Kamis, 23 Oktober 2025

 


Hari/Tanggal                      : Kamis, 23 Oktober 2025

Muatan Pelajaran 
1. Bahasa Indonesia         : Ekspresi Diri Melalui Diri

2. Seni Budaya                  : Makrame 

Model Pembelajaran         : Kooperative Learning, PjBL

CAPAIAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA:

3.      Elemen Berbicara dan Mempresentasikan

Peserta didik mampu menyampaikan informasi secara lisan untuk tujuan menghibur dan meyakinkan mitra tutur sesuai kaidah dan konteks. Peserta didik mampu menggunakan kosakata baru yang memiliki makna denotatif, konotatif, dan kiasan. Peserta didik mampu memilih kata yang tepat sesuai dengan norma sosial budaya. Peserta didik mampu menyampaikan informasi dengan fasih dan santun. Peserta didik mampu menyampaikan perasaan berdasarkan fakta, imajinasi (dari diri sendiri dan orang lain) secara indah dan menarik dalam bentuk karya sastra dengan penggunaan kosakata secara kreatif. Peserta didik mampu mempresentasikan gagasan, hasil pengamatan, dan pengalaman dengan logis, sistematis, efektif, dan kritis; mempresentasikan imajinasi secara kreatif.

4.      Elemen Menulis

Peserta didik mampu menulis berbagai teks sederhana berdasarkan gagasan, hasil pengamatan, pengalaman, dan imajinasi. Peserta didik mampu menuliskan hasil pengamatan yang menjelaskan hubungan kausalitas (sebab akibat) untuk meyakinkan pembaca. Peserta didik mampu menggunakan kaidah kebahasaan dan kesastraan untuk menulis teks sesuai dengan konteks dan norma sosial budaya. Peserta didik mampu menggunakan kosakata baru yang memiliki makna denotatif, konotatif, dan kiasan. Peserta didik mampu menyampaikan perasaan berdasarkan fakta, imajinasi (dari diri sendiri dan orang lain) secara indah dan menarik dalam bentuk karya sastra dengan penggunaan kosakata secara kreatif. Peserta didik terampil menulis teks dalam tulisan Latin dan tegak bersambung.

CAPAIAN PEMBELAJARAN SENI BUDAYA

1.      Elemen Mengalami

Pada akhir fase C, peserta didik memahami unsur rupa dan prinsip desain di lingkungan sekitarnya.  Peserta didik menyimpulkan hasil pengamatan dan pemahaman pada perpaduan unsur dalam prinsip desain.

Apa kabar anak sholih sholihah.........

semoga kalian semua dalam keadaan sehat walaf'iyah ....
    Adapun tujuan pembelajaran hari ini murid dapat membuat simpul menggunakan tali dan dapat memahami makna imbuhan pe-an  
   
  Seni Rupa
  Mengenal Makrame 


   Kerjakan soal Pilihan Ganda
     1. Makrame adalah karya seni rupa yang dibuat dengan cara...
  1. a. Memahat dan mengukir
    b. Menyatukan objek seperti manik-manik pada sebuah tali
    c. Menggunakan tali dengan dibuat simpul, dianyam, atau diikat
    d. Mengikat tali pada suatu objek
  2. Berikut ini adalah benda yang tidak bisa dihasilkan melalui teknik makrame adalah...
    a. Gelang
    b. Tempat pot gantung
    c. Tas
    d. Alat masak
  3. Kata makrame berasal dari bahasa Arab, yaitu 'mucaram', yang artinya...
    a. Hiasan
    b. Simpul tali
    c. Susunan kisi-kisi
    d. Anyaman
  4. Yang bukan merupakan bahan alami untuk membuat makrame adalah...
    a. Tali katun
    b. Tali nilon
    c. Tali rami
    d. Benang wol
  5. Simpul dasar yang sering digunakan dalam membuat makrame adalah...
    a. Simpul kepala (larks head knot)
    b. Simpul tunggal
    c. Simpul rantai
    d. Simpul atas bawah
     


Bahasa Indonesia

Awalan "pe-" pada kata "mikir" menjadi "pemikir" atau "pemikiran""Pemikir" berarti orang yang suka berpikir, sementara "pemikiran" adalah hasil dari berpikir. 
Makna awalan "pe-"
  • Orang yang melakukan sesuatu: 
    "Pemikir" (orang yang berpikir), "pemarah" (orang yang pemarah), "pendiam" (orang yang tidak banyak bicara). 
  • Sifat: 
    "Pelupa" (orang yang mudah lupa), "pemaaf" (orang yang suka memaafkan), "penyayang" (orang yang penuh kasih sayang). 
  • Proses atau hasil: 
    "Pemikiran" (hasil berpikir), "pembentukan" (proses membentuk), "pemukulan" (proses memukul). 
Contoh penggunaan:
  • "Dia adalah seorang pemikir yang ulung." (Contoh: "pemikir" sebagai orang yang suka berpikir). 
  • "Tugas saya hari ini adalah merangkum pemikiran yang ada di dalam buku itu." (Contoh: "pemikiran" sebagai hasil dari berpikir)


Demikian pembelajaran hari ini, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan, Jangan lupa sholat lima waktu dan murojaah surah-surah pendek.  
    Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan membaca hamdalah 


See You Tomorrow

  
 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Senin, 5 Mei 2025/ daring

Selasa, 06 Mei 2025