Senin, 20 Mei 2024
Hari/Tanggal : Senin, 20 Mei 2024
Muatan Pembelajaran :
1. Pendidikan Pancasila : Gotong Royong
2. Matematika : Analisa Data dan Peluang
3. Bahasa Indonesia : Sehatlah Ragaku
4. Seni Budaya : Mengenal Tari Melalui Cerita Rakyat
Capaian Pendidikan Pancasila
Peserta didik mampu mengidentifikasi lingkungan tempat tinggal (RT, RW, desa atau kelurahan, dan kecamatan) sebagai bagian dari wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia; menunjukkan sikap kerja sama dalam berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan di lingkungan tempat tinggal dan sekolah.
Capaian Pembelajaran Matematika
S Capaian Bahasa Indonesia
1. Peserta didik mampu memahami ide pokok (gagasan) suatu pesan lisan, informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan tujuan berkomunikasi.
2. Peserta didik mampu memahami dan memaknai teks narasi yang dibacakan atau dari media audio.
3. Peserta didik mampu memahami pesan dan informasi tentang kehidupan sehari-hari, teks narasi, dan puisi anak dalam bentuk cetak atau elektronik.
4. Peserta didik mampu membaca kata-kata baru dengan pola kombinasi huruf yang telah dikenalinya dengan fasih.
5. Peserta didik mampu memahami ide pokok dan ide pendukung pada teks informatif.
6. Peserta didik mampu menjelaskan hal-hal yang dihadapi oleh tokoh cerita pada teks narasi.
7. Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa sesuai dengan topik.
8. Peserta didik mampu berbicara dengan pilihan kata dan sikap tubuh/gestur yang santun, menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks.
9. Peserta didik mengajukan dan menanggapi pertanyaan, jawaban, pernyataan, penjelasan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan aktif.
10. Peserta didik mampu mengungkapkan gagasan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan mematuhi tata caranya.
11. Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu informasi yang dibaca atau didengar dari teks narasi dengan topik yang beraneka ragam.
Peserta didik mampu menulis teks narasi, teks deskripsi, teks rekon, teks prosedur, dan teks eksposisi dengan rangkaian kalimat yang beragam, informasi yang rinci dan akurat dengan topik yang beragam.
Capaian Seni Budaya
Pada akhir fase, peserta didik mampu menilai hasil pencapaian diri dalam mengenal tari sebagai wujud ekspresi diri, melalui pengamatan bentuk penyajian tari berdasarkan latar belakang serta pengidentifikasian dalam menerapkan unsur utama tari, level, perubahan arah, sebagai bentuk ekspresi tari kelompok yang dapat menumbuhkan rasa cinta pada seni tari.
|
Gotong royong merupakan sebuah tradisi yang melekat pada masyarakat Indonesia, dan telah diajarkan secara turun-temurun pada generasi muda.
Seperti diketahui, Indonesia dikenal sebagai negara ber-masyarakat majemuk yang terdiri dari berbagai suku, adat istiadat, agama dan kepercayaan yang berbeda- beda.
Maka dari itu, dengan adanya tradisi gotong royong, diyakini dapat membangun lingkungan masyarakat yang hermonis, damai dan aman di tengah perbedaan.
Istilah gotong royong sendiri berasal dari kata gotong yang berarti bekerja dan royong yang bermakna bersama.
Secara harfiah, gotong royong merupakan mengerjakan sesuatu bersama-sama.
Dalam kehidupan bertetangga, gotong royong penting dilakukan agar menumbuhkan rasa solidaritas, belajar toleransi, serta membuat pekerjaan jadi cepat selesai.
Tidak hanya itu, gotong royong juga mampu menciptakan kedekatan antar tetangga sehingga muncul rasa kekeluargaan.
Ada banyak contoh gotong royong di lingkungan masyarakat yang bisa kamu lakukan.
Nah, berikut pembahasan 30 contoh gotong royong di lingkungan masyarakat beserta manfaatnya.
- Gotong royong membersihkan lingkungan
- Gotong royong memperbaiki jalan
- Gotong royong membangun fasilitas umum
- Membantu tetangga yang sedang berduka atau kesulitan
- Gotong royong membuang sampah di lingkungan rumah
- Membersihkan sampah di sungai atau saluran air agar tidak banjir
- Membangun jembatan untuk fasilitas bersama
- Membantu tetangga yang sedang merayakan hajatan
- Gotong royong menyiapkan hari besar keagamaan
- Bekerja sama menjaga lingkungan rumah dengan mengadakan ronda
- Membantu mencari korban bencana alam
- Membantu memasak bagi korban bencana alam
- Membantu seseorang yang mengalami kecelakaan dengan cara menolongnya.
- Gotong royong menyiapkan pentas seni masyarakat
- Melakukan musyawarah
- Membersihkan masjid saat menjelang hari raya dan bulan puasa
- Membersihkan got ketika musim penghujan tiba
- Membantu mengantarkan jenazah ke pemakaman
- Membantu penggalian kubur saat ada tetangga yang meninggal dunia
- Membantu tetangga yang sedang membangun rumah
- Membantu mensukseskan pelaksanaan pemilu
- Membantu menjaga ketertiban di desa
- Membangun tempat ibadah bersama-sama.
- Mengerjakan tugas kelompok bersama-sama.
- Mengikuti kegiatan kerja bakti bersama di kelas.
Manfaat Gotong Royong di Lingkungan Masyarakat
- Menciptakan lingkungan yang harmonis
- Pekerjaan lebih cepat selesai
- Menjaga persatuan
- Menumbuhkan kebiasaan tolong-menolong dalam masyarakat
- Lingkungan sekitar lebih aman dan damai.
- Meningkatkan kualitas hidup
- Membangun karakter positif
- Membanun kesadaran lingkungan
- Menumbuhkan rasa kebersamaan dan menumbuhkan rasa kasih sayang kepada sesama.
- Mempererat tali silaturahmi dan menghindari perpecahan dalam kehidupan bermasyarakat.
- Memperbaiki produktivitas kerja dalam kehidupan sehari-hari.
- Melahirkan rasa persatuan dan kesatuan dalam kehidupan bermasyarakat.
A. pensil
B. penggaris
C. penghapus
D. vas bunga
A. 6
B. 13
C. 15
D. 18
A. mangga
B. apel
C. jeruk
D. alpukat
A. anjing dan burung
B. anjing dan ikan
C. kucing dan burung
D. kucing dan ikan
A. 1
B. 3
C. 5
D. 6
A. 3 orang siswa
B. 6 orang siswa
C. 8 orang siswa
D. 16 orang siswa
A. 3 orang siswa
B. 10 orang siswa
C. 12 orang siswa
D. 15 orang siswa
A. 4 orang siswa
B. 12 orang siswa
C. 16 orang siswa
D. 20 orang siswa
Selisih banyak siswa yang menyukai mangga dan durian yaitu . . .
A. 1 orang siswa
B. 2 orang siswa
C. 3 orang siswa
D. 4 orang siswa
Jumlah keseluruhan siswa kelas IV yaitu. . .
A. 26 orang siswa
B. 27 orang siswa
C. 30 orang siswa
D. 33 orang siswa
Fakta adalah pernyataan yang berupa situasi riil dari sebuah kejadian yang terjadi. Fakta berisi sesuatu yang benar-benar ada dan pernyataan dari sebuah fakta biasanya sulit untuk disanggah oleh siapa pun.
Sementara, opini adalah suatu sikap atau pendapat seseorang mengenai sebuah keadaan yang pernah ataupun belum terjadi. Opini dipengaruhi oleh perasaan, pemikiran, perspektif, keinginan, sikap, pengalaman, pemahaman, keyakinan setiap individu.
1. Kalimat berikut yang merupakan fakta adalah ...
A. Tingginya air yang menggenangi ruas jalan di Wonokromo memang tak seberapa.
B. Berdasarkan rilis BMG kelas I Juanda, kondisi berawan hingga hujan masih akan turun mewarnai langit Surabaya.
C. Terhambatnya penurunan tinggi air di ruas jalan Tenggelis kemungkinan disebabkan oleh tersumbatnya air.
D. Aksi blokir di jalan tol Pondok Aren Jakarta kembali terjadi.
2) Peserta Perkebunan Inti Rakyat (PIR) kelapa sawit, di Desa Suka Makmur bukan hanya memerlukan rumah yang layak huni. 2) Mereka tahu betul, arti rumah yang sehat dan indah. 3) Untuk bisa memilih rumah, mereka melakukan arisan di antara kelompok tani. 4) Sekarang di desa yang ditempati tahun 1986 itu telah berdiri 200 rumah permanen dengan ukuran rata-rata 12 x 14 meter. 5) Dua puluh anggota kelompok tani Bunga Kantil memiliki rumah baru dan permanen.
Kalimat yang berisi fakta terdapat pada nomor ...
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 3 dan 4
D. 4 dan 5
Kalimat yang mengandung fakta terdapat pada nomor ...
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
4. Sulit meminta maaf dan sulit memberi maaf sesungguhnya merupakan sifat manusia pada umumnya. Namun, peluang untuk meminta maaf dan memberi maaf pastilah selalu ada. Jika setiap orang bersedia memberi maaf alangkah tenteram dan nikmatnya kehidupan di muka bumi ini. Lebih dari itu, apabila setiap orang sadar bahwa memberi maaf itu bahkan lebih mulia nilainya daripada meminta maaf.
Pendapat yang tepat sesuai paragraf di atas adalah ...
A. Memberi maaf dan meminta maaf merupakan sikap yang baik.
B. Meminta maaf lebih mulia daripada memberi.
C. Sulit bagi kita meminta maaf lebih dahulu.
D. Kita jangan meminta maaf jika tidak bersalah.
a. Tingginya air yang menggenangi ruas jalan di Bekasi memang tak seberapa.
b. Aksi blokir di jalan tol Pondok Aren Jakarta kembali terjadi.
c. Warga berharap pembangunan tol Semarang – Solo supaya bisa dipercepat
d. Berdasarkan informasi dar BMKG kelas I Juanda, kondisi langit berawan hingga hujan masih akan mewarnai langit daerah Surabaya.
Kalimat fakta dalam paragraf di atas terdapat pada nomor ...
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 2 dan 5
7. Cermatilah teks berikut!
Olahraga sangat membantu pertahanan tubuh agar terhindar dari berbagai penyakit. Rajin berolahraga, antara lain, membuat kita dapat tidur nyenyak. Olahraga juga membuat kita menjadi orang yang selalu ceria, sehingga terhindar dari berbagai macampenyakit termasuk kanker.
Fakta yang diperlukan untuk pendapat-pendapat yang ada pada cuplikan itu adalah ...
A. Jumlah penyakit yang biasa menyerang tubuh.
B. Pengalaman tentang orang-orang yang biasa berolahraga.
C. Cara-cara berolahraga yang baik.
D. Proses perkembangbiakan kanker.
8. Cermatilah teks berikut!
Tentunya, penanganannya itu perlu disertai pembenahan di sana-sini, terutama kewenangan dari pihak-pihak terkait yang selama ini terkesan tumpang tindih, baik itu antarkementerian, antardirjen, maupun kewenangan pemerintah pusat dengan daerah.
Berdasarkan istilah yang digunakannya, cuplikan artikel tersebut bertopik tentang ...
A. Pendidikan
B. Politik
C. Pemerintahan
D. Ekonomi
9. Doni memang pantas disebut sebagai maniak bola. 2) Sejak usia 11 tahun, Doni telah mendedikasikan hidupnya untuk terjun ke dunia sepak bola. 3) Kini ia berusia 30 tahun. 4) Ia mengaku tidak bisa memisahkan hidupnya dengan sepak bola.
Manakah kalimat di atas yang berupa fakta ...
A. 1 dan 2
B. 3 dan 4
C. 2 dan 3
D. 4 dan 1
1. Bentuk tari yang ditampilkan secara individu, baik oleh penari permepuan atau laki-laki disebut ...
A. Tunggal
B. Bersama
C. Kelompok
D. Berpasangan
2. Bentuk tari yang ditampilkan oleh dua atau lebih penari secara berkelompok disebut ...
A. Tunggal
B. Bersama
C. Kelompok
D. Berpasangan
3.Tari Srimpi merupakan tarian yang ditampilkan secara ...
A. Sendiri
B. Tunggal
C. Kelompok
D. Berpasangan
4. Tari Kecak merupakan tari yang ditampilkan secara kelompok yang berasal dari ...
A. Bali
B. Aceh
C. Papua
D. Jawa Timur
5. Tarian dari Bali yang ditampilkan secara tunggal adalah ...
A. Tari Keris
B. Tari Legong
C. Tari Kecak
D. Tari Pendet
Komentar
Posting Komentar