Rabu, 08 September 2021 (Matematika dan Tematik)

 gambar animasi bergerak Assalamualaikum (3) | THEY ARE SPECIAL KIDS!

Hari/Tanggal       : Rabu, 8 September 2021
Tema 3                   :  Tokoh dan Penemuan
Sub Tema 2        : Penemu dan Manfaatnya
Pembelajaran     : 2 
Muatan PB         : Matematika, PKn (3.2) dan SBDP (3.2)  

Tujuan pembelajaran : 
1. Siswa mampu mengidentifikasi contoh kewajiban dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.
2. Mampu mengidentifikasi interval nada lagu Mariam Tomong dengan benar dan mampu menyanyikan nada sesuai intervalnya dengan benar. 
 
Assalamualaikum Wr. Wb.

Apa kabar anak sholih sholihah ? semoga anak sholih sholihah  dan keluarganya  selalu dalam keadaan sehat wal’afiyah dan selalu dalam lindungan Allah SWT.

Mari awali kegiatan belajar hari ini dengan membaca doa, dilanjutkan murojaah, dan  shalat Dhuha.

Setelah Dhuha, mari kita bersiamemulapembelajaran hari ini. Mintalah  bantuan kepadbunda/ mama untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran ya!

Jangan lupa ucapkan tolong bilminta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan.

Anak sholih sholihah

Hari ini Ananda akan belajar Tematik dan  Matematika 

Untuk pembelajaran matematika hari ini Ananda mengerjakan PH (Penilaian Harian) Matematika. 

 

Bu  Aminah memanen buah alpukat sebanyak 50 kg. Sebanyak 1/5 bagian dari hasil panen buah alpukat dibagikan ke tetangga , sebanyak 0,5 bagian dijual ke pasar, sebanyak 20% bagian dibagikan ke sanak famili, dan sisanya untuk dimakan sekeluarga.  Berapa kg hasil panen buah alpukat yang di makan keluarga Bu Aminah ?

Diketahui:

Panen alpukat = 50 kg

Di berikan ke tetangga = 1/5 bagian

Dijual ke pasar = 0,5 bagian

Dibagikan ke sanak famili = 20%

Ditanyakan:

Berapa banyak buah alpukat yang dimakan keluarga Bu Aminah ?

 
PH MATEMATIKA     : KLIK DI SINI
 
 
Setelah menyelesaikan soal matematika, sekarang Ananda akan kembali belajar tematik. Hari ini Ananda akan belajar Tema 3 Tokoh dan penemuan, Subtema 2 Penemuan dan Manfaatnya  Pembelajaran 2.

 
Ayo Membaca
 
Penemuan Jam Mekanik
 
Tahun 1430 Masyarakat Eropa mengenal jam yang menggunakan pegas.

Tahun 1656 Terjadi perkembangan yang pesat dengan ditemukannya jam lonceng. Pada jam ini sudah terdapat jarum penunjuk menit.

Tahun 1920 Ditemukan jam saku dan kemudian ditemukan jam tangan.
Perkembangan Jam
Manusia terus melakukan inovasi untuk memiliki penunjuk waktu yang semakin tepat dan dapat digunakan sesuai kebutuhan pribadi. Sekarang teknologi jam sudah jauh berkembang. Selain jam mekanik, ada pula jam elektronik, contohnya jam digital. Manusia kemudian dapat menggunakan berbagai pilihan teknologi penunjuk waktu sebagai pedoman waktu pribadi dalam melakukan kegiatannya dalam sehari-hari.
 
Kewajiban adalah sesuatu yang harus dilakukan dengan penuh tanggung jawab.
 
Datang ke sekolah dan mengumpulkan tugas tepat waktu adalah kewajiban seorang pelajar. Mengapa hal tersebut merupakan kewajiban? Apa dampaknya ketika kita tidak melakukannya? Siapa saja yang akan kita rugikan? ayo kita liat pembahasan berikut ini :
 
Datang Ke sekolah Tepat WaktuMengumpulkan Tugas tepat Waktu
Datang ke sekolah tepat waktu merupakan kewajiban seorang siswaMengumpulkan tugas tepat waktu merupakan kewajiban seorang siswa
Jika dilanggar maka akan mendapat hukuman dan dianggap sebagai anak yang tidak disiplinJika dilanggar maka akan tidak mendapatkan nilai  dan tugas akan semakin menumpuk
Pihak yang dirugikan adalah diri sendiri dan orang tuanPihak yang dirugikan adalah diri sendiri dan juga orang tua.

Contoh kewajiban :

Di RumahDi SekolahDi Masyarakat
Belajar dengan tekunDatang tepat waktuMematuhi peraturan yang ada
Membantu orang tuaMengumpulkan tugas tepat waktuMenjaga kebersihan lingkungan
Menjaga kebersihanMematuhi peraturan sekolahMenjaga kerukunan
Mematuhi perintah orang tuaMendengarkan nasehat guruMenjaga; keamanan lingkungan

Lagu Mariam Tomong adalah lagu daerah Tapanuli yang nada dasarnya C=do, dan diciptakan oleh Guru Nahum Situmorang, dan dinyanyikan dengan tempo Con brio: tempo yang cepat artinya ramai dan suka hati.
 
Interval nada adalah sebuah jarak antara nada satu ke nada yang lainnya. baik jarak nada ke atas atau jarak nada ke bawah. Interval memiliki beberapa nama yaitu:
a. Prim: yaitu interval nada dari nada satu ke nada yang sama. Misal: dari nada do ke do
b. Sekon: yaitu interval nada dari nada satu ke nada kedua di atas atau di bawahnya. Misal nada do ke re
c. Terts: yaitu interval nada dari nada satu ke nada ketiga: Misal nada do ke mi
d. Quart/Kuart: yaitu interval dari nada kesatu ke nada keempat di atasnya. Misal nada do ke fa, re ke sol, mi ke la, dsb.
e. Quin/Kuint: adalah interval lima nada.
f.  Sekt: adalah interval enam nada.
g. Septim: adalah interval tujuh nada.
h. Oktaf: adalah interval delapan nada, dalam musik diatonis oktav mengidentifikasikan pengulangan nada yang sama hanya dalam tingkatan yang lebih tinggi. Misal nada do rendah ke nada do tinggi, sol bawah ke sol tinggi, dsb.

Baiklah Anak sholih sholihah langsung saja Ananda tonton dan simak video pembelajaran berikut ya !

 

Bagaimana  menurut  Ananda setela menonton videpembelajaran di atas ? Materi hari ini sudah bisa difahami ya. Jika Ananda belum faham boleh bertanya dengan bunda/mama, atau tanyakan dengan Bu Guru. 

TUGAS DARING HARI INI:

1. PH MATEMATIKA     : KLIK DI SINI
2. Latihan SBDP           : KLIK DI SINI
 

Demikian pembelajaran  kita hari ini, semoga ilmu yang Ananda peroleh hari ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan baru.

Tetap semangat belajar di rumah ya ...

Always pray to Allah

 keep your health

 and 

positive thinking

Mari akhiri pembelajaran hari ini dengan membaca hamdalah

 

See you tomorrow........anak sholih sholihah

.

 





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Selasa, 19 Maret 2024

Jumat, 17 Mei 2024

Kamis, 16 Mei 2024