Senin, 13 Mei 2024
Hari/Tanggal : Senin, 13 Mei 2024
Muatan Pembelajaran :
1. Pendidikan Pancasila : Gotong Royong
2. Matematika : Analisa Data dan Peluang
3. Bahasa Indonesia : Sehatlah Ragaku
4. Seni Budaya : Mengenal Tari Melalui Cerita Rakyat
Capaian Pendidikan Pancasila
Peserta didik mampu mengidentifikasi lingkungan tempat tinggal (RT, RW, desa atau kelurahan, dan kecamatan) sebagai bagian dari wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia; menunjukkan sikap kerja sama dalam berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan di lingkungan tempat tinggal dan sekolah.
Capaian Pembelajaran Matematika
S Capaian Bahasa Indonesia
1. Peserta didik mampu memahami ide pokok (gagasan) suatu pesan lisan, informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan tujuan berkomunikasi.
2. Peserta didik mampu memahami dan memaknai teks narasi yang dibacakan atau dari media audio.
3. Peserta didik mampu memahami pesan dan informasi tentang kehidupan sehari-hari, teks narasi, dan puisi anak dalam bentuk cetak atau elektronik.
4. Peserta didik mampu membaca kata-kata baru dengan pola kombinasi huruf yang telah dikenalinya dengan fasih.
5. Peserta didik mampu memahami ide pokok dan ide pendukung pada teks informatif.
6. Peserta didik mampu menjelaskan hal-hal yang dihadapi oleh tokoh cerita pada teks narasi.
7. Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa sesuai dengan topik.
8. Peserta didik mampu berbicara dengan pilihan kata dan sikap tubuh/gestur yang santun, menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks.
9. Peserta didik mengajukan dan menanggapi pertanyaan, jawaban, pernyataan, penjelasan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan aktif.
10. Peserta didik mampu mengungkapkan gagasan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan mematuhi tata caranya.
11. Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu informasi yang dibaca atau didengar dari teks narasi dengan topik yang beraneka ragam.
Peserta didik mampu menulis teks narasi, teks deskripsi, teks rekon, teks prosedur, dan teks eksposisi dengan rangkaian kalimat yang beragam, informasi yang rinci dan akurat dengan topik yang beragam.
Capaian Seni Budaya
Pada akhir fase, peserta didik mampu menilai hasil pencapaian diri dalam mengenal tari sebagai wujud ekspresi diri, melalui pengamatan bentuk penyajian tari berdasarkan latar belakang serta pengidentifikasian dalam menerapkan unsur utama tari, level, perubahan arah, sebagai bentuk ekspresi tari kelompok yang dapat menumbuhkan rasa cinta pada seni tari.
|
Gotong royong merupakan sebuah tradisi yang melekat pada masyarakat Indonesia, dan telah diajarkan secara turun-temurun pada generasi muda.
Seperti diketahui, Indonesia dikenal sebagai negara ber-masyarakat majemuk yang terdiri dari berbagai suku, adat istiadat, agama dan kepercayaan yang berbeda- beda.
Maka dari itu, dengan adanya tradisi gotong royong, diyakini dapat membangun lingkungan masyarakat yang hermonis, damai dan aman di tengah perbedaan.
Istilah gotong royong sendiri berasal dari kata gotong yang berarti bekerja dan royong yang bermakna bersama.
Secara harfiah, gotong royong merupakan mengerjakan sesuatu bersama-sama.
Dalam kehidupan bertetangga, gotong royong penting dilakukan agar menumbuhkan rasa solidaritas, belajar toleransi, serta membuat pekerjaan jadi cepat selesai.
Tidak hanya itu, gotong royong juga mampu menciptakan kedekatan antar tetangga sehingga muncul rasa kekeluargaan.
Ada banyak contoh gotong royong di lingkungan masyarakat yang bisa kamu lakukan.
Nah, berikut pembahasan 30 contoh gotong royong di lingkungan masyarakat beserta manfaatnya.
- Gotong royong membersihkan lingkungan
- Gotong royong memperbaiki jalan
- Gotong royong membangun fasilitas umum
- Membantu tetangga yang sedang berduka atau kesulitan
- Gotong royong membuang sampah di lingkungan rumah
- Membersihkan sampah di sungai atau saluran air agar tidak banjir
- Membangun jembatan untuk fasilitas bersama
- Membantu tetangga yang sedang merayakan hajatan
- Gotong royong menyiapkan hari besar keagamaan
- Bekerja sama menjaga lingkungan rumah dengan mengadakan ronda
- Membantu mencari korban bencana alam
- Membantu memasak bagi korban bencana alam
- Membantu seseorang yang mengalami kecelakaan dengan cara menolongnya.
- Gotong royong menyiapkan pentas seni masyarakat
- Melakukan musyawarah
- Membersihkan masjid saat menjelang hari raya dan bulan puasa
- Membersihkan got ketika musim penghujan tiba
- Membantu mengantarkan jenazah ke pemakaman
- Membantu penggalian kubur saat ada tetangga yang meninggal dunia
- Membantu tetangga yang sedang membangun rumah
- Membantu mensukseskan pelaksanaan pemilu
- Membantu menjaga ketertiban di desa
- Membangun tempat ibadah bersama-sama.
- Mengerjakan tugas kelompok bersama-sama.
- Mengikuti kegiatan kerja bakti bersama di kelas.
Manfaat Gotong Royong di Lingkungan Masyarakat
- Menciptakan lingkungan yang harmonis
- Pekerjaan lebih cepat selesai
- Menjaga persatuan
- Menumbuhkan kebiasaan tolong-menolong dalam masyarakat
- Lingkungan sekitar lebih aman dan damai.
- Meningkatkan kualitas hidup
- Membangun karakter positif
- Membanun kesadaran lingkungan
- Menumbuhkan rasa kebersamaan dan menumbuhkan rasa kasih sayang kepada sesama.
- Mempererat tali silaturahmi dan menghindari perpecahan dalam kehidupan bermasyarakat.
- Memperbaiki produktivitas kerja dalam kehidupan sehari-hari.
- Melahirkan rasa persatuan dan kesatuan dalam kehidupan bermasyarakat.
A. pensil
B. penggaris
C. penghapus
D. vas bunga
A. 6
B. 13
C. 15
D. 18
A. mangga
B. apel
C. jeruk
D. alpukat
A. anjing dan burung
B. anjing dan ikan
C. kucing dan burung
D. kucing dan ikan
A. 1
B. 3
C. 5
D. 6
A. 3 orang siswa
B. 6 orang siswa
C. 8 orang siswa
D. 16 orang siswa
A. 3 orang siswa
B. 10 orang siswa
C. 12 orang siswa
D. 15 orang siswa
A. 4 orang siswa
B. 12 orang siswa
C. 16 orang siswa
D. 20 orang siswa
Selisih banyak siswa yang menyukai mangga dan durian yaitu . . .
A. 1 orang siswa
B. 2 orang siswa
C. 3 orang siswa
D. 4 orang siswa
Jumlah keseluruhan siswa kelas IV yaitu. . .
A. 26 orang siswa
B. 27 orang siswa
C. 30 orang siswa
D. 33 orang siswa
Pentingnya Air bagi Tubuh Kita | Air Bagi Tubuh Kita |
---|---|
Agar organ tubuh bisa bekerja maksimal. | Melindungi organ-organ penting |
Menyerap zat-zat yang diperlukan tubuh | Membantu tubuh menyerap energi |
Membuang zat-zat sisa yang tidak diperlukan | Membuang kotoran |
Minum air putih membantu kelancaran metabolisme tubuh kita | Membantu mengantarkan zat gizi dan oksigen ke seluruh tubuh |
Sebagian besar tubuh manusia terdiri atas air | Terdiri dari air : Otak (75%) Darah (83%) Tulang (22%) dan Otot (75%) |
Teks yang saya sukai adalah Teks Visual Air Bagi Tubuh Kita karena pada teks tersebut disajikan secara lebih ringkas.
- Ciri-ciri air putih yang aman diminum
- Keunggulan air putih dibandingkan dengan jenis minuman lain
- Mengapa air minum perlu dimasak terlebih dahulu?
- Sumber-sumber air yang bisa dikonsumsi
- Tidak Berwarna. Air yang aman dikonsumsi akan terlihat tidak berwarna dan jernih. Apabila warnanya tidak wajar seperti keruh atau kecokelatan, sebaiknya jangan dikonsumsi.
- Memiliki rasa tawar ketika diminum.
- Air Tidak Memiliki Bau. Air minum yang baik itu tidak memiliki aroma apapun.
- Bebas Bakteri. Bakteri yang buruk dari kasus air mineral adalah pathogen yaitu jenis mikroba yang berpotensi menimbulkan berbagai macam penyakit.
- Memiliki Suhu Normal. Air mineral yang baik tidak boleh terpapar suhu panas atau dingin secara ekstrim. Hal ini menyumbang beberapa indikasi yang membuat kualitas air berkurang seperti penguapan dan pembekuan.
- Mencegah dehidrasi. Menjaga asupan cairan dengan minum air putih penting untuk mencegah tubuh dari kekurangan cairan atau dehidrasi.
- Menjaga kesehatan sendi dan otot. Konsumsi air putih secara rutin juga dapat meningkatkan kekuatan dan kelenturan sendi dan otot tubuh.
- Menjaga kesehatan pencernaan. Kurangnya asupan cairan diketahui dapat mengganggu fungsi pencernaan. Hal ini bisa mengakibatkan beberapa gangguan kesehatan, termasuk sembelit.
- Air hujan merupakan sumber air utama di bumi. Walaupun pada saat pretisipasi merupakan air yang paling bersih, air tersebut cenderung mengalami pencemaran ketika berada di atmosfer.
- Air Permukaan. Air permukaan yang meliputi badan-badan air semacam sungai, danau, telaga, waduk, rawa, air terjun, dan sumur permukaan, sebagian besar berasal dari air hujan yang jatuh ke permukaan bumi.
- Air Tanah. Air tanah (ground water) berasal dari air hujan yang jatuh ke permukaanbumi yang kemudian mengalami penyerapan ke dalam tanah danmengalami proses filtrasi secara alamiah.
Perhatikan penggalan cerita berikut!
(Untuk menjawab soal nomor 1 - 3)
Ira menggenggam tangan Mama erat-erat. Gedung di depannya tampak menyeramkan. "Setelah ini kita makan piza kan, Ma ...," bisik Ira.
"Halo, Ira! Apa kabar hari ini?" "Apa kabar kura-kura?" "Ira sudah siap?" Orang-orang itu menyapa Ira.
"Kura-kura tidak mau disuntik hari ini!" jawab Ira
Namun, dokter itu tetap ingin memeriksa si kura-kura.
Kata dokter, sel darah merah si kura-kura sudah berkurang. Darah kura-kura harus ditambah. Kita menyebutnya ditransfusi. Kalau tidak, si kura-kura akan tetap lemas dan mual.
Tapi, disuntik itu sakit, kan? Kata dokter, sakitnya hanya sebentar. Tidak sampai sepuluh hitungan. Dia meminta Ira mencoba menyuntik sambil berhitung.
Satu ... dua ... tiga ... empat ... lima ... enam ... tujuh ... delapan ... sembilan ... sepuluh! Hanya sepuluh? Selesai?
Wah, hebat! Kura-kura tidak takut! Kalau begitu, Ira juga tidak takut!
Dokter mengingatkan Ira untuk berhitung sampai sepuluh! Selama ditransfusi nanti, Ira boleh menonton film kesukaannya. Satu ... dua ... tiga ... empat ... lima ... enam ... tujuh ... delapan ... sembilan ... sepuluh!
Wah, Ira merasa lebih segar.
Sekarang sudah selesai! Bulan depan, Ira akan kembali lagi untuk transfusi.
A. Ira
B. Kura-kura
C. Dokter
D. Mama Ira
A. sel darah kura-kura berkurang
B. sel darah Ira berkurang
C. kura-kura takut disuntik
D. Ira takut disuntik
A. pemasukan darah kepada yang memerlukan
B. pemberian obat dalam darah manusia
C. pengeluaran darah menuju kantong
D. proses metabolisme yang berupa urine
Informasi berikut yang sama dengan ilustrasi di atas yaitu...
A. kekurangan konsumsi air putih dapat mengakibatkan seseorang mengalami dehidrasi
B. waktu terbaik untuk mengonsumsi segelas air putih adalah pada pagi hari
C. air putih membantu kelancaran pembuangan zat-zat sisa yang tidak diperlukan
D. Kebutuhan cairan seseorang mungkin akan berbeda dengan orang lain
A. air yang berbau tidak sehat untuk diminum
B. hindari minum air yang zat padat terlarutnya banyak
C. air panas termasuk air yang sehat untuk diminum
D. minum air yang jernih dan tidak berasa agar tubuh sehat
(1) Aku sudah sarapan tadi pagi
(2) Aku melihat bus sekolah hari ini
(3) Kakiku sakit sekali
(4) Sepertinya kakiku terkilir
Ucapan di atas yang termasuk opini ditunjukkan oleh nomor yaitu...
A. satu
B. dua
C. tiga
D. empat
A. Aku rasa penyakitku cukup parah
B. Sebaiknya kalian tidak memandangku, supaya tidak ketularan.
C. Pasti nanti dokter memberiku antibiotik
D. Dokter memeriksaku dengan sinar-X
A. paragraf deduktif
B. paragraf induktif
C. paragraf campuran
D. paragraf argumentatif
Paragraf di atas termasuk kategori paragraf. . .
A. campuran
B. deduktif
C. induktif
D. prosedurak
Paragraf di atas termasuk kategori paragraf. . .
A. prosedural
B. deduktif
C. campuran
D. induktif
1. Bentuk tari yang ditampilkan secara individu, baik oleh penari permepuan atau laki-laki disebut ...
A. Tunggal
B. Bersama
C. Kelompok
D. Berpasangan
2. Bentuk tari yang ditampilkan oleh dua atau lebih penari secara berkelompok disebut ...
A. Tunggal
B. Bersama
C. Kelompok
D. Berpasangan
3.Tari Srimpi merupakan tarian yang ditampilkan secara ...
A. Sendiri
B. Tunggal
C. Kelompok
D. Berpasangan
4. Tari Kecak merupakan tari yang ditampilkan secara kelompok yang berasal dari ...
A. Bali
B. Aceh
C. Papua
D. Jawa Timur
5. Tarian dari Bali yang ditampilkan secara tunggal adalah ...
A. Tari Keris
B. Tari Legong
C. Tari Kecak
D. Tari Pendet
Komentar
Posting Komentar