Senin, 16 Oktober 2023
Hari/Tanggal : Senin, 16 Oktober 2023
Muatan Pembelajaran :
1. Pendidikan Agama
2. Pendidikan Pancasila
Ketika kalian membaca Al-Qur’an,
perhatikan makhārijul hurūf dan hukum bacaan tajwid yang terdapat pada bacaan
tersebut. Tulisan Q.S. Al Ḥujurāt/49:13 tersebut berwarna-warni dengan tujuan
memudahkan kalian dalam membedakan hukum bacaan.
·
Menunjukkan bacaan mad
(panjang).
·
Menunjukkan bacaan
gunnah, mendengung 2 harakat.
·
Menunjukkan bacaan
qalqalah (memantul)
Surah Al-Hujurat merupakan surah
yang ke 49
اِنَّ اللّٰهَ عَلِيْمٌ خَبِيْرٌ ; sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Teliti
·
Sumber
hukum Islam ada 2 yakni; al-Qur’an dan Hadits
·
Asmaul
Husna artinya nama-nama yang baik bagi Allah
·
Penjelasan
tentang Asmaul Husna diterangkan dalam Al-Qur'an. Surah Al-Hasyr ayat 23 berisi
tentang Asmaul Husna, yaitu Al-Mu’min
·
Surah
Al-Maidah ayat 17 berisi tentang Asmaul Husna Allah, yaitu Al-Malik
·
Allah
swt. memiliki Asmaul Husna Al-Aziz yang artinya Zat Yang Maha Perkasa
·
Allah
swt. memiliki Asmaul Husna Al-Malik artinya Maha Merajai
·
Allah
Swt. memberikan keamanan bagi hamba-Nya yang beriman dan bertaqwa dari siksa
api neraka. Sifat yang dimiliki oleh Allah SWT adalah Al-Mu’min
·
Segala
sesuatu yang telah dikehendaki oleh Allah swt., tidak akan ada yang bisa
menghalang-halanginya, karena Allah swt. Maha Perkasa (Al-Aziz)
·
Dengan
mengetahui Asmaul Husna Al-Quddus, berarti kita harus suci dari kotoran/bersih
·
Asmaul
Husna Al-Aziz terdapat dalam Surah Shad ayat 66
·
Asmaul
Husna Al-Mu'min memiliki arti Yang Memelihara Keamanan, Al-Quddus memiliki arti
Yang Maha Suci, As-Salam memiliki arti Yang Maha Sejahtera, al-Malik memiliki
arti Yang Maha Merajai dan Al-Mu’min memiliki arti Yang Maha Pemberi Keamanan
·
Bukti
bahwa Allah Maha Suci terkandung dalam Surah Al-Jumu'ah :1
·
Menghargai
keragaman merupakan salah satu bentuk akhlak yang baik dan perlu kita biasakan
dalam kehidupan. Akhlak baik disebut dengan akhlakul mahmudah
·
PERILAKU YANG DILARANG DI DALAM SURAT AL-HUJURAT
AYAT 13
1. Saling
merendahkan
2. Mencela
orang lain
3. Memanggil
orang lain dengan ejekan
·
Perilaku yang termasuk ke dalam penyakit hati :
1. Sombong,
2. Riya
3. Dendam
·
Sikap yang harus dikembangkan dalam mewujudkan
persatuan dalam keragaman adalah
….Menerima keragaman suku dan budaya sebagai kekayaan bangsa
Segala perkataan (sabda), perbuatan, dan ketetapan
dari Nabi Muhammad Saw. Disebut Hadits atau Sunnah
Hukum
memohon perlindungan kepada selain Allah swt. adalah haram
Jika
meminta perlindungan kepada Allah swt. hati kita akan menjadi tentram/tenang
Faiza
memberi waktu orang lain untuk beribadah, merupakan cerminan sikap toleransi
Sikap
Tasamuh yang berasal dari bahasa Arab memiliki arti salang menghargai
·
Surah
Al-Kafirun memberi pelajaran penting bahwa tasamuh tidak boleh dilakukan dalam
masalah akidah dan ibadah
لَكُمْ دِيْنُكُمْ
وَلِيَ دِيْنِ Untukmu agamamu dan untukku
agamaku
Isi
kandungan Surah Al-Hujurat ayat 13 merupakan Bukti kekuasaan Allah SWT, yang menciptakan
manusia dari jenis laki-laki dan perempuan, serta menjadikannya bersuku-suku,
berbangsa-bangsa untuk saling mengenal satu sama lain
Isi
kandungan hadis tentang keragaman yakni : Islam tidak mengenal keistimewaan kelompok
atau individu. Dalam Islam, orang yang mulia adalah orang yang bertaqwa
Asmaul Husna Al-Mu'min memiliki arti Yang Memelihara Keamanan, Al-Quddus memiliki arti Yang Maha Suci, As-Salam memiliki arti Yang Maha Sejahtera, al-Malik memiliki arti Yang Maha Merajai dan Al-Mu’min memiliki arti Yang Maha Pemberi Keamanan
Contoh perilaku mengamalkan ayat dan hadist tentang keragaman adalah selalu :
ü
menjaga persaudaraan,
ü saling
menyayangi dan
ü menghormati
sesama
ü
Tidak merendahkan
Kisi-kisi soal Pendidikan Pancasila
Peserta
didik mampu mengetahui fungsi utama pancasila |
Peserta didik
salah satu usulan dasar negara oleh para tokoh negara |
Peserta didik
mampu memahami rumusan pancasila |
Peserta didik
mampu pentingnya pancasila |
Peserta didik
mampu menjelaskan sila dari pancasila |
Peserta
didik mampu mengetahuisalah satu rumusan dasar negara yang di usulkan oleh
para tokoh negara |
Peserta didik
mampu mengetahui usulan negara dari para tokoh negara |
Peserta
didik mampu mengetahui nilai juang para tokoh negara |
Peserta
didik mampu mengetaui untuk apa panitia kecil PPKI di bentuk |
Peserta didik
mampu mengetahui bahwa sikap pendiri negara mengutamakan kepentingan bersama. |
Peserta didik
memahami kehidupan di lingkungan keluarga berdasarkan norma yang berlaku. |
Peserta didik
mengetahui manfaat norma agama |
Peserta
didik mampu mengetahui manfaat mematuhi norma |
Peserta
didik mampu mengetahui pentingnya musyawarah dalam mengambil sebuah
keputusan. |
Peserta didik
mampu mengetahui penerapan perilaku yang merupakan bentuk pengamalan norma. |
Peserta didik
mampu mengetahui agar terhindar dari perilaku yang melanggar norma agama |
Peserta
didik mampu mengetahui cara pengambilan keputusan bersama dengan cara
musyawarah |
Peserta didik
mampu mengetahui arti pengamalan Pancasila tentang musyawarah. |
Peserta didik
mampu mengetahui dalam musyawarah mengutamakan prinsip. |
Peserta
didik mampu mengetahui tujuan musyawarah |
Peserta didik
mampu memberikan contoh musyawarah di sekolah |
Peserta
didik mampu memberikan contoh musyawarah di lingkungan masyarakat. |
Peserta didik
mengetahui bagaimana cara pengambilan keputusan dalam musyawarah. |
Peserta
didik mampu mengetahui aturan menyeberang di jalan raya |
Peserta
didik mampu mengetahui hak dan kewajiban sebagai anggota keluarga |
Peserta
didik mampu mengetahui apa yang di maksud dengan kewajiban |
Peserta
didik menghormati guru termasuk kewajiban siswa |
Peserta
didik mampu mengetahui yang di maksud norma kesusilaan. |
Peserta
didik mampu memberikan contoh pelangaran norma hukum di jalan raya |
Peserta
didik mengetahui siding BPUPKI membahas tentang dasar negara. |
Peserta
didik mengetahui siapa sajakah tokoh negara yang mengajukan dasar negara. |
Peserta
didik mampu mengetahui arti dari Dokouritsu Zyumbi Coosakai. |
Peserta
didik mampu mengetahui siapa sajakah tokoh panitia Sembilan. |
Peserta
didik mampu mengetahui pengamalan sila ke berapa membantu korban bencana
banjir. |
Peserta
didik mampu mengetahui arti dari si,bol padi dan kapas. |
Peserta
didik mampu mengetahui kepanjangan dari BPUPKI. |
Peserta
didik mampu mengetahui Lembaga yang mengantikan BPUPKI |
Peserta didik
mampu mengetahui sikap yang perlu di teladani dalam perumusan dasar negara. |
Peserta
didik mampu mengetahui nilai juang yang melandasi perjuangan para pendiri
negara. |
Peserta
didik mampu mengetahui rumusan gagasan dasar negara Indonesia yang di gagasi
oleh Soekarno. |
Peserta
didik mengetahui kewajiban anak di rumah. |
Peserta
didik mampu mengetahui kewajiban anak di rumah |
Peserta
didik mampu mengetahui jika melangar norma hukum akan di kenakan, |
Peserta
didik mampu mengetahui bagaimana cara pengambilan keputusan dalam musyawarah. |
Peserta
didik mampu mengetahui menjaga kebersihan lingkungan termasuk dalam kewajiban
amggota masyarakat. |
Peserta
didik mampu menyebutkan empat tokoh yang berperan dalam perumusan Pancasila. |
Peserta
didik mampu memberikan contoh menghargai perbedaan di sekolah. |
Peserta
didik dapat menyebutkan contoh musyawarah dalam keluarga. |
Peserta
didik mengetahui kewajiban anak di sekolah |
Peserta
didik mampu mengetahui contoh pelangaran norma kesopanan |
Komentar
Posting Komentar