Kamis, 14 Agustus 2025

  


Hari/Tanggal                              : Kamis, ,  14 Agustus 2025

Muatan  Pembelajaran              :  

1. Bahasa Indonesia         : Aku yang Unik

2. Seni Budaya                  : Mengenal Prinsip Seni Rupa

Model Pembelajaran         : Kooperative, PjBL

CAPAIAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA:

3.      Elemen Berbicara dan Mempresentasikan

Peserta didik mampu menyampaikan informasi secara lisan untuk tujuan menghibur dan meyakinkan mitra tutur sesuai kaidah dan konteks. Peserta didik mampu menggunakan kosakata baru yang memiliki makna denotatif, konotatif, dan kiasan. Peserta didik mampu memilih kata yang tepat sesuai dengan norma sosial budaya. Peserta didik mampu menyampaikan informasi dengan fasih dan santun. Peserta didik mampu menyampaikan perasaan berdasarkan fakta, imajinasi (dari diri sendiri dan orang lain) secara indah dan menarik dalam bentuk karya sastra dengan penggunaan kosakata secara kreatif. Peserta didik mampu mempresentasikan gagasan, hasil pengamatan, dan pengalaman dengan logis, sistematis, efektif, dan kritis; mempresentasikan imajinasi secara kreatif.

4.      Elemen Menulis

Peserta didik mampu menulis berbagai teks sederhana berdasarkan gagasan, hasil pengamatan, pengalaman, dan imajinasi. Peserta didik mampu menuliskan hasil pengamatan yang menjelaskan hubungan kausalitas (sebab akibat) untuk meyakinkan pembaca. Peserta didik mampu menggunakan kaidah kebahasaan dan kesastraan untuk menulis teks sesuai dengan konteks dan norma sosial budaya. Peserta didik mampu menggunakan kosakata baru yang memiliki makna denotatif, konotatif, dan kiasan. Peserta didik mampu menyampaikan perasaan berdasarkan fakta, imajinasi (dari diri sendiri dan orang lain) secara indah dan menarik dalam bentuk karya sastra dengan penggunaan kosakata secara kreatif. Peserta didik terampil menulis teks dalam tulisan Latin dan tegak bersambung.

CAPAIAN PEMBELAJARAN SENI BUDAYA

1.      Elemen Mengalami

Pada akhir fase C, peserta didik memahami unsur rupa dan prinsip desain di lingkungan sekitarnya.  Peserta didik menyimpulkan hasil pengamatan dan pemahaman pada perpaduan unsur dalam prinsip desain.

Apa kabar anak sholih sholihah.........

semoga kalian semua dalam keadaan sehat walaf'iyah ....
    Adapun tujuan pembelajaran hari ini murid dapat membuat kalimat majemuk dan menjelaskan prinsip seni rupa 
   
   Bahasa Indonesia
Bahasa Indonesia
                        Memahami Teks Deskripsi


Ayo berlatih 
    
  1. Pilihlah kalimat majemuk setara yang paling tepat di bawah ini!
a. Kakak sedang membaca buku, sedangkan adik menonton televisi.
b. Walaupun hujan deras, kami tetap bermain di pantai.
c. Karena lelah, Budi tidak masuk sekolah hari ini.
d. Adi akan pergi ke pasar atau akan pergi ke toko buku. 
2. Manakah kalimat yang menunjukkan pilihan dari beberapa kemungkinan?
a. Ayah bekerja di kantor dan Ibu memasak di dapur.
b. Kita bisa memilih membeli buku atau pensil.
c. Doni menyapu lantai, lalu mengepelnya hingga bersih.
d. Kakak tinggi, tetapi adiknya lebih pendek. 
3. Kalimat manakah yang termasuk kalimat majemuk setara berlawanan?
aAni rajin belajar dan ia selalu mendapat nilai bagus.
b. Kami menyiangi rumput, lalu menyiram tanaman.
c. Tubuh Doni tinggi, tetapi kakaknya lebih tinggi.
d. Sinta ingin pergi ke taman atau bermain di rumah. 
4. Pilih konjungsi yang tepat untuk melengkapi kalimat: "Adik sedang belajar, ______ kakak sedang bermain di taman."
a. Tetapi            b. Atau                c. Dan                d. Lalu
5. "Kami menyapu halaman, ___ menyiram tanaman."
Kata penghubung yang tepat untuk kalimat di atas adalah...
a. atau            b. lalu                c. tetapi            d. karena

Berikut penjelasan tentang prinsip seni rupa .....simaklah video berikut!



  1. Prinsip seni rupa yang mengatur bagaimana elemen-elemen dalam sebuah karya seni didistribusikan secara visual agar terlihat stabil dan tidak berat sebelah disebut… 
a. Kesatuan
b. Keseimbangan
c. Irama
d. Penekanan

2. Ketika berbagai unsur seni rupa saling melengkapi dan menyatu membentuk satu kesatuan yang harmonis dalam sebuah karya, maka prinsip seni rupa yang dominan adalah…
a. Keseimbangan
b. Irama
c. Kesatuan 
d. Proporsi

3. Dalam sebuah lukisan terdapat objek yang dibuat lebih menonjol dibandingkan objek lainnya untuk menarik perhatian pengamat. Prinsip seni rupa yang dimaksud adalah…
a. Irama
b. Kontras
c. Keseimbangan
d. Penekanan 

4. Penggunaan warna-warna yang sangat berbeda atau berlawanan secara visual, misalnya biru dan oranye, untuk menciptakan efek yang kuat dan menarik dalam sebuah karya disebut prinsip…
a. Kesatuan
b. Proporsi
c. Kontras 
d. Irama

5. Elemen seni rupa yang disusun secara berulang dengan variasi tertentu sehingga menimbulkan kesan gerak dan aliran dalam sebuah karya disebut…
a. Kesatuan
b. Keseimbangan
c. Penekanan
d. Irama 
 


Demikian pembelajaran hari ini, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan, Jangan lupa sholat lima waktu dan murojaah surah-surah pendek.  
    Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan membaca hamdalah 

See You Tomorrow


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Senin, 5 Mei 2025/ daring

Selasa, 06 Mei 2025