§Setelah mencari informasi, siswa mampu menjelaskan berbagai bentuk kerja
sama di bidang sosial budaya dalam lingkup ASEAN dengan benar
§Dengan membaca, siswa mampu menyebutkan
informasi penting dari teks ekplanasi yang dibaca dengan tepat.
§Setelah membaca, siswa mampu menyajikan
informasi penting dari teks ekplanasi yang dibaca dalam bentuk visual dengan
sistematis.
§Dengan diskusi pemecahan masalah, siswa mampu
mengidentifikasi pentingnya menghargai atas keberagaman ekonomi dengan mandiri.
Assalamualaikum wr. wb
Apa kabar anak sholih
sholihah ? semoga anak-anak bu guru di rumah selalu dalam keadaan sehat
wal’afiyah dan tetap dalam lindungan Allah SWT. Anak sholih sholihah, di
masa pandemi covid ini kalian harus tetap waspada, pakailah masker terutama
saat berada di luar rumah, rajinlah mencuci tangan sebelum dan sesudah
melakukan kegiatan. makanlah makanan bergizi dan istirahat yang cukup,
supaya kalian tetap sehat.
Anak sholih sholihah,
mari awali kegiatan hari ini dengan membaca doa, dilanjutkan murojaah, dan
sholat duha. Setelah duha, marikitabersiap memulai pembelajaranhariini.Mintalah bantuankepada bunda/
mama untukmendampingiAnandaselamamelakukankegiatanpembelajaranya!Janganlupaucapkantolongbilamintabantuan,ucapkanmaafapabilamelakukankesalahan,danucapkanterimakasihsetelahmendapatkan bantuan.
Sekarang waktunya belajar tematik. hari ini kita
masuk tema 4 Globalisasi subtema 1 Globalisasi di Sekitarku Pembelajaran 4, pastinya anak-anak bu guru sudah siap mengikutinya.
Ayo anak-anak kita simak video berikut ini:
Di era globalisasi ini, Indonesia memegang peran yang sangat penting.
Kebudayaan Indonesia yang mendunia membuat Indonesia semakin dikenal.
Ayo Membaca
Bacalah teks berikut.
Batik, Seni Tradisional Indonesia yang Mendunia
Seni
batik berawal dari seni tradisional yang dibuat khusus untuk para
petinggi keraton pada zaman kerajaan di Nusantara. Seiring dengan
perkembangannya, kini kain batik telah dipakai oleh berbagai kalangan,
bahkan telah mendunia. Pada tanggal 2 Oktober 2009, UNESCO memberikan
pengakuan dan mengesahkan secara resmi batik Indonesia sebagai warisan
budaya dunia.
Dalam sejarahnya,
pulau Jawa merupakan titik awal perkembangan seni batik di Indonesia.
Ragam motif batik pun dibedakan berdasarkan area pembuatannya. Batik
Pedalaman dan Batik Pesisir. Berbagai ragam motif dan simbol yang
digambarkan di atas sehelai kain memiliki makna filosofis yang menjadi
pedoman kehidupan. Kerumitan dalam proses pembuatan, kekayaan ragam dan
makna yang terkandung dalam Batik Indonesia menjadi daya tarik bagi
warga dunia.
Melalui
berbagai pameran seni tradisional yang diadakan di dalam dan luar
negeri, batik Indonesia semakin dikenal dan diminati. Bahkan, beberapa
tokoh dunia gemar mengenakan pakaian dengan motif Batik Indonesia
setelah mengenalnya sebagai tanda mata ketika berkunjung ke Indonesia.
Mendiang Nelson Mandela, misalnya. Beliau kerap menggunakan Batik
Indonesia dalam kesehariannya.
Saat
ini batik karya pengrajin tradisional mengalami lonjakan pemesanan dari
mancanegara untuk pasar dunia. Salah satu strategi yang dilakukan oleh
pengrajin batik untuk menembus pasar dunia adalah membuat kreasi motif
dan warna yang disesuaikan dengan selera calon pembeli di negara tujuan.
Kelestarian
batik sebagai seni tradisional harus terus dikembangkan dan dipelihara
untuk meningkatkan daya jual dan kesejahteraan pengrajinnya.
Sebagai warga
Indonesia tentunya kita sangat bangga dengan pengakuan dunia terhadap
batik. Indonesia terus mengembangkan kerja samanya di bidang kebudayan
dengan negara lain. Misalkan dengan festival kebudayaan negara-negara
ASEAN dan pertukaran kebudayaan. Hal ini akan membuat
kebudayaan Indonesia semakin berkembang.
Carilah
informasi mengenai satu kerja sama Indonesia yang dilakukan dengan
negara-negara ASEAN dalam bidang kebudayaan. Tulis pada tabel berikut.
Kerjasama Kebudayaan
Manfaat Bagi Indonesia
Pertukaran budaya dan seni, juga festival film ASEAN.
Budaya indonesia makin dikenal di kawasan Asia dan Dunia
Pertukaran acara program televisi ASEAN
Indonesia dan Malaysia sebagai negara tetangga semakin erat persahabatannya
Misi kebudayaan dan kesenian dengan diadakannya festival lagu ASEAN
Kebudayaan dan kesenian Indonesia lebih dikenal oleh negara-negara Asean
Pertukaran pelajar antar negara-negara ASEAN
Para pelajar Indonesia dapat menimba ilmu di negara-negara luar negeri
Di era globalisasi ini kita harus tetap
mencintai budaya Indonesia. Budaya tersebut merupakan warisan yang tak
ternilai harganya.
Ayo Berkreasi
Buatlah
poster untuk memamerkan salah satu kebudayaan yang ada di tempat
tinggalmu. Buatlah semenarik mungkin sehingga orang ingin tahu dan
mengenal kebudayaan daerahmu. Jangan lupa perhatikan kriteria poster
yang baik yang sudah kamu pelajari sebelumnya. Diskusikan terlebih
dahulu langkah-langkah membuat poster. Mintalah pendapat temanmu tentang
poster yang kamu buat.
Contoh poster:
Hal-hal yang harus diperhatikkan dalam membuatnya adalah sebagai berikut.
Slogan jelas dan mudah dimengerti.
Bahasa baik dan menarik dengan ukuran huruf yang sesuai.
Ilustrasi menarik dan mudah diingat.
Tata letak gambar dan tulisan baik.
Ayo Membaca
Amati gambar berikut dengan teliti, dan baca teks eksplanasi di bawahnya dalam hati.
Listrik
memiliki peran penting di era globalisasi. Globalisasi terjadi karena
perkembangan teknologi di berbagai bidang, yang didukung oleh peran
listrik sebagai sumber energi di dalamnya. Kehidupan warga dunia saat
ini menjadi sangat dekat dengan listrik. Listrik menjadi bagian
kehidupan dalam keseharian yang tidak terpisahkan. Sehingga, saat arus
listrik di rumah mendadak terputus, biasa kita sebut sebagai mati lampu,
kejadian tersebut menjadi hal yang cukup mengganggu. Faktor apakah yang
menyebabkan hal tersebut terjadi?
Perusahaan
Listrik Negara (PLN) sebagai perusahaan negara yang mengurus bidang
kelistrikan sesungguhnya juga tidak menyukai kejadian mati lampu apalagi
padam dalam waktu yang cukup lama. Karena hal tersebut akan sangat
mengganggu berjalannya proses Pembangkit–Transmisi–Distribusi energi
listrik. Faktor-faktor penyebab mati lampu antara lain adalah:
Ketidaksiapan pembangkit, gangguan transmisi atau gangguan distribusi.
Faktor yang berpengaruh bisa dari luar dan dari dalam. Faktor luar
yaitu: gangguan alam seperti petir, pohon, dan hewan yang menyentuh
jaringan, atau galian yang menyebabkan kabel tanah rusak. Sedangkan
faktor dalam terjadi pada gangguan komponen dan peralatan yang terpasang
pada jaringan.
Nah, kita sebagai warga
masyarakat pengguna listrik, tentunya dapat membantu untuk mencegah
terjadinya faktor luar guna menghindari terjadinya mati lampu. Mari kita
bersama-sama ikut menjaga keberadaan listrik di tengah kita.
Kita
diciptakan Tuhan Yang Maha Esa dengan segala kelebihan dan
kekurangannya, dan dengan bakat serta potensi yang berbeda-beda.
Perbedaan kemampuan dan perbedaan ekonomi tersebut hendaknya tidak
menjadi sumber perpecahan. Perbedaan tersebut juga tidak perlu
mempengaruhi rasa percaya diri.
Terus berusaha,
kenali potensi diri, kembangkan bakat yang dimiliki untuk menutupi
kekurangan diri, serta selalu tampil percaya diri. Hidup saling
menghargai dan saling membantu tentunya akan menjadi modal untuk menjaga
persatuan dan kesatuan bangsa dan negara kita.
TUGAS TEMATIK :
Di akhir pembelajaran tema 4 subtema 1 ini ayo kerjakan
latihan Cerdas Halaman 77-79 (tema 4 subtema 1) Muatan Pembelajaran PPKN, Bahasa Indonesia, IPA,
IPS, SBDP. Kerjakan jawabannya di google form ini yaa KLIK DISINI
Demikian pembelajaran hari ini, semoga ilmu yang anak-anak peroleh hari ini
bermanfaat
dan dapat menambah wawasan baru.
Tetap semangat belajar di rumah ya ......
Kerjakan sholat lima waktu ON TIME
Biasakan murojaah / tadarrus ba'da maghrib dan shubuh
Patuhi nasehat Ayah Bunda/Mama Papa
Anak sholih sholihah
Mari akhiri pembelajaran hari ini dengan membaca hamdalah
Hari/Tanggal : Selasa, 19 Maret 2024 Muatan Pembelajaran : 1. IPAS Bab 6 : Indonesia Kaya Budaya 2. Pend. Pancasila : Negaraku 4. Bahasa Indonesia : Satu Titik Capaian Pembelajaran IPAS 1. Peserta didik mengidentifikasi ragam bentang alam dan keterkaitannya dengan profesi masyarakat. 2.Peserta didik mendeskripsikan terjadinya siklus air dan mampu menunjukkan letak kota/kabupaten dan provinsi tempat ia tinggal pada peta konvensional/digital. Capaian Pembelajaran Bahasa Indonesia 1. Peserta didik mampu memahami ide pokok (gagasan) suatu pesan lisan, informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/a...
Hari/Tanggal : Jum'at, 17 Mei 2024 Muatan Pembelajaran : 1. IPAS BAB 6 : Kegiatan ekonomi masyarakat Capaian Pembelajaran: Peserta didik mampu membedakan antara kebutuhan dan keinginan, mengenal nilai mata uang dan mendemonstrasikan bagaimana uang digunakan untuk mendapatkan nilai manfaat/ memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Apa kabar anak sholih sholihah......... Semoga kalian semua dalam keadaan sehat wal afiyah ya.... Anak sholih sholihah tujuan pembelajaran yang akan dicapai adalah peserta didik dapat mengidentifikasi jenis-enis usaha dalam bidang ekonomi 1. Negara yang sebagian besar mata pencaharian penduduknya di bidang pertanian disebut negara ......
Hari/Tanggal : Kamis, 16 Mei 2024 Muatan Pembelajaran : 1. Matematika : Pecahan Capaian Pembelajaran Pada akhir fase B, peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan ( number sense ) pada bilangan cacah sampai 10.000. Mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, menggunakan nilai tempat, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan tersebut. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan uang menggunakan ribuan sebagai satuan.peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 1.000. Mereka dapat melakukan operasi perkalian dan pembagian bilangan cacah sampai 100 menggunakan benda-benda konkret, gambar dan simbol matematika. Mereka juga dapat menyelesai...
Komentar
Posting Komentar