Selasa,26 Agustus 2025
Hari/Tanggal : Selasa, 26 Agustus 2025
Muatan Pembelajaran :
1. IPAS : Harmoni dalam Ekosistem
2. Pend. Pancasila : Sumatif
1. Capaian Pembelajaran IPAS
Elemen Pemahaman IPAS:
Peserta didik memahami sistem organ tubuh manusia yang dikaitkan dengan cara menjaga kesehatan tubuhnya.
2. CAPAIAN PEMBELAJARAN PANCASILA
Peserta didik mampu memahami kronologi sejarah kelahiran Pancasila; meneladani sikap para perumus Pancasila dan menerapkan di lingkungan masyarakat; menghubungkan sila-sila dalam Pancasila sebagai suatu kesatuan yang utuh, menguraikan makna nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara, pandangan hidup, dan ideologi bangsa dan negara.
Apa kabar anak sholih sholihah.........
- Konsumen tingkat 1 merupakan kelompok hewan yang memakan tumbuhan. Jenis hewan yang tergolong pada konsumen ini, yaitu hewan herbivora atau hewan omnivora.
- Konsumen tingkat 2 merupakan kelompok hewan yang memakan konsumen tingkat 1. Hewan ini termasuk kelompok hewan karnivora atau omnivora.
- Konsumen tingkat 3 merupakan kelompok hewan yang memakan konsumen tingkat 2. Sama dengan sebelumnya, hewan ini termasuk kelompok hewan karnivora atau omnivora.
- Dan seterusnya.
- Matahari menghasilkan energi cahaya
- Nutrisi dalam tanah, matahari dan air membuat rumput tumbuh subur. Rumput menghasilkan makanan dari fotosintesis (produsen)
- Belalang memakan rumput (Konsumen 1)
- Tikus memakan belalang (Konsumen 2)
- Ular memakan tikus (konsumen 3)
- Elang memakan ular (Konsumen puncak)
- Saat elang mati jamur mengurai bangkai dan mengubahnya menjadi nutrisi
- Diskusikan bersama teman di sebelah kalian gambar kebun yang dikunjungi Aga, Ian, dan Banu. Tentukan makanan masing-masing makhluk hidup di ekosistem tersebut.
- Tuliskan hasil diskusi kalian pada tabel di lembar kerja.
- Sekarang, perhatikan tabel yang sudah kalian buat. Apakah kalian melihat ada sebuah hubungan antara satu sama lain? (Ada hubungan memakan dan dimakan)
- Cobalah tulis hubungan yang kalian temukan menjadi sebuah rantai makanan seperti di bawah ini.
- Komponen apakah yang cocok ditempatkan di kotak nomor 1, 2, 3, dan 4? (Tumbuhan =1 Tupai, Kelinci, Rusa,Tapir, Orang Utan = 2, Ulat dan harimau =3, dan Jamur = 4)
Tujuan : Mempelajari bagaimana makhluk hidup mendapatkan energi dari makanan pada suatu ekosistem. | ||
Nama hewan/Tumbuhan | Memakan ... | Dimakan oleh ... |
---|---|---|
Kelinci | Tumbuhan | Ular |
Tupai | Tumbuhan | Elang |
Ular | Kelinci | Elang |
Rusa | Tumbuhan | Harimau |
Tapir | Tumbuhan | Harimau |
Orang Utan | Tumbuhan | Harimau |
Harimau | Rusa/Tapir/Orang Utan | Jamur/Pengurai |
Isilah rantai makanan berikut dengan nama hewan/tumbuhan berdasarkan hubungan pada tabel di atas |
..........................
.........................
....................................
..........................................
..........................
...............................
Energi dari sinar matahari ditangkap oleh produsen (tumbuhan) melalui fotosintesis. Energi ini kemudian dipindahkan ke konsumen (hewan) saat mereka memakan produsen atau konsumen lainnya.
Makhluk hidup di suatu ekosistem saling berkaitan satu sama lain melalui makanan. Misalnya, musang, ayam, dan tanaman menjadi satu ikatan ketergantungan karena ayam makan tanaman dan musang makan ayam.
Sebagai produsen, tumbuhan menghasilkan energi dan juga oksigen bagi hewan. Sedangkan hewan selain menjadi konsumen, juga menghasilkan karbondioksida untuk melakukan proses fotosintesis tumbuhan
Rantai makanan adalah hubungan makan dan dimakan dalam suatu ekosistem sebagai sebagai upaya untuk mendapatkan energi.
Dalam rantai makanan ada makhluk hidup yang berperan sebagai produsen, konsumen, dan pengurai.
Dalam rantai makanan, manusia berada dalam tingkat konsumen. Manusia memanfaatkan hewan dan tumbuhan untuk kelamgsungan hidupnya
Komentar
Posting Komentar