sementara, opini adalah suatu sikap atau pendapat seseorang mengenai sebuah keadaan yang pernah ataupun belum terjadi. Opini dipengaruhi oleh perasaan, pemikiran, perspektif, keinginan, sikap, pengalaman, pemahaman, keyakinan setiap individu.


1. Kalimat berikut yang merupakan fakta adalah ...

A. Tingginya air yang menggenangi ruas jalan di Wonokromo memang tak seberapa.

B. Berdasarkan rilis BMG kelas I Juanda, kondisi berawan hingga hujan masih akan turun mewarnai langit Surabaya.

C. Terhambatnya penurunan tinggi air di ruas jalan Tenggelis kemungkinan disebabkan oleh tersumbatnya air.

D. Aksi blokir di jalan tol Pondok Aren Jakarta kembali terjadi.


2) Peserta Perkebunan Inti Rakyat (PIR) kelapa sawit, di Desa Suka Makmur bukan hanya memerlukan rumah yang layak huni. 2) Mereka tahu betul, arti rumah yang sehat dan indah. 3) Untuk bisa memilih rumah, mereka melakukan arisan di antara kelompok tani. 4) Sekarang di desa yang ditempati tahun 1986 itu telah berdiri 200 rumah permanen dengan ukuran rata-rata 12 x 14 meter. 5) Dua puluh anggota kelompok tani Bunga Kantil memiliki rumah baru dan permanen.

Kalimat yang berisi fakta terdapat pada nomor ...

A. 1 dan 2

B. 1 dan 3

C. 3 dan 4

D. 4 dan 5


3) RSU ini direncanakan merupakan satu di antara alternatif tepat pemilihan pengobatan di kota ini. 2) Di RSU ini dipasang dua alat canggih/ECG untuk mendeteksi kelainan jantung buatan Jerman. 3) Pengelola RSU berusaha melengkapi pengobatan setingkat RSU di kota besar. 4) Jika pertambahan penduduk meningkat 2 persen per tahun, RSU ini menjadi alternatif pertama dalam pemilihan kesehatan. 5) Ada kasus bahwa pelayanan kesehatan bermutu lebih mudah dikenal dari kecanggihan infrastruktur klinik maupun rumah sakit.

Kalimat yang mengandung fakta terdapat pada nomor ...

A. 1

B. 2

C. 3

D. 4


4. Sulit meminta maaf dan sulit memberi maaf sesungguhnya merupakan sifat manusia pada umumnya. Namun, peluang untuk meminta maaf dan memberi maaf pastilah selalu ada. Jika setiap orang bersedia memberi maaf alangkah tenteram dan nikmatnya kehidupan di muka bumi ini. Lebih dari itu, apabila setiap orang sadar bahwa memberi maaf itu bahkan lebih mulia nilainya daripada meminta maaf.

Pendapat yang tepat sesuai paragraf di atas adalah ...

A. Memberi maaf dan meminta maaf merupakan sikap yang baik.

B. Meminta maaf lebih mulia daripada memberi.

C. Sulit bagi kita meminta maaf lebih dahulu.

D. Kita jangan meminta maaf jika tidak bersalah.


5. Manakah kalimat berikut yang termasuk ke dalam kalimat fakta …

a. Tingginya air yang menggenangi ruas jalan di Bekasi memang tak seberapa.

b. Aksi blokir di jalan tol Pondok Aren Jakarta kembali terjadi.

c. Warga berharap pembangunan tol Semarang – Solo supaya bisa dipercepat

d. Berdasarkan informasi dar BMKG kelas I Juanda, kondisi langit berawan hingga hujan masih akan mewarnai langit daerah Surabaya.

6.) Sebagai satu di antara negara dengan hutan terluas di dunia, Indonesia menjadi incaran investor kegiatan ekonomi ekstraktif. 2) Kini luas hutan di Indonesia yang mengalami deforentasi atau penggundulan dan degradasi atau penurunan kualitas tutupan hutan mencapai 56 juta hektar. 3) Perbaikan hutan pada tahun ini diharapkan dapat mencapai 1 juta hektar. 4) Akan tetapi, itu bergantung pada anggaran. 5) Tahun ini Departemen Kehutanan mengajukan anggaran Rp8,5 triliun ke Departemen Keuangan.

Kalimat fakta dalam paragraf di atas terdapat pada nomor ...

A. 1 dan 2

B. 1 dan 3

C. 2 dan 3

D. 2 dan 5

 

7. Cermatilah teks berikut!

Olahraga sangat membantu pertahanan tubuh agar terhindar dari berbagai penyakit. Rajin berolahraga, antara lain, membuat kita dapat tidur nyenyak. Olahraga juga membuat kita menjadi orang yang selalu ceria, sehingga terhindar dari berbagai macampenyakit termasuk kanker.

Fakta yang diperlukan untuk pendapat-pendapat yang ada pada cuplikan itu adalah ...

A. Jumlah penyakit yang biasa menyerang tubuh.

B. Pengalaman tentang orang-orang yang biasa berolahraga.

C. Cara-cara berolahraga yang baik.

D. Proses perkembangbiakan kanker.


8.  Cermatilah teks berikut!

Tentunya, penanganannya itu perlu disertai pembenahan di sana-sini, terutama kewenangan dari pihak-pihak terkait yang selama ini terkesan tumpang tindih, baik itu antarkementerian, antardirjen, maupun kewenangan pemerintah pusat dengan daerah. 

Berdasarkan istilah yang digunakannya, cuplikan artikel tersebut bertopik tentang ...

A. Pendidikan

B. Politik

C. Pemerintahan

D. Ekonomi


9.  Doni memang pantas disebut sebagai maniak bola. 2) Sejak usia 11 tahun, Doni telah mendedikasikan hidupnya untuk terjun ke dunia sepak bola. 3) Kini ia berusia 30 tahun. 4) Ia mengaku tidak bisa memisahkan hidupnya dengan sepak bola.

Manakah kalimat di atas yang berupa fakta ...

A. 1 dan 2

B. 3 dan 4

C. 2 dan 3

D. 4 dan 1




Seni Budaya

1. Bentuk tari yang ditampilkan secara individu, baik oleh penari permepuan atau laki-laki disebut ...

A. Tunggal
B. Bersama
C. Kelompok
D. Berpasangan


2. Bentuk tari yang ditampilkan oleh dua atau lebih penari secara berkelompok disebut ...

A. Tunggal
B. Bersama
C. Kelompok
D. Berpasangan


3.Tari Srimpi merupakan tarian yang ditampilkan secara ...

A. Sendiri
B. Tunggal
C. Kelompok
D. Berpasangan


4. Tari Kecak merupakan tari yang ditampilkan secara kelompok yang berasal dari ...

A. Bali
B. Aceh
C. Papua
D. Jawa Timur



5. Tarian dari Bali yang ditampilkan secara tunggal adalah ...

A. Tari Keris
B. Tari Legong
C. Tari Kecak
D. Tari Pendet


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Selasa, 19 Maret 2024

Jumat, 17 Mei 2024

Kamis, 16 Mei 2024