Senin, 27 Oktober 2025

 


Hari/Tanggal                               : Senin, 27 Oktober 2025

Muatan  Pembelajaran              :  

1. Matematika                   : Pengurangan Pecahan 

2. Bahasa Indonesia         : Ekspresi Diri Melalui Hobi

3. Seni Budaya                  : Seni Makrame

Model Pembelajaran         : Drill, PJBL, 

Capaian  Pembelajaran Matematika

Elemen Bilangan

Peserta didik dapat membandingkan dan mengurutkan berbagai pecahan termasuk pecahan campuran, melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan, serta melakukan operasi perkalian dan pembagian pecahan dengan bilangan asli. Mereka dapat mengubah pecahan menjadi desimal, serta membandingkan dan mengurutkan bilangan desimal (satu angka di belakang koma)

CAPAIAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA:

3.      Elemen Berbicara dan Mempresentasikan

Peserta didik mampu menyampaikan informasi secara lisan untuk tujuan menghibur dan meyakinkan mitra tutur sesuai kaidah dan konteks. Peserta didik mampu menggunakan kosakata baru yang memiliki makna denotatif, konotatif, dan kiasan. Peserta didik mampu memilih kata yang tepat sesuai dengan norma sosial budaya. Peserta didik mampu menyampaikan informasi dengan fasih dan santun. Peserta didik mampu menyampaikan perasaan berdasarkan fakta, imajinasi (dari diri sendiri dan orang lain) secara indah dan menarik dalam bentuk karya sastra dengan penggunaan kosakata secara kreatif. Peserta didik mampu mempresentasikan gagasan, hasil pengamatan, dan pengalaman dengan logis, sistematis, efektif, dan kritis; mempresentasikan imajinasi secara kreatif.

4.      Elemen Menulis

Peserta didik mampu menulis berbagai teks sederhana berdasarkan gagasan, hasil pengamatan, pengalaman, dan imajinasi. Peserta didik mampu menuliskan hasil pengamatan yang menjelaskan hubungan kausalitas (sebab akibat) untuk meyakinkan pembaca. Peserta didik mampu menggunakan kaidah kebahasaan dan kesastraan untuk menulis teks sesuai dengan konteks dan norma sosial budaya. Peserta didik mampu menggunakan kosakata baru yang memiliki makna denotatif, konotatif, dan kiasan. Peserta didik mampu menyampaikan perasaan berdasarkan fakta, imajinasi (dari diri sendiri dan orang lain) secara indah dan menarik dalam bentuk karya sastra dengan penggunaan kosakata secara kreatif. Peserta didik terampil menulis teks dalam tulisan Latin dan tegak bersambung.

CAPAIAN PEMBELAJARAN SENI BUDAYA

1.      Elemen Mengalami

Pada akhir fase C, peserta didik memahami unsur rupa dan prinsip desain di lingkungan sekitarnya.  Peserta didik menyimpulkan hasil pengamatan dan pemahaman pada perpaduan unsur dalam prinsip desain.

Apa kabar anak sholih sholihah.........

Semoga anak-anak Bu Guru selalu dalam keadaan sehat walaf'iyah ....
Adapun tujuan pembelajaran hari ini murid dapat mengurang pecahan, mennjelaskan makna awalan me-, membuat karya seni makrame gelang 

Matematika
Operasi Hitung  
pengurangan Pecahan 

    Latihan 


  Bahasa Indonesia 
   

    Dalam menulis penulisan resmi misalnya dalam hal surat-menyurat resmi, penulisan karya ilmiah, penulisan berita, menulis laporan, dan lainnya) sering kali secara tidak sadar kita menggunakan kata-kata yang salah karena tidak sesuai dengan ejaan bahasa Indonesia. Berdasarkan kaidah EYD, kata dasar yang diawali dengan huruf K, P, S, dan T akan melebur jika bertemu dengan imbuhan “me-“.
KPST
Namun jika kata tersebut diawali konsonan ganda maka tidak luruh. Misal: kata “mentransfer” bukan “menransfer”. Kemudian untuk kata yang hanya terdiri dari 1 suku kata, maka awalan me- berubah menjadi menge-. Misal: cat –> mengecat, tik–> mengetik. Berikut ini beberapa contoh kalimat yang menggunakan awalan me dengan kata dasar berawalan KPSS.

1. Contoh Kalimat Awalan Me- dengan Kata Dasar Berawalan Huruf K
  • Bibiku sedang mengukus kue bolu buatannya. (mengukus: me- + kukus)
  • Perusahaan tekstil tersebut telah mengontrak sejumlah karyawan baru. (mengontrak: me- + kontrak)
  • Adonan kue itu semakin mengembang. (mengembang: me- + kembang)
  • Pak Budi sedang mengkredit sepeda motor. (mengkredit: me + kredit)

2. Contoh Kalimat Awalan Me- dengan Kata Dasar Berawalan Huruf P
  • Paman sedang memaku kayu. (memaku: me- + paku)
  • Arman sedang memalu paku yang ada di atas permukaan kayu. (memalu: me+ palu)
  • Perusahaan tersebut sudah memproduksi sejumlah makanan. (memproduksi: me- + produksi)
  • Para pekerja memprotes kebijakan gaji perusahaan tersebut. (memprotes: me- + protes)
  • Amin mempunyai seekor kucing di rumahnya. (mempunyai: me- + punyai)

3. Contoh Kalimat Awalan Me- dengan Kata Dasar Berawalan Huruf T
  • Lasmini sedang menulis puisi. (menulis: me- + tulis)
  • Darno menuduh Amir sebagai pelaku pencurian motor tersebut. (menuduh: me- + tuduh)
  • Rahayumenangiskarena diganggu teman-temannya. (menangis: me- + tangis)
  • Pah Agus menelpontemannya yang tinggal di Jakarta. (menelpon: me- + telepon)

4. Contoh Kalimat Awalan Me- dengan Kata Dasar Berawalan Huruf S
  • Wawan sedang menyapu halaman rumahnya. (menyapu: me- + sapu)
  • Pak Polisi itu sedang menyamar menjadi teman pelaku. (menyamar: me- + samar)
  • Perusahaan itu telah menyuplai produk-produknya ke sejumlah toko. (menyuplai: me- + suplai)
  • Program perpustakaan keliling tersebut diharapkan mampu menstimulasi orang-orang untuk mau membaca buku. (menstimulasi: me- + stimulasi)
5. Contoh Kalimat Awalam Me- dengan Kata Dasar Konsonan Rangkap
  • KPK mengklarifikasi kekayaan Kadinkes Lampung Reihana Wijayanto hari ini me + klarifikasi menjadi mengklarifikasi)
  • DPR ramai-ramai mengkritik 'Kebijakan Terakhir' Jokowi di 2024 (me + kritik menjadi mengkritik )
  • Cara memplester dinding rumah dengan benar agar tidak retak (me + plester menjadi memplester
  • Warga memprotes pengantian nama jalan di Jakarta (me + protes menjadi memprotes
  • Petugas mensterilkan lokasi robohnya atap selasar Gedung BEI. (me + steril menjadi mensterilkan

Penulisan kata berawalan meN- yang dirangkai dengan kata yang diawali huruf k, p, s, t: 
  1. Fonem k, p, t, s LULUH jika setelah awalan meN- diikuti oleh kata dasar yang berawalan huruf k, p, t, s. Misalnya: memengaruhi (meN- + pengaruh), memesona (meN- + pesona), mengarantina (meN- + karantina), dan sebagainya. 
  2. Fonem k, p, t, s TIDAK LULUH jika setelah awalan meN- diikuti oleh kata dasar yang diawali dengan kluster/konsonan rangkap. Misalnya: memprakarsai, mengkriminalkan, mengklasifikasi, dan sebagainya.
  3. Fonem k, p, t, s TIDAK LULUH jika setelah awalan meN- diikuti oleh kata berimbuhan yang berawal dengan huruf k, p, t, s. Misalnya: mempertaruhkan, memperluas, dan sebagainya. 

Tantangan
Pilihlah kalimat dengan peluluhan yang benar!
1. Perajin memroduksi suvenir dalam kegiatan industri rumah tangga dengan skala kecil.
Penulisan ‘perajin’ benar karena kata dasar ‘rajin’ tidak diawali dengan k, p, t, s, sehingga tidak luluh.
2. Kemampuan bahasa pemandu wisata itu sangat mengagumkan. Ia secara tangkas menterjemahkan paparannya dari bahasa Inggris ke bahasa Jerman kepada rombongan wisatawan mancanegara yang dipimpinnya.
Penulisan ‘menterjemahkan’ salah karena kata dasar berawalan huruf ‘t’ seharusnya luluh. Penulisan yang benar adalah menerjemahkan.
3. Kilau sinar matahari yang menerpa permukaan danau itu sangat mengagumkan.
Penulisan ‘menerpa’ benar karena kata dasar ‘terpa’ luluh.
4.Pendaki gunung tidak memersoalkan kenaikan tarif selama fasilitas toilet dan keamanan tersedia di sepanjang jalur pendakian.
Penulisan memersoalkan tidak tepat. Yang benar adalah mempersoalkan karena kata dasar ‘soal’ diawali dengan awalan ‘per’ dan diberikan imbuhan me - kan.
5. Paman memprediksi bahwa kami akan tiba di Pantan Terong tepat saat matahari terbit.
Penulisan’memprediksi’ sudah tepat karena kata dasar diawali dengan konsonan rangkap ‘pr’.

       
       Latihan 1: Melengkapi kalimat
  • Ayah (bawa) bekal nasi dan rendang ke kantor. Kata berawalan me- yang tepat adalah ........ 
  • Rambut kakekku mulai (putih). Kata berawalan me- yang tepat adalah ...... 
  • Adikku (dapat) hadiah sebagai kado ulang tahunnya. Kata berawalan me- yang tepat adalah ..... 
  • Dodi selalu (sapu) semua ruangan supaya rumahnya tetap bersih. Kata berawalan me- yang tepat adalah ...... 
  • Ibuku (payung) adik supaya ia tidak kehujanan. Kata berawalan me- yang tepat adalah ...
       

   SENI BUDAYA 
Membuat Karya Makrame 


    
Pada Pembelajaran Unit 4 ini siswa diajak untuk membuat karya seni makrame sederhana dengan bentuk yang disukai sesuai dengan teknik dan fungsinya.

A. Definisi Makrame
Makrame dapat diartikan sebagai bentuk seni kerajinan simpul-menyimpul rantaian benang dari awal sampai akhir suatu hasil karya dengan membuat berbagai simpul pada rantai benang tersebut sehingga terbentuk lembaran atau rumbai. Banyak jenis kerajinan makrame yang sekitar kita misalnya: perlengkapan rumah tangga, topi, sarung tangan, kaos kaki, tas, gesper, gelang, hiasan dinding,dan berbagai benda fungsional lainnya.
Makrame
Menurut Saraswati (1986), makrame berasal dari kata Bahasa Arab Mucharam artinya susunan kisi-kisi, sedangkan kata makrame dari Turki yang berarti rumbai- rumbai atau Migrama yang artinya penyelesaian (penyempurnaan) garapan lap dan selubung muka dengan simpul. Jadi dapat dikatakan bahwa pengertian Makrame yaitu hasil kerajinan kriya tekstil dengan teknik simpul yang menggunakan tali atau benang.

B. Membuat Karya Seni Makrame
Dalam pembelajaran ini, setelah siswa mengenal dan menguasai berebagai jenis simpul pada unit pembelajaran sebelumnya, siswa diminta mempraktikkan membuat karya seni makrame dari berbagai jenis simpul dalam karya seni makrame dengan arahan dari guru dengan kreasinya sendiri, dapat membuat berbagai produk karya seni makrame sesuai kreatifitas dan keinginannya siswa sendiri.

Bahan baku pembuatan makrame umumnya dibuat dari berbagai macam tali. Tali yang digunakan sesuai dengan produk makrame yang akan dibuat, umumnya tali dipilih yang berasal dari bahan yang lembut, kuat dan tidakterlalu elastis. Jenis tali yang dapat digunakan untuk pembuatan makrame antara lain adalah: benang katun mutiara, benang katun, tali linen,dan benang wool. Dalam membuat karya seni makrame tersebut dapat dari bahan-bahan yang tersedia di sekitar mereka untuk menghas ilkan karya seni makrame yang indah.

C. Langkah-Langkah Membuat Karya Seni Gelang Makrame
Sebelum membuat makrame, hal pertama yang perlu disiapkan adalah alat dan bahan yang akan digunakan pada proses pembuatan makrame. Beberapa alat dan bahan yang digunakan antara lain sebagai berikut.

Alat:
Beberapa alat yang digunakan dalam proses pembuatan makrame antara lain sebagai berikut.
  1. Alat potong : Cutter, Gunting, Pisau, alat potong lainnya
  2. Penahan: Pensil, kayu, Ranting pohon, dan lain-lain

Bahan:
Bahan utama dalam pembuatan makrame adalah benang atau tali sisanya adalah bahan penambah seperti manik-manik, gesper, handel, karet gelang, dan lem sesuai dengan barang yang akan dibuat. Berikut ini beberapa bahan yang digunakan untuk membuat makrame.
  1. Benang katun mutiara, benang katun, tali linen, tali cina, tali acrylic, tali jute, tali kulit, tali nylon, dan benang wool.
  2. Bahan alternatif: Tali kasur, Tali ijuk, Tali sabut kelapa, Tali akar, Tali yang tersedia di daerah sekitar.
  3. Manik-manik , biji-bijian, cangkang kerang, cangkang molusca, dan lain-lain untuk hiasan tambahan.

Berikut adalah langkah-langkah pembuatan karya seni makrame untuk membuat gelang tangan dengan kreativitas sendiri, dengan langkah-langkah sebagai berikut :
Membuat Makrame
  1. Potonglah tali sesuai kebutuhan dan lipatlah bagian tali terbagi dua dan sama panjang;
  2. Buatlah simpul kepala dengan pelipatkannya pada kayu, pensil, atau kaitkan dengan paku, lem, isolasi, dan lain-lain;
  3. Buatlah dengan menerapkan simpul ganda seperti pada unit sebelumnya;
  4. Kemudian tali yang berada di tengah dibiarkan bergantung bebas, sementara bagian tali paling kanan diangkat sehingga menindih dua tali yang tergantung bebas dan seterusnya sampai dengan panjang yang diinginkan;
  5. Ikatlah pada bagian akhir simpul denga ikatan mati agar tidak mudah terlepas;
  6. Potonglah sisa tali yang tidak di gunakan agar terlihat lebih rapi;
  7. Cobalah pada tangan untuk mengukur panjang simpulan yang dibutuhkan;
  8. Karya seni makrame gelang tali dengan simpul ganda telah selesai.
  
Demikian pembelajaran hari ini, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan, Jangan lupa sholat lima waktu dan murojaah surah-surah pendek.  
    Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan membaca hamdalah 


See You Tomorrow

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Senin, 5 Mei 2025/ daring

Selasa, 06 Mei 2025