Selasa, 14 Mei 2024
Hari/Tanggal : Selasa, 14 Mei 2024
Muatan Pembelajaran :
1. Pend. Pancasila : Gotong Royong
2. IPAS Bab 7 : Membangun Masyarakat Beradab
Capaian Pendidikan Pancasila
Peserta didik mampu mengidentifikasi lingkungan tempat tinggal (RT, RW, desa atau kelurahan, dan kecamatan) sebagai bagian dari wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia; menunjukkan sikap kerja sama dalam berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan di lingkungan tempat tinggal dan sekolah.
Capaian Pembelajaran IPAS
· Pemahaman IPAS
Peserta didik
memahami bentuk dan fungsi panca indra; siklus hidup makhluk hidup; wujud zat
dan perubahannya serta pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari; bentuk dan
sumber energi serta perubahannya, gejala kelistrikan dan kemagnetan dalam
kehidupan sehari-hari; gaya dan pengaruhnya terhadap arah, gerak, dan bentuk
benda; pergantian hari, cuaca, dan musim di lingkungan dan pengaruhnya terhadap
kehidupan sehari-hari; peran, tugas, dan tanggung jawab serta interaksi sosial
yang terjadi di sekitar tempat tinggal dan sekolah; mengenal letak
kota/kabupaten dan provinsi tempat tinggalnya melalui peta
konvensional/digital; ragam bentang alam serta keterkaitannya dengan profesi
masyarakat; keanekaragaman hayati, keragaman budaya, kearifan lokal, sejarah
keluarga dan masyarakat tempat tinggalnya, dan upaya pelestariannya; perbedaan
kebutuhan dan keinginan, nilai mata uang dan fungsinya.
·
Keterampilan
Proses
1.
Mengamati
Di akhir fase ini,
peserta didik mengamati fenomena dan peristiwa secara sederhana dan dapat
mencatat hasil pengamatannya.
2.
Mempertanyakan
dan memprediksi
Secara mandiri,
peserta didik mengajukan pertanyaan tentang hal-hal yang ingin diketahui saat
melakukan pengamatan dan membuat prediksi berdasarkan pengetahuan yang dimiliki
sebelumnya.
3.
Merencanakan
dan melakukan penyelidikan
Dengan panduan
guru, peserta didik membuat rencana dan melakukan langkah-langkah operasional
untuk menjawab pertanyaan yang diajukan. Melakukan observasi menggunakan alat
bantu pengukuran sederhana.
4.
Memproses,
menganalisis data dan informasi
Dengan panduan
guru, peserta didik mengorganisasikan data dalam bentuk turus dan diagram
gambar untuk menyajikan dan mengidentifikasi pola. Membandingkan antara hasil
pengamatan dengan prediksi dan memberikan penjelasan.
5.
Mengevaluasi
dan refleksi
Melakukan refleksi
terhadap penyelidikan yang sudah dilakukan.
6.
Mengomunikasikan
hasil
Mengomunikasikan hasil penyelidikan secara lisan dan tertulis dalam berbagai media.
Capaian Pembelajaran Bahasa Indonesia
1. Peserta didik mampu memahami ide pokok (gagasan) suatu pesan lisan, informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan tujuan berkomunikasi.
2. Peserta didik mampu memahami dan memaknai teks narasi yang dibacakan atau dari media audio.
3. Peserta didik mampu memahami pesan dan informasi tentang kehidupan sehari-hari, teks narasi, dan puisi anak dalam bentuk cetak atau elektronik.
4. Peserta didik mampu membaca kata-kata baru dengan pola kombinasi huruf yang telah dikenalinya dengan fasih.
5. Peserta didik mampu memahami ide pokok dan ide pendukung pada teks informatif.
6. Peserta didik mampu menjelaskan hal-hal yang dihadapi oleh tokoh cerita pada teks narasi.
7. Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa sesuai dengan topik.
8. Peserta didik mampu berbicara dengan pilihan kata dan sikap tubuh/gestur yang santun, menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks.
9. Peserta didik mengajukan dan menanggapi pertanyaan, jawaban, pernyataan, penjelasan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan aktif.
10.Peserta didik mampu mengungkapkan gagasan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan mematuhi tata caranya.
11.Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu informasi yang dibaca atau didengar dari teks narasi dengan topik yang beraneka ragam.
12.Peserta didik mampu menulis teks narasi, teks deskripsi, teks rekon, teks prosedur, dan teks eksposisi dengan rangkaian kalimat yang beragam, informasi yang rinci dan akurat dengan topik yang beragam.
A. Terpecah belah
B. Berbeda
C. Utuh
D. Terpisah satu sama lain
A. Perpecahan dalam perbedaan
B. Keanekaragaman harus dipersatukan
C. Walaupun berbeda-beda, tetapi tetap satu jua
D. Perbedaan menimbulkan perpecahan
3. Istilah Bhinneka Tunggal Ika diambil dari Kitab Sutasoma karangan....
A. Mpu Tantowi
B. Mpu Tan Malaka
C. Mpu Tantular
D. Mpu Tangerang
4. Kemerdekaan bangsa Indonesia diraih berkat adanya persatuan dan kesatuan sebagai perwujudan dari Pancasila sila ke....
A. Satu
B. Dua
C. Tiga
D. Empat
5. Bangsa Indonesia akan menjadi bangsa yang kuat jika....
A. Pemerintahannya kuat
B. Sumber daya alamnya melimpah
C. Rakyatnya bersatu
D. Persenjataannya lengkap
6. Kita dapat menghargai budaya suku lain dengan cara....
A. Menonjolkan budaya sendiri
B. Memusuhi teman dari suku lain
C. Mengejek penampilan kesenian daerah lain
D. Menikmati pertunjukan seni suku lain
7. Sikap saling menghargai dan menghormati budaya daerah akan meningkatkan......
A. Harga diri daerah
B. Martabat bangsa
C. Persatuan bangsa
D. Kecintaan kepada daerah
8. Istilah gotong royong di daerah Jawa disebut....
A. Sambatan
B. Ammosi
C. Ngayah
D. Gemohing
9. Permainan berikut yang membutuhkan kerja sama antar anggota adalah.....
A. Kelereng
B. Panjang pinang
C. Petak umpet
D. Layang-layang
10. Bahasa Indonesia menjadi bahasa nasional karena bahasa Indonesia berfungsi sebagai.....
A. Bahasa ibu
B. Bahasa resmi
C. Bahasa persatuan
D. Bahasa sehari-hari
IPAS
Kartu Tanda Penduduk (KTP) merupakan kartu identitas diri yang dimiliki oleh warga negara Indonesia ketika menginjak usia 17 tahun.
- Terciptanya kehidupan harmonis di dalam masyarakat;
- Sebagai petunjuk dalam bersikap dan bertindak;
- Sebagai pengontrol sikap dan tindakan manusia;
- Sebagai alat pelindung masyarakat.
jera: kapok atau tidak ingin melakukan hal itu lagi.
Komentar
Posting Komentar